Topik: TKDN

  • Drager Indonesia Produksi Alat Bantu Pernapasan Perdana di Cikarang

    Drager Indonesia Produksi Alat Bantu Pernapasan Perdana di Cikarang

    Bisnis.com, JAKARTA — Dräger Indonesia, produsen ventilator asal Jerman, meluncurkan produk alat bantu pernapasan Savina 300 ID pertama kali di dalam negeri.

    Perakitan ventilator tersebut dilakukan di pabrik PT PHC Indonesia di Cikarang, Jawa Barat. 

    Managing Director Dräger Indonesia, Ratna Kurniawati mengatakan kehadiran produk Savina 300 ID yang dibuat lokal menjadi salah satu upaya pihaknya mempertahankan sistem kesehatan yang baik di tengah ancaman kesehatan global. 

    “Lebih dari itu, kami juga mempersiapkan peningkatan kapabilitas tenaga kesehatan karena transformasi kesehatan juga harus sejalan dengan transformasi pilar kelima yaitu SDM kesehatan,” kata Ratna dalam Launching Ventilator Savina 300 ID di Cikarang, Kamis (19/6/2025). 

    Adapun, sebelumnya Indonesia telah mengimpor produk ventilator Drager lebih dari 1.000 unit untuk ke rumah sakit di berbagai wilayah. Sementara secara keseluruhan produk Drager telah didistribusikan hingga 11.000 instalasi di berbagai wilayah. 

    Dia menerangkan, Savina 300 ID dapat digunakan di RS yang belum memiliki instalasi sentral gas udara tekan. 

    Savina 300 ID memiliki beragam fitur dan aplikasi seperti untuk pasien dengan berat mulai dari 5kg, memiliki baterai internal dan eksternal, memiliki indikator untuk pengukuran CO2, pilihan bahasa Indonesia untuk memudahkan pengoperasian, layar sentuh yang berwarna dengan interface sesuai standar global. 

    Ratna menambahkan pihaknya sudah memiliki peta jalan yang telah dikonsultasikan dengan Kementerian Kesehatan. 

    “Next stage-nya seperti apa, dalam jangka waktu berapa lama, bukan hanya mengenai line produksi, tapi juga mengenai kandungan lokal kontennya, apa saja yang bisa kita perbaiki, tambahkan di tahun-tahun yang akan datang,termasuk produk apalagi yang akan kita bawa ke depannya,” ujarnya. 

    Pada kesempatan yang sama, Direktur PT PHC Indonesia Taufik Niode mengatakan komponen lokal atau tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dari produk Savina 300 ID saat ini di atas 25% dengan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) 9,3% 

    “Pastinya tidak berhenti di sini, ada beberapa fase juga yang harus kita jalani, lokalisasi, kenaikan proses juga di Indonesia, yang sudah kita, tiga parti ya komitmen ya, antara PHCI, DREGER, dan juga Kemenkes. Untuk step-step berikutnya itu harus kita laksanakan juga,” tuturnya. 

    Sementara itu, dia menerangkan bahwa saat ini kapasitas produksi Drager Indonesia untuk ventilator ini telah dibuka satu line dengan volume 530 unit per tahun. 

  • Sederet Masalah Bikin Industri Kecil Susah Naik Kelas: Bahan Baku-Teknologi

    Sederet Masalah Bikin Industri Kecil Susah Naik Kelas: Bahan Baku-Teknologi

    Jakarta

    Wakil Menteri Perindustrian Faisol Riza mengaku banyak kendala yang dialami oleh industri kecil menengah (IKM) untuk naik kelas. Kendala itu di antaranya terkait dengan kualitas, pemenuhan standardisasi dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

    Meski begitu, ia meyakini Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) memiliki berbagai program untuk membantu IKM meningkatkan kualitas bisnis dan produknya.

    “Industri kecil menengah ini PR-nya lumayan banyak. Salah satunya adalah standardisasi, kemudian TKDN dan yang lain-lain. Nah beliau Bu Dirjen (Dirjen IKMA Reni Yanita) ini memiliki seperangkat fasilitasi yang barangkali bisa membantu teman-teman industri kecil menengah atau UMKM ini,” kata dia dalam acara Tokopedia dan TikTok Shop bersama Kemenperin Angkat Lokal Cepat Terkenal (KALCER), Kamis (19/6/2025).

