Perusahaan: Gopay

  • Gojek Salurkan Bonus Hari Raya untuk Driver, Paling Besar Rp 1,6 Juta

    Gojek Salurkan Bonus Hari Raya untuk Driver, Paling Besar Rp 1,6 Juta

    Jakarta, Beritasatu.com – Gojek mulai menyalurkan bonus hari raya kepada mitra driver sejalan dengan arahan Presiden Prabowo Subianto. Gojek menerapkan sistem kategori untuk menentukan penerima bonus hari raya.

    Chief of Public Policy & Government Relations GoTo Ade Mulya menyampaikan, Gojek membagikan bonus hari raya kepada mitra driver dalam lima kategori, dengan mitra juara utama sebagai kategori tertinggi.

    Kategori ini mendapatkan bonus hari raya hingga 20% dari rata-rata penghasilan bersih. Besarannya yaitu Rp 900.000 untuk mitra roda dua, dan Rp 1,6 juta untuk mitra roda empat.

    Empat kategori lainnya yaitu mitra juara, mitra unggulan, mitra andalan, dan mitra harapan. Setiap kategori mendapatkan bonus hari raya yang berbeda, dihitung berdasarkan tingkat produktivitas dan kontribusi mitra driver. 
    Besaran bonus juga disesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan.

    “Bonus hari raya akan diterima oleh mitra driver mulai 22-24 Maret 2025 melalui saldo GoPay mitra,” kata Ade Mulya dalam keterangan resminya, Sabtu 22/3/2025).

    Dengan sistem ini, lanjut Ade, Gojek memastikan apresiasi berupa bonus hari raya diberikan secara tepat sasaran kepada mitra driver yang telah berdedikasi dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

  • Bonus Lebaran buat Driver Gojek Mulai Cair Hari Ini!

    Bonus Lebaran buat Driver Gojek Mulai Cair Hari Ini!

    Jakarta

    PT GoTo Gojek Tokopedia (Gojek) salurkan bonus hari raya (BHR) kepada mitra pengemudi. Pemberian dana ini bukan tunjangan hari raya (THR) sebagaimana untuk pekerja formal.

    BHR ini merupakan kontribusi Gojek memberikan apresiasi bagi mitra pengemudi dalam merayakan Idul Fitri. Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan Presiden Prabowo Subianto terkait pemberian bonus tambahan bagi mitra pengemudi.

    “Dengan menerapkan prinsip adil, Gojek membagi penerima BHR ke dalam lima kategori, dengan Mitra Juara Utama sebagai kategori tertinggi. Agar manfaat ini dapat menjangkau lebih banyak Mitra, Gojek juga menghadirkan empat kategori tambahan, yaitu Mitra Juara, Mitra Unggulan, Mitra Andalan, dan Mitra Harapan,” ujar Ade Mulya, Chief of Public Policy and Government Relations Goto, dalam keterangan resminya, Sabtu (22/3/2025).

    Mitra dalam kategori Mitra Juara Utama mendapatkan BHR yang dihitung sekitar 20% dari rata-rata penghasilan bersih di kategori tersebut. Besaran BHR yang diterima dalam kategori tertinggi adalah Rp 900.000 untuk mitra roda dua dan Rp 1.600.000 untuk mitra roda empat.

    Selain itu, Ade juga mengatakan nominal BHR di setiap kategori dihitung berdasarkan tingkat produktivitas, kontribusi, serta tetap disesuaikan dengan kapasitas finansial perusahaan.

    Lebih lanjut, BHR akan diterima oleh mitra pengemudi yang memenuhi kriteria mulai 22-24 Maret 2025 melalui saldo GoPay milik mitra.

    “Dengan pembagian kategori ini, BHR diberikan secara tepat sasaran, memastikan apresiasi bagi Mitra Driver yang aktif dan terus berkontribusi dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan,” tutupnya.

