Organisasi: API

  • Mau Dapat Diskon Tiket Kereta Api Gede-gedean? Simak Caranya di Sini – Page 3

    Mau Dapat Diskon Tiket Kereta Api Gede-gedean? Simak Caranya di Sini – Page 3

    Sebelumnya, Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat terdapat peningkatan yang signifikan pada volume penumpang, pada masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    Berdasarkan data pada Kamis, 26 Desember 2024, jumlah tiket KA JJ dan KA Lokal yang sudah terjual untuk periode masa libur Nataru yaitu 2.510.955 tiket dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan KAI sebanyak 3.572.588.

    “Sejak 19 Desember hingga 26 Desember masa Nataru pada waktu yang sama, KAI telah memberangkatkan 1.436.929 penumpang di Pulau Jawa dan Sumatera,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangannya, dikutip Jumat (27/12/2024).

    “Dari 2.510.955 tiket terjual tersebut terdiri dari 2.139.083 KA JJ atau 77% dari total jumlah tempat duduk tersedia sebanyak 2.770.864 tiket. Untuk penjualan KA Lokal sudah mencapai 371.872 tiket atau 46% dari total jumlah tempat duduk yang disediakan yaitu 801.724 tiket,” sambungnya.

    Menurutnya, jumlah penjualan tiket masih akan terus berubah dinamis dan bertambah. Hal ini karena penjualan tiket kereta masih terus berlangsung.

    Bahkan, arus keberangkatan liburan Nataru hingga saat ini disebutnya sudah terpantau padat.

    Kemudian, pada beberapa kereta api yang menjadi primadona okupansinya sudah melebihi dari 100 persen seperti KA Airlangga, KA Joglosemarkerto, KA Sritanjung, KA Blambangan Ekspres, KA Pariaman Ekspres, KA Rajabasa, KA Putri Deli, KA Matarmaja, KA Logawa, KA Bangunkarta, dan masih banyak KA lainnya di Pulau Jawa dan Sumatera.

    “Bagi masyarakat yang kehabisan tiket pada perjalanan dan jam perjalanan yang diinginkan, dapat memilih alternatif kereta lain dengan segera memesan melalui aplikasi Access by KAI sebelum kehabisan. Selain itu, KAI tidak hentinya mengingatkan kembali ketentuan bagasi bagi pelanggan kereta api selama masa Nataru ini,” sebutnya.

  • Cara Klaim Diskon Tiket Kereta 30 Persen Spesial Akhir Tahun, Berlaku hingga 5 Januari 2025 – Halaman all

    Cara Klaim Diskon Tiket Kereta 30 Persen Spesial Akhir Tahun, Berlaku hingga 5 Januari 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Simak berikut cara mudah mengklaim diskon tiket kereta api spesial akhir tahun 2024.

    Menyambut momen libur tahun baru, Daop 1 Jakarta menawarkan promo spesial Years End Sale (YES) Deals berupa potongan harga tiket hingga 30 persen untuk 21 kereta.

    Promo ini berlaku untuk perjalanan selama periode liburan akhir tahun.

    Untuk pemesanan dapat dilakukan mulai tanggal 27 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

    Sementara keberangkatan dimulai pada 29 Desember 2024 sampai 5 Januari 2025.

    “Mari kita sambut, promo tiket kereta api Year End Sale Deals dengan diskon up to 30 persen nih. Mantab banget kan, akhir dan awal tahun baru udah di gas sama promo tiket kereta api,” ujar postingan Instagram @kai121.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, promo akhir tahun ini ditunjukan bagi masyarakat yang ingin berpergian beberapa daerah dengan menggunakan kereta api.

    Dengan adanya diskon diharap masyarakat bisa menikmati mudik libur tahun baru dengan budget ramah dikantong.

    Cara Klaim Diskon Tiket KAI

    Syarat utamanya adalah memesan tiket kereta pada periode Natal dan Tahun Baru menggunakan aplikasi Access by KAI.

     Simak berikut cara klaim diskon tiket menggunakan aplikasi Access by KAI.

    Buka aplikasi Access by KAI, dan Login dengan akun Anda yang terdaftar.

    Pilih “Antar Kota”.
    Masukkan stasiun keberangkatan, tujuan, tanggal, dan jumlah penumpang.
    Klik tombol “Cari Tiket Antar Kota”.
    Pilih kereta yang diinginkan, lalu isi data penumpang dengan benar.
    Ikuti langkah selanjutnya, kemudian pastikan data penumpang dan pembayaran telah terisi dengan benar.
    Lakukan pembayaran tiket kereta api yang telah dipesan dengan metode yang sudah dipilih.
    Setelah pembayaran tiket berhasil, Anda akan mendapatkan kode booking yang diperlukan untuk boarding saat keberangkatan.

    Sebagai catatan, diskon ini tidak berlaku untuk kereta kelas luxury, compartement, priority, imperial, panoramic, atau kereta wisata lainnya.