    Kendala kualitas yang dialami IKM biasanya karena bahan baku yang digunakan kurang memenuhi standar pasar. Maka tidak heran, IKM dapat kehilangan pasarnya dan kalah saing dengan IKM lainnya.

    “Kadang-kadang karena bahan-bahannya tidak terjamin, waktu maupun kuantitasnya, akhirnya pasar pasar tertentu hilang dari pasaran. Nah oleh karena itu kami dari Kementerian Perindustrian ingin membantu supaya itu semua bisa dilakukan dengan baik sehingga dari aspek suplai bahan baku tidak berkurang, terjamin gitu,” terangnya.

    Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Reni Yanita mengatakan selain dari sisi kualitas, IKM juga terkendala dari sisi teknologi.

    “Nah jadi Kementerian Perindustrian bertanggung jawab terhadap produk yang dihasilkan UMKM, yang disebut berkualitas, kalau dia ada standarnya, kita lengkapi,” terangnya.

    Selain itu, jika produk IKM sulit tembus pasar ekspor ketika semua negara mencari pasar baru, produk lokal dalam negeri dapat mengandalkan pasar domestik.

    “Memang kita harus terus menggaungkan Gerakan Nasional Bangga Produk Indonesia, melalui produk lokal, melalui kegiatan ini, sebagai salah satu upaya kita untuk mengenalkan kembali atau kalau bahasanya sih, menyadarkan bahwa produk di dalam negeri lebih berkualitas, lebih murah dan harus dipercaya harapannya menjadi tuan rumah,” tutupnya.

    Tonton juga “Jeritan Pelaku IKM Jabar Digempur Barang Impor Ilegal” di sini:

    (acd/acd)

  • Motor TVS iQube S 2025 Meluncur di Indonesia, Harganya Turun Rp 23 Juta

    Motor TVS iQube S 2025 Meluncur di Indonesia, Harganya Turun Rp 23 Juta

    Jakarta

    Produsen sepeda motor asal India, TVS, resmi merilis motor listrik iQube S di Indonesia. Harganya malah turun jauh dari yang pernah diperkenalkan pada tahun 2024 lalu.

    Vishal Mehta, Regional Division Business Head ASEAN TVS Motor Company menyebut TVS iQube S ini merupakan motor listrik yang sudah laris lebih dari 600 ribu unit di dunia.

    “iQube akan menjadi produk bagus untuk Indonesia,” kata Vishal Meta saat peluncuran di Jakarta Selatan, Selasa (17/6/2025).

    DGM Business Development & Electric Vehicles TVS Motor Company Indonesia Rizal Tandju mengatakan iQube S akan menggunakan baterai yang dirakit di Indonesia. Harganya bisa terpangkas lebih murah. Ada selisih Rp 23 juta.

    TVS iQube S Foto: Ridwan Arifin

    Motor ini memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 30 persen.

    “Kita sedang mempersiapkan assembly baterai,” ujar Rizal Tandju.

    “Harganya memang bisa lebih turun ini berkaitan komponen-komponen,” kata dia.

    TVS iQube S Foto: Ridwan Arifin

    Dia menjelaskan meski harganya turun, motor listrik ini tidak mengalami pengurangan spek teknis secara signifikan.

    Skuter ini menawarkan jarak tempuh maksimal di 115 km dengan sekali pengisian daya, berdasarkan klaim pabrikan. iQube S memiliki pilihan mode ECO dan POWER, dan kecepatan tertinggi 78 km/jam. Akselerasinya 0-40 km/jam hanya dalam 4,2 detik sehingga ideal untuk perjalanan di perkotaan.

    Dengan baterai lithium ion dual pack yang kuat dan pengisi daya portabel 950 Watt terbaik di kelasnya, TVS iQube S dapat diisi daya dari 0-80% hanya dalam 3 jam, sehingga nyaman dan andal. Ruang penyimpanan yang luas sebesar 32 liter lebih meningkatkan pengalaman perjalanan yang nyaman.

    TVS iQube juga memiliki sejumlah fitur canggih yang terhubung melalui teknologi SmartXonnect, termasuk klaster TFT 7 inci, kontrol pemutar musik bawaan, dan penerimaan panggilan. Fitur cerdas lainnya meliputi pengecekan ‘kesehatan kendaraan’, peringatan keselamatan, geofencing, dan bantuan Q-Park.

