Topik: TKDN

  • Resmi! iPhone 16 Mulai Dijual di Indonesia Mulai 11 April

    Resmi! iPhone 16 Mulai Dijual di Indonesia Mulai 11 April

    Bisnis.com, JAKARTA — Apple Inc. resmi akan menjual iPhone 16 series di Indonesia mulai 11 April 2025. Hal ini dilakukan setelah perusahaan tersebut resmi mengantongi sertifikasi TKDN dan IMEI dari pemerintah. 

    Berdasarkan situs resmi Apple, raksasa teknologi AS itu akan memboyong iPhone 16, termasuk iPhone 16 Pro, iPhone 16 Pro Max, iPhone 16, iPhone 16 Plus, dan iPhone 16e. 

    “Hari ini, Apple mengumumkan bahwa jajaran iPhone 16, termasuk iPhone 16 Pro, iPhone 16 Pro Max, iPhone 16, iPhone 16 Plus, dan iPhone 16e, akan tersedia mulai dari Jumat, 11 April,” ujar manajemen Apple, dikutip Rabu (26/3/2025). 

    Dalam pernyataan tersebut, Apple juga mulai menawarkan keunggulan iPhone 16 yang disebut menghadirkan performa cepat dan lancar dengan Apple silicon, hingga pembaruan kemampuan foto dan video yang inovatif. 

    Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) membenarkan bahwa sertifikasi postel untuk iPhone 16 telah rampung. Apple tinggal mengurus IMEI untuk dapat berjualan iPhone 16 di Indonesia. 

    Direktur Jenderal Infrastruktur Digital Komdigi Wayan Toni Supriyanto  mengatakan bahwa permohonan Apple terkait sertifikasi iPhone 16 sudah masuk dalam sistem perizinan Komdigi. Saat ini perizinan untuk iPhone 16 series sudah rampung.

    “Prinsip kami memproses perizinan sertifikasi berdasarkan ketentuan yang ada. Dan betul bahwa proses sertifikasi sudah selesai untuk semua type yang dimohonkan,” kata Wayan kepada Bisnis. 

    Diberitakan sebelumnya, iPhone 16 series sudah mengantongi sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dan akan segera dijual di Indonesia. Sertifikasi TKDN 40% telah resmi didapatkan dan terlihat pada situs resmi TKDN Kemenperin.

    Seluruh model iPhone series 16 tersebut telah memiliki TKDN 40% atau lebih tinggi dari ketentuan yang diberikan pemerintah 35% yang tertuang dalam Permenperin No 29/2017 tentang Ketentuan Dan Tata Cara Penghitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Produk Telepon Seluler, Komputer Genggam, Dan Komputer Tablet.

  • iPhone 16e hingga 16 Pro Max Dijual di Indonesia Mulai 11 April 2025

    iPhone 16e hingga 16 Pro Max Dijual di Indonesia Mulai 11 April 2025

    Jakarta

    Kabar gembira bagi para penggemar Apple di Tanah Air! Hari ini, Rabu (26/3/2025), Apple resmi mengumumkan bahwa jajaran iPhone 16, yang mencakup iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, iPhone 16 Pro Max, dan iPhone 16e, akan mulai tersedia di Indonesia pada Jumat, 11 April 2025.

    Jajaran iPhone 16 ini menawarkan performa cepat dan lancar berkat teknologi Apple silicon yang canggih. Setiap model dirancang untuk memberikan pengalaman terbaik, baik dari segi kemampuan fotografi dan videografi yang inovatif maupun daya tahan baterai yang tahan lama.

    Salah satu keunggulan utama dari seluruh model iPhone 16 adalah integrasi dengan Apple Intelligence, sistem kecerdasan personal intuitif yang dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih cerdas, relevan, dan personal. Fitur ini memungkinkan perangkat untuk memahami konteks pengguna dan memberikan solusi yang bermanfaat dalam berbagai situasi sehari-hari.

    Tak hanya itu, iPhone 16 series juga dilengkapi dengan tombol Tindakan (Action Button) yang memberikan lebih banyak opsi penyesuaian sesuai kebutuhan pengguna. Pengisian daya kini menggunakan port USB-C, mengikuti standar global yang memudahkan kompatibilitas dengan berbagai aksesori. Dari sisi keamanan, fitur canggih seperti Deteksi Tabrakan (Crash Detection) turut hadir untuk memberikan perlindungan ekstra bagi pengguna dalam situasi darurat.