    Selain itu, promo ini tidak dapat digabungkan dengan diskon lain maupun tarif khusus.

    Meski begitu, tiket kereta yang sudah dibeli tetap bisa dibatalkan dan diubah jadwalnya sesuai aturan yang berlaku.

    Daftar Kereta yang Menawarkan Tarif Promo

    1. KA 4 Argo Bromo Anggrek (Eksekutif 15 persen)

     2. KA 16 Argo Muria (Eksekutif 15 persen)

    3. KA 24 Argo Cheribon (Eksekutif 30 persen, Ekonomi 15 persen)

    4. KA 30F Argo Cheribon (Eksekutif 30 persen, Ekonomi 30%)  

    5. KA 36A Argo Parahyangan (Eksekutif 15%)  

    6. KA 40A Argo Parahyangan (Eksekutif 30%)  

    7. KA 48 Argo Parahyangan (Eksekutif 15%)  

     8. KA 50A Argo Parahyangan (Eksekutif 15%)  

    9. KA 52A Argo Parahyangan (Eksekutif 15%)  

    10. KA 72 Purwojaya (Eksekutif 15%)  

    11. KA 82F Manahan (Eksekutif 15%)  

    12. KA 170 Tegal Bahari (Eksekutif 30%)  

    13. KA 7002B Tambahan Gambir-Yogyakarta (Eksekutif 30%)  

    14. KA 7008A Sembrani Tambahan (Eksekutif 30%)  

    15. KA 70101 Sembrani Tambahan (Eksekutif 30%)  

    16. KA 7026A Argo Merbabu Tambahan (Eksekutif 30%)  

    17. KA 7046A Argo Parahyangan (Eksekutif 15%)  

    18. KA 10.966 Direct Train (Eksekutif 30%, Ekonomi 15%)  

    19. KA 10.984 Direct Train (Eksekutif 30%)  

    20. KA 10.896 Tambahan Pasar Senen-Semarang Poncol (Eksekutif 30%, Ekonomi 15%)  

    21. KA 10.908 Tambahan Pasar Senen-Lempuyangan (Eksekutif 30

    (Tribunnews.com / Namira Yunia)

  • Naik KA Jarak Jauh Tak Cuma dari Stasiun Gambir & Senen, Ini Alternatifnya

    Naik KA Jarak Jauh Tak Cuma dari Stasiun Gambir & Senen, Ini Alternatifnya

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta melayani perjalanan KAJJ di beberapa stasiun seperti Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang, hingga Cikampek. Stasiun tersebut dapat menjadi alternatif selain dua stasiun besar di Jakarta, yakni Gambir dan Pasar Senen.

    Stasiun tersebut melayani perjalanan ke kota Bandung, Semarang, Cirebon, Yogyakarta, hingga ke Malang. Keberadaan stasiun itu dapat dimanfaatkan penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang ingin melakukan perjalanan libur Natal dan tahun baru 2024/2025.

    “Alternatif stasiun keberangkatan KAJJ diwilayah Daop 1 Jakarta agar dapat meminimalisir keterlambatan calon penumpang jasa angkutan kereta api yang rumahnya atau tempat tinggalnya jauh stasiun besar Gambir dan Pasarsenen,” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/12/2024).

    Stasiun Daop 1 Jakarta yang Melayani Penumpang KA Jarak Jauh:

    1. Stasiun Gambir

    Stasiun Gambir merupakan stasiun besar yang melayani penumpang kelas eksekutif namun juga ada beberapa kelas ekonomi premium seperti di KA Argo Parahyangan dan KA Argo Cheribon.

    2. Stasiun Pasar Senen

    Stasiun ini terletak di Kota Jakarta Pusat, stasiun Pasar Senen sendiri melayani penumpang KAJJ kelas campuran ada eksekutif, ekonomi premium hingga kereta PSO seperti kereta api KA Bengawan, KA Serayu, KA Airlangga dan KA Cikuray.

    3. Stasiun Jatinegara

    Stasiun ini awalnya hanya tempat kedatangan KA dari luar kota. Stasiun yang masih identik dengan bangunan Belanda tersebut sekarang sudah melayani keberangkatan untuk ke beberapa wilayah, seperti KA Argo Parahyangan, KA Cikuray, KA Argo Dwipangga dan lainnya.

    4. Stasiun Bekasi

    Stasiun yang awalnya diperuntukan hanya untuk Kereta Rangkaian Listrik (KRL) saja, sekarang sudah melayani keberangkatan KAJJ ke beberapa wilayah pulau Jawa. Seperti KA Argo Parahyangan, KA Brawijaya, KA Gumarang, KA Gajayana dan masih banyak lagi KAJJ yang dilayani oleh stasiun Bekasi.

    5. Stasiun Cikarang

    Di stasiun terintegrasi ini terdapatKRL Listrik, Commuter Line Purwakarta atau KA Lokal hingga melayani perjalanan KAAJ ke beberapa wilayah di pulau Jawa dengan KA yang berhenti di Stasiun Cikarang . Misalnya KA Pandalungan, KA Menoreh, KA Cikuray, KA Bangunkarta, KA Jayakarta, KA Sawunggalih, KA Bogowonto dan lainnya.

