provinsi: DKI Jakarta

  • Ada Teknologi Baru buat Jaga Kedaulatan Maritim, Ini Kecanggihannya

    Ada Teknologi Baru buat Jaga Kedaulatan Maritim, Ini Kecanggihannya

    Jakarta

    Dalam rangka memperkuat sistem pertahanan dan pengawasan wilayah maritim Indonesia, dibutuhkan pengembangan teknologi kedirgantaraan hasil karya anak bangsa. Salah satu terobosan yang dikembangkan adalah Pesawat Udara Tanpa Awak (PUTA) SE-01, sebuah pesawat multifungsi yang mampu beroperasi baik di darat maupun di perairan.

    Wakil Gubernur Lemhanas Laksamana Muda TNI Edwin Rajo Mangkuto menjelaskan, pesawat ini memiliki dimensi bentang sayap 4,5 meter, panjang 3,1 meter, dan tinggi 0,9 meter, dibangun menggunakan material komposit ringan namun kokoh. Dengan berat maksimum saat lepas landas (MTOW) 60 kg, PUTA mampu membawa beban hingga 15 kg.

    PUTA SE-01 ditenagai bahan bakar Pertamax dengan kapasitas tangki 10 liter, memungkinkannya terbang selama 3 hingga 4 jam pada ketinggian antara 300 sampai 6.000 kaki. Kecepatan jelajahnya mencapai 75 km/jam, dengan kecepatan maksimum 130 km/jam.

    Mesinnya berjenis 2 tak dengan kapasitas 170 cc dan tenaga 17,5 HP, mampu menghasilkan hingga 9.000 RPM. Propeller dua bilah berukuran 30″×12″ dengan konfigurasi pusher mendukung performa mesin ini secara optimal.

    Keunggulan utama PUTA SE-01 terletak pada kemampuannya untuk lepas landas dan mendarat di dua medan, baik air maupun darat. Ini membuatnya sangat ideal untuk operasi di wilayah pulau terluar, pesisir pantai, serta daerah terdampak bencana.

    Meski sudah memiliki kapabilitas tinggi, Edwin menyebutkan bahwa pengembangan PUTA masih akan terus dilakukan agar dapat beroperasi dalam kondisi cuaca ekstrem dan ombak laut yang lebih besar (sea-state), dengan target penggunaan di kapal perang TNI AL.

    “PUTA adalah bentuk nyata dari upaya memperkuat pengawasan maritim nasional. Dengan kemampuan take off dan landing di air, pesawat ini menjadi aset strategis dalam menjaga luasnya perairan Indonesia,” ujar Edwin dalam keterangan tertulis, Jumat (4/4/25).

    Ia juga menegaskan bahwa PUTA tidak semata untuk operasi militer, namun juga berpotensi besar digunakan dalam misi kemanusiaan, pelestarian lingkungan, dan ketahanan pangan.

    “Ini bukan sekadar alat pertahanan. PUTA adalah bukti kesiapan kita menjaga kedaulatan sekaligus melayani masyarakat di wilayah yang sulit dijangkau,” lanjutnya.

    PUTA SE-01 menjadi representasi kemajuan teknologi nasional yang adaptif, efisien, dan dirancang untuk menjawab tantangan geografis Indonesia sebagai negara kepulauan.

    (ada/ara)

  • Microsoft Tambahkan Fitur Baru untuk Copilot AI, Mirip Punya ChatGPT

    Microsoft Tambahkan Fitur Baru untuk Copilot AI, Mirip Punya ChatGPT

    Bisnis.com, JAKARTA — Microsoft menambahkan fitur baru pada Copilot, chatbot berbasis AI miliknya pada peringatan hari ulang tahun ke-50 Microsoft.

    Melansir dari Techcrunch, Sabtu (5/4/205) Copilot kini dapat melakukan berbagai tindakan di situs web, memungkinkan pengguna untuk memesan tiket, memesan restoran, dan bahkan melakukan pembelian langsung dari berbagai platform.

