Tokopedia & TikTok Shop Jadi Mitra Eksklusif JFW 2026, Angkat Tren Earthly Allure

Tokopedia & TikTok Shop Jadi Mitra Eksklusif JFW 2026, Angkat Tren Earthly Allure

Bisnis.com, JAKARTA – Pertumbuhan pesanan fashion hingga 82% menjadi momentum bagi Tokopedia dan TikTok Shop untuk memperluas dukungan terhadap Jakarta Fashion Week (JFW). Dukungan ini merupakan komitmen Tokopedia dan TikTok Shop dalam menjaga keberlanjutan ekosistem fashion nasional serta membuka lebih banyak peluang bagi brand lokal untuk berkembang.

Langkah ini pun diharapkan bisa menjadi katalis positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, mempertimbangkan bahwa industri fesyen berkontribusi 17,6% terhadap nilai tambah ekonomi kreatif, yaitu sebesar Rp225 triliun. Selain itu, industri fesyen menyumbang 17% dari total 25 juta lapangan kerja yang dihasilkan oleh sektor ekonomi kreatif Tanah Air.

“Kolaborasi Tokopedia dan TikTok Shop bersama JFW 2026 menjembatani pengalaman belanja online dengan ajang mode bergengsi untuk mendukung merek fesyen lokal; penyokong ekonomi kreatif Indonesia,” ujar Stephanie Susilo, Senior Director of Tokopedia and TikTok E-commerce.

Dia menambahkan bahwa koleksi khusus JFW 2026 dari berbagai merek fesyen, yang seluruhnya merupakan jenama lokal, dapat diakses dengan aman, mudah, dan terjangkau hanya melalui Tokopedia dan TikTok Shop.

Terdapat enam brand lokal Tokopedia-Tiktok Shop yang menghadirkan koleksi pilihan, yakni Vivi Zubedi, Mayoutfit, Minimal, Bwbyaz, Geulis, dan Heaven Lights. Mereka menghadirkan koleksi terbaru yang mengusung tema Earthly Allure, yang mengedepankan palet warna alami bersaturasi rendah, dipadukan dengan aksesori elegan. Tren ini diharapkan memberikan inspirasi baru bagi tren fesyen di Indonesia.

Vivi Mar’i Zubedi, Founder VIVIZUBEDI, mengapresiasi kolaborasi ini sebagai bukti nyata bahwa dukungan lintas industri dapat memperkuat eksistensi brand lokal. “Sinergi ini menjadi bukti nyata bahwa dukungan lintas industri dapat memperkuat eksistensi brand lokal dan menghadirkan kebanggaan bagi mode Indonesia di kancah yang lebih luas,” katanya.

Mayoritas merek yang berkolaborasi dalam ajang JFW 2026 memiliki toko berstatus ‘Mall’ di Tokopedia maupun TikTok Shop. Status ini menjamin produk 100% asli, bebas ongkos kirim, dan gratis retur 15 hari. Stephanie menjelaskan bahwa selain menyediakan diskon hingga cashback spesial untuk produk eksklusif JFW 2026, merek-merek tersebut mengedepankan pengalaman #BelanjaAman bagi pengguna.

Ekosistem Mall ini diperuntukkan bagi para penjual yang telah memiliki sertifikat kekayaan intelektual dan lisensi resmi lainnya. Pada semester I 2025, TikTok Shop by Tokopedia mencatat kenaikan jumlah penjual Mall sebesar 4 kali lipat, dengan sejumlah penjual Mall bahkan mengalami pertumbuhan transaksi tertinggi rata-rata lebih dari 15 kali lipat. “Daftar merek dengan pertumbuhan transaksi tertinggi didominasi oleh brand lokal, termasuk UMKM. Ini membuktikan ekosistem Mall yang bersifat sangat inklusif dan memberdayakan,” terang Stephanie.

Koleksi terbaru khusus JFW 2026 dari keenam jenama lokal tersebut dapat diakses dengan lebih terjangkau melalui kampanye New Arrival Day di Tokopedia dan TikTok Shop. New Arrival Day merupakan inisiatif unggulan dari TikTok Shop by Tokopedia yang setiap bulannya menghadirkan tren dan produk baru di pasar Indonesia.