    TVS iQube S bakal dirakit di fasilitas manufaktur PT TVS Motor Company di Karawang Timur dan akan tersedia dalam tiga warna, yaitu Mercury Grey, Mint Blue, dan Copper Bronze. Harga perkenalan sebesar Rp 29,9 Juta untuk TVS iQube S untuk waktu yang terbatas.

    (riar/rgr)

  • Kelahiran Kembali Ritel Teknologi Modern di Yogyakarta

    Kelahiran Kembali Ritel Teknologi Modern di Yogyakarta

    Liputan6.com, Yogyakarta – Transformasi besar tengah terjadi di dalam dunia retail teknologi tanah air. Dulu bernama Harrisma Computer, kini secara resmi lahir baru menjadi Pegastore id untuk mempertegas status Pegastore id sebagai retail teknologi yang lebih modern dan menjadi pusatnya tren dalam menghadirkan pengalaman yang nyata dari teknologi masa depan bagi seluruh lapisan masyarakat.

    Sikap ini juga menjadi sebuah visi ke depan yang turut disampaikan oleh Ir. Widjaja, M.M. selaku pemilik Pegastore id “Rebranding ke Pegastore id merupakan sebuah langkah nyata untuk mendekatkan teknologi kepada lebih banyak orang, sekaligus memperkuat peran kami dalam mendorong transformasi digital di Indonesia,” ujarnya.

    Pegastore id tercipta sebagai destinasi dan gaya hidup masyarakat modern yang dimulai dari Kota Yogyakarta untuk menjangkau seluruh kalangan masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, pelaku UMKM, pecinta teknologi terbaru, konten kreator, gamers, hingga pebisnis yang ingin memenuhi segala kebutuhan terkait perangkat teknologi informasi.

    Mengusung tagline “Get Your Future Technology Experience with Pegastore id”, tentu mengisyaratkan bahwa Pegastore id akan menghadirkan berbagai macam produk yang inovatif, seperti laptop, paket komputer lengkap, gadget/ tablet, aksesoris gaming, solusi kreatif untuk content creator, hingga perangkat bisnis untuk kebutuhan produktivitas.

    Selain melayani segmentasi produk retail, Pegastore.id juga memperluas kapabilitasnya dengan menghadirkan berbagai macam produk berbasis TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) yang mana dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan instansi atau lembaga pemerintah dan sektor korporasi. Adapun melalui produk-produk TKDN, Pegastore id turut mendukung program nasional untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dan mempercepat transformasi digital berbasis lokal. Selain itu Pegastore id juga ditunjuk oleh brand Hewlett-Packard (HP) sebagai satu-satunya yang memiliki corner HP for Business di area Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

    Mengikuti perkembangan gaya hidup digital, konsep showroom Pegastore id dibangun dengan ruang terbuka yang nyaman dengan nuansa batik kawung khas Yogyakarta, serta terdapat experience gaming zone untuk mencoba produk gaming secara langsung, serta layanan konsultasi IT untuk pelanggan yang ingin mendapatkan solusi teknologi terbaik.

    Dalam momentum serangkaian acara Grand Opening yang dimulai pada tanggal 14 – 21 Juni 2025. Pegastore.id mengadakan berbagai macam promo spesial atau potongan harga menarik, hadiah langsung yang berbentuk voucher dan merchandise, dan ada juga undian doorprize bagi pelanggan yang berkunjung hingga terdapat berbagai kompetisi serta pertunjukkan produk gaming dan edukasi yang berbasis VR/AR.

  • Jago Diajak Off Road, Ini Prediksi Harga Jaecoo J8 AWD di Indonesia

    Jago Diajak Off Road, Ini Prediksi Harga Jaecoo J8 AWD di Indonesia

    Jakarta

    Jaecoo J8 AWD bakal diperkenalkan di Indonesia dalam waktu dekat. Pesaing Honda CR-V, hingga Hyundai Palisade ini memiliki keunggulan berupa kemampuan beroperasi di medan off road. Kira-kira berapa ya perkiraan harganya?

    Head of Marketing Jaecoo Indonesia Mohamad Ilham Pratama menjelaskan, Jaecoo J8 AWD akan ditawarkan dengan harga sebaik mungkin. Jaecoo J8 juga akan dirakit di PT Handal Indonesia Motor dan menargetkan kandungan lokal (TKDN) hingga 40%.

