Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

THR Cair! Ini Dia Tren Belanja Gen Z dan Milenial yang Diungkap Survei YouGov

THR Cair! Ini Dia Tren Belanja Gen Z dan Milenial yang Diungkap Survei YouGov

Jakarta: Setiap tahun, Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi momen yang paling ditunggu oleh banyak pekerja di Indonesia. 
 
Tapi, ke mana uang THR itu mengalir? Survei terbaru dari YouGov Indonesia mengungkap bahwa mayoritas masyarakat, terutama Gen Z dan milenial, lebih memilih membelanjakan THR mereka untuk fashion ketimbang hal lain. 
 
Tren ini semakin menguat, seiring dengan meningkatnya peran media sosial dan e-commerce dalam membentuk kebiasaan belanja masyarakat.

Menurut survei YouGov, sebanyak 79 persen responden berencana menggunakan dana THR mereka untuk membeli pakaian baru. 
 
Sementara itu, 71 persen mengalokasikan THR untuk makanan dan minuman, dan 52 persen memilih membeli hampers serta kue Lebaran. 
 
Produk perawatan diri dan kosmetik juga menjadi favorit, dengan 43 persen responden berencana membelinya, disusul alas kaki sebanyak 38 persen.
 

Fashion dan kosmetik jadi favorit gen Z dan milenial
Yang menarik, survei ini juga menunjukkan perbedaan pola belanja berdasarkan generasi. 
 
Gen Z dan milenial lebih cenderung menghabiskan THR mereka untuk fashion dan kosmetik, sementara generasi lebih tua seperti Gen X dan Baby Boomers lebih banyak mengalokasikan dana mereka untuk makanan serta hampers Lebaran.
 
“Survei ini menunjukkan bahwa preferensi belanja masyarakat Indonesia terus berkembang dengan pengaruh digitalisasi yang semakin besar. Meskipun fashion tetap menjadi primadona, kita melihat pergeseran yang signifikan dalam pola konsumsi di berbagai kategori,” ujar General Manager YouGov Indonesia, Edward Hutasoit, dalam keterangan tertulis, Senin, 17 Maret 2025.
 

Online vs offline: mana yang lebih diminati?
Dalam tren belanja THR 2025, YouGov juga menemukan bahwa belanja online terus meningkat, terutama di beberapa kategori tertentu:
 
– Paket data & internet (55 persen), pembayaran listrik & tagihan (46 persen), serta langganan hiburan (44 persen) lebih banyak dilakukan secara digital.
– Makanan & minuman (58 persen), serta obat-obatan & vitamin (48 persen) mengalami lonjakan pembelian online dibanding tahun sebelumnya.
– Elektronik & peralatan rumah tangga mengalami pertumbuhan di dua kanal (online dan offline), menandakan fleksibilitas konsumen dalam memilih cara berbelanja.
 
Namun, beberapa kategori tetap lebih banyak dibeli secara offline, termasuk:
 
– Fashion (75 persen) dan perawatan diri & kosmetik (68 persen), menunjukkan bahwa pengalaman belanja langsung masih menjadi faktor penting.
– Obat-obatan & vitamin (45 persen), karena faktor kepercayaan terhadap konsultasi langsung dengan apoteker.
 
“Tren belanja THR membuka peluang besar bagi ritel dan e-commerce. Dengan meningkatnya belanja online untuk makanan dan kebutuhan rumah tangga, bisnis perlu memperkuat strategi pemasaran digital. Sementara itu, fashion dan kosmetik tetap lebih banyak dibeli secara offline, sehingga promosi eksklusif di toko bisa menarik lebih banyak pelanggan,” tambah Edward.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

(ANN)

Merangkum Semua Peristiwa