    Seluruh model dalam jajaran iPhone 16 akan tersedia di Apple Authorized Resellers..

    Perjalanan Panjang iPhone 16 di RI

    Perjalanan iPhone 16 untuk sampai ke tangan konsumen Indonesia tidaklah singkat. Sejak pertama kali diperkenalkan secara global pada September 2024, kehadiran iPhone 16 di Indonesia sempat tertunda akibat aturan ketat terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

    Pemerintah Indonesia mewajibkan setiap produk elektronik yang dijual di dalam negeri memiliki kandungan lokal minimal 35%, baik melalui produksi komponen maupun investasi lainnya. Apple, yang selama ini memproduksi perangkatnya di luar negeri, harus mencari cara untuk memenuhi persyaratan ini.

    Pada awal 2025, Apple mulai menunjukkan komitmennya dengan mengajukan rencana investasi di Indonesia. Setelah melalui proses negosiasi dan evaluasi yang panjang dengan Kementerian Perindustrian, Apple akhirnya mendapatkan sertifikasi TKDN pada awal Maret 2025 dengan nilai 40%. Selang tak berapa lama, iPhone 16 series mendapatkan sertifikat Postel dari Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi).

    Sertifikasi ini diperoleh melalui kombinasi investasi dalam pengembangan ekosistem teknologi lokal dan kerja sama dengan mitra di Indonesia, alih-alih memindahkan lini produksi iPhone secara langsung. Langkah ini kemudian dilanjutkan dengan pengurusan izin penjualan resmi, yang akhirnya disetujui menjelang akhir Maret 2025.

    Proses ini memang memakan waktu, tetapi menjadi bukti keseriusan Apple untuk tetap hadir di pasar Indonesia, salah satu pasar smartphone terbesar di Asia Tenggara. Penantian panjang ini pun berbuah manis dengan pengumuman resmi hari ini. Sudah siap menyambut iPhone 16 series di Tanah Air?

    (afr/afr)

  • Spesifikasi Seres E3, Mobil Listrik Baru Pesaing Omoda E5 dan BYD Atto 3

    Spesifikasi Seres E3, Mobil Listrik Baru Pesaing Omoda E5 dan BYD Atto 3

    Jakarta

    PT Sokonindo Automobile (Seres Indonesia) telah memamerkan calon mobil listrik terbarunya di Indonesia, yakni Seres E3. Kendaraan tersebut akan meluncur di Tanah Air bulan depan. Bagaimana bocoran spesifikasinya?

    Director Sales Center PT Sokonindo Automobile (SERES Indonesia), Cing Hok Rifin mengatakan, Seres E3 akan meluncur di pameran Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2025. Kendaraan tersebut akan menantang Omoda E5, BYD Atto 3 dan MG4 EV.

    “Di PEVS 2025 kita akan prelaunch, prebook. Kemudian nanti di GIIAS 2025 serah terima pertama. Kalau soal harga, yang jelas di bawah kompetitor,” ujar Cing Hok Rifin saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan, Senin malam (24/3).

    SERES E3 di Jakarta. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

    Seres E3 kemungkinan besar akan dibanderol Rp 300 jutaan di Indonesia. Kendaraan tersebut akan dirakit secara lokal dengan TKDN 40 persen.

    “Jadi harus produksi lokal, karena kita punya pabrik di Indonesia. Pengembangannya memang jangka panjang,” kata dia.

    Sebelum benar-benar meluncur di Indonesia, PT Sokonindo Automobile telah membawa Seres E3 ke Jakarta dan memamerkannya ke awak media. Menariknya, kendaraan tersebut ditutup kamuflase untuk menyamarkan identitasnya.

    Berikut Bocoran Spesifikasi Seres E3

    Jika merujuk pada spesifikasi di negara asalnya, Seres E3 punya dimensi yang lumayan kompak, yakni panjang 4.385 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.650 mm, dan jarak sumbu roda 2.655 mm.

    Secara desain, Seres E3 punya tampilan yang agresif berkat garis-garis tajam di hampir seluruh bagian. Model lampu utama atau headlamp-nya cukup modern dengan desain grill yang minimalis.