    6. Stasiun Karawang

    Stasiun iniadalah stasiun kereta api kelas besar tipe C yang terletak di Nagasari, Karawang Barat, Karawang. Stasiun yang terletak pada ketinggian +16 m ini KAJJ yang berangkat dari stasiun ini adalah KA Cikuray, KA Serayu, KA Blambangan Ekspress, KA Jayabaya, KA Majapahit dan KA Singasari.

    7. Stasiun Cikampek

    Ada dua jalur percabangan di stasiun ini yang mengarah ke Cirebon dan ke Bandung. selain KA Lokal atau Commuter Line Purwakarta, Stasiun Cikampek juga aktif melayani KAJJ seperti, KA Jayabaya, KA Singasari, KA Airlangga, KA Argo Cheribon, KA Cikuray dan KA Serayu.

    Sementara itu, penumpang yang naik KAJJ periode Natal dan Tahun Baru 2025 perhari Sabtu 28 Desember 2024 sebanyak 524.708 orang. Di Stasiun Gambir selama periode Nataru telah melayani 158.066 penumpang, sedangkan stasiun Pasar Senen sebanyak 234.683 penumpang.

    “Selain dari stasiun Gambir dan Pasar Senen, kami mencatat jumlah penumpang naik dari stasiun Bekasi sebanyak 66.820 penumpang, Cikampek sebanyak 7.999 penumpang, Cikarang sebanyak 29.948 penumpang, Jatinegara sebanyak 19.556 penumpang, Krawangan sebanyak 7.384 penumpang dan terakhir di stasiun Jakarta Kota sebanyak 252 penumpang,” ujar Ixfan.

    (ara/ara)

  • Menteri LH Cek Pengelolaan Sampah Stasiun Senen dan Terminal Pulo Gebang

    Menteri LH Cek Pengelolaan Sampah Stasiun Senen dan Terminal Pulo Gebang

    loading…

    Menteri Lingkungan Hidup (LH) Hanif Faisol Nurofiq saat meninjau pengelolaan sampah di Stasiun Senen, Jakarta Pusat. Foto/Istimewa

    JAKARTA – Menteri Lingkungan Hidup (LH) Hanif Faisol Nurofiq meninjau pengelolaan sampah di Stasiun Senen, Jakarta Pusat dan Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Jumat (27/12/2024). Peninjauan dilakukannya menindaklanjuti arahan Presiden Prabowo Subianto agar para menteri Kabinet Merah Putih turun langsung ke lapangan selama libur Natal dan Tahun Baru ( Nataru ).

    Sedangkan tujuan Hanif mengecek dua lokasi penting itu untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan masyarakat, termasuk dalam pengelolaan lingkungan di lokasi-lokasi publik. Di Stasiun Senen, Hanif menyoroti pentingnya pengelolaan sampah di tempat-tempat yang menjadi pusat pergerakan masyarakat.

    Di sana, dirinya pun mengapresiasi langkah-langkah ramah lingkungan yang telah diterapkan oleh pihak KAI dan Kepala Stasiun Senen. “Kita lihat langsung berbagai upaya go green yang sudah dilakukan di Stasiun Senen. Jika dibandingkan beberapa dekade lalu, kini kereta api sudah jauh dari kesan kumuh dan tidak bersih,” kata Hanif.

    Dirinya menginstruksikan Stasiun Senen terus menjadi pelopor perubahan perilaku masyarakat dalam memilah, memilih, dan mengelola sampah. Hanif juga meminta Kepala Stasiun untuk meningkatkan pengawasan dan menjadikan stasiun tersebut sebagai pusat edukasi pengelolaan sampah untuk masyarakat.

    “Saya ingin pengawasan stasiun ini mampu menjadikan lokasi-lokasi yang akan menstimulasi perubahan karakter dan peradaban bangsa kita melalui pilah, pilih sampah, dan kelola sampah,” tuturnya.

    Stasiun Senen juga menyediakan fasilitas ramah lingkungan seperti stasiun pengisian ulang air minum untuk mengurangi sampah plastik. “Tadi kita lihat hampir di setiap 5-10 meter tersedia air isi ulang, sehingga tidak perlu lagi membawa botol plastik yang kemudian akan menimbulkan sampah plastik tetapi cukup membawa tumbler,” ujarnya.

  • 2.646.460 Tiket Kereta Api Jarak Jauh Terjual Selama Periode Nataru – Page 3

    2.646.460 Tiket Kereta Api Jarak Jauh Terjual Selama Periode Nataru – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Sebanyak 2.646.460 tiket kereta api jarak jauh terjual selama periode natal dan tahun baru (nataru) 2024 dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan KAI sebanyak 3.572.588. Jumlah tersebut berdasarkan data per tanggal 27 Desember 2024 Pukul 06.00 WIB.