    (fdl/fdl)

  • Cair! Gojek Mulai Salurkan Bonus Hari Raya, Segini Besarannya

    Cair! Gojek Mulai Salurkan Bonus Hari Raya, Segini Besarannya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Gojek menyalurkan Bonus Hari Raya (BHR) kepada Mitra Driver sebagai bentuk apresiasi bagi mereka yang aktif, produktif, dan berkinerja baik. Pemberian dana ini bukan Tunjangan Hari Raya (THR) sebagaimana untuk pekerja formal.

    Namun merupakan kontribusi Gojek untuk mendukung Mitra Driver dalam merayakan Idul Fitri, sejalan dengan arahan Presiden Prabowo Subianto terkait pemberian bonus tambahan bagi mitra driver.

    Ade Mulya, Chief of Public Policy & Government Relations GoTo menyampaikan, sebagai perusahaan teknologi karya anak bangsa, kemitraan dengan Mitra Driver menjadi fondasi utama bisnis Gojek. Dengan komitmen untuk terus menghadirkan solusi yang berkeadilan dan transparan, pemberian BHR ini disesuaikan dengan kapasitas finansial perusahaan agar tetap berkelanjutan.

    “Dengan menerapkan prinsip adil, Gojek membagi penerima BHR ke dalam lima kategori, dengan Mitra Juara Utama sebagai kategori tertinggi,” ungkap Ade Mulya dalam siaran tertulisnya, Sabtu (22/3/2025).

    Mitra dalam kategori Mitra Juara Utama mendapatkan BHR yang dihitung sekitar 20% dari rata-rata penghasilan bersih di kategori tersebut. Besaran BHR yang diterima dalam kategori tertinggi adalah Rp 900.000 untuk Mitra roda dua dan Rp 1.600.000 untuk Mitra roda empat.

    “Agar manfaat ini dapat menjangkau lebih banyak Mitra, Gojek juga menghadirkan empat kategori tambahan, yaitu Mitra Juara, Mitra Unggulan, Mitra Andalan, dan Mitra Harapan. Nominal BHR di setiap kategori dihitung berdasarkan tingkat produktivitas, kontribusi, serta tetap disesuaikan dengan kapasitas finansial perusahaan,” terang Ade Mulya.

    BHR akan diterima oleh Mitra Driver yang memenuhi kriteria mulai tanggal 22 – 24 Maret 2025 melalui saldo GoPay Mitra. Dengan pembagian kategori ini, BHR diberikan secara tepat sasaran, memastikan apresiasi bagi Mitra Driver yang aktif dan terus berkontribusi dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

    (pgr/pgr)

  • GoPay Digitalisasi Hampir 300 Pedagang dan Porter di Terminal Kalideres

    GoPay Digitalisasi Hampir 300 Pedagang dan Porter di Terminal Kalideres

    JAKARTA – Mendukung kelancaran mudik Hari Raya Lebaran 2025, GoPay, unit bisnis Financial Technology dari PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO), meluncurkan inisiatif digitalisasi transaksi di Terminal Kalideres. 

    Melalui inisiatif ini, GoPay memberikan edukasi dan pendaftaran aplikasi GoPay Merchant, yang tujuannya adalah untuk memudahkan penjual dan pembeli dalam transaksi jual beli barang atau jasa yang ada di Terminal Kalideres. 

    Lewat QRIS di aplikasi GoPay Merchant, para pedagang,  perusahaan otobus (PO), maupun pekerja harian di Terminal Kalideres dapat lebih mudah menerima pembayaran atau tips.

    “Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya GoPay untuk mendukung digitalisasi sektor perdagangan mikro di Indonesia melalui pemanfaatan QRIS,” kata Haryanto Tanjo, Head of Merchant Services, GoTo Financial. 

    Menurut Haryanto, aplikasi GoPay Merchant tidak hanya akan memberikan manfaat bagi para pedagang untuk menjangkau lebih banyak pembeli selama masa mudik, mengingat transaksi tanpa tunai (cashless) kini menjadi pilihan utama bagi banyak orang. 

    Sebagai langkah awal, inisiatif digitalisasi ini mencakup total 298 pengguna di Terminal Kalideres, yang terdiri dari 130 pedagang, 130 perusahaan otobus, serta 38 petugas jasa kebersihan dan porter. 