    Selain itu, Copilot kini memiliki kemampuan untuk mengingat preferensi pengguna, seperti makanan dan film favorit, mirip dengan teknologi yang digunakan dalam ChatGPT milik OpenAI.

    Pembaruan ini juga termasuk kemampuan baru di mana Copilot dapat menganalisis video secara real-time yang diambil oleh ponsel pengguna dan memberikan jawaban yang relevan berdasarkan apa yang dilihatnya. 

    Fitur-fitur baru ini menandai langkah besar dalam pengembangan Copilot, yang sebelumnya didukung oleh model AI dari OpenAI, namun kini berintegrasi dengan lebih banyak teknologi internal Microsoft.

    Seiring dengan peluncuran fitur baru ini, Microsoft menjalin kemitraan dengan sejumlah layanan terkemuka seperti 1-800-Flowers.com, Booking.com, Expedia, Kayak, OpenTable, Priceline, Tripadvisor, Skyscanner, Viator, dan Vrbo untuk kompatibilitas pada hari pertama. 

    Pengguna kini dapat memberikan perintah seperti ‘kirim karangan bunga untuk pasangan saya’ dan Copilot akan berusaha menyelesaikan tugas tersebut.

    Selain itu, Copilot juga dapat melacak transaksi online untuk pengguna, memberikan notifikasi jika ada penurunan harga atau penjualan pada item yang diinginkan, dan memberikan tautan untuk membeli produk tersebut. 

    Meskipun Microsoft tidak mengungkapkan detail rinci tentang bagaimana fitur ini bekerja, hal ini menunjukkan upaya mereka untuk menghadirkan pengalaman yang lebih personal dan efisien bagi penggunanya.

    Untuk platform Android dan iOS, Copilot kini bisa melihat apa yang terlihat melalui kamera ponsel atau galeri foto pengguna dan memberikan informasi terkait objek atau pemandangan tersebut.

    Sementara itu, di Windows, aplikasi Copilot yang baru dapat menganalisis layar desktop untuk membantu pengguna mencari informasi, mengubah pengaturan, atau mengatur file.

    Meskipun fitur-fitur ini inovatif, Microsoft juga memberikan kontrol penuh kepada pengguna untuk mengelola apa yang Copilot ingat tentang mereka.

    Pengguna dapat memilih untuk menghapus data pribadi atau menonaktifkan fitur ini sepenuhnya, memberikan rasa aman bagi mereka yang khawatir tentang privasi.

  • KAI Buka Suara soal Harga Tiket Kereta Naik Setelah Lebaran

    KAI Buka Suara soal Harga Tiket Kereta Naik Setelah Lebaran

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta buka suara terkait harga tiket kereta api naik setelah Lebaran. KAI menegaskan bahwa penetapan Tarif Kereta Api sesuai regulasi yang ada.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menjelaskan, penjualan tiket saat mudik Lebaran 2025 KAI tetap berkomitmen menjaga keterjangkauan harga tiket sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    “Tidak ada lonjakan harga di luar batas yang telah ditetapkan oleh Kemenhub. Penyesuaian harga dilakukan secara transparan dan sesuai mekanisme pasar dalam koridor TBA-TBB,” kata Ixfan dalam keterangannya, Sabtu (5/4/2025).

    Sistem tarif berdasarkan Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB) yang telah ditetapkan untuk Kereta Api Komersil atau KA nonsubsidi.

    “Sistem ini memberikan fleksibilitas kepada KAI dalam menentukan harga tiket, selama tetap berada dalam koridor yang ditetapkan oleh pemerintah,” terangnya.

    Ixfan menyampaikan, dasar Hukum dan Tujuan Pengaturan Tarif Penetapan TBA dan TBB merupakan bentuk regulasi pemerintah untuk menjaga keterjangkauan harga tiket, terutama pada periode-periode penting seperti musim mudik Lebaran.

    “Ini juga bertujuan untuk melindungi konsumen dan menjamin keberlangsungan layanan transportasi publik yang aman dan nyaman,” ujarnya.