    Jaecoo J8 AWD Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    “Kalau perkiraan estimasi (harganya) Rp 700 juta, sampai Rp 800 juta. Kita belum fixed price. Yang pasti sih kita bisa (kasih) harga terbaik. Mungkin bisa turun, InsyaAllah,” bilang Ilham kepada wartawan di Bogor, Senin (16/6/2025).

    Jaecoo J8 AWD sendiri merupakan kembaran dari Chery Tiggo 9 yang dipasarkan di China. Berbeda dengan Chery, Jaecoo diposisikan lebih tinggi dan lebih premium. Sesuai positioning-nya, Jaecoo J8 AWD akan menyasar segmen kelas menengah atas.

    Diketahui, J8 AWD merupakan salah satu jagoan baru Jaecoo selain J7 SHS yang akan dijual di Indonesia. Jaecoo J8 AWD mengusung mesin 2.000 cc turbo, AWD, yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 245 dk dan torsi 385 Nm. Soal akselerasi, untuk kecepatan dari 0-100 km/jam bisa digapai dalam waktu 3,0 detik.

    Nilai jual utama di mobil ini ada pada teknologi ARDIS (All Road Drive Intelligent System). Di dalam ARDIS ini ada beberapa fitur, salah satunya four wheel vector. Membantu pada saat berkendara di medan off road ataupun on road, di mana masing-masing roda bisa menyesuaikan pembagian torsi ke masing-masing roda secara individual.

    Soal fitur keselamatan, Jaecoo J8 AWD dilengkapi 10 airbag, 19 ADAS, kamera 540 derajat dengan kualitas layar HD dan terintegrasi kamera dashcam. Mobil ini juga punya fitur keyless entry dengan auto door lock, hingga hands-free power tailgate.

    (lua/din)

  • BAIC Incar 1.000 Penjualan BJ40 Plus Lokal dengan Investasi Rp 1 T

    BAIC Incar 1.000 Penjualan BJ40 Plus Lokal dengan Investasi Rp 1 T

    Tangerang, Beritasatu.com – Produsen otomotif asal Tiongkok, BAIC, melalui mitra strategisnya di Indonesia, PT JHL Internasional Otomotif (JIO) dan PT JIO Distribusi Indonesia (JDI) membidik penjualan lebih dari 1.000 unit BJ40 Plus rakitan lokal pada tahun 2025.

    Model SUV tangguh ini diproduksi secara lokal guna menekan harga jual dan meningkatkan daya saing di pasar nasional.

    “Target awal kami memang lebih dari 1.000 unit untuk BJ40 Plus ini, tetapi tentu kami harus menyesuaikan dengan kondisi pasar yang saat ini cenderung melambat,” ungkap Chief Operating Officer BAIC Indonesia, Dhani Yahya, dalam program BeritaSatu Spesial di kantor B-Universe, PIK 2, Tangerang, Senin (16/6/2025).

    Produksi Lokal, Harga Lebih Kompetitif

    Sebagai langkah awal, BAIC Indonesia telah memulai produksi lokal dengan kapasitas awal 800 unit BJ40 Plus. Keputusan untuk merakit di dalam negeri dinilai strategis, karena mampu menekan harga jual menjadi lebih kompetitif.

    Versi rakitan lokal (CKD) dipasarkan dengan harga Rp 698 juta on the road Jakarta, jauh lebih terjangkau dibandingkan versi Completely Built Up (CBU) yang dijual seharga Rp 790 juta.

    Selain memangkas harga, perakitan lokal juga membuka peluang bagi BAIC untuk meningkatkan kandungan komponen dalam negeri (TKDN) secara bertahap.

    “Kami akan terus meningkatkan penggunaan komponen lokal. Visi kami adalah membangun pabrik sendiri dengan target investasi awal sebesar Rp 1 triliun,” bebernya.

    Menuju Pabrik Sendiri dan Ekspansi Jaringan Nasional

    Investasi besar tersebut mencerminkan komitmen jangka panjang BAIC Indonesia untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi regional.

    Transformasi dari importir utuh ke produsen lokal disebut sebagai bagian dari strategi jangka panjang yang diharapkan mampu mendorong daya saing produk BAIC di segmen SUV premium nasional.