    Dengan memanfaatkan aplikasi GoPay merchant, mereka kini bisa dengan mudah menerima pembayaran maupun tips menggunakan QRIS.

    “Kami sangat mengapresiasi inisiatif GoPay dalam mendigitalisasi terminal Kalideres. Program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi pedagang, tetapi juga akan meningkatkan kualitas layanan transportasi dan perdagangan di kawasan ini,” tutur Kepala Terminal Bus Kalideres, Revi Zulkarnaen. 

    Ia berharap, langkah ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam memperkenalkan sistem pembayaran digital yang lebih aman dan efisien, serta memberikan kenyamanan tambahan bagi pemudik menjelang mudik 2025.

  • Cara Pakai QRIS Tap di HP Android dan iPhone, Tak Usah Scan Kode QR

    Cara Pakai QRIS Tap di HP Android dan iPhone, Tak Usah Scan Kode QR

    Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Tap.

    QRIS Tap adalah layanan pembayaran yang menggabungkan teknologi QRIS Consumer Presented Mode (CPM) dengan Near Field Communication (NFC). Teknologi ini, menggunakan jaringan nirkabel jarak dekat yang menggunakan gelombang radio.

    Fitur baru ini bisa dipakai di transportasi layanan umum, Rumah Sakit (RS), Universitas, hingga parkir mal. Saat ini layanan QRIS Tap sudah bisa dilakukan di 2.353 merchant. Dengan rincian, 1.528 ritel, 134 transport, 550 rumah sakit, 138 UMKM dan 3 parkir.

    Adapun pada Maret 2025, QRIS Tap pada transportasi umum baru berlaku di 120 armada JRConn, MRT untuk Stasiun Bundaran HI-Stasiun Lebak Bulus, dan 12 Royal Trans.

    Pengguna cukup mendekatkan ponsel, yang telah mendukung teknologi NFC, ke perangkat pembayaran contactless.

    Lantas, bagaimana cara menggunakan QRIS Tap di ponsel Android dan iPhone?

    Hal pertama yang diperlukan untuk menggunakan QRIS Tap adalah ponsel yang dilengkapi dengan fitur NFC, dan ingat untuk terlebih dahulu mengaktifkannya.

    Cara mengaktifkan NFC cukup mudah. Anda bisa pergi ke Pengaturan atau Setting HP, lalu cari menu NFC, klik, kemudian geser togel untuk mengaktifkannya.

    Jika NFC sudah dipastikan aktif, berikut adalah langkah-langkah menggunakan QRIS Tap:

    Buka aplikasi mobile banking, dompet digital, atau aplikasi pembayaran lain yang mendukung QRIS
    Pastikan fitur NFC sudah aktif
    Pilih menu “QRIS”, lalu pilih fitur “QRIS Tap”
    Pilih sumber dana
    Masukkan PIN untuk mengonfirmasi transaksi
    Dekatkan ponsel ke terminal pembayaran contactless di merchant
    Transaksi selesai

    Ada kurang lebih 15 bank dan layanan dompet digital yang sudah mendapatkan fitur QRIS Tap. Berikut daftar 15 penyedia jasa pembayaran untuk QRIS Tap:

    – PT Bank Rakyat Indonesia (BRI)
    – PT Bank Mega
    – PT Bank CIMB Niaga
    – PT Bank Mandiri
    – PT Bank Negara Indonesia (BNI)
    – PT Bank Central Asia (BCA)
    – PT Bank DKI
    – PT Bank Permata
    – PT Bank Sinarmas
    – PT Bank BPD Bali
    – PT Bank National Nobu
    – Gopay
    – ShopeePay
    – Dana
    – Netzme

    (dem/dem)

  • Cara Bayar MRT Jakarta Pakai QRIS Tap di Aplikasi Gopay – Page 3

    Cara Bayar MRT Jakarta Pakai QRIS Tap di Aplikasi Gopay – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – — Bayar pakai HP kini semakin mudah dengan GoPay QRIS Tap. Fitur terbaru dari GoPay ini memungkinkan pengguna untuk bertransaksi non-tunai hanya dengan menempelkan smartphone mereka ke mesin EDC yang mendukung NFC.

