Pelatihan ini mencakup berbagai aspek krusial pengembangan bisnis, antara lain:
Sertifikasi produk (Halal dan BPOM) oleh lembaga terkait
Optimalisasi Pengelolaan Keuangan dengan pendampingan dari OJK
Penguatan merek dan pemasaran digital melalui pelatihan fotografi, copywriting, serta optimalisasi media sosial
Point of Sales oleh Telkom Indonesia
Program ini turut melibatkan sejumlah BUMN pendukung, termasuk Pegadaian, Mind ID, PNM, ID FOOD, IFG, Krakatau Steel dan Danareksa, yang berperan dalam menyediakan akses pembiayaan, logistik, serta digitalisasi usaha.
“Ini merupakan bagian dari peta jalan jangka panjang Kementerian BUMN dalam mendorong pertumbuhan UMKM yang berkelanjutan, sekaligus mendukung agenda Pemerintah untuk memperkuat fondasi ekonomi nasional,” tambah Ferry.
Dengan pendekatan berbasis data dan kolaborasi strategis, Kementerian BUMN berkomitmen untuk terus memperluas dampak program ini ke berbagai wilayah di Indonesia.
(*)
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5237618/original/087949400_1748599212-9900f839-8458-4d0a-91c9-214e89552d63.jpeg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)