    “Jumlah tersebut adalah hitungan kumulatif sejak 19 Desember hingga 26 Desember, dari 2.646.460 tiket terjual, terdiri dari 2.238.983 KA JJ atau 81% dari total jumlah tempat duduk tersedia sebanyak 2.770.864 tiket. Untuk penjualan kereta Lokal sudah mencapai 407.477 tiket atau 51% dari total jumlah tempat duduk yang disediakan yaitu 801.724 tiket,” ujar VP Public Relations KAI, Anne Purba dalam keterangan tertulis diterima, Sabtu (28/12/2024).

    Anne melanjutkan, untuk kereta api jarak menengah/jauh pemesanan tiket sudah dapat dilakukan H-45, sedangkan KA Lokal pemesanannya baru dapat dilakukan H-30 sebelum keberangkatan. 

    Diketahui, pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 KAI Group menyediakan total 44.754.280 tempat duduk yang terdiri 3.572.588 penumpang KAI, 35.407.300 penumpang KAI Commuter, 4.142.520 penumpang LRT Jabodebek, 588.304 penumpang LRT Sumsel, 7.416 penumpang KAI Wisata, 487.728 penumpang KAI Bandara, 29.160 penumpang KA Makassar-Parepare dan 519.264 penumpang KCIC.

    Sementara itu, adapun total jumlah perjalanan KAI Group yaitu 40.782 kereta dengan rincian 7.328 perjalanan kereta yang dikelola KAI, 23.204 perjalanan kereta yang dikelola KAI Commuter, 1.872 perjalanan kereta yang dikelola KAI Bandara, 5.598 perjalanan LRT Jabodebek, 1.772 perjalanan LRT Sumsel, 36 perjalanan yang dikelola KAI Wisata, 108 perjalanan KA Makassar-Parepare serta 864 perjalanan Whoosh yang dikelola KCIC. 

    Artinya, secara keseluruhan, KAI Group telah menghantarkan 10.966.617 penumpang di Pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi pada masa Nataru ini. 

  • Momen Libur Nataru, KAI: Ada Diskon Tiket Kereta hingga 30%

    Momen Libur Nataru, KAI: Ada Diskon Tiket Kereta hingga 30%

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan potongan harga atau diskon tiket selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 hingga 30%.

    Promo tiket tersebut mulai dijual secara bertahap pada 27 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, untuk keberangkatan kereta api pada periode 29 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025

    VP Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, Promo ini bisa menjadi pilihan tepat untuk menutup tahun dengan perjalanan hemat.

    “KAI kembali menghadirkan promo spesial akhir tahun bertajuk “YES DEALS” (Years End Sale Deals). Promo ini menghadirkan diskon hingga 30% untuk perjalanan kereta api pada momen tertentu masa Nataru 2024/2025,” tulisnya dalam keterangan resmi, Sabtu (28/12/2024).

    Adapun syarat dan ketentuannya, tarif diskon berlaku parsial. Tarif diskon tidak berlaku untuk Kereta Suite Class Compartment, Luxury, Panoramic, Priority, Imperial, dan/atau Kereta Wisata lainnya.

    “Tiket dengan tarif diskon ini tidak berlaku pada tarif khusus dan tidak dapat digabungkan dengan reduksi dan/atau diskon lainnya,” tulisnya.

    Selain itu, tiket dengan tarif diskon ini dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

    “Untuk informasi lebih lanjut terkait promo tersebut, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121,” tutup Anne.

    Berikut Daftar Kereta Api yang Mendapatkan Promo Tarif:

    1. Argo Bromo Anggrek Relasi Gambir – Surabaya Pasarturi PP (Eksekutif)

    2. Argo Cheribon Relasi Gambir – Cirebon PP (Ekonomi, Eksekutif)

    3. Argo Merbabu (Tambahan) Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng PP (Eksekutif)

    4. Argo Muria Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng (Eksekutif)

    5. Argo Parahyangan Relasi Bandung – Gambir PP (Ekonomi, Eksekutif)

    6. Argo Sindoro Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng (Eksekutif)

    7. Banyu Biru Relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan (Ekonomi, Eksekutif)

    8. Blora Jaya Relasi Cepu – Semarang Poncol (Ekonomi)

    9. Direct Train SMT Relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir PP (Ekonomi, Eksekutif)

    10. Direct Train YK Relasi Yogyakarta – Gambir PP (Eksekutif)

    11. Joglosemarkerto Relasi Purwokerto – Solo Balapan (Eksekutif)

    12. Joglosemarkerto Relasi Yogyakarta – Cilacap (Eksekutif)

    13. KA Tambahan PSE SMC Relasi Pasarsenen – Semarang Poncol PP (Ekonomi, Eksekutif)

    14. KA Tambahan BD SLO Relasi Solo Balapan – Bandung (Ekonomi, Eksekutif)

    15. KA Tambahan SLO GMR Relasi Solo Balapan – Gambir (Eksekutif)

    16. KA Tambahan SLO PSE Relasi Solo Balapan – Pasarsenen (Eksekutif)

    17. KA Kaligung Relasi Brebes – Semarang Poncol PP (Ekonomi, Eksekutif)

    18. KA Kaligung Relasi Semarang Poncol – Cirebon Prujakan (Ekonomi, Eksekutif)

    19. KA Kaligung Relasi Tegal – Semarang Poncol PP (Ekonomi, Eksekutif)

    20. KA Kamandaka Relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Purwokerto PP (Eksekutif)

    21. KA Kutojaya Selatan (Tambahan) Relasi Kiaracondong – Kutoarjo PP (Ekonomi)

    22. KA Kutojaya Utara Relasi Kutoarjo – Jakarta Kota (Ekonomi)

    23. KA Kutojaya Utara (Tambahan) Relasi Kutoarjo – Pasarsenen (Ekonomi)

    24. KA Manahan Relasi Gambir – Solo Balapan (Eksekutif)

    25. Purwojaya Tambahan Relasi Cilacap – Gambir (Eksekutif)

    26. Sancaka Relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta PP (Ekonomi, Eksekutif)

    27. Sembrani Tambahan Relasi Gambir – Surabaya Pasarturi PP (Ekonomi, Eksekutif)

    28. Sribilah Utama Relasi Medan – Rantau Prapat PP (Bisnis, Ekonomi, Eksekutif)

    29. Tegal Bahari Relasi Pasarsenen – Tegal PP (Eksekutif)

    30. KA Tambahan LPN PSE Relasi Lempuyangan – Pasarsenen PP (Ekonomi)

    31. KA Tambahan GMR YK Relasi Gambir – Yogyakarta PP (Eksekutif)

    32. Purwojaya Relasi Gambir – Cilacap (Eksekutif)

    33. Mutiara Timur Relasi Ketapang – Surabaya Gubeng PP (Ekonomi, Eksekutif)

    (luc/luc)

  • Tragis Pesawat Azerbaijan Airlines Jatuh, Apa Penyebabnya?

    Tragis Pesawat Azerbaijan Airlines Jatuh, Apa Penyebabnya?

    Jakarta

    Pemerintah Rusia memperingatkan semua pihak untuk tidak menyebarkan “hipotesis” tentang penyebab jatuhnya pesawat penumpang Azerbaijan Airlines yang menewaskan 38 orang di Kazakhstan pada Rabu (25/12).

    Rekaman video dari badan pesawat yang hancur tampaknya mengindikasikan kerusakan akibat pecahan peluruh dan beberapa pakar penerbangan memperkirakan pesawat tersebut kemungkinan terkena sistem pertahanan udara di Republik Chechnya, Rusia.

    Sebelum pesawat itu jatuh di kota Aktau di Kazakhstan, rute pesawat dialihkan melintasi Laut Kaspia, dari tujuan semula di Grozny, Chechnya ke Kazahkstan bagian barat, karena kabut tebal.

    Sebanyak 29 dari 67 orang di dalamnya selamat.

    Seorang penumpang yang selamat mengatakan kepada TV Rusia bahwa dia yakin pilot pesawat itu telah mencoba dua kali mendarat di tengah kabut tebal di atas Grozny sebelum “yang ketiga kalinya, sesuatu meledak… sebagian kulit pesawat terlepas.”

    Azerbaijan mengadakan hari berkabung nasional pada Kamis (26/12) untuk para korban kecelakaan itu.

    “Ini adalah tragedi besar yang menjadi kesedihan luar biasa bagi rakyat Azerbaijan,” kata Presiden Ilham Aliyev pada Kamis (26/12).

    Azerbaijan Airlines mengatakan terdapat 62 penumpang dan lima awak dalam pesawat Embraer 190 tersebut.

    Mereka yang berada di dalam pesawat sebagian besar adalah warga negara Azerbaijan, namun ada juga beberapa penumpang dari Rusia, Kazakhstan, dan Kyrgyzstan.

    Seorang perempuan muda menceritakan kesedihannya kepada BBC di Azerbaijan ketika dia mencoba mencari tahu apa yang terjadi pada ayahnya, yang berada dalam penerbangan tersebut.

    Dia menjelaskan bahwa ayahnya sedang bepergian bersama putranya, yang selamat dari kecelakaan itu. Sang anak berhasil menghubungi adiknya, namun masih belum ada kabar dari ayahnya

    EPA Puluhan orang dilaporkan tewas setelah pesawat penumpang Azerbaijan Airlines jatuh di Kazakhstan. Reuters Tim tanggap darurat yang bekerja di lokasi jatuhnya pesawat penumpang Azerbaijan Airlines dekat kota Aktau, Kazakhstan, pada 25 Desember 2024. Reuters Pesawat penumpang Azerbaijan Airlines jatuh di dekat kota Aktau, Kazakhstan, pada 25 Desember 2024. EPA Petugas bekerja di lokasi jatuhnya pesawat penumpang dekat Aktau, Kazakhstan, pada 25 Desember 2024. Reuters Pesawat Azerbaijan Airlines dengan nomor penerbangan J2-8243 dilaporkan terbakar ketika berusaha melakukan pendaratan darurat sekitar 3 kilometer dari kota Aktau, Kazakhstan, pada Rabu, 25 Desember 2024. BBC

    BBC News Indonesia hadir di WhatsApp.