    Cara pembayaran ini memanfaatkan teknologi NFC dan standar QRIS, sehingga transaksi cepat, aman, dan terintegrasi dengan ekosistem GoPay.

    GoPay QRIS Tap merupakan inovasi dari GoPay, unit bisnis Financial Technology PT GoTo Gojek Tokopedia, yang mendukung program pemerintah untuk meningkatkan transaksi digital di Indonesia.

    Sesuai dengan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2030 dari Bank Indonesia, QRIS Tap dirancang untuk mempercepat transaksi pembayaran, terutama untuk transportasi umum, ritel, UMKM, dan parkir.

    Head of GoPay Wallet Kelvin Timotius, mengatakan, “GoPay terus berinovasi untuk memberikan teknologi terdepan yang akan memudahkan pengguna dalam bertransaksinon-tunai. Harapannya, pengguna kami juga semakin mendapat banyak pilihan bertransaksinon-tunai dengan mudah dan aman.”

    Ia berharap, inovasi QRIS Tap bisa mendukung Bank Indonesia mendorong digitalisasi pembayaran. Sebagai informasi, Gopay juga turut serta menguji coba secara terbatas pembayaran MRT Jakarta melalui QRIS Tap. 

    Berdasarkan keterangan Gopay, Rabu (19/3/2025), metode pembayaran QRIS Tap menjadi salah satu opsi pembayaran tiket MRT Jakarta diujicobakan secara terbatas di MRT Jakarta selama satu bulan. 

     

    Adapun opsi pembayaran tiket melalui QRIS Tap di MRT Jakarta saat ini hanya berlaku untuk rute perjalanan Bundaran HI-Lebak Bulus atau sebaliknya. 

  • Tingkatkan Inklusi Keuangan Syariah, Bank Jago Dorong Kolaborasi dan Inovasi Digital – Halaman all

    Tingkatkan Inklusi Keuangan Syariah, Bank Jago Dorong Kolaborasi dan Inovasi Digital – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Bank Jago Tbk mendorong kolaborasi dan inovasi digital untuk meningkatkan inklusi keuangan syariah Indonesia. 

    Hal ini penting mengingat produk dan layanan keuangan syariah belum menjadi pilihan utama dibandingkan produk keuangan konvensional. 

    Head of Sharia Financing Bank Jago Agung Lesmana mengatakan, sebagai negara Muslim terbesar di dunia, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia memiliki potensi yang besar. Namun, potensi tersebut belum teroptimalkan dengan baik jika berkaca pada tingkat inklusi dan literasi keuangan syariah yang masih tergolong rendah. 

    Berdasarkan data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024, Badan Pusat Statistik (BPS), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeks inklusi dan literasi keuangan syariah tercatat masing-masing sebesar 39,11 persen dan 12,88%. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan indeks inklusi dan literasi keuangan konvensional yang masing-masing 65,43?n 75,02%.

    Kementerian Keuangan juga menyampaikan bahwa ekonomi  syariah tidak mungkin bisa berkembang maju tanpa pendalaman ekonomi dan keuangan syariah. Maka perlu inovasi kreativitas dan pendalaman dari sisi likuiditas keuangan syariah

    “Untuk itu, bank syariah harus inovatif dan kolaboratif dalam memperluas akses keuangan syariah di era yang serba digital,” ujar Agung dalam acara Islamic Entrepreneurial Marketing Festival (IEMF) 2025 di Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Jakarta pekan lalu.  

    Menurutnya perkembangan teknologi yang mengedepankan inovasi dan kolaborasi dalam ekosistem digital dapat mendukung perluasan akses keuangan syariah.
     
    Maka Bank Jago mengembangkan Aplikasi Jago Syariah yang dirancang memiliki kemudahan dan kecanggihan setara dengan Aplikasi Jago konvensional tetapi dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip syariah. 

    Artinya nasabah dapat merasakan inovasi dan fitur unggulan, seperti Kantong (Pockets) dan kemampuan terintegrasi dengan ekosistem digital lain, termasuk Gojek dan GoPay serta Bibit dan Stockbit.

