Organisasi: API

  • Antisipasi Kemacetan Tahun Baru, PT KAI Rekayasa Operasional Kereta Api Jarak Jauh

    Antisipasi Kemacetan Tahun Baru, PT KAI Rekayasa Operasional Kereta Api Jarak Jauh

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bakal melakukan rekayasa operasional kereta api jarak jauh (KAJJ) yang berangkat dari Stasiun Gambir pada Selasa (31/12/2024), untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas pada malam tahun baru.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan pengaturan rekayasa operasional tersebut dengan memberhentikan 18 KA Jarak Jauh keberangkatan Stasiun Gambir di Stasiun Jatinegara, di mana dalam kondisi normal KA-KA tersebut tidak berhenti.

    “Pengaturan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan dan kepadatan lalu lintas di beberapa titik akses menuju dan dari Stasiun Gambir saat malam pergantian tahun 2024/2025,” kata Ixfan dikutip dari Antara, Senin (30/12/2024).

    Langkah tersebut, kata Ixfan merupakan upaya KAI untuk mengantisipasi keterlambatan para pengguna jasa kereta api, sebab terjadi pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan raya menuju area Stasiun Gambir.

    “Adanya pengaturan ini sebagai alternatif keberangkatan. Diharapkan para pelanggan KA tetap dapat berangkat tepat waktu dan dapat menyesuaikan waktu keberangkatannya agar tidak tertinggal oleh KA,” pungkasnya.

    Adapun 18 KA tersebut yaitu:

     1.⁠ ⁠KA 28 Argo Cheribon, berangkat Stasiun Gambir pukul 18.10 WIB;
     2.⁠ ⁠KA 7022B Tambahan, berangkat Stasiun Gambir pukul 18.40 WIB;
     3.⁠ ⁠KA 56 Gajayana, berangkat Stasiun Gambir pukul 18.50 WIB;
     4.⁠ ⁠KA 64 Sembrani, berangkat Stasiun Gambir pukul 19.30 WIB;
     5.⁠ ⁠KA 24 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir pukul 19.55 WIB;
     6.⁠ ⁠KA 78F Pandalungan, berangkat Stasiun Gambir pukul 20.05 WIB;
     7.⁠ ⁠KA 4 Argo Bromo Anggrek, berangkat Stasiun Gambir pukul 20.30 WIB;
     8.⁠ ⁠KA 8 Argo Lawu, berangkat Stasiun Gambir pukul 20.45 WIB;
     9.⁠ ⁠KA 72 Purwojaya, berangkat Stasiun Gambir pukul 21.10 WIB;
    10.⁠ ⁠KA 70 Taksaka, berangkat Stasiun Gambir pukul 21.40 WIB;
    11.⁠ ⁠KA 7046A Argo Parahyangan Tambahan, berangkat Stasiun Gambir pukul 22.15 WIB;
    12.⁠ ⁠KA 16 Argo Muria, berangkat Stasiun Gambir pukul 22.30 WIB;
    13.⁠ ⁠KA 7006B Gajayana Tambahan, berangkat Stasiun Gambir pukul 22.40 WIB;
    14. KA 82F Manahan, berangkat Stasiun Gambir pukul 22.50 WIB;
    15.⁠ ⁠KA 10984 Direct Train, berangkat Stasiun Gambir pukul 23.25 WIB;
    16.⁠ ⁠KA 30F Argo Cheribon, berangkat Stasiun Gambir pukul 23.30 WIB;
    17.⁠ ⁠KA 10966 Direct Train, berangkat Stasiun Gambir pukul 23.55 WIB; dan
    18.⁠ ⁠KA 7010A Sembrani Tambahan, berangkat Stasiun Gambir pukul 00.05 WIB.

    Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal dan perjalanan KA, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

  • PT KAI Divre II Sumbar tambah unit mobil shuttle gratis hubungkan Stasiun – Bandara BIM

    PT KAI Divre II Sumbar tambah unit mobil shuttle gratis hubungkan Stasiun – Bandara BIM

    Sumber foto: Musthofa/elshinta.com.