    SERES E3 di Jakarta. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

    Bicara spesifikasi, kendaraan itu dibekali baterai berkapasitas 50 kWh dengan jarak tempuh maksimum 405 Km. Sementara motor listriknya mampu menghasilkan tenaga 201 dk dan torsi 310 Nm.

    Kecepatan maksimumnya diklaim tembus 165 km/jam, kemudian untuk melesat dari nol ke 100 km/jam hanya memerlukan waktu 8,5 detik!

    Soal fitur, Seres E3 dilengkapi cluster instrumen digital besar berukuran 10,25 inci dan head unit layar sentuh dengan ukuran serupa. Selain itu, ada wireless charging atau pengecasan nirkabel, auto-hold, cruise control, hill start assist, brake assist, serta sistem keselamatan aktif dan pasif yang meningkatkan kenyamanan berkendara.

    (sfn/din)

  • ASUS ExpertBook B1 Hadir dengan TKDN di Atas 40%: Solusi Bisnis Modern

    ASUS ExpertBook B1 Hadir dengan TKDN di Atas 40%: Solusi Bisnis Modern

    Jakarta

    Merek terkemuka di dunia teknologi ASUS meluncurkan ASUS ExpertBook B1 (BG1409) pada tahun 2025, sebuah laptop bisnis dengan nilai tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) lebih dari 40%.

    Laptop ini merupakan penerus dari model sebelumnya, ExpertBook B1 (BG1408), yang telah dikenal luas di kalangan profesional bisnis Indonesia. Laptop ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis modern dengan kinerja tinggi, desain elegan, dan fitur keamanan canggih, sambil mendukung pengembangan industri teknologi lokal Indonesia.

    Peningkatan untuk Kebutuhan Bisnis

    ASUS ExpertBook B1 (BG1409) diluncurkan dengan berbagai pembaruan untuk menghadapi tuntutan teknologi masa depan. Dengan TKDN lebih dari 40%, laptop ini tidak hanya menawarkan kualitas tinggi, tetapi juga berperan dalam pengembangan ekosistem industri teknologi Indonesia.

    ASUS memproduksi laptop ini di dalam negeri, menciptakan lapangan pekerjaan, memanfaatkan komponen lokal, dan mentransfer teknologi guna memperkuat sumber daya manusia dalam bidang manufaktur.

    Performa Tinggi untuk Produktivitas Bisnis

    Laptop ini didukung oleh prosesor Intel Core i3 hingga Core i7 yang memberikan kinerja luar biasa untuk berbagai kebutuhan bisnis, dari pekerjaan administratif hingga analisis data dan desain grafis. Dilengkapi dengan RAM hingga 16GB, ExpertBook B1 (BG1409) memastikan kelancaran dalam multitasking.

    Untuk penyimpanan, laptop ini menawarkan opsi SSD hingga 1TB, memberikan kecepatan akses data tinggi dan ruang penyimpanan yang luas. Teknologi kecerdasan buatan (AI) di dalamnya juga membantu mengoptimalkan kinerja, mengelola daya, dan tugas lainnya secara efisien, mendukung produktivitas pengguna sepanjang hari tanpa gangguan teknis.

    Desain Elegan dan Tangguh untuk Mobilitas Bisnis

    Selain kinerja yang handal, ASUS ExpertBook B1 (BG1409) memiliki desain ramping dan modern, sangat cocok untuk para eksekutif dan pekerja bisnis yang sering bepergian. Laptop ini menggunakan bahan berkualitas tinggi yang memberikan kesan premium dan ketahanan lebih. Dengan ketahanan baterai hingga 12 jam, pengguna dapat bekerja lama tanpa khawatir mencari colokan listrik, ideal bagi pekerja yang sering berada di luar kantor.

    Layar laptop ini dilengkapi dengan teknologi anti-glare, yang mengurangi pantulan cahaya dan membuatnya nyaman digunakan dalam jangka panjang, terutama di luar ruangan dengan pencahayaan terang.

    Keamanan Data yang Terjamin

    Keamanan data sangat penting bagi dunia bisnis, dan ExpertBook B1 (BG1409) menawarkan fitur keamanan canggih. Dilengkapi dengan enkripsi data, pembaca sidik jari, dan TPM 2.0, laptop ini melindungi data bisnis yang sensitif dari akses tidak sah.