    “Kami mempunyai strategi jangka panjang, agar perusahaan ini bertransformasi dari sekadar mengimpor unit secara utuh menjadi produsen nasional dengan pabrik sendiri,” tegas Dhani.

    Langkah ini juga akan dibarengi dengan perluasan jaringan dealer di berbagai daerah guna meningkatkan layanan purnajual dan memaksimalkan potensi penjualan.

    “Kami harap perusahaan ini akan terus tumbuh. Dengan jaringan dealer yang luas, kami yakin bisa mencapai target penjualan tersebut,” ujarnya.

    SUV Tangguh dengan Harga Lebih Bersahabat

    BJ40 Plus merupakan SUV bergaya off road yang dirancang untuk pengendara yang membutuhkan ketangguhan, kenyamanan, dan desain premium.

    Dengan rakitan lokal dan harga lebih bersaing, BJ40 Plus menjadi alternatif menarik di tengah kompetisi ketat pasar SUV di Indonesia.

  • MedcoEnergi Capai Lifting Minyak 10.000 Barel Perdana dari Lapangan Migas Forel

    MedcoEnergi Capai Lifting Minyak 10.000 Barel Perdana dari Lapangan Migas Forel

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) mengumumkan pencapaian lifting minyak perdana dari Lapangan Migas Forel di South Natuna Sea Block B. Produksi dari lapangan ini telah mencapai 10.000 barel minyak per hari (BOPD) dan ditampung di Floating Production Storage and Offloading (FPSO) Marlin Natuna sebelum dikapalkan.

    Direktur & Chief Operating Officer MedcoEnergi Ronald Gunawan menuturkan FPSO Marlin Natuna merupakan proyek konversi kapal tanker pertama yang dikerjakan di Indonesia oleh anak bangsa. Adapun Lapangan Forel sebelumnya telah diresmikan oleh Presiden Prabowo Subianto pada 16 Mei 2025. 

    “Keberhasilan lifting minyak perdana ini mencerminkan sinergi yang kuat antara Pemerintah, SKK Migas, dan tim MedcoEnergi,” ujarnya melalui keterangan resmi, Minggu (15/6/2025).

    Pemerintah sebelumnya meresmikan produksi perdana lapangan minyak Forel dan Terubuk. Menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat ketahanan energi nasional.

    Lapangan yang dikelola oleh Medco E&P Natuna Ltd bakal menambah produksi 20.000 barel minyak per hari sebagai bentuk kemampuan anak bangsa dalam mengelola industri migas secara mandiri.

    Wakil Menteri ESDM Yuliot Tanjung pun menyoroti pentingnya kandungan lokal dalam proyek ini. Dia menegaskan bahwa hampir seluruh fasilitas dan infrastruktur pendukung dalam kegiatan investasi Forel dan Terubuk dikerjakan oleh tenaga dan perusahaan dalam negeri dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang nyaris menyentuh angka 100%.

    Investasi besar pun mengiringi keberhasilan proyek ini. Yuliot menyebut bahwa proyek ini digarap oleh Medco EP Natuna dan total dana yang digelontorkan untuk pengembangan kedua lapangan tersebut mencapai hampir Rp10 triliun.

    “Untuk investasi yang dilakukan di Forel dan Terubuk dilakukan oleh Medco EP Natuna Energy, dengan adanya investasi oleh Medco ini total investasi yang dikucurkan itu hampir Rp10 triliun,” katanya. 

    Menurutnya, keberadaan fasilitas produksi ini akan memberikan kontribusi jangka panjang dalam memperkuat fondasi energi nasional di tengah tantangan global dan kebutuhan energi yang terus meningkat.

    “Tentu dengan adanya fasilitas ini akan memperkuat ketahanan energi kita ke depan,” ucapnya. 