    PT KAI Divre II Sumbar tambah unit mobil shuttle gratis hubungkan Stasiun – Bandara BIM
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 30 Desember 2024 – 15:11 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan melalui Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Padang dan Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang menambah 1 unit mobil shuttle untuk penumpang yang menghubungkan Stasiun KA Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara BIM dan sebaliknya secara gratis. 

    Layanan Shuttle tambahan ini ditujukan untuk memudahkan pelanggan KA Minangkabau Ekspres relasi BIM –Pulau Air PP agar dapat melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi pesawat dengan lebih mudah dan nyaman. Masyarakat dapat menggunakan tambahan unit shuttle ini untuk periode libur Natal dan Tahun Baru 2025 yaitu mulai 25 Desember 2024 s.d 5 Januari 2025.

    Sebelumnya, KAI telah mengoperasikan 1 unit mobil shuttle di Bandara BIM yang juga dapat digunakan oleh penumpang KA Minangkabau Ekspres, namun diprioritaskan untuk pelanggan KA Lembah Anai relasi Kayu Tanam – Duku/BIM PP. Dengan hadirnya layanan tambahan ini, diharapkan masyarakat dapat semakin terbantu dalam mobilitas mereka, khususnya selama masa liburan Nataru.

    Kahumas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, M. As’ad Habibuddin, menyampaikan bahwa layanan shuttle tambahan ini akan dievaluasi lebih lanjut setelah tanggal 5 Januari 2025. KAI akan memberikan informasi terkini mengenai keberlanjutan layanan tersebut.

    ”KAI berharap layanan ini tidak hanya memberikan kenyamanan bagi para pelanggan, tetapi juga mendukung terciptanya ekosistem transportasi yang terintegrasi di Sumatera Barat. Semoga kolaborasi ini dapat terus berkembang untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat,” kata As’ad seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Musthofa, Senin (30/12). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Ledakan Keras Sebelum Pesawat Menabrak Dinding, Boeing 737-800 Terbelah, 179 Tewas di Korea Selatan – Halaman all

    Ledakan Keras Sebelum Pesawat Menabrak Dinding, Boeing 737-800 Terbelah, 179 Tewas di Korea Selatan – Halaman all

    179 Orang Diduga Tewas Setelah Boeing 737-800 Jatuh di Korea Selatan

    TRIBUNNEWS.COM- Dari 181 penumpang yang berada di dalamnya, 120 jenazah berhasil ditemukan, sementara 59 lainnya masih hilang, semuanya diduga tewas.

    Semua kecuali dua dari 181 penumpang dalam penerbangan Jeju Air dari Bangkok diduga tewas setelah pesawat itu jatuh saat mencoba pendaratan darurat di Bandara Internasional Muan di Korea Selatan, Yonhap News melaporkan pada hari Minggu. 

    Tim penyelamat masih mencari di antara reruntuhan, di mana masih ada beberapa jenazah yang terjebak di badan pesawat. Hanya seorang penumpang dan seorang awak yang berhasil diselamatkan dari bagian ekor dan saat ini sedang dirawat di rumah sakit terdekat.

    Petugas pemadam kebakaran menemukan total 120 jenazah, sementara 59 lainnya masih hilang. 

    Sementara itu, jumlah korban tewas meliputi 54 pria, 57 wanita, dan sembilan lainnya yang jenis kelaminnya belum dapat diidentifikasi. 

    Nasib mereka yang hilang belum ditentukan, meskipun pihak berwenang memberi tahu keluarga mereka bahwa peluang mereka untuk bertahan hidup hampir tidak ada karena kecelakaan dan kebakaran setelahnya. 

    Penerbangan itu disewa oleh Boeing 737-800 , yang berupaya melakukan pendaratan darurat sekitar pukul 9:03 waktu setempat, yang dilaporkan karena kegagalan dalam penempatan roda pendaratannya.

