Topik: TKDN

  • Masih Nego dengan Apple, Kemenperin Puji Samsung di Media Sosial

    Masih Nego dengan Apple, Kemenperin Puji Samsung di Media Sosial

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Perindustrian mengapresiasi langkah Samsung yang memenuhi kebijakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Menurut pihak kementerian, upaya tersebut sebagai penguatan industri Indonesia.

    “PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN) menjadi contoh nyata dalam peningkatan TKDN. Sejak kebijakan TKDN 35% Samsung berhasil meningkatkan TKDN produknya hingga 40,30% pada model SM-A356E,” kata Kemenperin dikutip dari akun Instagram resmi, Rabu (15/1/2025).

    “Ini bukan hanya soal angka, tapi juga mendorong penguatan industri lokal dan penciptaan lapangan kerja,” tulis pihak kementerian.

    Sebagian besar produk Handphone, Komputer Genggam, Tablet (HKT), sebanyak 94%, juga telah diproduksi di dalam negeri. Kementerian mengatakan hal itu menandakan kemampuan Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik secara mandiri.

    “Pada tahun 2023, 28% dari total produksi HKT nasional disuplai oleh PT SEIN sebagai salah satu pemain utama dalam industri elektronik tanah air. Pada tahun 2024, PT SEIN telah mengekspor sebanyak 1,56 juta unit produk HKT ke negara-negara Asean,” jelas Kemenperin.

    Pemerintah berencana menaikkan TKDN dari 35% menjadi 40%. Menurut Kemenperin, langkah tersebut bertujuan memperkuat ekosistem manufaktur lokal.

    Kementerian juga mengatakan pemerintah mendorong kolaborasi antara industri lokal dan global. Dengan begitu bisa mempercepat transformasi industri untuk ekonomi berbasis teknologi tinggi.

    Dalam postingan tersebut, Kemenperin juga menjelaskan pertumbuhan industri elektronika bertumbuh 7,29% pada kuartal III-2024. Sementara nilai ekspornya mencapai US$10,07 miliar.

    Untuk ekspor nilainya mencapai US$277 juta. Kementerian mengatakan capaian tersebut menunjukkan potensi besar industri dalam negeri.

    “Pencapaian ini menunjukkan potensi besar industri elektronika dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia, baik tingkat domestik maupun internasional,” jelas Kementerian.

    Unggahan di media sosial ini terjadi saat Apple bernegosiasi dengan Kemenperin untuk mendapatkan izin penjualan iPhone 16. Beberapa pihak mengklaim Apple enggan membuka fasilitas produksi iPhone karena industri pendukung di RI tidak siap.

    (dem/dem)

  • Pemerintah Akan Sanksi BUMN dan Kontraktor yang Langgar Kewajiban TKDN – Halaman all

    Pemerintah Akan Sanksi BUMN dan Kontraktor yang Langgar Kewajiban TKDN – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Himpunan Pengusaha Pipa, Tubular, dan Aksesoris (HIPPDA) Irvan Prasurya Widjaya mendukung rencana pemerintah memberi sanksi kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun kontraktor EPC (Engineering, Procurement, and Construction) yang mengabaikan kewajiban pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

    Hal itu berkaitan dengan proyek hulu–hilir minyak dan gas bumi (migas).  

    “Kami sangat setuju dengan rencana pemberian sanksi kepada BUMN & EPC yang masih menggunakan produk impor, khususnya untuk material pipa, flensa (flanges), fittings, dan valves yang sebenarnya sudah bisa diproduksi di Indonesia,” ujar Irvan saat dikonfirmasi, Rabu (15/1/2025).

    Menurutnya, ketegasan pemerintah sangat penting untuk menumbuhkan kepercayaan industri domestik.

    Namun ia menilai perlu adanya sosialisasi ulang dari pemerintah terhadap semua Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), BUMN, dan EPC. 

    Sosialisasi ini mencakup aturan beserta sanksi bagi pelanggar penggunaan produk dalam negeri.  