    Fitur-fitur ini sangat penting untuk mengurangi risiko pencurian data yang dapat merugikan perusahaan.

    Garansi dan Layanan Purna Jual (Aftersales)

    ASUS juga memberikan garansi resmi dan layanan purna jual yang memastikan kepuasan pelanggan. Setiap pembelian ExpertBook B1 (BG1409) dilengkapi dengan perlindungan ekstra, serta dukungan teknis yang mudah diakses melalui jaringan layanan purna jual ASUS yang luas di Indonesia.

    (anl/ega)

  • Keuntungan Emiten Kendaraan Listrik VKTR Tumbuh 39 Persen di 2024 Jadi Rp7,6 Miliar – Halaman all

    Keuntungan Emiten Kendaraan Listrik VKTR Tumbuh 39 Persen di 2024 Jadi Rp7,6 Miliar – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR), emiten kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia, melaporkan kinerja keuangan konsolidasian untuk tahun buku 2024.

    Direktur Utama VKTR, Gilarsi Wahju Setijono mengatakan, pada tahun 2024 lalu perseroan berhasil mendongkrak laba bersih hingga sebesar 39 persen secara year-on-year (yoy), menjadi sebesar Rp 7,6 miliar.

    “Perseroan berhasil membukukan pertumbuhan laba bersih sebesar 39 persen (yoy) yang mencapai Rp 7,6 miliar, dibandingkan perolehan laba bersih sebesar Rp 5,4 miliar pada tahun sebelumnya,” ujar Gilarsi di Jakarta, Selasa (25/3/2025).

    Lalu, total aset tercatat melandai 3,5 persen (yoy) menjadi Rp 1,6 triliun, dengan diiringi penurunan total liabilitas sebesar 13 persen (yoy) menjadi Rp 452 miliar. Hal itu disebabkan oleh adanya penyelesaian kewajiban kepada pihak-pihak terkait.

    Kemudian ada juga sedikit kontraksi pada pendapatan bersih sebesar 5,4 persen (yoy), dari Rp 1,06 triliun pada tahun 2023 menjadi Rp 1,00 triliun di tahun 2024.

    “Hal ini sejalan dengan kondisi ekonomi Indonesia yang tercatat mengalami pelemahan sebesar 5,03 persen pada tahun 2024, atau lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Gilarsi.

    Strategi diversifikasi produk dan klien menjadi faktor utama yang menopang kinerja VKTR. Pendapatan dari penjualan kendaraan listrik meningkat 44 persen secara tahunan, dengan ekspansi ke segmen B2G (Business to Government) dan B2B (Business to Business).

    Tahun 2024, VKTR menyelesaikan pengiriman 21 unit bus listrik ke operator TransJakarta dan menjual unit pertamanya untuk transportasi bandara. Di sektor swasta, tujuh unit bus listrik telah digunakan untuk mobilisasi karyawan industri pulp dan kertas.

    Selain bus, VKTR mulai memperluas penetrasi di segmen kendaraan listrik lain, seperti truk listrik compactor yang dijual ke BUMN untuk operasional di Ibu Kota Nusantara (IKN). Anak perusahaannya juga menjual tujuh unit forklift listrik ke perusahaan internal dan swasta.

    Sementara itu, bisnis manufaktur suku cadang mengalami kontraksi penjualan 16 persen akibat melemahnya permintaan di segmen kendaraan komersial. Namun, VKTR optimistis bahwa strategi efisiensi biaya dapat menjaga stabilitas bisnis ini.

    Untuk mengakselerasi adopsi kendaraan listrik, VKTR telah mengembangkan berbagai prototipe, termasuk bus listrik 12 meter dan 8 meter, transporter, tractor head, heavy-duty truck, dan forklift listrik.

    Program uji coba unit yang dilakukan sepanjang 2024 memungkinkan calon pelanggan mengevaluasi performa kendaraan sebelum melakukan pembelian.

    “Kami berharap pemerintah dapat memberikan dukungan lebih konkret untuk sektor ini, dengan merujuk pada keberhasilan negara-negara lain dalam percepatan transformasi mobilitas rendah emisi,” kata Gilarsi.

    VKTR juga memperkuat industri kendaraan listrik nasional dengan membangun fasilitas perakitan berbasis Completely Knocked Down (CKD) pertama di Indonesia di Magelang, Jawa Tengah.