    Saksi mata menggambarkan mendengar suara ledakan keras beberapa saat sebelum pesawat menabrak dinding pembatas bandara, terbelah menjadi dua bagian dan meledak dalam kobaran api. 

    Rekaman yang disiarkan oleh MBC menunjukkan kemungkinan tabrakan dengan burung saat pesawat turun. Pihak berwenang terus menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut.

    Penjabat presiden Korea Selatan, Choi Sang-mok, menyatakan Muan sebagai zona bencana yang ditetapkan, mengaktifkan respons tingkat tertinggi pemerintah dalam apa yang telah terjadi sebagai krisis penerbangan terburuk di negara itu. 

    Kepala Penerbangan AS: Boeing perlu membuat ‘perubahan signifikan’

    Administrator Administrasi Penerbangan Federal AS Michael Whitaker sebelumnya menyuarakan keprihatinan atas catatan keselamatan Boeing, dengan mengatakan maskapai itu harus membuat reformasi substansial dan mengubah budayanya untuk meningkatkan keselamatan dan kualitas produksi.

    “Sebagai akibat dari masalah kualitas produksi sistemik, Boeing harus membuat perubahan signifikan untuk mengubah sistem kualitasnya dan memastikan lapisan keselamatan yang tepat sudah tersedia,” kata Whitaker. 

    “Harus ada perubahan dalam budaya keselamatan perusahaan untuk mengatasi masalah jaminan kualitas dan produksi sistemiknya secara holistik.”

    Selama sesi tersebut, para anggota parlemen menyuarakan kekhawatiran tentang catatan keselamatan Boeing yang buruk. 

    Menurut Ketua Komite Transportasi dan Infrastruktur DPR Sam Graves, penerbangan AS telah lama dianggap sebagai standar emas, tetapi kecelakaan baru-baru ini “telah mempertanyakan hal itu.”

    Boeing telah menghadapi beberapa pelanggaran keselamatan dan tuntutan pidana dalam beberapa tahun terakhir.

    Pada bulan Juli, Boeing dan pemerintah AS menyelesaikan kesepakatan pembelaan yang melibatkan pembuat pesawat yang mengakui konspirasi untuk menipu Amerika Serikat.

    Sebagai bagian dari kesepakatan pembelaan, Boeing akan membayar denda antara $243,6 dan $487 juta dan akan diawasi oleh pemantau independen selama tiga tahun. 

    SUMBER: AL MAYADEEN

  • Pekan Penuh Turbulensi: 6 Insiden Kecelakaan Pesawat Menandai Berakhirnya Tahun 2024 – Halaman all

    Pekan Penuh Turbulensi: 6 Insiden Kecelakaan Pesawat Menandai Berakhirnya Tahun 2024 – Halaman all

    Pekan Penuh Turbulensi: 6 Insiden Kecelakaan Pesawat Menandai Berakhirnya Tahun 2024

    TRIBUNNEWS.COM – Pada hari-hari terakhir bulan Desember 2024, industri penerbangan internasional mengalami enam insiden yang mengkhawatirkan di berbagai negara.

    Insiden kecelakaan pesawat terbang ini terjadi antara lain di Kazakhstan, Korea Selatan , Kanada , Norwegia , dan Uni Emirat Arab.

    Dari kecelakaan kecil hingga kecelakaan tragis, lansiran Anadolu menelusuri keadaan dan potensi penyebab di balik peristiwa tren kecelakaan yang meresahkan ini di pengujung tahun.

    25 DESEMBER: PENERBANGAN AZERBAIJAN AIRLINES 8243 JATUH DI KAZAKHSTAN

    Sebuah Pesawat Embraer 190 milik Azerbaijan Airlines yang sedang dalam perjalanan dari Baku ke Grozny, ibu kota Chechnya, jatuh di dekat Aktau di Kazakhstan, menewaskan 38 dari 67 penumpang dan awak pesawat.

    Laporan awal menunjukkan adanya serangan burung, tetapi lubang besar di ekor pesawat menimbulkan kecurigaan adanya serangan.