    Perbedaan Tiket Komersial dan Tiket Bersubsidi

    Tiket Komersial (kelas eksekutif dan bisnis) memiliki harga yang disesuaikan dengan permintaan, namun tetap dalam batas tarif yang diperbolehkan.

    Tiket Ekonomi Bersubsidi (PSO) tetap mendapatkan subsidi dari pemerintah, sehingga tarifnya lebih murah dan terjangkau untuk masyarakat luas.

    “Sistem tarif TBA-TBB memastikan keseimbangan antara kepentingan operasional perusahaan dan perlindungan konsumen. Dengan dukungan subsidi Public Service Obligation (PSO) dan pengawasan dari Kemenhub, KAI terus berkomitmen menyediakan transportasi publik yang aman, nyaman, dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat,” tutur Ixfan.

    Tips Dapat Tiket Kereta Harga Terjangkau:

    1. Pesan tiket lebih awal. Semakin cepat Anda memesan tiket, semakin besar peluang mendapatkan harga pada batas bawah.

    2. Pilih Kelas Ekonomi Subsidi (PSO). Kelas ini mendapatkan subsidi dari pemerintah, sehingga lebih murah dibandingkan kelas komersial.

    3. Gunakan Aplikasi resmi KAI. Unduh dan pantau secara berkala aplikasi KAI Access atau kunjungi situs resmi KAI untuk informasi harga dan promo.

    4. Rencanakan perjalanan di luar puncak liburan. Tiket pada hari kerja atau di luar musim puncak umumnya lebih murah.

    5. Manfaatkan program promo. Ikuti berbagai promo dan diskon resmi dari KAI yang diumumkan pada waktu-waktu tertentu.

    (ada/ara)

  • Pemudik Masih Padati Stasiun Gambir Jakarta Pada H+5 Lebaran, Tujuannya Solo Hingga Surabaya – Halaman all

    Pemudik Masih Padati Stasiun Gambir Jakarta Pada H+5 Lebaran, Tujuannya Solo Hingga Surabaya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sejumlah penumpang yang hendak mudik terlihat memadati Stasiun Gambir, Jakarta Pusat pada H+5 Lebaran, Sabtu (5/5/2025).

    Para penumpang tersebut hendak mudik ke sejumlah kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah pada hari ini.

    Pantuan Tribunnews.com pukul 10.10 WIB, sejumlah penumpang yang hendak mudik memadati pintu masuk keberangkatan kereta api di Stasiun Gambir.

    Para penumpang terlihat membawa sejumlah barang mulai dari tas ransel, koper, hingga kardus.

    Berdasarkan pusat informasi, pagi ini Stasiun Gambir akan memberangkatkan sejumlah rangkaian kereta api ke sejumlah kota tujuan, di antaranya Bandung, Surabaya, hingga Solo.

    Sebelum memasuki pintu masuk keberangkatan kereta api, para penumpang terlihat berbincang dan memberikan salam perpisahan kepada keluarga.

    Tak hanya itu, sejumlah anak-anak juga antusias untuk naik kereta api bersama orangtua mereka.

    Ratna (28), asal Depok mengungkapkan baru bisa mudik ke Solo, Jawa Tengah pada hari ini.

    Sebab, suaminya baru mendapat cuti libur pada hari ini.

    “Kemarin suami masih kerja, ini baru cuti,” kata Ratna di Stasiun Gambir.

    Dia mengaku akan menghabiskan cuti Lebaran di kampung halaman selama sepekan ke depan.

    Sementara, Syena (21), mengatakan dirinya baru bisa mudik ke Surabaya karena baru selesai membereskan tugas kuliah saat Lebaran kemarin.

    “Baru bisanya sekarang, kemarin ada tugas (kuliah),” ujar perempuan berhijab hitam ini di bangku tunggu penumpang.

    Untuk arus balik di Stasiun Gambir, belum terlihat ada kepadatan pada pagi hari ini.

    Sebab, sejumlah kereta api dari berbagai daerah baru akan tiba pada siang hingga sore nanti.