    Jadilah yang pertama mendapatkan berita, investigasi dan liputan mendalam dari BBC News Indonesia, langsung di WhatsApp Anda.

    BBC

    Rute dialihkan karena kabut

    Pihak maskapai penerbangan mengatakan kepada BBC bahwa pesawat seharusnya terbang dari Baku menuju Grozny di Rusia, tetapi rute pesawat tersebut terpaksa dialihkan karena kabut.

    Grozny adalah ibu kota wilayah Chechnya di Rusia selatan.

    Aktau, kota di Kazakhstan yang berjarak 3 kilometer dari lokasi kecelakaan, terletak di seberang Laut Kaspia dari Azerbaijan dan Rusia.

    BBCLokasi Baku, Grozny, dan Aktau

    Pesawat tersebut lepas landas dari ibu kota Azerbaijan, Baku, pada Rabu (25/12) pukul 03.55 GMT dan jatuh sekitar pukul 06.28, menurut data dari situs pelacakan penerbangan Flightradar24.

    Video yang telah diverifikasi kantor berita Reuters menunjukkan pesawat menuju permukaan tanah dalam kecepatan tinggi dengan roda darat terulur.

    Beberapa detik setelah pesawat terlihat berusaha mendarat, bola api besar tampak meledak.

    ReutersPemandangan dari atas menunjukkan tim penyelamat bekerja di lokasi jatuhnya pesawat penumpang Azerbaijan Airlines dekat kota Aktau, Kazakhstan, pada 25 Desember 2024.

    Video yang belum diverifikasi dari kecelakaan tersebut menunjukkan pesawat yang dioperasikan oleh Azerbaijan Airlines terbakar hebat saat menghantam tanah di tepi pantai, dan asap hitam tebal kemudian mengepul.

    Penumpang yang berlumuran darah dan memar terlihat terhuyung-huyung dari bagian badan pesawat yang masih utuh.

    EPAPetugas yang bekerja di lokasi jatuhnya pesawat penumpang dekat Aktau, Kazakhstan, pada 25 Desember 2024.

    Apa penyebab pesawat jatuh?

    Jaksa Agung Azerbaijan mengatakan “semua skenario yang mungkin terjadi” sedang diperiksa dan Presiden Ilham Aliyev mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan penyebab pasti kecelakaan pesawat tersebut.

    Sementara itu, pihak berwenang Kazakh telah menemukan perekam data penerbangan dan penyelidikan sedang dilakukan.

    Tak lama setelah kecelakaan itu, laporan dari TV milik pemerintah Rusia mengatakan kemungkinan besar penyebab kecelakaan adalah serangan dari sekawanan burung.

    Namun tabrakan semacam itu biasanya mengakibatkan pesawat meluncur ke arah lapangan terbang terdekat, kata analis penerbangan Richard Aboulafia kepada kantor berita Reuters.

    “Anda bisa saja kehilangan kendali atas pesawat, namun sebagai konsekuensinya Anda tidak akan terbang keluar jalur dengan liar,” katanya.

    Baca juga:

    Pakar pertahanan udara berpendapat bahwa pola kerusakan di dalam dan di luar pesawat mengindikasikan pertahanan udara Rusia yang aktif di Grozny mungkin menjadi penyebab kecelakaan itu.

    “Ini terlihat seperti ledakan rudal pertahanan udara di bagian belakang dan kiri pesawat, jika Anda melihat pola pecahan peluru yang kita lihat [dalam video],” ujar Justin Crump dari perusahaan penasihat risiko Sibylline mengatakan kepada BBC Radio 4.

    Di Moskow, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan: “Adalah salah jika mengajukan hipotesis sebelum kesimpulan penyelidikan.”

    “Kami, tentu saja, tidak akan melakukan ini, dan tidak seorang pun boleh melakukan ini. Kami harus menunggu sampai penyelidikan selesai.”

    EPAPetugas bekerja di lokasi jatuhnya pesawat penumpang Azerbaijan Airlines di Aktau, Kazahstan, pada 25 Desember 2024

    Chechnya telah dilanda serangan drone Ukraina pada bulan ini dan pihak berwenang di negara tetangga Ingushetia mengatakan wilayah itu telah menjadi sasaran sejak perang di Ukraina dimulai.

    Sebuah pusat perbelanjaan terdampak serangan ketika sebuah pesawat tak berawak ditembak jatuh di dekat Ossetia Utara, menewaskan seorang perempuan, menurut sejumlah laporan.