    Spesialis darurat bekerja di lokasi jatuhnya jet penumpang Azerbaijan Airlines dekat kota Aktau di Kazakh barat pada 25 Desember 2024. (Photo by Issa Tazhenbayev / AFP) (AFP/ISSA TAZHENBAYEV)

    Pejabat Azerbaijan kemudian mengklaim pesawat itu terkena rudal darat-ke-udara Rusia, sementara Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev menyatakan pesawat itu rusak akibat tembakan dari darat dan peperangan elektronik di wilayah Rusia.

    Sang presiden menuntut permintaan maaf dari Moskow dan kompensasi bagi para korban.

    Rusia menyampaikan belasungkawa tetapi membantah adanya niat yang disengaja, dengan menyatakan adanya ledakan di dalam pesawat—sebuah teori yang ditolak Aliyev sebagai upaya menutup-nutupi. Investigasi masih berlangsung, dengan kotak hitam sedang diperiksa.

    Operasi penyelamatan petugas terhadap pesawat Jeju Air jenis Boeing 737 800 yang keluar dari landasan pacu dan jatuh di Bandara Internasional Muan, Minggu, 29 Desember 2024. Kecelakaan ini menyebabkan 179 orang tewas. (Yonhap) (Newsis/Korea Herald/Yonhap)

    29 DESEMEBER: PENERBANGAN JEJU AIR 2216 CRASH LANDING DI KOREA SELATAN

    Sebuah Boeing 737-800 Jeju Air jatuh di Bandara Internasional Muan setelah roda pendaratan depannya gagal berfungsi, menewaskan 179 dari 181 penumpang dan awak pesawat dalam bencana penerbangan paling mematikan di Korea Selatan sejak 1997.
     
    Para penyelidik berfokus pada kemungkinan serangan burung di dekat bandara, yang terletak di habitat burung migran, sebagai faktor penyebabnya.

    Masa berkabung nasional selama tujuh hari telah ditetapkan, dan acara-acara Tahun Baru dibatalkan.

    Tim Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat (AS) dan pejabat Boeing membantu penyelidikan, yang mungkin memerlukan pengiriman perekam data penerbangan yang rusak ke AS untuk dianalisis.

    Peringatan sebelumnya tentang risiko tabrakan burung di bandara telah menyerukan tindakan pencegahan, yang kini tengah diawasi ulang.

    Maskapai Air Canada (Anews/*)

    29 DESEMBER: PENERBANGAN AIR CANADA EXPRESS 2259 TERGELINCIR DENGAN KOBARAN API DI LANDASAN PACU DI KANADA

    Pada hari yang sama, penerbangan Air Canada Express 2259, De Havilland Dash 8-400, melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Halifax Stanfield setelah terjadi kegagalan fungsi roda pendaratan.

    Pesawat itu meluncur di landasan pacu dengan api dan percikan terlihat dari salah satu sayapnya.

    Hebatnya, seluruh 77 penumpang dan awak pesawat selamat tanpa cedera.

    Laporan penumpang menggambarkan pesawat miring dan tergelincir saat mendarat. Petugas tanggap darurat segera merespons, dan penerbangan di bandara sempat ditangguhkan.

    Penyelidikan masih berlangsung untuk menentukan penyebab kegagalan mekanis.

    Pesawat Maskapai KLM 1204, Boeing 737-800 tujuan Amsterdam dari Oslo. (Anews/*)

    29 DESEMBER: PENERBANGAN KLM 1204 MENDARAT DARURAT DI NORWEGIA

    Penerbangan KLM 1204, sebuah Boeing 737-800 dalam perjalanan dari Oslo ke Amsterdam, mengalami kegagalan sistem hidrolik tak lama setelah lepas landas.

    Pilot mengalihkan pesawat ke Bandara Sandefjord Torp di Norwegia, tempat pesawat tergelincir dari landasan pacu ke area berumput saat pendaratan darurat.

    Seluruh 176 penumpang dan enam awak pesawat tidak terluka.

    Investigasi difokuskan pada kegagalan hidrolik yang dilaporkan sebagai penyebab insiden tersebut.

