Jakarta –
Shopee menyebutkan fitur belanja interaktif saat ini tengah digemari para konsumen di Indonesia. Sebab para penjual dan pembeli bisa melakukan komunikasi secara langsung layaknya belanja offline.
Tak hanya itu, Shopee mencatat fitur tersebut juga tergolong membantu para penjual dalam meningkatkan omset mereka. Riset IPSOS tahun 2024, 67% responden menyatakan Shopee Live memberikan peningkatan omzet terbesar bagi bisnis mereka ketimbang platform lainnya. Adanya fitur tanya jawab, diskon harga, dan penawaran gratis ongkir di Shopee Live merupakan stimulus penting yang mengatrol jumlah transaksi pengguna.
Sementara itu, data internal 2024 Shopee mencatat ada 1 miliar produk UMKM yang terjual lewat sesi Shopee Live. Selain itu, kini semakin banyak kreator yang bergabung di Shopee. Jumlah Kreator Shopee meningkat 50% di tahun 2024. Akumulasi total durasi konten mereka mencapai 735 juta jam.
“Shopee senantiasa berinovasi agar bisa terus menjadi wadah bagi banyak orang untuk berkembang. Termasuk para konten kreator yang terus mengembangkan kreativitas sehingga dapat menghasilkan konten-konten yang semakin menarik. Tahun ini jumlah kreator di Shopee meningkat cukup tajam, dan kehadiran mereka sangat membantu dalam mempromosikan produk-produk berkualitas dari UMKM yang ada di Shopee,” ujar Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto dalam keterangan tertulis, Senin (23/12/2024).
Infografis Shopee Foto: Shopee
Menariknya, banyak kreator yang menghadirkan berbagai konten kreatif dan berkualitas. Hal itu sengaja mereka lakukan agar mampu menarik lebih banyak konsumen di dunia maya.
Selain itu, Shopee turut mengeluarkan beragam inovasi yang mendukung UMKM mengembangkan bisnis, seperti Program Ekspor Shopee, Shopee Pilih Lokal, dan lainnya.
Pihaknya mencatat peningkatan penjualan produk di kanal Shopee Pilih Lokal melejit lebih dari 200% dibandingkan tahun lalu, menandakan meningkatnya kecintaan masyarakat terhadap produk lokal. Fitur interaktif seperti Shopee Live ini diharapkan juga bisa membantu meningkatkan penjualan produk lokal secara signifikan.
“Kami berharap pertumbuhan positif ini dapat terus berlanjut sehingga menghasilkan dampak baik bagi para kreator, UMKM, pengguna, dan seluruh masyarakat Indonesia,” tutur Christin.
Sementara itu, salah satu konten kreator yang kerap Shopee Live Lisa Quincy mengakui dirinya mendapatkan penghasilan tambahan dari fitur tersebut. Menurutnya, fitur tersebut membuat dirinya mampu menjual ribuan produk.
“Menjadi kreator di Shopee Live, Shopee Video, dan Shopee Affiliate Program sangat mengubah hidupku. Berawal dari kegemaran mengikuti berbagai tren produk kecantikan dan fesyen melalui platform e-commerce, kini aku menyadari hal ini bisa menjadi peluang untuk memiliki penghasilan tambahan yang cukup memenuhi kebutuhan keluarga sembari merencanakan masa depan yang lebih baik,” tutup Lisa.
(ega/ega)