  • RUPS Tahun Buku 2024, Pertamina Raih Laba Bersih Rp 49,5 Triliun, Kontribusi ke Negara Capai Rp 401 Triliun

    RUPS Tahun Buku 2024, Pertamina Raih Laba Bersih Rp 49,5 Triliun, Kontribusi ke Negara Capai Rp 401 Triliun

    RUPS Tahun Buku 2024, Pertamina Raih Laba Bersih Rp 49,5 Triliun, Kontribusi ke Negara Capai Rp 401 Triliun
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com
    – PT
    Pertamina
    (Persero) mencatatkan kinerja positif dengan raihan laba bersih mencapai 3,13 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 49,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.847) sepanjang 2024.
    Raihan kinerja positif itu tak terlepas dari dukungan pemerintah serta keberhasilan Pertamina menjaga
    revenue
    di tengah tantangan global belakangan ini.
    Pada periode tersebut, Pertamina juga mencatatkan kontribusi sebesar Rp 401,73 triliun kepada negara, baik dari pajak, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) maupun dividen. Kemudian, penyerapan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) mencapai Rp 415 triliun.
    Dalam Konferensi Pers Laporan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2024 di Grha Pertamina, Jumat (13/6/2025), Direktur Utama (Dirut) Pertamina Simon Aloysius Mantiri mengatakan, di tengah berbagai dinamika global, Pertamina terus beradaptasi untuk menjaga
    operation excellent
    yang secara konsisten diterapkan di seluruh lini bisnis.
    “Dengan fokus pada peningkatan layanan publik dan menjaga pertumbuhan perusahaan, Pertamina berhasil mengoptimalkan seluruh proses bisnis sehingga mampu mempertahankan kinerja finansial yang solid,” ujarnya dalam siaran pers.
     
    Simon menambahkan, kontribusi berbagai program efisiensi dan optimalisasi kinerja memberikan dampak signifikan bagi kinerja positif perusahaan. 
    Dia menyebutkan, Pertamina berkomitmen untuk terus memperkuat kinerja dan menghadirkan solusi energi yang berkelanjutan. 
    “Kami optimistis dengan peluang dan potensi yang dimiliki, Pertamina akan mampu mengakselerasi pencapaian target perusahaan dan berkontribusi pada ketahanan energi nasional,” jelas Simon. 
    Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini menambahkan, program Cost Optimization yang dijalankan Pertamina berhasil memberikan kontribusi sebesar 1,38 miliar dollar AS terhadap kinerja positif perusahaan. 
    Emma menambahkan, laporan keuangan Pertamina pada 2024 juga mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian dalam semua hal yang bersifat material. 
    Pertamina juga patuh terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan dalam seluruh operasional bisnisnya.
    “Ini menunjukkan bahwa praktik
    good corporate governance
    (GCG) di Pertamina secara group solid dan Pertamina dipandang bagus untuk mendapat kepercayaan dari
    stakeholders
    dan investor,” terangnya.
    Emma menilai, di tengah dinamika global, Pertamina berkomitmen terus meningkatkan modal kerja (
    capital expenditure/capex
    ) yang tumbuh secara berkesinambungan. 
    “Dilihat dari rasio keuangan, justru terjadi perbaikan. Kalau kami lihat dari realisasi
    capex
    2024, meningkat 4,3 persen ketimbang 2023 karena Pertamina berkomitmen harus tumbuh berkelanjutan,” jelasnya.
    Kinerja finansial yang baik juga tergambar dari peringkat kredit Pertamina dari lembaga pemeringkat internasional yang memberikan peringkat level investasi, dengan
    outlook
    stabil. 
    “Secara keseluruhan, 2024, kami berhasil menutup kinerja Pertamina secara grup, baik sisi finansial atau operasional, terjaga cukup baik. Capaian ini berkat kinerja yang solid dari
    holding
    dan
    subholding
    , serta dukungan pemerintah dan seluruh
    stakeholders
    ,” katanya.  
    Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, Pertamina juga menjadi badan usaha milik negara (BUMN) terbesar dalam penyerapan TKDN, yakni mencapai Rp 415 triliun. 
    “Serapan belanja dalam negeri menjadi komitmen Pertamina dalam mendukung perekonomian, terutama usaha lokal sebagai tulang punggung ekonomi agar terus berkembang dan maju,” ujar Fadjar. 
    Sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung target Net Zero Emission (NZE) 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). 
    Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan
    environmental, social, governance
    (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Siap Tempur! Hilux Disulap Jadi Mobil Militer

    Siap Tempur! Hilux Disulap Jadi Mobil Militer

    Jakarta

    Kendaraan taktis (rantis) memiliki peran penting dalam operasi militer. Bagaimana jadinya kalau mobil pikap disulap jadi mobil militer?

