Jakarta –
Tokopedia kini menjadi rumah bagi banyak pelaku usaha perempuan di Indonesia. Platform e-commerce ini turut membagikan tips dan program yang bisa diikuti pelaku usaha perempuan untuk memajukan bisnisnya.
Menurut External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz potensi pewirausaha perempuan atau womenpreneur di Indonesia masih sangat pesat. Bahkan Tokopedia mencatat jumlah pelaku usaha perempuan di platform-nya meningkat 2,5 kali lipat sepanjang tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020.
“Itu ada di beberapa daerah itu ada di Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar, dan Denpasar,” kata perempuan yang akrab disapa Kiki ini dalam konferensi pers virtual menyambut Hari Perempuan Sedunia, Rabu (6/3/2024).
“Kalau dilihat kan cukup tersebar ya di seluruh Indonesia. Jadi kita senang lihatnya berarti jangkauannya penjual yang bersama dengan Tokopedia memang hampir merata di seluruh Indonesia,” sambungnya.
Ada beberapa kategori yang memiliki kenaikan tertinggi jumlah pelaku usaha perempuan sepanjang tahun 2023 yaitu perawatan hewan, buku, perlengkapan pesta, pertukangan, dan perlengkapan alat tulis kantor dan sekolah.
Konferensi pers Tokopedia sambut Hari Perempuan Sedunia Foto: Tokopedia
Kiki menambahkan Tokopedia saat ini memiliki sejumlah program dan inisiatif untuk mendukung pelaku usaha perempuan, termasuk Kelas Perempuan Maju Digital. Kelas ini merupakan hasil kolaborasi Tokopedia dengan pemerintah yang sudah membantu lebih dari 800 pelaku usaha perempuan di beberapa daerah.
Tokopedia juga menyediakan Modul Perempuan Maju Digital yang bisa diakses secara gratis di Pusat Edukasi Seller. Tidak ketinggalan, Tokopedia dan TikTok juga menyiapkan materi edukasi bagi pelaku UMKM agar siap berbisnis di Bulan Ramadan.
Kiki turut membagikan beberapa tips bagi perempuan yang tertarik menjadi wirausaha dan berjualan di Tokopedia. Beberapa di antaranya adalah tentukan jenis produk yang ingin dijual, pahami tren, pahami profil calon pembeli, dan buat konten video unik untuk membangun brand awareness.
“Lewat berbagai inovasi dan kolaborasi tersebut Tokopedia berharap bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap ekosistem UMKM lokal termasuk di antaranya pelaku UMKM perempuan untuk mempercepat kemajuan pelaku usaha perempuan di Indonesia,” ujar Kiki.
“Kemudian juga menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan bisnis yang juga ramah untuk para perempuan dan pada akhirnya bisa menambah nilai industri nasional di berbagai kategori dan bisa bagus juga di tingkat global,” pungkasnya.
(vmp/vmp)