    Ketua Senat Kazakhstan, Ashimbayev Maulen, menegaskan penyebab jatuhnya pesawat di dekat Aktau masih belum diketahui.

    “Tidak satu pun dari negara-negara iniAzerbaijan, Rusia atau Kazakhstanyang tertarik menyembunyikan informasi. Semua informasi akan tersedia untuk umum,” katanya.

    Mereka yang berada di dalam pesawat sebagian besar adalah warga negara Azerbaijan, namun ada juga beberapa penumpang dari Rusia, Kazakhstan, dan Kyrgyzstan.

    Rekaman video menunjukkan orang-orang yang selamat merangkak keluar dari reruntuhan, beberapa di antaranya terlihat mengalami luka-luka.

    Korban luka dirawat di rumah sakit dan 11 orang berada dalam perawatan intensif, lapor kantor berita AFP.

    Embraer, pabrikan asal Brazil, merupakan pesaing yang lebih kecil dari Boeing dan Airbus, dan memiliki catatan keselamatan yang kuat.

    Artikel ini akan terus diperbarui.

    (ita/ita)

  • Mengintip Kiprah Aura Rahmi, Srikandi Transportasi yang Piawai Operasikan KA Otomatis – Halaman all

    Mengintip Kiprah Aura Rahmi, Srikandi Transportasi yang Piawai Operasikan KA Otomatis – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Di Indonesia, tidak banyak perempuan yang tertarik menekuni profesi sebagai masinis kereta api.

    Diantara para masinis yang umumnya jadi profesi para lelaki ini terselip sosok masinis perempuan cantik.

    Aulia Rahmi, namanya. Dia bisa dikatakan menjadi Srikandi transportasi Indonesia.

    Sehari-harinya, perempuan bernama lengkap Aulia Rahmi Ramadana ini dipercaya tempatnya bekerja sebagai masinis kereta listrik LRT Jabodebek.

    Aura mengaku nyaman dan bangga menekuni profesi ini.

    “Bagi saya, menjadi masinis bukan sekadar karier, melainkan bentuk pelayanan untuk masyarakat, dan itu memberikan makna mendalam dalam hidup saya,” ujar Aura Rahmi Ramadana dikutip Sabtu, 28 Desember 2024.

    Aulia Rahmi menjadi masinis di PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan dia beruntung manajemen KAI memberi ruang kepada perempuan seperti dirinya untuk meniti karier sebagai seorang masinis.

    Aura ingin membagikan pengalamannya guna menjadi inspirasi bagi para masyarakat, terutama perempuan di luar sana, yang bermimpi untuk menjadi seorang masinis.

    Berlatih hingga ke Negeri Jiran

    Putri Baturaja, Sumatera Selatan ini mengisahkan awal mula dirinya meniti karier sebagai seorang masinis.

    Aulia Rahmi mengaku menjalani proses yang cukup panjang dan menantang, dimulai dari seleksi administrasi, tes kesehatan, tes psikologi, hingga wawancara.

    Setelah dinyatakan lulus dan menjadi bagian dari insan perkeretaapian, Aura pun mengikuti pelatihan intensif yang mencakup teori, praktik langsung di lapangan, dan simulasi pengoperasian kereta.

    Pelatihan tersebut tak hanya ia jalani di Indonesia, tetapi hingga bertandang ke Malaysia untuk belajar tentang cara pengoperasian kereta.

    KAI memperpanjang jam operasional LRT Jabodebek hingga lewat tengah malam pada momen pergantian tahun baru 31 Desember 2024. (dok. KAI)

    Adapun sejumlah pelatihan yang telah Aura lalui selama proses pendidikan menjadi masinis LRT Jabodebek.

    Diantaranya, harus mengikuti pelatihan awak sarana perkeretaapian tingkat pertama dengan penggerak listrik (0.61) di Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian Bekasi.

    Dia juga harus mengikuti pelatihan kecakapan awak sarana perkeretaapian tingkat pertama (0.62) di LRT Sumatera Selatan; serta pelatihan awak sarana perkeretaapian otomatis (Professional Metro Train Driver) di Prasana Malaysia Berhad.

    Aura juga menjalani pelatihan Diklat SOP Train Attendant Sistem Grade of Automation (GoA) 3 Divisi LRT Jabodebek.

    Berbagai proses tersebut ia lalui dengan penuh kesungguhan dan dedikasi, hingga berhasil mengantongi sertifikasi Awak Sarana Perkeretaapian Otomatis (2023–2027) setelah dinyatakan lulus uji sertifikasi.

    “Setelah dinyatakan lulus, saya resmi diangkat menjadi masinis muda,” ucap dia.

    Berbagai pelatihan tersebut juga membekali Aura dengan keahlian untuk mengoperasikan LRT Jabodebek berbasis sistem otomatis dan manual, keselamatan operasional dan penanganan situasi darurat, serta memahami standar pelayanan transportasi publik.