    Pabrik ini telah memproduksi bus listrik dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) lebih dari 40 persen, sejalan dengan target Indonesia dalam meningkatkan daya saing industri kendaraan listrik regional.

  • Rencana Grup Bakrie Genjot Pasokan Bus Listrik ke TransJakarta

    Rencana Grup Bakrie Genjot Pasokan Bus Listrik ke TransJakarta

    Jakarta

    Emiten Grup Bakrie, PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) meningkatkan pasokan bus listrik untuk mendukung ekosistem transportasi rendah emisi di Indonesia. Salah satu yang dibidik adalah memasok bus listrik untuk TransJakarta.

    Tahun ini VKTR berencana merakit 80 unit bus listrik untuk TransJakarta, bertambah dari tahun 2024 yang sebanyak 20 bus.

    “Kemudian ada 20 unit kita jual ke TransJakarta melalui operatornya PT Sinar Jaya Megah Langgeng, Kemudian tahun ini kita akan harus rakit lagi dan suplai untuk kepentingan TransJakarta juga sekitar 80 unit, dan lain-lain,” ujar Direktur VKTR Achmad Amri Aswono Putro, di Jakarta Senin (24/3/2025)

    VKTR juga sudah diminta merakit bus listrik untuk menggantikan bus diesel yang akan berhenti melayani.

    “Minggu lalu Gubernur Jakarta (Pramono Anum) menyampaikan akan memperluas jaringan bus listrik ke TransJabodetabek. Jadi ini akan ada tambahan-tambahan lagi di luar yang sudah direncanakan di awal 200 bus (listrik) itu. Karena bus yang medium pun yang 8 meter kami juga diminta sesegera mungkin uji coba,” ujar Direktur VKTR Bimo Kurniatmoko.

    Sebagai informasi, TransJakarta berencana menambah 200 unit bus listrik tahun 2025 yang dimulai pada Juli hingga akhir 2025. Penambahan ini merupakan tahap lanjutan setelah tahun lalu TransJakarta mengoperasikan 300 unit bus listrik.

    Bus listrik VKTR untuk TransJakarta sendiri diklaim satu-satunya yang dirakit di dalam negeri dengan sertifikat TKDN lebih dari 40%. Secara total ada 84 bus listrik milik VKTR yang sudah mengaspal di berbagai perusahaan dengan rata-rata jarak tempuh per hari 210 km dan mengangkut sekitar 10 juta penumpang.

    Selain untuk TransJakarta, VKTR juga menyuplai 14 truk listrik yang beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Rincian truk tersebut adalah model compactor 12 unit, model arm roll 1 unit, dan model dump 1 unit yang dioperasikan untuk Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) 1 IKN.

    Bimo menyebut operasional truk listrik di IKN cenderung mendukung karena infrastrukturnya memang dibangun untuk mendukung kendaraan listrik. Hanya terdapat tantangan menyangkut tingginya biaya logistik dari tempat perakitan ke IKN.

    “Hanya challenge-nya karena kami rakitnya di Magelang, mengirimkan ke sana effort-nya luar biasa. Biaya logistik di Indonesia kan jadi salah satu tantangan. Mungkin biaya logistik dari luar ke Indonesia vs dalam negeri sendiri bisa jadi lebih murah dari luar Indonesia,” tutur Bimo.

    Sementara itu, Wakil Direktur Utama Bakrie & Brothers (Induk usaha VKTR) Ardiansyah Bakrie menyebut pihaknya berkomitmen mendorong ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Ia juga meminta dukungan pemerintah, terlebih karena pihaknya sudah melakukan perakitan kendaraan di dalam negeri.

    “Yuk kita sama-sama majuin sesuatu yang produk dalam negeri, di mana kita pun sudah membuat 98% untuk merakit di sini. Tapi walaupun adanya Keppres, hal tersebut masih banyak dijalankan tidak melalui proses ini. Masih CBU masih diterima, sehingga menurut kami ya susah juga kalau kita mau bantu maju tapi tidak mendapatkan dukungan,” beber Ardi.

    Di sisi lain, CEO VKTR Gilarsi Wahju Setijono menyebut salah satu tantangan terbesar perusahaan adalah bersaing dengan produsen-produsen kendaraan berbasis diesel. Apalagi hingga saat ini pemerintah masih memberikan subsidi untuk Solar dengan nilai yang cukup besar. Menurutnya harga solar yang dibanderol Rp 6.800 per liter telah disubsidi dari harga aslinya sekitar Rp 14 ribuan.