    “Pabrik-pabrik lokal juga bersinergi dengan UMKM di Indonesia. Jika proyek-proyek strategis tidak memakai produk dalam negeri, otomatis industri dalam negeri dan UMKM terdampak signifikan,” jelas Irvan.  

    Irvan berharap agar pemerintah dapat bersikap tegas dengan membatasi atau menolak permohonan izin impor/kuota impor bagi EPC, BUMN, maupun pemasok (supplier) bila produk yang dibutuhkan telah tersedia di dalam negeri. 

    Dia juga mengingatkan perlunya pengawasan ketat di kawasan berikat, yang rawan disusupi barang impor.  

    “Kami mendukung penuh upaya pemerintah, termasuk pemberian sanksi, supaya industri dalam negeri terlindungi dan mampu tumbuh lebih kuat,” pungkasnya.  
      
    Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merangkap Plt Dirjen Minyak dan Gas Dadan Kusdiana menegaskan sikap pemerintah yang akan mengambil langkah tegas terhadap KKKS, BUMN, dan kontraktor EPC yang melanggar kewajiban TKDN. 

    Hal ini disampaikannya menanggapi sejumlah sorotan publik mengenai dugaan abainya penggunaan produk domestik pada proyek-proyek yang dikerjakan di sektor migas.

    Dadan merujuk Peraturan Menteri ESDM Nomor 15 Tahun 2013 tentang Penggunaan Produk Dalam Negeri pada Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi. 

    Dalam regulasi tersebut, KKKS, produsen dalam negeri, dan penyedia barang/jasa di hulu migas diwajibkan memaksimalkan produk lokal serta kemampuan rekayasa dalam negeri. 

    Jika melanggar, Ditjen Migas Kementerian ESDM dan SKK Migas siap menjatuhkan sanksi.

    Sorotan publik muncul antara lain pada proyek EPC South Sonoro di Sulawesi Tengah milik KKKS JOB Pertamina Medco E&P Tomori dan proyek pembangunan Terminal Refrigerated LPG Tuban di Jawa Timur milik PT Pertamina Energy Terminal (PET) di bawah Subholding PT Pertamina International Shipping (PIS). 

    Dalam proyek-proyek tersebut diduga masih terjadi pengadaan produk impor yang seharusnya dapat dipenuhi oleh industri lokal.

    Di sektor hilir, industri pupuk juga mendapat sorotan, seperti proyek PUSRI-IIIB yang disinyalir tetap memakai pipa impor. 

    Sejumlah perusahaan dalam negeri telah menyampaikan protes resmi dan menempuh jalur surat keberatan kepada pihak terkait, namun belum mendapat tindak lanjut.

  • Kelas Menengah Turun Kasta & Pajak Naik, Industri Otomotif Perlu Tambahan Insentif

    Kelas Menengah Turun Kasta & Pajak Naik, Industri Otomotif Perlu Tambahan Insentif

    Jakarta

    Tantangan industri otomotif bertambah tahun ini. Proyeksi pasar otomotif 2025 bahkan tidak bisa tembus pada angka satu juta unit.

    Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin, Setia Diarta menjelaskan beberapa faktor anjloknya penjualan otomotif tahun 2024.

    “(Tahun) 2024 dibandingkan 2023 ada penurunan lebih kurang 15-16 persen, alasan paling banyak adanya pelemahan daya beli masyarakat, kenaikan suku bunga di kendaraan kredit kendaraan bermotor,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin, Setia Diarta di Gedung Kemenperin, Selasa (14/1/2025).

    Kenaikan beberapa instrumen pajak menjadi salah satu faktor. Tahun 2025, deretan mobil yang dipasarkan di Indonesia tetap kena pajak pertambahan nilai (PPN) 12 persen, termasuk segmen low cost green car (LCGC).

    Belum lagi adanya penerapan opsen pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan — meskipun ada beberapa provinsi sedang memberikan relaksasi antara lain Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, NTB, Bali, Kepri, Sumatra Utara (Sumut), Sumatra Selatan (Sumsel), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Timur (Kaltim), Sulawesi Selatan (Sulsel). Namun sifat relaksasi hanya sementara dan bukan permanen.