    “Jago Syariah App merupakan solusi keuangan digital yang fokus pada kehidupan sehari-hari, membuat pengelolaan keuangan mudah, kolaboratif, dan inovatif. Karena tertanam dalam ekosistem, Jago Syariah App membuat nasabah lebih mudah untuk melakukan berbagai transaksi finansial dalam satu aplikasi. Sama halnya dengan Jago App konvensional, kami merancang fitur-fitur Jago Syariah App dengan menempatkan aspek hidup sebagai prioritas utama dan keuangan sebagai prioritas setelahnya,” tutur Agung.

    Kepercayaan nasabah terhadap bank syariah juga perlu dibangun dengan baik untuk memastikan produk dan layanan sesuai dengan peraturan dan fatwa syariah. Menurut Agung, peran bank melalui dewan pengawas syariah (DPS) penting untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas nasabah terhadap produk dan layanan keuangan syariah yang mereka gunakan.

  • Mudik Lancar Tanpa Drama! Begini Cara Isi Saldo e-Toll Mandiri dengan Mudah

    Mudik Lancar Tanpa Drama! Begini Cara Isi Saldo e-Toll Mandiri dengan Mudah

    Jakarta: Musim mudik Lebaran sudah di depan mata! Bagi kamu yang akan menempuh perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa memastikan saldo e-Toll Mandiri terisi penuh. 
     
    Jangan sampai perjalanan terganggu gara-gara saldo habis di tengah jalan tol. Merangkum berbagai sumber, simak cara mudah mengisi saldo e-Toll Mandiri dengan mudah.
    Cara Top Up e-Toll Mandiri dengan Aplikasi Livin’ by Mandiri
    Cara yang paling praktis dan mudah adalah dengan menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri. Berikut langkah-langkahnya:

    Aktifkan NFC pada perangkat.
    Tempelkan dan tahan kartu e-Toll Mandiri di perangkat.
    Tunggu hingga kartu terbaca.
    Tap “Top Up” dan pilih nominal saldo yang diinginkan.
    Periksa kembali nominal sebelum tap “Lanjut Top Up”.
    Masukkan PIN Livin’ by Mandiri.
    Tunggu hingga muncul notifikasi “Top Up e-money Berhasil!”

    Dengan fitur ini, saldo e-Toll bisa diisi kapan saja dan di mana saja tanpa perlu antre di minimarket atau ATM.
     

    Top Up e-Toll Mandiri di ATM Mandiri
    Buat kamu yang lebih suka melakukan top up secara langsung, bisa mengunjungi ATM Mandiri terdekat. Caranya:

    Masukkan kartu debit Mandiri ke mesin ATM.
    Masukkan PIN.
    Pilih menu “E-money” lalu pilih “Isi Ulang”.
    Pilih atau masukkan nominal saldo yang diinginkan.
    Tekan “Ya” setelah nominal sesuai.
    Letakkan kartu e-Toll Mandiri pada reader yang bertanda logo isi ulang.
    Transaksi selesai! Bisa langsung mengecek saldo di mesin ATM atau menggunakan fitur NFC pada smartphone.

    Isi Ulang e-Toll Mandiri Lewat GoPay
    Bagi pengguna GoPay, kamu juga bisa mengisi saldo e-Toll Mandiri dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

    Buka aplikasi Gojek dan pilih menu “GoPay”.
    Pilih opsi “Top Up E-Money”.
    Tempelkan kartu e-Toll Mandiri di perangkat atau masukkan nomor kartu.
    Pilih nominal saldo yang diinginkan.
    Pilih metode pembayaran GoPay.
    Masukkan PIN GoPay dan saldo e-Toll Mandiri akan langsung terisi.

    Top Up di Minimarket dan Loket Pembayaran
    Selain melalui aplikasi dan ATM, saldo e-Toll Mandiri juga bisa diisi di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, loket pembayaran, atau kantor cabang Bank Mandiri. Kamu hanya perlu menyerahkan kartu e-Toll Mandiri dan menyebutkan nominal saldo yang diinginkan. Petugas kasir akan melakukan pengisian dan saldo akan langsung masuk ke kartu.