    Sebelumnya, sebanyak 16.700 penumpang kereta api tiba di Stasiun Gambir pada Jumat (4/4/2025) atau H+4 Hari Raya Idulfitri, kemarin.

    Angka tersebut menunjukan peningkatan yang cukup tinggi, dengan kedatangan penumpang yang terus meningkat setiap harinya.

    Hal ini disampaikan Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko saat dikonfirmasi, Jumat siang.

    “Sejak dimulai pada 31 Maret 2025, arus balik / kedatangan kali ini menunjukkan angka yang cukup tinggi, dengan kedatangan penumpang yang terus meningkat setiap harinya. Stasiun Gambir ada 16.700 penumpang,” kata Ixfan Hendriwintoko.

     

  • Metode Tarif Tambahan Impor Trump Cacat dan Merugikan Indonesia

    Metode Tarif Tambahan Impor Trump Cacat dan Merugikan Indonesia

    Jakarta, Beritasatu.com – Ekonom menilai metode penghitungan tarif impor Amerika Serikat (AS) terhadap Indonesia, tergolong cacat. Tarif Impor terhadap produk Indonesia sebesar 32% yang diputuskan Presiden AS Donald Trump terjadi karena Indonesia mengenakan tarif hingga 64% terhadap produk asal Paman Sam tersebut.

    Kepala Pusat Industri, Perdagangan, dan Investasi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Andry Satrio Nugroho menilai, metode penghitungan tarif tersebut cacat prosedur dikarenakan pertimbangan proteksi terhadap barang impor asal Indonesia secara terang-terangan. Kebijakan tersebut dinilai Andry sangat merugikan Indonesia.

    “Metode ini cacat dan sangat menyesatkan karena dihitung dengan membagi defisit perdagangan dengan total ekspor, bukan berdasarkan tarif sebenarnya,” jelas Andry pada Jumat (4/4/2025).

    Dia melanjutkan, kebijakan tarif sebesar 32% tersebut jelas menghantam sektor ekspor utama dari Indonesia ke AS. Ia menuturkan, sektor tekstil, pakaian jadi, alas kaki, kelapa sawit sampai karet, akan mengalami dampak terbesar dari kebijakan tarif impor AS tersebut.

    “Tekstil, pakaian, dan alas kaki menyumbang 27,5% dari total ekspor kita ke AS. Ini belum termasuk kelapa sawit serta karet yang juga menjadi komoditas strategis Indonesia,” tutur Andry terkait tarif impor Trump.

    Lebih lanjut, Andry mengatakan dirinya khawatir kebijakan tarif impor Paman Sam itu dapat menghadirkan kembali badai pemutusan hubungan kerja (PHK) lanjutan. Terlebih, dia mengatakan badai PHK lanjutan di Indonesia ini akan cenderung lebih dahsyat.

    “Jika pemerintah terus diam, kita bukan hanya kehilangan pasar utama, tetapi juga akan muncul badai PHK lanjutan yang jauh lebih besar,” katanya.

    Diketahui sebelumnya, Pemerintah Indonesia akan mengirimkan tim lobi tingkat tinggi ke AS untuk menegosiasikan pengenaan tarif impor sebesar 32% yang baru saja diumumkan Presiden AS Donald Trump. Secara paralel, pemerintah juga tengah menghitung dengan cermat dampak dari penerapan tarif tersebut.

    “Pemerintah mengirimkan tim lobi tingkat tinggi untuk bernegosiasi dengan pemerintah AS,” kata Kepala Kantor Komunikasi Presiden Hasan Nasbi dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Jumat (4/4/2025).

    Hasan menambahkan, Presiden Prabowo Subianto juga telah mempersiapkan tiga langkah strategis menghadapi gejolak ekonomi global, terutama akibat adanya kebijakan tarif impor baru AS oleh Donald Trump.

    Tiga strategi hadapi tarif impor Trump itu, yakni memperluas mitra dagang Indonesia, mempercepat hilirisasi sumber daya alam, dan memperkuat resiliensi konsumsi dalam negeri.
     