    Andai opsen pajak tetap berjalan serta tanpa tambahan insentif, penjualan mobil 2025 dikhawatirkan jebol di bawah 800 ribu unit. Bahkan trennya dikhawatirkan menjadi turun seperti zaman pandemi Covid-19.

    “Kita belum duduk bareng (penetapan target 2025), belum menghitung secara rinci, kalau tahun kemarin saja, tidak ada opsen kita satu juta saja tidak dapat. Tahun ini kita harapkan dengan model baru, dan sebagainya, dan perkembangannya ada opsen yang ditunda, kita kalau mau optimis di 900-an (Iribuan),” kata Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara.

    “Tapi kalau opsen dijalankan, kita bisa turun jauh ke bawah. Turunnya bisa balik ke zaman pandemi, bisa 650-700 (ribuan unit). Ya, berat-lah,” tambahnya lagi.

    Salah satu faktor melemahnya penjualan mobil dikarenakan turunnya jumlah kelas menengah di Indonesia. Segmen tersebut selama ini mereka menjadi pembeli kendaraan bermotor sekaligus mesin ekonomi Indonesia.

    Pada 2024, jumlah kelas menengah mencapai 47,85 juta, turun dari 2019 sebanyak 57 juta. Ini menjadi penyebab stagnasi pasar mobil di level 1 juta unit selama 2014-2023 dan kontraksi pasar pada 2024.

    “Keluarga inilah yang mampu mencicil mobil maupun mencicil rumah. Kelas menengah ini adalah yang menjadi engine motor daripada perekonomian,” kata Pengamat Ekonomi, Raden Pardede.

    “Itulah yang turun. Itulah yang berpengaruh ke penjualan mobil dan penjualan rumah,” tambahnya lagi.

    Salah satu insentif yang berhasil dijalankan Pemerintah adalah mengucurkan tambahan insentif berupa diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mobil 4×2 rakitan lokal.

    Pengamat otomotif dari LPEM UI, Riyanto menyatakan, kehadiran insentif yang sementara untuk industri otomotif dibutuhkan. Di sisi lain, penguatan daya beli dan akselerasi pertumbuhan ekonomi merupakan solusi jangka panjang.

    Berdasarkan hitungan LPEM Universitas Indonesia, dengan asumsi opsen pajak diberlakukan di semua wilayah, tarif PKB maksimum 1,2%, dan BBNKB 12%, total pajak mobil naik menjadi 48,9% dari harga dibandingkan sebelumnya sebesar 40,25%. Akibatnya, harga mobil baru naik 6,2% di tengah belum pulihnya daya beli masyarakat.

    Dia menyebutkan, dengan elastisitas -1,5, penjualan mobil tahun ini diprediksi turun 9,3% menjadi sekitar 780 ribu unit tahun 2025.

    Salah satu opsi insentif yang bisa dipertimbangkan pemerintah adalah diskon PPnBM untuk mobil berpenggerak 4×2 dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) di atas 80%, seperti yang dilakukan pada 2021.

    Berdasarkan hitung-hitungan Riyanto, dengan diskon PPnBM 5% alias tarif PPnBM 10%, harga mobil bisa diturunkan 3,6%, yang bisa memicu tambahan permintaan 53.476 unit. Selanjutnya, dengan diskon PPnBM 7,5% atau tarif 7,5%, harga mobil bisa turunkan 5,3%, dengan tambahan permintaan 80.214 unit. Kemudian, jika diskon PPnBM 10%, harga mobil turun 7,1% yang akan memicu tambahan permintaan 106.592 unit.

    Terakhir, dengan PPnBM 0%, harga mobil turun 10,7% yang akan memicu tambahan permintaan 160 ribu unit.

    “Intinya kalau dari sisi konsumen pasti melihat harga, karena bandingan dia adalah dengan pendapatannya atau kemampuan belinya. Dari setiap insentif membuat harganya turun pasti meningkatkan pasar kita,” kata Riyanto.