    29 DESEMBER: PESAWAT UEA JATUH DI PANTAI RAS AL-KHAIMAH

    Sebuah pesawat ringan jatuh di lepas pantai Ras al-Khaimah di UEA, menewaskan pilot dan kopilot.

    Otoritas Penerbangan Sipil Umum telah memulai penyelidikan atas penyebab kecelakaan tersebut.

    Keesokan harinya, penerbangan Emirates yang menuju Incheon, Korea Selatan, dialihkan karena badai salju bersejarah yang mengganggu lalu lintas udara regional, dan mendarat dengan selamat di bandara alternatif.

    30 DESEMBER: JEJU AIR LAGI, PENERBANGAN 7C101 MENDARAT DARURAT

    Jeju Air Penerbangan 7C101, Boeing 737-800 yang membawa 161 penumpang, mengalami masalah roda pendaratan tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Gimpo di Seoul.

    Pilot memutuskan untuk kembali ke Gimpo, tempat pesawat mendarat dengan selamat. Tidak ada cedera yang dilaporkan, dan semua 161 penumpang tidak terluka.

    Penyebab masalah roda pendaratan dalam penerbangan 7C101 saat ini sedang diselidiki.

    Insiden ini telah mendorong otoritas penerbangan global untuk memulai penyelidikan komprehensif untuk mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya, apakah kegagalan mekanis, kesalahan manusia, atau faktor eksternal seperti cuaca dan ketegangan geopolitik.

    Temuan ini diharapkan dapat mengarah pada peningkatan langkah-langkah keselamatan yang bertujuan untuk mencegah kejadian di masa mendatang.

     

    (oln/anadolu/anews/*)

  • Soal Penolakan Kasasi Kepailitan Sritex, Kemenperin Masih Cari Salinan Putusan MA dan Tunggu Kurator – Halaman all

    Soal Penolakan Kasasi Kepailitan Sritex, Kemenperin Masih Cari Salinan Putusan MA dan Tunggu Kurator – Halaman all

    Kementerian Perindustrian tengah mencari salinan putusan Mahkamah Agung (MA) mengenali penolakan kasasi kepailitan PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex).

    Tayang: Senin, 30 Desember 2024 21:28 WIB

    Lita

    Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif 

     Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Perindustrian tengah mencari salinan putusan Mahkamah Agung (MA) mengenali penolakan kasasi kepailitan PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex).

    Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif, menyampaikan dengan melihat langsung salinan putusan, pemerintah dapat menentukan langkah tepat untuk Sritex.

    “Kami sampaikan bahwa kami berusaha mencari salinan keputusan itu. Terutama kami ingin lihat soal going concern. Going concern itu apakah kuratornya akan memperhatikan soal pengoperasian kembali industri-nya atau tidak,” ungkap Febri di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (30/12/2024).

    Lebih lanjut Febri menyebut, Kementerian Perindustrian akan memanggil kurator dalam waktu dekat untuk menentukan langkah ke depan mengenai Sritex.

    “Kami masih mencari (salinan putusan) dan kemudian akan memanggil kuratornya. Kami bertanya soal apa yang tidak lanjut yang akan diambil oleh kuratornya,” ucapnya.

    Setidaknya Kemenperin akan mengambil waktu selama satu minggu ke depan untuk memanggil kurator. Namun kemungkinannya karena bertepatan dengan libur akhir tahun waktunya akan sedikit sulit.

    “Mungkin pekan depan, kita panggil kurator. Karena kurator adalah representasi dari krediturnya dan mewakili kepentingan krediturnya,” kata Febri.

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Tingkatkan Daya Saing, KEK Sanur Genjot Pengembangan UMKM – Halaman all

    Tingkatkan Daya Saing, KEK Sanur Genjot Pengembangan UMKM – Halaman all

    Sentra UMKM ini dirancang sebagai wadah yang mendukung UMKM dan memberikan peluang bagi para pengusaha lokal untuk meningkatkan daya saing UMKM Sanur

    Tayang: Senin, 30 Desember 2024 21:26 WIB

    ist

    Sentra UMKM Sanur dibangun di area seluas 973 meter persegi untuk 49 kios UMKM dan 1 balai nelayan yang dilengkapi fasilitas basement dan panoramic deck dengan sentuhan kearifan lokal Bali. 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur menggenjot pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya saing.