    Maxfort, salah satu perusahaan yang mengkhususkan diri dalam desain dan pembuatan sistem kendaraan 4×4 meluncurkan TAC-ROV (Tactical Auxiliary Combat Response Operational Vehicle). TAC-ROV menjadi kendaraan multiguna di kelas light-to-medium tactical utility. Kendaraan ini cocok untuk misi patroli, dukungan tempur, logistik dan operasi SAR (search and rescue).

    “Kami memahami tantangan tersebut dan Maxfort TAC-ROV hadir sebagai jawaban. Maxfort TAC-ROV dikembangkan dengan semangat kemandirian industri yang dibuktikan dengan 98% komponen dirancang dan diproduksi di Indonesia, penggunaan material lokal terbaik termasuk aluminium anti-karat, proses desain hingga produksi melibatkan tim R&D internal yang kuat. Kami percaya bahwa kolaborasi antara swasta dan pemerintah menjadi kunci kemajuan industri pertahanan nasional,” kata CEO Maxfort Marwin Wong.

    Hingga saat ini, beberapa institusi dalam negeri seperti satuan khusus kepolisian, instansi pertahanan, komunitas search and rescue, bahkan beberapa komunitas berburu telah menunjukkan minatnya. Bahkan, Maxfort menerima permintaan informasi dan ketertarikan awal dari distributor di kawasan Asia Tenggara (Thailand Malaysia Japan) dan Australia.

    Hilux Jadi Mobil Militer Foto: Dok. Maxfort

    “Dan baru saja terjadi perbincangan untuk masuk ke pasar Amerika Serikat, khusus di sektor private military contractor (PMC) dan humanitarian logistics yang membutuhkan kendaraan modular siap pakai untuk kondisi ekstrem. Keuntungan kami adalah Maxfort TAC-ROV telah memenuhi dokumen syarat ekspor,” ungkap Marwin Wong.

    Maxfort TAC-ROV dapat disesuaikan untuk misi militer, kepolisian, SAR dan sipil, serta dapat digunakan di jalan umum sesuai dengan peraturan lalu lintas yang berlaku. Mobil ini legal digunakan di jalan raya, jika digunakan tanpa persenjataan.

    Hilux Jadi Mobil Militer Foto: Dok. Maxfort

    Semua komponen elektrikal dan penerangan telah disesuaikan dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) dan spesifikasi jalan raya. Bahkan, mobil tempur ini sudah mengantongi izin dari Dinas Perhubungan dan merek terkait, serta telah melalui pengujian TKDN karoseri dengan nilai tertinggi.

    Maxfort TAC-ROV adalah hasil pengembangan intensif lebih dari 18 bulan R&D yang melibatkan desainer kendaraan taktis, militer dan praktisi outdoor. Fokus Maxfort TAC-ROV adalah menciptakan solusi mobilitas “Taktikal Harian” yang modular, ringan dan dapat diadaptasi berbagai misi.

    Material aluminium menjamin masa pakai lebih dari 10 tahun dengan perawatan minimal. Mobil ini telah diuji di berbagai medan, dari pegunungan, gurun, pantai hingga hutan tropis. Struktur kanopi dibuat dari aluminium grade militer, ringan dan anti-karat. Semua baut dan fitting juga menggunakan material anti-korosi. Fitur internal seperti drawer system, prep table, molle panel hingga water tank dibuat dengan material high-grade tactical engineering.

    Maxfort TAC-ROV dapat dipesan melalui dua opsi. Pertama paket lengkap (complete build). Paket lengkap itu berarti termasuk unit kendaraan basis (Toyota Hilux, Land Cruiser 79, Mitsubishi Triton atau sejenis), lengkap dengan sistem TAC-ROV. Paket lengkap dengan kendaraan ini membutuhkan waktu 60-90 hari kerja tergantung varian dan tingkat kustomisasi.

    Hilux Jadi Mobil Militer Foto: Dok. Maxfort

    Opsi kedua adalah Modular Kit. Paket ini hanya unit tambahan TAC-ROV (kanopi + sistem pendukung), untuk diaplikasikan pada kendaraan yang sudah dimiliki pengguna. Bisa dipindah-pindahkan antar sesama double cabin. Hilux ke Ranger ke Triton ke Dmax atau sejenisnya. Waktu dari order hingga pengiriman Modular Kita (tanpa kendaraan) adalah 45-60 hari kerja.