    (riar/din)

  • BKPM: Investasi industri otomotif naik 43 persen lima tahun terakhir

    BKPM: Investasi industri otomotif naik 43 persen lima tahun terakhir

    Jakarta (ANTARA) – Kementerian Investasi dan Hilirisasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan investasi di industri otomotif terus mengalami peningkatan setiap tahun, dengan akumulasi sebesar 43 persen dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

    Direktur Deregulasi Penanaman Modal BKPM Dendy Apriandi di Jakarta, Selasa menyatakan pihaknya hingga September 2024 mencatat nilai investasi yang masuk mencapai Rp31,7 triliun. Angka tersebut naik 43 persen dari tahun 2019 yang hanya Rp11,04 triliun.

    Apabila dirinci, investasi senilai Rp31,7 triliun terdiri atas penanaman modal asing (PMA) Rp28,15 triliun dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) Rp3,6 triliun.

    “Dan kalau kita breakdown lagi dari industri yang berkembang, itu memang ada industri baterai, industri kendaraan roda empat, dan industri roda dua, komposisinya 15 persen, 73 persen, dan 11 persen” katanya.

    Lebih lanjut, ia mengatakan selama 2019-2024, Jepang menanamkan investasi sektor otomotif Rp75 triliun, diikuti Korea Selatan Rp44,25 triliun, Singapura Rp5,5 triliun, Hong Kong Rp3,59 triliun, dan Tiongkok Rp1,04 triliun.

    Selama periode itu pula, investasi mengalir deras ke industri mobil, sebesar Rp107 triliun, diikuti kendaraan roda dua dan tiga Rp16,7 triliun, dan baterai Rp22,1 triliun.

    Disampaikannya, Kementerian Investasi dan Hilirisasi/BKPM turut menerapkan beberapa strategi untuk menarik investasi otomotif, seperti menyediakan program pendidikan vokasi untuk membekali keterampilan sesuai dengan kondisi pasar, menyediakan insentif investasi yang kompetitif, terutama untuk sektor kendaraan listrik, serta perbaikan regulasi.

    Ada juga, fasilitas tax holiday, tax allowance, pembebasan bea masuk untuk investasi industri kendaraan listrik. Lalu, Penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) No.79 Tahun 2023 yang mengatur pemberian insentif dalam bentuk bea masuk 0 persen impor, pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) 0 persen yang semuanya berlaku bagi impor kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) completely built-up (CBU) dan completely knock down (CKD) dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) tertentu.

    Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

  • Gaji CEO Apple Naik Jadi Rp 1,2 Triliun walau iPhone Tak Laku

    Gaji CEO Apple Naik Jadi Rp 1,2 Triliun walau iPhone Tak Laku

    Jakarta, CNBC Indonesia – CEO Apple Tim Cook baru saja mendapatkan kenaikan gaji hingga Rp 1,2 triliun. Ini terjadi saat iPhone tak laku di pasaran dengan penurunan pengiriman 2% sepanjang 2024 dibandingkan tahun sebelumnya, menurut firma riset Counterpoint. 

    Laporan analis rantai pasokan Ming Chi Kuo menyebutkan Apple kehilangan pangsa pasar di China karena pengiriman iPhone mengalami penurunan. Dia juga meramalkan pengapalan iPhone akan anjlok pada semester 2025 ini dan pangsa pasarnya akan terus merosot.

    Ponsel itu juga belum bisa dijual resmi di Indonesia karena masih terhambat pemenuhan aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

    Meski begitu, gaji Tim Cook sebagai pemimpin Apple tetap mengalami kenaikan. Hal ini terungkap dalam pengajuan pada Securities and Exchange Commision.

    Laporan itu mengungkapkan pendapatan terbaru Tim Cook pada tahun fiskal 2024. Dia mendapatkan paket kompensasi tahun fiskal 2024 senilai US$74,6 juta (Rp 1,2 triliun), dikutip dari Hollywood Reporter, Selasa (14/1/2025).

    Nilai tersebut naik dari tahun sebelumnya sebesar US$63,2 juta atau Rp 1,02 triliun. Namun memang belum menyentuh dari yang didapatkannya tahun 2022 senilai US$99,4 juta (Rp 1,6 triliun).