    “Perjuangan paling besar buat kita hari ini adalah belum bisa bersaing dengan kendaraan komersil berbasis diesel adalah harga diesel yang super murah,” tutur Gilarsi.

    (ily/hns)

  • Ekosistem PC TKDN ASUS Semakin Lengkap – Page 3

    Ekosistem PC TKDN ASUS Semakin Lengkap – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta ASUS hari ini meresmikan bahwa jajaran PC untuk segmen B2B mereka, khususnya yang ditujukan untuk sektor pemerintahan dan edukasi yang diproduksi di dalam negeri telah lengkap.

    Dimulai dengan produksi laptop commercial, PC desktop all-in-one (AIO) dan juga PC desktop tower, semua sudah selesai diproduksi di fasilitas pabrikan mitra ASUS Indonesia, tepatnya di Batam. Adapun untuk Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk produk-produk tersebut, semuanya sudah mencapai di atas 40%, termasuk untuk nilai BMP (Bobot Manfaat Perusahaan).

    “Proses yang kami mulai di akhir 2022, dengan memproduksi laptop perdana dengan nilai TKDN 25% kini sudah semakin terlihat hasilnya,” sebut Yulianto Hasan, Director of Commercial Products, ASUS Indonesia.

    “Dalam waktu 2 tahun saja, kami sudah melengkapi jajaran ekosistem PC ASUS yang sudah memenuhi persyaratan TKDN,” sebutnya.

    Ekosistem PC TKDN di Atas 40%

    Untuk produk-produknya sendiri, lini laptop terbaru ASUS yang sudah memiliki TKDN di atas 40% adalah ExpertBook B1 (BG1409). Produk ini merupakan penerus dari ASUS ExpertBook B1 (BG1408) yang menawarkan sejumlah fitur-fitur canggih yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis modern. 

    Beberapa fitur unggulannya meliputi ketahanan baterai yang lama, performa tinggi, keamanan data dengan enkripsi, teknologi AI, serta desain yang elegan dan kuat. Model ini juga dilengkapi dengan garansi serta layanan purna jual yang memastikan kepuasan pelanggan.

    Dari lini PC desktop All-in-One, tersedia model ASUS ExpertCenter AIO EG3402WVAK PC All-in-One dengan layer 23 inci yang bisa dikostumisasi dengan berbagai pilihan prosesor Intel Core i3 hingga Core i7 series, RAM, storage dan juga sistem operasi.

    Untuk PC desktop, ASUS menyediakan seri ExpertCenter DG500ME yang juga tersedia dalam pilihan prosesor mulai dari Intel Core i3 hingga Core i7, RAM hingga 16GB, system operasi hingga Windows 11 Pro. PC desktop tower ini pun sudah dipasarkan dengan bundle monitor LCD berukuran 21.5 inci.

    Bagi pengguna segmen B2B yang membutuhkan laptop lebih premium, ASUS juga menghadirkan seri ExpertBook B9 OLED didesain dengan paduan magnesium-lithium premium, mendorong batas keringanan untuk portabilitas dan daya tahan maksimal. 

    Dengan desain ramah lingkungan, kamera berbasis AI, fitur pembatalan kebisingan untuk pengalaman kerja modern, serta prosesor Intel® Core™ vPro® terbaru dan berbagai fitur keamanan tingkat perusahaan, ExpertBook B9 OLED adalah mitra sempurna bagi para eksekutif dan pebisnis yang meningkatkan kredensial hijau dan profesionalisme Anda — dan menetapkan standar baru untuk laptop bisnis elit dengan bobot 990 gram.

    ASUS Semakin Indonesia

    Untuk memenuhi nilai TKDN dan BMP di atas 40%, selain menggandeng mitra pabrikan lokal untuk perakitan laptop, desktop PC dan all-in-one, sejumlah langkah strategis telah diambil oleh ASUS Indonesia. 

    “Membuka lapangan pekerjaan dan transfer teknologi untuk manufakturing perangkat sampai instalasi OS dan software tentu sudah pasti,” sebut Yulianto.