    Biaya dan Tips Top Up e-Toll Mandiri
    – Top up melalui Livin’ by Mandiri dan ATM Mandiri tidak dikenakan biaya tambahan.
    – Top up di minimarket atau aplikasi pihak ketiga biasanya dikenakan biaya admin sekitar Rp1.500per transaksi.
    – Selalu cek saldo sebelum perjalanan untuk menghindari kehabisan saldo di tengah jalan.
    – Gunakan fitur NFC pada smartphone untuk mengecek saldo e-Toll Mandiri sebelum berangkat.
     
    Pastikan saldo selalu cukup agar perjalanan lancar dan nyaman tanpa hambatan di gerbang tol. Selamat mudik dan semoga perjalanan aman serta menyenangkan!

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Cara Bayar QRIS Tanpa Scan Kode QR dan Daftar Aplikasinya

    Cara Bayar QRIS Tanpa Scan Kode QR dan Daftar Aplikasinya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia baru merilis fitur terbaru QRIS yaitu pembayaran dengan menyentuhkan HP tanpa harus melakukan scan pakai kamera HP. Proses pembayaran menggunakan fitur ini diklaim jauh lebih cepat.

    Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) berbasis Near Field Communication (NFC) yang disebut QRIS Tap resmi digunakan sebagai sistem pembayaran.
    Tak hanya untuk transaksi di moda transportasi layanan umum, Rumah Sakit (RS) dan Universitas, QRIS Tap dapat dilakukan untuk melakukan pembayaran tiket parkir mal.

    Menurut, Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta mengklaim penggunaan untuk QRIS Tap lebih cepat dalam melakukan transaksi.

    “Sangat mudah cepat dan andal. Tapi jangan lupa isi saldonya kalau nggak diisi ditempel-tempel juga nggak akan bisa,” ujar Filianingsih, dikutip, Minggu (16/3/2025).

    QRIS Tap pun sudah bekerja sama dengan 15 Penyedia Jasa Pembayaran. Mulai dari bank Himbara, bank swasta, hingga aplikasi digital payment seperti Gopay, Shopee Pay, dan Dana.

    Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Dicky Kartikoyono sebelumnya menjelaskan penggunaan QRIS Tap akan jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan QRIS dengan cara melakukan scan barcode. Bahkan kecepatan penggunaan QRIS Tap bisa mencapai 0,3 detik.

    “So far uji coba kita bisa sampai 0,3 detik. Dibandingkan dengan UE chip based yang hanya gampangnya membaca di reader dengan chip based itu 4-5 detik, hampir berapa persen lebih cepat. Sangat cepat kalau digunakan di transportasi, mengurangi antrian,” ujarnya.

    QRIS Tap atau QRIS Tanpa Pindai adalah layanan pembayaran yang menggabungkan teknologi QRIS Consumer Presented Mode (CPM) dengan NFC. Teknologi ini, menggunakan jaringan nirkabel jarak dekat yang menggunakan gelombang radio.

    Dengan NFC, masyarakat tak perlu memindai atau scan barcode QRIS untuk melakukan pembayaran. Yakni hanya perlu melakukan ‘tap’ melalui aplikasi mobile banking.

    “NFC ini bisa dikatakan yang dibaca adalah radio frekuensinya, bukan membaca melalui kamera. Ini yang bisa mendorong kecepatan dalam transaksi penggunaan QRIS,” ujar Dicky dalam konferensi pers.

    Cara penggunaan QRIS Tap

    Berikut adalah langkah menggunakan QRIS untuk pembayaran tanpa harus melakukan scan kode QR:

    Buka aplikasi mobile banking atau aplikasi pembayaran lainnya
    Pilih fitur QRIS Tap
    Pilih sumber dana
    Input pin transaksi
    Dekatkan layar smartphone ke terminal contactless di merchant

    Daftar aplikasi QRIS Tap

    QRIS Tap sendiri juga disebut sebagai QRIS Tanpa Pindai. Penggunaannya cukup berbeda dengan QRIS yang biasanya kita kenal selama ini.