    “Kebutuhan akan kendaraan misi ringan yang cepat tanggap tanpa SIM khusus untuk operasi perkotaan, perbatasan hingga bencana alam meningkat. Kami melihat kekosongan produk lokal yang modular dan dapat disesuaikan misi. Pasar ekspor Asia Tenggara, Afrika, Australia dan Amerika sangat terbuka terhadap unit seperti Maxfort TAC-ROV ini,” kata Marwin Wong.

    (rgr/dry)

  • Bocoran Obrolan Prabowo & Trump 15 Menit Lewat Telepon

    Bocoran Obrolan Prabowo & Trump 15 Menit Lewat Telepon

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto berbicara lewat telepon dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Komunikasi kedua kepala negara berlangsung Kamis malam (12/6/2025).

    Dalam unggahan akun Instagram resmi Sekretariat Kabinet, pada Jumat (13/6/2025), disebutkan Prabowo dan Trump saling menanyakan kabar serta perkembangan terkini, baik di Amerika maupun di Indonesia.

    Keduanya saling bicara selama 15 menit. Prabowo dan Trump juga disebut banyak bicara soal peningkatan kerja sama antar kedua negara. Disebutkan juga, kedua pemimpin juga saling berkabar melalui sambungan telepon pada 11 November 2024.

    “Sebagai pemimpin dua negara besar, keduanya juga sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat, serta menegaskan dukungan mereka terhadap upaya menjaga stabilitas dan perdamaian global,” tulis unggahan pada akun @sekretariat.kabinet.

    Sebelumnya, Prabowo lebih dulu memamerkan momen melakukan komunikasi dengan Trump itu lewat unggahan Instagram di akun resmi @prabowo.

    Sebuah foto diunggah Prabowo kemarin malam, Kamis malam. Dalam foto itu, Prabowo nampak berada dalam ruangan kerjanya, dia menelepon Trump dengan ponselnya sambil duduk di meja kerjanya.

    “Hari ini saya menerima sambungan telepon dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump,” sebut Prabowo dalam keterangan unggahannya.

    Pembicaraan lewat telepon ini dilakukan Prabowo dengan Trump di tengah proses negosiasi tarif impor. Proses negosiasi itu dilakukan sejak pertengahan April usai Trump mengumumkan tarif resiprokal, Indonesia sendiri terkena 32% untuk tiap barang yang diekspor ke Amerika.

    Info terakhir, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto yang memimpin proses negosiasi itu mengatakan tim teknis negosiasi terus bertukar informasi. “Prosesnya kita ikuti saja,” kata Airlangga pertengah Mei lalu.

    Sebagai informasi, pemerintah telah menandatangani non-disclosure agreement (NDA) yang menjadi tanda awal negosiasi pada akhir kunjungan ke AS akhir bulan lalu. Kesepakatan tersebut mengharuskan kedua negara tidak menyampaikan secara detail kepada publik terkait hasil atau perkembangan dari proses negosiasi yang masih berlangsung.

    Sejauh ini tawaran yang diajukan pemerintah Indonesia kepada AS masih sama dan terus berproses. Termasuk tawaran terkait deregulasi aturan pajak dan bea cukai, menambah impor dari AS untuk menyeimbangkan neraca perdagangan, hingga menghapus kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

    Tawaran utama Indonesia untuk menurunkan tarif impor sendiri adalah menawarkan upaya penyeimbangan neraca dagang dengan AS, Indonesia siap memangkas surplus dengan AS dengan menambah volume impor barang dari AS.

    Komoditas yang ditawarkan untuk diimpor dari AS ke Indonesia adalah minyak dan gas hingga produk agrikultur macam gandum dan kedelai.

    Selain itu, Indonesia akan memfasilitasi perusahaan AS untuk yang selama ini beroperasi di dalam negeri untuk berbisnis dengan aman dan nyaman. Beberapa hal terkait kemudahan perizinan dan insentif akan diberikan untuk perusahaan AS.

    Indonesia juga menawarkan produk mineral kritis kepada AS dan mempermudah regulasi impor termasuk produk holtikultura dari AS. Investasi antara kedua negara juga akan didorong dalam skema business to business (B to B).

    (hal/hns)