  • Harga BBM SPBU Vivo Makin Murah, Revvo 90 Turun Lagi

    Harga BBM SPBU Vivo Makin Murah, Revvo 90 Turun Lagi

    Jakarta, Beritasatu.com – Harga bahan bakar minyak (BBM) SPBU Vivo makin murah karena ada penyesuaian harga. Mengutip Instagram resmi SPBU Vivo, BBM jenis Revvo 90 mengalami penurunan sebesar Rp 100 per liter, dari Rp 12.800 menjadi Rp 12.700 per liter.

    Penurunan ini bukan yang pertama kalinya. Pada Selasa (1/4/2025) lalu, harga Revvo 90 juga telah turun dari Rp 13.200 per liter (harga Maret 2025) menjadi Rp 12.800 per liter.

    Sementara itu, harga BBM jenis lain di SPBU Vivo masih stabil. Revvo 92 dijual seharga Rp 12.920 per liter, Revvo 95 dibanderol Rp 13.370 per liter, dan Diesel Primus Plus dipasarkan dengan harga Rp14.060 per liter.

    Penyesuaian harga BBM juga terjadi di beberapa operator SPBU lain sejak awal April 2025. Shell dan BP termasuk yang melakukan penurunan harga, menyusul langkah PT Pertamina (Persero) yang lebih dulu menurunkan harga untuk Pertamax Series sejak 29 Maret 2025.

    harga terbaru BBM di SPBU Shell sejak awal April 2025 adalah:

    Shell Super: Rp 12.920 per literShell V-Power: Rp 13.370 per literShell V-Power Diesel: Rp 14.060 per literShell V-Power Nitro+: Rp 13.550 per liter

    Sebagai perbandingan, harga sebelumnya adalah:

    Shell Super: Rp 13.590 per literShell V-Power: Rp 14.060 per literShell V-Power Diesel: Rp 14.760 per literShell V-Power Nitro+: Rp 14.240 per liter

    Di SPBU BP, harga BBM per 1 April 2025 juga telah mengalami penyesuaian. Berdasarkan informasi dari laman resmi BP, harga saat ini adalah:

    BP 92: Rp 12.800 per literBP Ultimate: Rp 13.370 per literBP Ultimate Diesel: Rp 14.060 per liter

    Harga sebelumnya tercatat lebih tinggi, yakni:

    BP 92: Rp 13.300 per literBP Ultimate: Rp 14.060 per literBP Ultimate Diesel: Rp 14.760 per liter

    Sementara itu, Pertamina telah lebih dulu melakukan penurunan harga BBM pada 29 Maret 2025. Berikut rincian harga terbaru:

    Pertamax (RON 92): Rp 12.500 per liter (turun Rp 400)Pertamax Green (RON 95): Rp 13.250 per liter (turun Rp 450)Pertamax Turbo (RON 98): Rp 13.500 per liter (turun Rp 500)Dexlite (CN 51): Rp 13.600 per liter (turun Rp 700)Pertamina Dex (CN 53): Rp 13.900 per liter (turun Rp 700)

    Namun, pada Sabtu (5/4/2025) hanya harga BBM SPBU Vivo yang mengalami penyesuaian. Sementara, SPBU Shell, BP, dan Pertamina tidak alami penyesuaian harga BBM.

  • Bank Terkenal Ini Pernah Salah Transfer Duit Rp 1.335 Kuadriliun ke Nasabah

    Bank Terkenal Ini Pernah Salah Transfer Duit Rp 1.335 Kuadriliun ke Nasabah

    Jakarta

    Bank raksasa asal Amerika Serikat (AS) Citigroup pernah mengalami insiden kesalahan transaksi yang sangat fatal, yakni mentransfer dana pinjaman kredit sebesar US$ 81 triliun atau Rp 1.335 kuadriliun (kurs Rp 16.483/dolar AS) ke rekening salah satu nasabahnya.