    “Tak hanya itu, ASUS Indonesia juga menggandeng mitra pabrikan lokal untuk melengkapi perangkat laptop ataupun desktop PC yang kita pasarkan di Indonesia,” tambahnya.

    Untuk menyediakan kelengkapan bagi perangkat yang diproduksi, ASUS juga menggandeng sejumlah produsen lokal dari berbagai kawasan di Indonesia yang memproduksi aksesoris pendukung tersebut. Mulai dari adaptor charger, kabel USB Type-C, headset, pouch sampai tas laptop, semuanya merupakan produk dari produsen dalam negeri.

    “Di Indonesia, kami menemukan sejumlah produsen lokal yang sanggup memenuhi kebutuhan kita, dan juga sudah memenuhi standar minimum kualitas produk-produk ASUS, sehingga kita tidak perlu impor,” sebut Yulianto.

    “Dengan langkah ini, kami berharap bahwa ASUS juga bisa mengambil bagian dalam pertumbuhan ekosistem industri teknologi di Tanah Air,” ucapnya.

    Selain itu, demi memberikan nilai lebih dalam Bobot Manfaat Perusahaan, ASUS juga terus menambah titik service center, meningkatkan cakupan layanan purna jual sampai menjalankan CSR.

    Seluruh produk dan pencapaian yang dilakukan oleh ASUS dalam 2 tahun terakhir semakin memperkuat posisi ASUS sebagai perusahaan teknologi global yang berkomitmen pada pengembangan industri lokal. Tak hanya itu, sekaligus membawa inovasi teknologi yang berdaya saing tinggi untuk memenuhi kebutuhan bisnis di Indonesia.

    “Melihat apa yang kami lakukan dan sudah kami raih di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, tidak muluk-muluk kalau kami menargetkan diri untuk menjadi produsen PC terbesar di segmen commercial ataupun B2B di Indonesia, di tahun 2026 mendatang,” sebut Yulianto.

    Informasi lebih lanjut terkait produk-produk ASUS yang sudah mendapatkan TKDN di atas 40% dapat disimak di URL berikut: https://linktr.ee/TKDNAsusIndonesia.

     

    (*)

  • Samsung di Indonesia: 30 Tahun Inovasi, Investasi, dan Kontribusi Berkelanjutan – Page 3

    Samsung di Indonesia: 30 Tahun Inovasi, Investasi, dan Kontribusi Berkelanjutan – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Selama lebih dari 30 tahun, Samsung telah menjadi bagian dari perkembangan industri teknologi di Indonesia. Sejumlah produk telah diluncurkan di pasar Indonesia, mulai dari smartphone, tablet, wearable, perangkat elektronik rumah tangga, monitor.

    Tidak hanya dikenal sebagai pemimpin dalam industri smartphone dan tablet sejak 2012, Samsung juga berinvestasi dalam penguatan produksi dalam negeri dengan mendirikan pabrik smartphone dan tablet di Cikarang pada 2015.

    Pabrik ini berperan besar dalam memenuhi kebutuhan pasar domestik sekaligus mengekspor lebih dari 12 juta unit smartphone ke berbagai negara tetangga selama 2015-2024.

    “Selain memenuhi permintaan pasar Indonesia, pabrik smartphone dan tablet Samsung di Cikarang, Jawa Barat juga mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui ekspor pada tahun 2015-2024 yang mencapai lebih dari 12 juta unit smartphone,” tutur President Samsung Electronics Indonesia Harry Lee dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (22/3/2025). 

    Mendorong Kemajuan Ekonomi Nasional

    Komitmen Samsung dalam mendukung program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) diwujudkan melalui pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di berbagai lini produk.

    Dengan produksi lokal di Cikarang, smartphone Galaxy berhasil memenuhi standar TKDN, seperti Galaxy A26 5G (40,3 persen), Galaxy A56 5G dan Galaxy A36 5G (39,6 persen), serta Galaxy S25 Series (37,5 persen).

    Selain meningkatkan devisa negara, Samsung juga menciptakan lebih dari 11 ribu lapangan pekerjaan di Indonesia, mulai dari produksi hingga layanan purna jual, yang turut berkontribusi dalam menggerakkan roda ekonomi nasional.

