Organisasi: API

  • Kementerian Keuangan AS Diretas, Hacker China Diduga Terlibat

    Kementerian Keuangan AS Diretas, Hacker China Diduga Terlibat

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Keuangan Amerika Serikat (AS) mengalami peretasan besar oleh kelompok peretas yang diduga disponsori oleh negara China.

    Melansir dari The Verge, Selasa (31/12/2024) serangan ini berhasil menembus perangkat lunak manajemen jarak jauh pihak ketiga yang digunakan oleh Kementerian Keuangan, BeyondTrust.

    Pelaku peretasan tersebut diketahui berhasil memperoleh akses data karyawan serta beberapa dokumen yang tidak dirahasiakan.

    Menurut surat yang diterima oleh anggota parlemen dan dilihat oleh The Verge, Departemen Keuangan mengungkapkan bahwa BeyondTrust memberitahukan mereka tentang pelanggaran ini pada 8 Desember. 

    Dalam insiden ini, peretas berhasil mencuri kunci yang digunakan oleh BeyondTrust untuk mengamankan layanan berbasis cloud yang digunakan untuk memberikan dukungan teknis jarak jauh kepada pengguna di Kantor Departemen Keuangan. 

    Dengan kunci tersebut, peretas dapat mengakses stasiun kerja pengguna dan dokumen yang disimpan secara tidak terenkripsi.

    Kemenkeu AS mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur (CISA) serta FBI untuk menyelidiki insiden yang diduga dilakukan oleh kelompok peretas Advanced Persistent Threat (APT) yang disponsori oleh pemerintah China. 

    Pihak Departemen Keuangan menegaskan bahwa layanan yang disusupi oleh BeyondTrust telah dinonaktifkan dan tidak ada bukti bahwa pelaku ancaman terus mengakses sistem atau informasi mereka.

    Serangan ini sejalan dengan pelanggaran keamanan yang dilaporkan oleh BeyondTrust pada awal bulan ini, terkait dengan penyusupan kunci API untuk perangkat lunak manajemen jarak jauh. 

    Perusahaan tersebut segera mencabut kunci API yang disusupi, memberitahu pelanggan yang terdampak, dan menangguhkan akses pada hari yang sama.

    Juru Bicara Kemenkeu AS, Michael Gwin, menyatakan bahwa mereka sangat serius dalam menanggapi setiap ancaman terhadap sistem dan data mereka. 

    “Selama empat tahun terakhir, Departemen Keuangan telah secara signifikan memperkuat pertahanan sibernya, dan kami akan terus bekerja sama dengan mitra sektor swasta dan publik untuk melindungi sistem keuangan kami dari pelaku ancaman,” ujar Gwin.

  • Prakiraan Cuaca Malam Tahun Baru Selasa 31 Desember 2024, BMKG: Waspada Jateng Potensi Hujan Lebat – Halaman all

    Prakiraan Cuaca Malam Tahun Baru Selasa 31 Desember 2024, BMKG: Waspada Jateng Potensi Hujan Lebat – Halaman all

    Berikut ini potensi hujan BMKG malam tahun baru, Selasa 31 Desember 2024, beberapa lokasi di Indonesia berpotensi hujan, termasuk Jawa Tengah.

    Tayang: Selasa, 31 Desember 2024 07:24 WIB

    femaleblooming.com

    Ilustrasi hujan. Berikut ini potensi hujan BMKG malam tahun baru, Selasa 31 Desember 2024, beberapa lokasi di Indonesia berpotensi hujan, termasuk Jawa Tengah. 

    TRIBUNNEWS.COM – Berikut daerah yang berpotensi hujan malam tahun baru, Selasa 31 Desember 2024 menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

    Dikutip dari meteo.bmkg.go.id, berikut daerah-daerah yang perlu mewaspadai potensi cuaca ekstrem.