    Padahal, jumlah dana yang seharusnya dikirim hanya sebesar US$ 280 atau sekitar Rp 4.615.240. Beruntung kesalahan transaksi ini diketahui satu setengah jam setelahnya, saat perbankan melakukan pembukuan harian, dan segera dilakukan koreksi alias pembatalan pengiriman dana.

    Melansir dari CNBC, Sabtu (5/4/2025), kesalahan transaksi yang terjadi pada April 2024 ini dan pertama kali dilaporkan oleh outlet media Financial Times pada Jumat (28/2) kemarin. Dalam hal ini Bank Citi tidak mengonfirmasi atau memberikan komentar tentang kekeliruan transaksi tersebut.

    Namun bersamaan dengan itu, sebelumnya Citigroup juga sudah melaporkan kasus salah transfer ini kepada Federal Reserve dan Office of the Comptroller of the Currency sebagai kejadian ‘near miss’ atau ‘kesalahan yang hampir terjadi’.

    “Meskipun pembayaran sebesar ini sebenarnya tidak dapat dilakukan, petugas kontrol kami segera mengidentifikasi kesalahan input antara dua akun buku besar Citi, dan kami membatalkan entri tersebut,” kata Citi dalam sebuah pernyataan.

    “Kontrol pencegahan kami juga akan menghentikan dana apa pun yang keluar dari bank. Meskipun tidak ada dampak bagi bank atau klien kami, kejadian ini menggarisbawahi upaya berkelanjutan kami untuk terus menghilangkan proses manual dan mengotomatiskan kontrol melalui Transformasi kami.”

    Insiden ini menambah daftar panjang kesalahan operasional yang menimpa Citigroup dalam beberapa tahun terakhir. Mengingat sepanjang 2024 kemarin bank ini juga melakukan 10 kesalahan transaksi lainnya senilai US$ 1 miliar atau Rp 16,48 triliun.

    Meskipun tidak ada dampak keuangan bagi bank maupun nasabah, Citi mengakui insiden ini menunjukkan pentingnya peningkatan sistem otomatisasi guna mengurangi risiko kesalahan manusia.

    (fdl/fdl)

  • McLaren Kini di Bawah Perusahaan Abu Dhabi

    McLaren Kini di Bawah Perusahaan Abu Dhabi

    Jakarta

    Kabar mengejutkan datang dari produsen asal Inggris, McLaren. Dikabarkan salah satu produsen mobil mewah dan super ini, kini di bawah perusahaan Start Up, Forseven, yang didukung penuh oleh CYVN Holdings, sebuah grup investasi yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh pemerintah Abu Dhabi.

    Dikutip Autocar, salah satu petinggi dari Forseven yang mengatakan akan menggabungkan Forseven dengan McLaren.

    “Yang bisa saya katakan sekarang, kami akan menggabungkan Forseven dan McLaren. Dan perusahaan ini, akan tetap di bawah atau menggunakan nama McLaren,” ujar CEO Forseven, Nick Collins.

    Kabar ini sangat mengejutkan, tapi siapa sih Forseven ini? Perusahaan bergerak dalam bidang apa sih Forseven ini?

    Masih dalam laman autocar dijelaskan, perusahaan yang diberi nama Forseven ini didukung oleh CYVN Holdings, sebuah grup investasi yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh pemerintah Abu Dhabi. Bahkan perusahaan ini telah memiliki Gordon Murray Technologies dan kini mengambil alih McLaren Automotive.

    Ilustrasi WOKING, ENGLAND – NOVEMBER 17: Workers assemble high performance McLaren MP4-12C sports cars in the Production Centre of the McLaren Technology Centre on November 17, 2011 in Woking, England. The Surrey-based headquarters of the McLaren Group is home to a collection of campanies including McLaren Automotive and the Formaula One constructors McLaren Racing. (Photo by Oli Scarff/Getty Images) Foto: Getty Images/Oli Scarff

    Forseven dengan jelas menyatakan bahwa mereka adalah merek “mewah asal Inggris”, yang bekerja berdasarkan prinsip “kecanggihan dengan tujuan”.