  • iPhone 16 Telah Kantongi Sertifikasi Komdigi, Segera Hadir di Indonesia? – Page 3

    iPhone 16 Telah Kantongi Sertifikasi Komdigi, Segera Hadir di Indonesia? – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Setelah penantian panjang, kabar gembira datang bagi para penggemar Apple di Indonesia! iPhone 16 Series dipastikan akan segera hadir secara resmi di Tanah Air.

    Perjalanan panjang negosiasi antara Apple dan pemerintah Indonesia akhirnya membuahkan hasil, ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Apple dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada 26 Februari 2025.

    Sebelumnya, penjualan iPhone 16 series sempat terganjal karena belum memenuhi persyaratan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

    Kabar baik ini dikonfirmasi langsung oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, yang menyatakan bahwa MoU telah ditandatangani.

    Terbaru, informasi ini juga ditegaskan oleh Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid. Ia menyatakan, pihaknya telah memberikan sertifikasi untuk lini iPhone 16. 

    “Kalau dari kantor kami, kantor Kementerian Komdigi untuk iPhone dengan segala macam varian itu sudah selesai, iPhone 16,” tutur Menkomdigi saat ditemui dalam acara buka puasa bersama dengan Kementerian Komdigi di Jakarta. 

    Berdasarkan pantauan tim Tekno Liputan6.com, iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16e memang sudah muncul di database situs Postel milik Komdigi.

    “Kalau dari kantor kami, seluruhnya sudah selesai dan izinnya sudah dikeluarkan, rasanya berarti sudah bisa beredar dalam waktu amat dekat,” ujarnya menutup pernyataan. 

    Dengan kepastian ini, kehadiran lini iPhone 16 Indonesia kemungkinan tinggal menunggu waktu. Karenanya, menarik untuk menunggu informasi lebih lanjut soal kehadiran perangkat besutan Apple tersebut. 

  • Kapan iPhone 16 Dijual Resmi di Indonesia? Ini Kata Menkomdigi

    Kapan iPhone 16 Dijual Resmi di Indonesia? Ini Kata Menkomdigi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Semua model iPhone 16 sudah mengantongi sertifikasi postel Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi). Masing-masing adalah iPhone 16, iPhone Plus, iPhone 16 Pro, iPhone 16 Pro Max, dan iPhone 16e.

    Sebelumnya, 5 model iPhone itu juga sudah mendapatkan sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebesar 40% atau lebih tinggi dari syarat 35% yang berlaku saat ini.

    Pemenuhan TKDN iPhone 16 disepakati setelah pemerintah dan Apple melalui proses negosiasi yang alot selama kurang lebih 5 bulan.

    Dengan ini, maka seri iPhone 16 seharunya sudah memenuhi semua syarat untuk dijual di Indonesia. Saat ditanya kepada Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid, ia menegaskan dari pihak Komdigi urusan iPhone 16 sudah selesai.

    “Dari kantor kami, seluruhnya sudah selesai dan izinnya sudah dikeluarkan. Rasanya berarti harusnya bisa beredar dalam waktu amat dekat,” kata Meutya saat ditemui dalam acara buka puasa bersama Komdigi di Kantor Komdigi, Jumat (22/3/2025).

    Kendati demikian, Meutya tidak membocorkan jadwal pasti perilisan seri iPhone 16 dan iPhone 16e di Indonesia.

    Pantauan CNBC Indonesia, Sabtu (22/3/2025), hingga kini distributor resmi iBox belum mengumbar kapan jadwal perilisan seri iPhone 16 di Indonesia. Dalam laman resminya, hanya ada poster promosi iPhone 16 dan iPhone 16 Pro dengan embel-embel kalimat “cek kembali untuk informasi ketersediaan”.

    Namun, beberapa aksesori untuk seri iPhone 16 sudah mulai dijual di iBox. Misalnya case MagSafe untuk iPhone 16 Pro dan iPhone 16, baik berupa silicone case maupun clear case. Harganya pun mengalami diskon 12% dari Rp1 jutaan menjadi Rp800 ribuan.

    Materi promosi serupa juga tampak di situs distributor resmi Digimap. Selain itu, di laman e-commerce seperti Blibli Apple Authorised Reseller Indonesia, belum ada juga tanda-tanda seri iPhone 16 akan dijual.

    Kita tunggu saja hingga seri flagship tersebut hadir di Indonesia dan bisa dibeli masyarakat.

    (fab/fab)