    Direktur SDM dan Digital InJourney, Herdy Harman menyampaikan, InJourney Group memiliki komitmen besar dalam memajukan dan mengembangkan UMKM sebagai bagian dari potensi lokal.

    Menurutnya, adanya Sentra UMKM Sanur dengan nama Natah Antakara menjadi bukti nyata komitmen InJourney Group sebagai motor penggerak ekonomi melalui pengembangan UMKM dan pariwisata Indonesia di pasar global secara berkelanjutan.

    “UMKM sebagai bagian dari potensi lokal memiliki peluang besar untuk berkembang seiring dengan sektor pariwisata yang semakin tumbuh. Sentra UMKM Sanur diharapkan dapat menjadi wadah bagi para UMKM lokal dan kedepannya dapat memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian, menciptakan lapangan kerja, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui diversifikasi ekonomi berbasis potensi daerah yang ada” tutur Herdy.

    Sentra UMKM ini dirancang sebagai wadah yang mendukung UMKM dan memberikan peluang bagi para pengusaha lokal untuk meningkatkan daya saing UMKM Sanur dan membantu menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif dengan baik dan berkelanjutan, sekaligus memperkuat identitas budaya Indonesia di mata dunia.

    “Sentra UMKM ini dapat membantu menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif dengan baik dan berkelanjutan” papar Herdy.

    Adapun pengembangan Sentra UMKM Sanur dilakukan di area seluas 973 meter persegi untuk 49 kios UMKM dan 1 balai nelayan yang dilengkapi fasilitas basement dan panoramic deck dengan sentuhan kearifan lokal Bali.

    InJourney Hospitality berkolaborasi bersama Pemerintah Kota Denpasar melalui Perbekel Desa Sanur Kaja untuk mengelola Sentra UMKM ini.

    Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

    A member of

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’9′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Data Jutaan HP Android Diam-diam Dipakai Buat Ini

    Data Jutaan HP Android Diam-diam Dipakai Buat Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemetaan ionosfer sangat penting untuk meningkatkan akurasi sistem navigasi. Namun, metode yang ada saat ini memiliki keterbatasan.

    Meskipun stasiun GNSS berbasis darat menyediakan peta terperinci tentang kandungan elektron total ionosfer (TEC), tetapi cakupannya tidak merata. Hal ini menyebabkan kesenjangan yang besar di wilayah yang kurang terlayani.

    Terbaru, para peneliti dari Google Research, di California, Amerika Serikat, telah mendemonstrasikan solusi inovatif yang memanfaatkan jutaan smartphone Android sebagai jaringan sensor terdistribusi dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Nature.

    Meskipun masih kurang akurat dibandingkan instrumen tradisional, perangkat ini secara efektif menggandakan cakupan pengukuran, menawarkan data ionosfer yang akurat dan mengatasi kesenjangan infrastruktur yang telah berlangsung lama.

    Pengaruh Ionosfer terhadap navigasi

    Ionosfer, lapisan plasma terionisasi yang membentang dari 50 hingga 1.500 km di atas Bumi, secara signifikan memengaruhi sinyal Sistem Satelit Navigasi Global (GNSS) dengan menimbulkan kesalahan penentuan posisi.

    Namun, stasiun GNSS berbasis darat memiliki cakupan spasial yang terbatas dan membuat wilayah yang kurang terlayani rentan terhadap ketidakakuratan.

    Penelitian dari Google Research memanfaatkan jutaan smartphone yang dilengkapi dengan penerima GNSS frekuensi ganda untuk mengatasi kesenjangan cakupan tersebut.