    Kehadiran perusahaan rintisan asal Inggris ini sangat menarik karena berhasil menarik beberapa nama besar. Seperti CEO Forseven kini dipegang oleh mantan kepala program kendaraan Jaguar Land Rover (JLR) dan anggota dewan yaitu Nick Collins, yang terlibat dalam pengembangan semua model Rage Rover, Discovery, dan Defender. Bahkan dirinya juga ikut mengawasi pengembangan Jaguar listrik di masa depan, dan model Range Rover SV berperforma tinggi.

    Soal desain, dipegang Alister Whelan, yang memiliki peran dalam mendesain interior pada Jaguar antara tahun 2007-2021 dan membantu meluncurkan F-Type dan F-Pace.

    Direktur pelaksana perusahaan tersebut adalah Mike Flewitt, CEO McLaren Automotive antara Juni 2012 dan Desember 2021, saat perusahaan meluncurkan model-model penting termasuk hypercar P1 dan Senna.

    (lth/din)

  • TNI AD evakuasi korban longsor di Jalur Pacet-Cangar

    TNI AD evakuasi korban longsor di Jalur Pacet-Cangar

    “Kami menurunkan satu peleton dari Kodim 0815/Mojokerto guna membantu proses evakuasi serta pencarian korban. Hari ini proses dilanjutkan kembali dengan kekuatan penuh dengan seluruh tim yang ada,”

    Jakarta (ANTARA) – Jajaran TNI AD melalui Kodim 0815/Mojokerto bersama Tim SAR Gabungan mengevakuasi korban bencana tanah longsor yang terjadi di Jalur Pacet-Cangar, tepatnya di wilayah Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, pada Jumat (04/04).

    Dalam siaran pers resmi TNI AD, Sabtu, dijelaskan bahwa proses pencarian korban telah dilakukan sejak kemarin dan masih berlanjut hingga hari ini.

    “Kami menurunkan satu peleton dari Kodim 0815/Mojokerto guna membantu proses evakuasi serta pencarian korban. Hari ini proses dilanjutkan kembali dengan kekuatan penuh dengan seluruh tim yang ada,” kata Kasdim 0815/Mojokerto, Mayor Inf Suwadi dalam siaran pers tersebut.

    Suwadi mengatakan, pencarian sempat terkendala cuaca buruk saat kemarin, sore. Setelah cuaca mulai kondusif, proses pencarian pun dilanjutkan hingga hari ini.

    Hingga Jumat siang, lanjut Suwadi, pihaknya berhasil mengevakuasi 10 korban. Dari 10 korban, tiga korban yang merupakan satu keluarga asal Desa Jatijejer dilarikan ke RSUD Sumberglagah.

    Sementara tujuh korban lainnya, yang juga merupakan satu keluarga asal Sidoarjo, dibawa ke RS Bhayangkara Kota Batu.

    Suwadi memastikan tim dari TNI serta tim SAR gabungan dari Polres Mojokerto, Basarnas, BPBD, PUPR, Tahura, Satpol PP, Dishub, PMI, dan relawan akan terus melakukan pencarian korban di lokasi gempa bumi.

    “Kami juga mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, terutama di tengah cuaca yang tidak menentu belakangan ini,” kata dia.

    Untuk diketahui, bencana gempa bumi tersebut terjadi pada Kamis (3/4) Lalu. Akibat gempa bumi tersebut, terjadi tanah longsor di lokasi kejadian yang mengakibatkan dua mobil tertimbun tanah.

    Pewarta: Walda Marison
    Editor: Agus Setiawan
    Copyright © ANTARA 2025

  • Diplomasi Ekonomi, Cara Indonesia Hadapi Kebijakan Tarif Presiden AS Donald Trump – Halaman all

    Diplomasi Ekonomi, Cara Indonesia Hadapi Kebijakan Tarif Presiden AS Donald Trump – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia telah melakukan langkah untuk mengantisipasi ketidakpastian perdagangan global seperti yang dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan mengenakan tarif resiprokal.