    Gaji pokoknya tercatat US$3 juta (Rp 48,8 miliar), sama seperti dua tahun terakhir. Dia juga akan mendapatkan penghargaan saham senilai US$58 juta (Rp 942,8 miliar).

    Paket gaji itu juga termausk US$12 juta (Rp 195,2 miliar) kompensasi non-ekuitas dan kompensasi lain sebesar US$1,52 juta atau Rp 24,7 miliar.

    Paket gaji jajaran direksi lain juga mengalami kenaikan. Namun kenaikannya tipis dan tidak setinggi yang didapatkan TimCook.

    Sebagai contoh, CFO Luca Maestri dan COO Jeff Williams mengantongi US$27,1 juta (Rp 44,1 miliar) untuk tahun 2024. Naik tipis dari tahun sebelumnya US$26,9 juta (Rp 43,7 miliar).

    (fab/fab)

  • Kijang Innova Reborn Masih Laris Manis, Penjualannya Beda Segini sama Zenix

    Kijang Innova Reborn Masih Laris Manis, Penjualannya Beda Segini sama Zenix

    Jakarta

    Kijang Innova Reborn masih laris manis. Terbukti selama setahun, penjualannya lebih dari 20.000 unit.

    Pesona Kijang Innova Reborn belum memudar sekalipun sudah ada model baru. Mobil itu banyak diburu dengan penjualan wholesales lebih dari 20.000 unit sepanjang tahun 2024. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan Innova Reborn sepanjang Januari-Desember 2024 mencapai 26.380 unit.

    Dari ketiga tipe yang ditawarkan, Innova Diesel bertransmisi otomatis masih jadi unggulan. 63 persen dari keseluruhan penjualan wholesales Innova Reborn, disumbang tipe diesel matic. Sisanya barulah versi bensin dan juga diesel manual. Kendati demikian, catatan penjualan Innova Reborn itu tak jauh lebih unggul dari Innova Zenix.

    Sebagai perbandingan untuk periode yang sama, Toyota mendistribusikan 37.296 unit Zenix. Masih larisnya Kijang Innova Reborn tak lepas dari mesin diesel yang diusung. Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy pernah mengungkap, mesin diesel di Innova Reborn itu jadi favorit masyarakat di daerah-daerah.

    “Jadi saya rasa karena diesel dan orang-orang daerah itu suka diesel manual dan matic,” terang Anton belum lama ini.

    Di lain sisi, Kijang Innova Zenix juga sudah memiliki pencintanya tersendiri. Menurut Toyota, Kijang Innova Zenix memang memiliki sejumlah keunggulan. Baik itu dari sisi keandalan mesin hingga fitur-fitur di dalamnya.

    “Terlebih lagi Toyota Kijang Innova Zenix merupakan mobil produksi lokal dengan TKDN lebih dari 80%, ini menjadi rasa bangga tersendiri karena mobil produksi Indonesia, dengan berbagai keunggulan,” ucap Anton.

    Lebih lagi, Innova Zenix saat ini sudah memiliki tipe hybrid. Kijang Innova Zenix hybrid ini memiliki konsumsi BBM yang irit, ramah lingkungan, dan tenaga yang cukup baik. Belum lagi, mobil juga punya interior yang lega dan menampung hingga delapan orang. Fitur keamanan dan keselamatannya lengkap. Secara keseluruhan, Kijang Innova memang memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Tanah Air. Posisi itu, belum bisa tergantikan oleh model-model lainnya.

    “Kijang sendiri sudah dipercaya konsumen sejak 1977,” beber Anton.

    (dry/din)

  • Kemenperin Catat Lebih dari 12.000 Unit iPhone Series Masuk RI Lewat Bea Cukai

    Kemenperin Catat Lebih dari 12.000 Unit iPhone Series Masuk RI Lewat Bea Cukai

    JAKARTA – Kementerian Perindustrian mencatat, sekitar 12.000 unit iPhone 16 telah masuk ke Indonesia per November 2024. Angka tersebut berdasarkan data yang tercantum dalam Centralized Equipment Identity Register (CEIR) yang merupakan sistem informasi IMEI Kemenperin.

    Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arief mengatakan, jumlah produk ponsel pintar tersebut masuk dari dua jalur, yakni barang bawaan penumpang yang dibatasi dua unit per individu dan dilarang diperjualbelikan serta bawaan diplomat melalui Kementerian Komunikasi dan Digital (Digital).

    “(Berdasarkan) data di kami, jumlahnya lebih dari 12.000 sampai November 2024. Itu yang tercatat sistem CIER kami. Jadi, kami minta di sistem CIER jumlah IMEI yang diberikan kepada iPhone 16 series jumlahnya di atas 12.000 unit,” ujar Febri saat ditemui wartawan di kantor Kemenperin, Senin, 13 Januari.

    Sementara itu, data dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) justru lebih kecil dibandingkan data dari Kemenperin. Adapun DJBC mencatat, sebanyak 5.448 unit iPhone 16 masuk ke Indonesia selama Januari-Oktober 2024.

    Adapun produsen iPhone 16, Apple Inc, hingga saat ini belum bisa mendapatkan perpanjangan izin edar produk lantaran belum memenuhi syarat sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 35 persen sesuai ketentuan.

    Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut, investasi awal Apple senilai 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp16 triliun untuk pembangunan pabrik AirTag tak bisa menjadi syarat terbitnya izin edar iPhone 16 di Tanah Air. Apple berkomitmen membangun pabrik AirTag di Batam.

    Harapannya, pabrik tersebut dapat memproduksi 65 persen dari kebutuhan global AirTag, yakni produk dari Apple untuk melacak keberadaan barang seperti kunci maupun dompet. Menurut Agus, AirTag merupakan aksesoris. Dia menegaskan, benda tersebut bukan bagian komponen dari produk handphone, komputer genggam dan tablet (HKT).

    Dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) No 29 Tahun 2017 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai Komponen Dalam Negeri Produk Telepon Seluler, Komputer Genggam dan Komputer Tablet, perusahaan HKT bisa mendapatkan sertifikasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) jika mereka membangun pabrik komponen langsung dari ponsel.

    “Jadi, sampai sore ini Kemenperin tidak punya dasar untuk mengeluarkan sertifikasi TKDN untuk produk-produk Apple, khususnya iPhone 16,” ujar Agus dalam konferensi pers di kantornya, Rabu, 8 Januari.

    “Di dalam Permenperin itu jelas sekali disampaikan perhitungan nilai TKDN hanya bisa dilakukan untuk komponen atau bagian langsung dari HKT (handphone, komputer genggam dan tablet),” sambungnya.

  • 12.000 iPhone 16 Masuk RI Meski Izin Edar Masih Diblokir, Legal?

    12.000 iPhone 16 Masuk RI Meski Izin Edar Masih Diblokir, Legal?

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menerangkan bahwa lebih dari 12.000 unit iPhone 16 series telah masuk ke Indonesia dan mendapatkan International Mobile Equipment Identity (IMEI). 

    Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arief mengatakan ribuan unit tersebut masuk melalui jalur bawaan penumpang dan barang kiriman individu melalui registrasi Bea dan Cukai, sementara sedikitnya masuk lewat Komdigi yang dibawa diplomat. 

    “Itu yang tercatat di sistem CIER kami, jadi kami minta di sistem CIER jumlah IMEI yang diberikan kepada iPhone 16 series jumlahnya di atas 12.000 unit per November 2024,” kata Febri, dikutip Selasa (14/1/2025). 

    Dia menegaskan IMEI ribuan unit tersebut telah tercantum dalam sistem Centralized Equipment Identity Register (CEIR) yang merupakan sistem informasi IMEI Kemenperin. 

    Adapun, unit-unit tersebut dicatut dapat dipakai dan legal karena telah memiliki IMEI. Kendati demikian, apabila unit tersebut diperdagangkan maka statusnya ilegal meski dibawa masuk secara legal. 