    Bukan lagi dipindai menggunakan kamera, transaksi dengan QRIS Tap bisa dilakukan dengan tinggal meletakkan ponsel ke dekat terminal di merchant.

    Untuk saat ini, layanan QRIS Tap sudah bekerja sama dengan 15 Penyedia Jasa Pembayaran (PJP). Berikut daftarnya:

    PT Bank Rakyat Indonesia (BRI)
    PT Bank Mega
    PT Bank CIMB Niaga
    PT Bank Mandiri
    PT Bank Negara Indonesia (BNI)
    PT Bank Central Asia (BCA)
    PT Bank DKI
    PT Bank Permata
    PT Bank Sinarmas
    PT Bank BPD Bali
    PT Bank NationalNobu
    Gopay
    ShopeePay
    Dana
    Netzme

    Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Dicky Kartikoyono menjelaskan perlu ada penyesuaian bagi seluruh PJP mengubah NFC yang sudah ada agar mampu membaca QRIS Tap.

    “Reader yang ada itu sekarang 1.081.543 itu kemampuan untuk membaca NFC nya harus di adjust supaya bisa membaca NFC nya QRIS Tap,” ujar Dicky dalam konferensi pers, Jumat (14/3/2025).

    (dem/dem)

  • Cara Bayar GoPayLater di Tokopedia Mudah dan Cepat

    Cara Bayar GoPayLater di Tokopedia Mudah dan Cepat

    Bisnis.com, JAKARTA — Masyarakat makin mudah belanja online dengan hadirnya layanan paylater atau layanan beli sekarang bayar di lain hari. Salah satu yang populer adalah GoPayLater di Tokopedia. Bagaimana cara membayar tagihan GoPayLater di platform e-commerce berwarna hijau tersebut. 

    GoPayLater merupakan salah satu solusi praktis untuk belanja di Tokopedia tanpa kartu kredit. Pengguna memiliki limit hingga Rp30 juta dan pilihan tenor fleksibel, dalam menggunakan layanan ini. 

    Namun, perlu diingat saat menggunakan layanan ini perhatikan tenggat waktu untuk menghindari denda. Anda dapat mengaktifkan notifikasi di Whatsapp untuk menghindari telat bayar denda. 

    Anda juga perlu mengecek secara rutin promo cashback atau diskon khusus pengguna GoPayLater sehingga Anda berpeluang mendapat banyak barang yang dibutuhkan. 

    Terakhir, Jangan gunakan seluruh limit hanya karena tersedia, tetapi harus digunakan secara hati-hati agar iri. Jika Anda sudah tahu menggunakan Gopaylater secara bijak.

    Berikut langkah-langkah Membayar GoPayLater di Tokopedia:

    1. Buka aplikasi Tokopedia dan masuk ke akun Anda

    2. Pilih menu “GoPay” di halaman utama

    3. Klik opsi “GoPayLater Cicil”

    4. Tekan tombol “Bayar Sekarang”

    5. Periksa rincian tagihan dan pilih “Lanjutkan”

    6. Pilih metode pembayaran yang diinginkan

    7. Klik “Bayar” dan ikuti instruksi selanjutnya

    Berikut beberapa keuntungan menggunakan GoPayLater dibandingkan metode pembayaran lainnya:

    1.Fleksibilitas pembayaran

    Pengguna dapat memilih tenor cicilan yang fleksibel, mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan. Pembayaran dilakukan sekali di akhir bulan setelah gajian, memberikan kelonggaran waktu

    2.Kemudahan penggunaan:

    Pengguna dapat mendaftar dan aktivasi cepat serta mudah melalui aplikasi Gojek. Selain itu, tidak memerlukan kartu kredit, cocok untuk yang belum memiliki kartu kredit

    3.Integrasi dengan ekosistem GoTo:

    Dapat digunakan untuk berbagai layanan Gojek, Tokopedia, dan mitra bisnis GoPay lainnya. Menjadi opsi pembayaran favorit di Tokopedia, mencakup 93% nilai transaksi e-money di Q1 2022

    4.Biaya kompetitif:

    Tidak ada biaya tersembunyi, beberapa promo menawarkan cicilan 0% untuk tenor tertentu.