Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Siap Siaga! Jasa Marga Sediakan Berbagai Layanan Antisipasi Lonjakan Libur Nataru 2025

Siap Siaga! Jasa Marga Sediakan Berbagai Layanan Antisipasi Lonjakan Libur Nataru 2025

Jakarta, Beritasatu.com – Jasa Marga siap memberikan layanan maksimal untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan di jalan tol pada momen Natal 2024 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Hal ini ditandai dengan pelaksanaan kick-off Satuan Tugas (Satgas) Jasa Marga Siaga Libur Nataru 2025 yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada Jumat (13/12/2024).

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, Satgas Jasa Marga Siaga Libur Nataru sebagai langkah antisipasi.

“Hari ini Jasa Marga Grup telah melaksanakan kick-off kesiapan operasional Jasa Marga siaga Natal 2024 dan juga Tahun Baru 2025 yang menandakan bahwa seluruh petugas dan juga armada di Jasa Marga Grup telah siap menghadapi layanan Nataru,” ujarnya di TMII, Jakarta Timur, Jumat (13/12/2024).

Ia menambahkan, Jasa Marga telah menambah berbagai kebutuhan operasional, termasuk rambu-rambu lalu lintas, armada operasional, dan pos untuk pengisian ulang uang elektronik.

“Ada beberapa armada yang memang ditambahkan, juga petugas dan rambu-rambu yang disiapkan di titik-titik untuk layanan transaksi di gerbang tol dan juga di setiap wilayah. Kita siapkan 112 paket traffic cone, 18.200 unit rambu tambahan, penambahan petugas di gerbang tol, 424 unit mobile reader, 612 unit, serta pos top-up uang elektronik,” jelas Lisye.

Jasa Marga juga terus memperbarui teknologi, salah satunya melalui Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC), yang menjadi pusat pengendalian informasi berbasis Intelligent Transport System (ITS).

“Jasa Marga terus mengembangkan layanan informasi khususnya yang dikendalikan di Jasa Marga Toll Command Center sebagai pusat pengendalian informasi,” tambah Lisye.

Dalam menghadapi cuaca ekstrem yang belakangan sering terjadi, Jasa Marga juga menyiagakan tim patroli yang berjaga selama 24 jam. Tim ini bertugas memantau kondisi jalan dan melakukan pengecekan berkala untuk memastikan jalan tol dalam kondisi layak.

“Tim siaga 24 jam siap menghadapi cuaca ekstrem, seperti hujan tinggi. Tim akan mengecek kondisi di lapangan untuk memastikan kualitas jalan dalam keadaan layak,” ungkap Lisye.

Sebagai informasi, pengguna tol dapat mengakses bantuan dan informasi melalui call center Jasa Marga 14080. Selain itu, layanan kendaraan derek disiapkan untuk membantu pengguna tol secara praktis dan real time.