    Produsen iPhone 16, Apple Inc hingga saat ini belum bisa mendapatkan perpanjangan izin edar produk lantaran belum memenuhi syarat sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 35% sesuai ketentuan. 

    Febri pun mewanti-wanti bahwa yang dapat mengeluarkan IMEI saat ini hanya Bea Cukai untuk penumpang dan Komdigi untuk diplomat. Sementara untuk distributor, IMEI nya belum dapat dikeluarkan Kemenperin. 

    Semenara itu, data dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan justru lebih kecil dibandingkan data dari Kemenperin. Adapun, DJBC mencatat sebanyak 5.448 unit iPhone 16 masuk ke Indonesia periode Januari-Oktober 2024. 

    Kepala Sub Bagian Impor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Chotibul Umam mengungkapkan ribuan iPhone 16 tersebut masuk ke Indonesia melalui dua jalur.

    “Melalui barang penumpang dan barang kiriman,” jelas Chotib dalam konferensi pers di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Jakarta Timur, Jumat (10/1/2025).

    Dia menjelaskan berdasarkan PP No. 46/2021 dan Permendag No. 8/2024, penumpang boleh membawa maksimal dua gawai dari luar negeri selama satu tahun untuk di kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas.

    Sementara itu, di kawasan lainnya seperti Bandara Soekarno-Hatta, Nuanda, Ngurah Rai, hingga Kualanamu diberlakukan pembedaan barang penumpang yaitu antara barang pribadi (bukan untuk diperjualbelikan) dan barang non pribadi (untuk diperjualbelikan).

    Untuk barang pribadi, ada pengecualian. Kendati demikian, jika dari hasil wawancara petugas diketahui gawai yang dibawahnya dari luar negeri—meski hanya satu atau dua unit—untuk dijual kembali maka akan tetap dikenai bea masuk.

  • Bodinya Lebih Tipis dari Pensil

    Bodinya Lebih Tipis dari Pensil

    Jakarta

    Oppo siap memanaskan kembali persaingan pasar handphone layar lipat. Setelah sukses dengan Find N3, kini mereka bersiap meluncurkan penerusnya, Find N5.

    Bos Oppo, Pete Lau, baru saja membagikan teaser yang memperlihatkan salah sau keunggulan Find N5. HP layar lipat ini bakal luar biasa tipis, bahkan kalah tebal dari pensil!

    Menurut unggahan di Weibo, Oppo Find N5 akan diluncurkan sebagai ponsel lipat andalan tertipis di pasaran. Saat iniHonor Magic V3 saat ini memegang gelar ponsel lipat tertipis dengan ketebalan 4,35 mm.

    Artinya Oppo Find N5 musti memangkas beberapa poin milimeter untuk mendapatkan gelar tersebut. Menurut rumor, Find N5 akan berada di kisaran ketebalan 3,5-4 mm.

    Ketebalan Oppo Find N5 Foto: GSM Arena

    Manajer produk seri Oppo Find, Zhou Yibao, juga menyampaikan bahwa Find N5 akan dilengkapi engsel berbahan titanium alloy. Perangkat tersebut mungkin diluncurkan sebagai OnePlus Open 2 untuk pasar global.

    Oppo Find N5 Segera Rilis di Indonesia

    Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Oppo Find N5 bakal segera meluncur di Indonesia. Pasalnya HP layar lipat ini sudah dinyatakan memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

    Perangkat Oppo berkodel CPH2671 itu lolos TKDN dengan nilai 46,44%. Tak hanya Kemenperin, Oppo Find N5 juga sudah mengantongi restu Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi).

    Ponsel Oppo dengan nomor model yang sama sudah mejeng di website e-Sertifikasi Postel dengan sertifikat yang sudah terbit pada 30 Desember 2024.

    Lantaran sudah memenuhi TKDN dan lolos uji Postel, artinya Find N5 sudah bisa dijual di Tanah Air. Namun kembali lagi jadwal peluncuran sepenuhnya kembali ke Oppo Indonesia.