    Mengutip TechRadar, Senin (30/12/2024), tidak seperti stasiun GNSS konvensional, smartphone bersifat mobile, terdistribusi secara luas, dan mampu menangkap data dalam jumlah besar.

    Dengan menggabungkan rata-rata pengukuran dari jutaan perangkat, para peneliti mencapai akurasi yang sebanding dengan stasiun pemantauan khusus, bahkan menyelesaikan fenomena seperti badai matahari dan struktur kepadatan plasma.

    API GNSS Android memfasilitasi pengumpulan data sinyal satelit, seperti waktu tempuh dan frekuensi, yang kemudian digunakan untuk memperkirakan kandungan elektron total ionosfer (TEC).

    Studi ini menunjukkan bahwa meskipun pengukuran telepon secara individual lebih berisik daripada pengukuran dari stasiun pemantauan, data kolektif mereka memberikan hasil yang kuat dan dapat diandalkan.

    Perbandingan menunjukkan bahwa model TEC berbasis ponsel mengungguli metode yang sudah ada seperti model Klobuchar, yang banyak digunakan pada ponsel.

    Dengan menggunakan data dari ponsel Android, para peneliti menggandakan cakupan pengukuran ionosfer dibandingkan dengan metode tradisional. Peneliti kemudian memetakan gelembung plasma di atas India dan Amerika Selatan serta kepadatan yang ditingkatkan badai di atas Amerika Utara selama badai geomagnetik pada Mei 2024.

    Mereka juga mengamati palung lintang tengah di atas Eropa dan anomali ekuator, fenomena yang sebelumnya tidak dapat diakses karena cakupan stasiun yang jarang.

    Khususnya, wilayah seperti India, Amerika Selatan, dan Afrika, yang sering kali tidak terlayani oleh jaringan pemantauan tradisional, mendapat manfaat yang signifikan dari pendekatan ini, yang menghasilkan peta TEC beresolusi tinggi secara real-time.

    (fab/fab)

  • Ratusan ribu orang manfaatkan KA melalui Solo selama akhir tahun

    Ratusan ribu orang manfaatkan KA melalui Solo selama akhir tahun

    Beberapa KA yang melakukan keberangkatan awal dari Daop 6 yang berangkat dari Stasiun Solobalapan masih cukup tersedia tiketnya pada masa Angkutan Nataru 2024/2025 hingga 5 Januari

    Solo (ANTARA) – Ratusan ribu orang memanfaatkan kereta api (KA) melalui tiga stasiun di Solo, Jawa Tengah selama momentum akhir tahun.

    Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro di Solo, Jawa Tengah, Senin, mengatakan, tiga stasiun tersebut yakni Stasiun Solobalapan, Stasiun Solo Jebres, dan Purwosari.

    Pihaknya mencatat dari awal masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2024/2025 tanggal 19-29 Desember 2024 ada sebanyak 82.041 penumpang KA jarak jauh yang berangkat dari tiga stasiun tersebut.

    Ia mengatakan dari total tersebut, Stasiun Solobalapan mencatatkan jumlah keberangkatan penumpang paling tinggi, yakni 60.196 orang.

    “Sedangkan Stasiun Purwosari sebanyak 14.755 penumpang dan Solo Jebres ada 7.090 penumpang,” katanya.

    Sementara itu, untuk kedatangan penumpang yang datang melalui tiga stasiun tersebut sebanyak 87.648 orang, yang terdiri dari Solobalapan sebanyak 65.533 penumpang, Purwosari sebanyak 13.786 penumpang, dan Solo Jebres ada 8.329 penumpang.

    Secara keseluruhan, dikatakannya, untuk okupansi penumpang KA jarak jauh keberangkatan awal Daop 6 Yogyakarta hingga saat ini sudah mencapai 97 persen atau terjual 321.043 tiket.