    Hal itu dikatakan Analis Mirae Asset Sekuritas Nafan Aji Gusta dalam keterangan, Sabtu (5/4/2025).

    Salah satu langkah antisipasi yang sudah dilakukan adalah diplomasi ekonomi. 

    Menurutnya, Presiden RI Prabowo Subianto telah mengambil langkah besar yaitu Indonesia bergabung dengan BRICS—yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

    “Kita sudah menjadi anggota BRICS sehingga bisa memudahkan diplomasi ekonomi Indonesia dalam rangka untuk memperkuat penetrasi market bagi produk-produk kita untuk di ekspor ke negara-negara anggota BRICS tersebut. Seperti itu, kita sudah antisipasi,” jelasnya.

    Adapun Indonesia mampu menghadapi tantangan perang dagang ini karena fundamental makroekonomi domestik yang solid didukung kebijakan mewajibkan Devisa Hasil Ekspor (DHE) Sumber Daya Alam (SDA) ditempatkan di dalam negeri 100 persen selama 12 bulan guna menopang nilai tukar rupiah.

    “Terlihat dari cadangan devisa kita. Memang jika cadangan devisa kita bisa ditargetkan di kisaran 165 miliar dolar AS. Sejak penerapan kebijakan devisa hasil ekspor sumber daya alam kita, yang memang telah diterapkan 1 Maret pada waktu itu, ya memang semestinya bisa memperkuat cadangan devisa kita ke depannya,” ucap Nafan.

    Dia mengatakan cadangan devisa yang kuat ini pun membuat keadaan saat ini berbeda dengan saat krisis moneter, di mana cadangan devisa Indonesia hanya sekitar 15 miliar dolar AS.

    “Jadi otomatis resiliensi kita juga relatif lebih kuat kalau menurut saya dalam rangka menghadapi ketidakpastian global dan memang salah satunya adalah terkait dengan trade fragmentation yang diterapkan oleh Donald Trump,” kata Nafan.

    Nafan menyebut bahwa selain Tiongkok juga ada India juga yang menjadi powerhouse pertumbuhan ekonomi global, di mana kedua negara itu pertumbuhan ekonominya masih bisa di atas 5%.

    “Jadi memang jauh lebih tinggi juga dibandingkan AS yang hanya sekitar 2%. Jadi memang kita bisa memaksimalkan potensi tersebut dan memperkuat kapasitas dan kapabilitas ekspor kita,” jelas dia.

    “Sebenarnya peluangnya sudah kita ambil. Tinggal kita memaksimalkan diplomasi ekonomi kita Yang memang lebih adaptif. Karena kita juga menerapkan prinsip politik luar negeri bebas dan aktif,” lanjutnya.

    Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan tarif baru sebesar 10 persen terhadap hampir semua barang impor yang masuk ke Amerika, Rabu (2/4/2025). 

    Indonesia pun tercantum dalam daftar tarif timbal balik yang diumumkan oleh Trump tersebut.

    Indonesia menerapkan tarif sebesar 64 persen terhadap barang-barang dari Amerika Serikat (AS).

    Kemudian, sebagai respons, AS akan mengenakan tarif sebesar 32 persen terhadap barang-barang Indonesia yang dijual di Amerika.

    Tarif ini akan mulai berlaku pada Rabu (9/4/2025) mendatang. 

    Trump menyatakan bahwa dana dari penerapan tarif ini akan digunakan untuk mengurangi pajak dan membayar utang nasional.

    Apa Dampaknya Bagi Indonesia?

    Pengenaan tarif timbal balik ini akan memberikan dampak signifikan terhadap daya saing ekspor Indonesia ke AS.

    Diketahui bahwa Indonesia memiliki sejumlah produk ekspor utama di pasar AS.

    Di antaranya adalah elektronik, tekstil dan produk tekstil, alas kaki, palm oil, karet, furnitur, udang, dan produk-produk perikanan laut.