    Bocoran Spesifikasi

    Berdasarkan bocoran terbaru, Oppo Find N5 akan dilengkapi chipset Snapdragon 8 Elite dari Qualcomm dan baterai 5.900 mAh dengan dukungan pengisian daya kabel 80W dan nirkabel 50W.

    Kamera utama 50 MP yang disebutkan di atas akan ditemani dua kamera lainnya yang juga memiliki resolusi 50 MP, termasuk kamera periskop telephoto.

    Sementara itu, kamera depannya tertulis memiliki resolusi 7,1 MP yang artinya resolusi penuhnya adalah 28,4 MP sebelum pixel binning. Resolusi itu tidak umum ditemukan di ponsel, yang mengindikasikan ada proses cropping dan resolusi kamera selfie sebenarnya adalah 32 MP.

    Ponsel ini juga akan dilengkapi rating IPX8 untuk perlindungan terhadap air.

    Rumor yang beredar saat ini mengatakan Oppo Find N5 akan diluncurkan di China pada kuartal pertama tahun 2025 sebelum Find X8 Ultra diumumkan.

    Halaman 2 dari 2

    Simak Video “Video: Melihat Varian Warna Oppo Reno 13 yang Segera Hadir di Indonesia”
    [Gambas:Video 20detik]
    (afr/afr)

  • iPhone Tak Laku, Nasib Apple Makin Miris di 2025

    iPhone Tak Laku, Nasib Apple Makin Miris di 2025

    Jakarta, CNBC Indonesia – Nasib iPhone 16 di Indonesia belum jelas. Pemerintah hingga kini masih melarang penjualan seri iPhone teranyar itu karena belum sepakat dengan Apple terkait nilai investasi untuk memperpanjang kontrak pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

    Di saat bersamaan, penjualan seri iPhone 16 juga kembali tak sesuai harapan, mirip dengan iPhone 15 keluaran 2023 silam.

    CNBC International melaporkan Apple kehilangan pangsa pasar di China karena penurunan pengiriman iPhone, menurut analis rantai pasokan Ming Chi-Kuo dalam laporan yang dirilis Jumat (10/1) pekan lalu.

    Saham Apple turun 2,4% menyusul laporan tersebut.

    “Apple telah mengambil sikap yang berhati-hati ketika mendiskusikan rencana produksi iPhone 2025 dengan penyuplai-penyuplai kunci,” kata Kuo yang merupakan analis di TF Securities, melalui unggahannya.

    Ia menambahkan meski iPhone SE 4 yang menyasar level lebih bujet dirumorkan akan rilis pada 2025, namun pengapalan produk ponsel Apple diramalkan akan anjlok 6% secara tahun-ke-tahun di semester pertama 2025.

    Kuo memprediksi pangsa pasar Apple akan terus merosot. Terlebih, dua model iPhone selanjutnya dilaporkan akan hadir dengan bodi super tipis, sehingga dikabarkan hanya mendukung eSIM. Padahal, pasar China saat ini tidak mempromosikan penggunaan eSIM.

    “Dua model ini bisa menghadapi momentum yang menantang, kecuali mereka membawa desain yang dimodifikasi,” kata dia, dikutip dari CNBC International, Senin (13/1/2025).

    Kuo mencatat pada Desember 2024, pengiriman smartphone di China mengalami stagnansi dibandingkan setahun sebelumnya. Namun, pengapalan iPhone secara spesifik anjlok 10-12%.

    Selain itu, belum ada bukti bahwa sistem kecerdasan buatan Apple Intelligence yang ditawarkan pada iPhone mendorong peningkatan hardware atau pendapatan layanan, menurut Kuo.

    “Fitur itu [Apple Intelligence] belum mendorong permintaan untuk penggantian iPhone,” kata Kuo, berdasarkan survei rantai pasokan yang ia jalankan.

    Apple mengestimasikan total pengapalan iPhone sebanyak 220 juta unit sepanjang 2024. Sementara di 2025 sekitar 220-225 juta. Angka itu, kata Kuo, di bawah konsensus pasar yang mematok 240 juta unit atau lebih.

    Apple tak segera merespons permintaan komentar dari CNBC International.

    (fab/fab)