    Jerih payahnya dalam meraih mimpi pun terbayarkan. Aura menerima berbagai fasilitas yang diberikan oleh KAI, meliputi gaji, tunjangan kesehatan, asuransi, dan program kesejahteraan lainnya.

    Aura merasa seluruh fasilitas yang ia terima merupakan bentuk penghargaan atas tanggung jawab besar yang diemban oleh para masinis. Ia termotivasi untuk bekerja dengan maksimal dan fokus pada tanggung jawabnya sebagai seorang masinis.

    Aura saat ini bertugas sebagai masinis kereta listrik LRT Jabodebek yang menggunakan teknologi otomatis (driverless). 

    Meski kereta ini berbasis otomatis, peran masinis tetap penting dalam memantau dan memastikan kelancaran perjalanan serta keamanan penumpang.

    Transformasi transportasi publik

    Bagi Aulia Rahmi, menjadi masinis mendorongnya terus mengasah ilmu dan terus belajar. Aura tak kehabisan batu lompatan setelah berhasil mewujudkan cita-citanya.

    Perempuan kelahiran 1998 ini ini terlibat dalam pengembangan pemanfaatan teknologi dalam transformasi transportasi publik, wabilkhusus perkeretaapian, untuk menjadi langkah lanjutannya.

    Harapannya, dia bisa meningkatkan keahlian dalam pengoperasian kereta berbasis teknologi canggih.

    Dia tertarik mendalami sistem kereta otomatis (driverless) guna mendukung peningkatan efisiensi dan keamanan di dunia perkeretaapian.

    Dengan demikian, Aura berharap bisa berkontribusi secara langsung dalam pengembangan moda transportasi serupa di masa depan. 

    Aulia juga ingin menyebarluaskan pengalaman dan pengetahuannya kepada generasi muda, terutama perempuan, agar semakin banyak yang tertarik untuk berkarier di bidang transportasi publik, khususnya perkeretaapian.

    Aura berpesan kepada para perempuan agar tidak takut bermimpi besar, meski apa yang diimpikan dianggap tidak umum bagi perempuan.

    Kunci dari keberhasilannya adalah keyakinan pada diri sendiri, kegigihan untuk terus belajar, dan komitmennya untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

    Aura meyakini bahwa melalui kariernya sebagai seorang masinis, ia dapat membantu mobilitas banyak orang, baik untuk pekerjaan, pendidikan, hingga menjaga terjalinnya tali silaturahmi antaranggota keluarga yang terpisah oleh jarak.

    Dalam mengemban tanggung jawab dan menjalankan tugasnya, Aura berpegang teguh pada komitmen untuk mengantarkan penumpang ke tempat tujuan mereka dengan aman, nyaman, dan tepat waktu.

    Dia mengaku dengan menekuni profesi sebagai masinis, dia dapat memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat luas.

     

     

  • Doa Akhir Tahun 2024: Arab, Latin, dan Terjemahan – Halaman all

    Doa Akhir Tahun 2024: Arab, Latin, dan Terjemahan – Halaman all

    Doa akhir tahun di artikel ini dapat kamu baca di malam hari sebelum pergantian tahun.

    Tayang: Sabtu, 28 Desember 2024 08:31 WIB

    Freepik

    Ilustrasi berdoa. Doa akhir tahun di artikel ini dapat kamu baca di malam hari sebelum pergantian tahun. 

    TRIBUNNEWS.COM – Tahun baru 2024 akan berakhir dalam hitungan hari.

    Untuk menutup tahun 2024, kamu bisa melafalkan doa akhir tahun.

    Doa akhir tahun di bawah ini dapat kamu baca pada malam hari sebelum pergantian tahun.

    اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ
    “Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.”

    Artinya : Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu. Sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

    Doa awal tahun

    Usai memanjatkan doa akhir tahun, ada juga baiknya untuk membacakan doa di awal tahun.

    Berikut doanya :

    بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
    وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ
    اَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
    “Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam.”

    Artinya : Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau. Ya Allah, Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan MU yang agung dan kedermawanan MU yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba. Kami mohon kepada MU pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, Serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada MU dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih.

    Adapun tempat-tempat yang baik untuk berdoa, dikutip dari jatim.kemenag.go.id:

    1. Di depan dan di dalam Kabah.

    2. Di masjid Rasulullah saw.

    3. Di  belakang makam Nabi Ibrahim as.

    4. Di atas bukit Safa dan Marwah.

    5. Di Arafah, di Muzalifah, di Mina dan disisi jamarat yang tiga.

    6. Di tempat-tempat yang mulia lainnya seperti Masjid atau Mushalla.

    (Tribunnews.com, Widya)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’1′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • VIDEO: Kebakaran Terjadi di Pemukiman Padat Hunian di Klender Jakarta Timur

    VIDEO: Kebakaran Terjadi di Pemukiman Padat Hunian di Klender Jakarta Timur

    Kebakaran terjadi di pemukiman padat hunian di Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur. Api yang cepat membesar pun membuat warga panik.

    Ringkasan