Jakarta: Pelayanan logistik berpendingin bisa mendorong produktivitas pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pelayanan logistik ini akan membuat kegiatan operasional pelaku UMKM menjadi lebih hemat dengan biaya yang terjangkau.
Head of Growth Ninja Xpress Alvian Chris Pradana mengatakan pelaku usaha perlu menjaga kualitas produk melalui teknologi cooling system dan polygon routing dalam pengiriman logistik berpendingin. Teknologi ini dapat memastikan produk tetap segar hingga sampai tujuan dengan tepat waktu.
“Ini merupakan komitmen kami untuk mendukung pelaku bisnis, baik korporasi maupun UKM, dalam mengelola pengiriman produk dingin yang praktis dengan kualitas yang tetap terjaga,” tegas dia dikutip Sabtu, 21 Desember 2024.
Fleksibilitas kepada pelaku UMKM
Dia mengatakan layanan yang efisien akan memudahkan pelaku UMKM. Pengiriman dengan pendingin ini memberikan fleksibilitas pembayaran dengan skema per penggunaan yang lebih efisien untuk melakukan pengiriman dalam jumlah kecil tanpa khawatir dengan biaya tetap seperti menggunakan satu truk.
” Jadi misalnya salah satu klien kita Amazing Farm yang tadinya harus hire banyak truk sekarang udah enggak hire banyak truk lagi,” tegas dia yang menambahkan layanan ini menjembatani kebutuhan pengiriman produk-produk khusus seperti sayuran, pastries, daging atau makanan olahan.
Untuk memberikan kenyamanan, Chief of Strategy Ninja Xpress, Roy Imantaka memastikan seluruh proses penyimpanan dan pengiriman sudah memenuhi standar Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH), dengan pemisahan ketat antara produk halal dan non-halal untuk mencegah risiko kontaminasi silang.
Dia juga menambahkan dua tipe pengiriman seperti produk pengiriman Chiller Temperature dan Frozen Temperature memberikan opsi terbaik kepada konsumen. Pilihan Chiller temperature untuk pengiriman produk dengan suhu di rentang 0° hingga 5° seperti produk sayur, produk susu, buah, dan produk kesehatan. Kemudian pilihan Frozen Temperature, untuk pengiriman produk dengan suhu di minus 15° dan lebih dingin, seperti produk daging, seafood dan juga frozen food.
Praktis dan terjangkau
Selain menjaga produk tetap segar, fokus lainnya dalam layanan Ninja Cold adalah mengutamakan pengalaman pengiriman yang praktis dan terjangkau. Hasil survey Ninja Xpress menunjukkan, faktor tarif yang kompetitif (40 persen), kecepatan pengiriman (26,9 persen), kemudahan pemesanan (25,1 persen ), serta akses pelacakan barang secara real-time (8 persen) merupakan prioritas utama bagi konsumen.
Melihat permintaan dan kebutuhan pengiriman dingin oleh pelaku bisnis, teknologi tambahan seperti Ninja Dashboard dan routing system turut mendukung pengiriman tetap segar dengan menghemat waktu hingga 1 hingga 2 jam dalam pengiriman.
Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada pelaku UMKM seiring dengan kenaikan permintaan msayarakat terhadap produk frozen food. Berdasarkan survei yang dilakukan Ninja Xpress pada pertengahan tahun 2024 terhadap 1.100 responden, didapatkan bahwa lebih dari 94 persen pembeli online atau disebut e-shopaholics telah membeli produk frozen food dengan frekuensi pembelian 2 kali dalam seminggu. Produk-produk makanan olahan seperti nugget (38,7 persen), sosis (28,5 persen), dan bakso (15,9 persen) mendominasi pasar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
dan follow Channel WhatsApp Medcom.id
(SAW)