    Pewarta: Aris Wasita
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2024

  • KAI Jember layani 269.119 penumpang selama libur akhir tahun

    KAI Jember layani 269.119 penumpang selama libur akhir tahun

    Dari jumlah tersebut, tercatat sebanyak 133.469 penumpang naik dan sebanyak 135.649 penumpang tiba di sejumlah stasiun di wilayah Daop 9 sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi

    Jember, Jawa Timur (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember telah melayani sebanyak 269.118 penumpang yang menggunakan kereta api selama 12 hari masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) periode 19 Desember- 30 Desember 2024.

    “Dari jumlah tersebut, tercatat sebanyak 133.469 penumpang naik dan sebanyak 135.649 penumpang tiba di sejumlah stasiun di wilayah Daop 9 sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi,” kata Manajer Hukum dan Humasda KAI Daop 9 Cahyo Widiantoro di Jember, Senin.

    Selama 12 hari masa Angkutan Nataru, lanjut dia, jumlah penumpang yang tiba di wilayah Daop 9 Jember lebih tinggi dari jumlah penumpang yang naik.

    “Hal itu menunjukkan bahwa banyak masyarakat menghabiskan libur akhir tahun dengan mengunjungi wisata-wisata yang ada di Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember hingga Banyuwangi,” tuturnya.

    Mengakomodasi tingginya animo masyarakat untuk menggunakan kereta api selama libur Natal 2024 dan tahun baru 2025, KAI Daop 9 Jember menjalankan 24 perjalanan KA setiap hari dari sebelumnya 22 perjalanan.

    “Bertambahnya perjalanan tersebut dengan dijalankan nya KA Mutiara Timur pagi dari Stasiun Ketapang tujuan Stasiun Gubeng PP dari tanggal 24 Desember 2024 – 5 Januari 2025,” katanya.

    Masa Angkutan Nataru 2024/2025 menyisakan sepekan lagi hingga 5 Januari 2025 dan masih ada sebanyak 10.431 tempat duduk untuk berbagai kereta api keberangkatan Daop 9 Jember menuju beberapa kota tujuan.

    “Sisa tempat duduk paling banyak terdapat pada hari Jumat, 3 Januari 2025, di tanggal tersebut masih tersedia 2.740 tempat duduk,” katanya.

    Cahyo menjelaskan KAI Daop 9 Jember berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik selama masa angkutan Natal dan tahun baru dengan mengupayakan kelancaran perjalanan bagi seluruh penumpang.

    Pewarta: Zumrotun Solichah
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2024

  • Hotel di Kawasan Wisata Bangkok Kebakaran, 3 Turis Tewas dan 7 Terluka

    Hotel di Kawasan Wisata Bangkok Kebakaran, 3 Turis Tewas dan 7 Terluka

    Bangkok

    Sebuah hotel di kawasan wisata ibu kota Thailand kebakaran. Akibat kebakaran itu menewaskan tiga orang turis dan tujuh orang lainnya terluka.

    Dilansir AFP, Senin (30/12/2024), ketiga korban itu seorang wanita yang tewas di sebuah kamar hotel dan dua pria tewas di rumah sakit setelah kebakaran pada Minggu malam kemarin di Hotel Ember dekat Jalan Khao San, Bangkok, sebuah kawasan yang populer di kalangan backpacker dan pelancong.

    Selain tiga turis tewas, ada lima warga asing lainnya dan dua warga negara Thailand terluka.

    Gubernur Bangkok Chadchart Sittipunt mengatakan petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi hotel enam lantai itu dalam waktu lima menit setelah disiagakan dan menyelamatkan sekitar 75 orang.

    Hingga saat ini, belum diketahui pasti apa yang menyebabkan kebakaran tersebut. Namun Chadchart memerintahkan penutupan hotel dan penyelidikan terhadap sistem alarmnya.

    Pada Juli lalu, kebakaran terjadi di distrik Chinatown yang sibuk di Jalan Khao San, sehingga pemerintah kota mengerahkan 40 mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

    Sebulan sebelumnya kebakaran melanda toko-toko hewan peliharaan di dekat pasar Chatuchak yang terkenal di Bangkok. Insiden itu menewaskan banyak hewan yang dikurung dan menghancurkan kios-kios.

    (fas/idn)