    Prakiraan Cuaca Selasa, 31 Desember 2024

    Hujan Berintensitas Ringan Berpotensi Terjadi di Wilayah:

    Hujan Berintensitas Sedang Berpotensi Terjadi di Wilayah:

    Sumatera Barat
    Riau
    Jambi
    Kepulauan Riau
    Kepulauan Bangka Belitung
    Banten
    DKI Jakarta
    Jawa Barat
    D.I Yogyakarta
    Bali
    Nusa Tenggara Barat
    Kalimantan Barat
    Kalimantan Tengah
    Kalimantan Selatan
    Kalimantan Timur
    Kalimantan Utara
    Sulawesi Utara
    Gorontalo
    Sulawesi Tengah
    Sulawesi Tenggara
    Maluku Utara
    Maluku
    Papua Barat

    Hujan Berintensitas Lebat Berpotensi Terjadi di Wilayah:

    Aceh
    Sumatera Utara
    Sumatera Selatan
    Lampung
    Jawa Tengah
    Jawa Timur
    Nusa Tenggara Timur
    Sulawesi Barat
    Papua

    Hujan Berintensitas Sangat Lebat Berpotensi Terjadi di Wilayah:

    Bengkulu
    Sulawesi Selatan

    Hujan Berintensitas Ekstrem Berpotensi Terjadi di Wilayah:

    (Tribunnews.com/Garudea Prabawati)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’1′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Terkuak Posisi Duduk 2 Kru Selamat Saat Pesawat Jeju Air Menabrak

    Terkuak Posisi Duduk 2 Kru Selamat Saat Pesawat Jeju Air Menabrak

    Jakarta

    Dua dari 181 orang yang berada di pesawat Jeju Air selamat usai kecelakaan. Di mana posisi duduk dua orang itu saat kecelakaan terjadi?

    Pesawat Jeju Air Boeing 737-800 mengalami kecelakaan di Bandara Internasional Muan, Korsel, Minggu (30/12/2024) pagi kemarin. Pesawat yang terbang dari Bangkok itu diduga mengalami gangguan karena menabrak burung atau bird strike. Diduga pula, tiga roda pendaratan gagal berfungsi.

    Pesawat itu kemudian mendarat dengan perutnya dan menabrak dinding. Meledaklah pesawat itu. Ada 181 orang di dalam pesawat, terdiri dari 175 penumpang dan 6 awak pesawat. Sebanyak 179 orang dari 181 orang di dalam pesawat itu tewas, 2 orang awak pesawat selamat dari maut.

    CNN melaporkan 2 orang yang selamat itu terdiri dari 1 kru pria dan 1 kru wanita. Posisi mereka berdua ada di bagian ekor pesawat.

    Bagian ekor pesawat adalah bagian yang masih terlihat jelas bentuknya, sedangkan bagian lain dari pesawat ini sudah hancur terbakar hebat.

    Salah satu korban selamat itu kini sudah dalam keadaan sadar dan dapat berkomunikasi meskipun menderita patah tulang di sana-sini. Dia adalah pria 33 tahun yang menjadi kru pesawat itu.

    Direktur Rumah Sakit Ewha Seoul tempat pria itu dirawat mengatakan bahwa korban berkata, “Ketika saya bangun, saya sadar sudah diselamatkan.”

    Satu lagi korban yang selamat yakni kru wanita kini dirawat di Rumah Sakit Asan Seoul.

    Tembok Ujung Runway Bandara Dipersoalkan

    Foto: South Korea’s Muan Fire Station via AP

    Rangkaian peristiwa kecelakaan Jeju Air yang menewaskan banyak orang diketahui diawali pendaratan dengan perut pesawat, meluncur di aspal runway, menabrak tembok, dan ledakan mematikan. Kok ada tembok segala di dekat landasan pacu?

    Dilansir AFP, Profesor Ilmu Aeronautika dari Universitas Silla yang juga mantan pilot, Kim Kwang-il, mengatakan cukup jengkel melihat kondisi lokasi kecelakaan itu. Dia mengulas video yang merekam tempat meledaknya pesawat tersebut.

    Awalnya, Silla melihat pendaratan darurat pesawat itu sudah dilakukan dengan cara yang terlatih, namun pada akhirnya malah membentur dinding.

    “Normalnya, di ujung runway, tidak ada rintangan pejal seperti itu-ini melawan standar keselamatan penerbangan internasional,” kata Kim.

    “Bangunan itu menyebabkan pesawat mengalami benturan dan terbakar,” kata Kim.

    “Di luar bandara, biasanya cuma pagar yang lunak dan tidak akan menimbulkan kerusakan berarti. Pesawat bisa menggelincir dan kemudian berhenti secara natural. Bangunan yang tidak penting itu amat sangat disesalkan,” kata Kim.

    Black Box Ditemukan, 1 dalam Kondisi Rusak

    Pung-puing Jeju Air usai kecelakaan (Foto: REUTERS/Kim Soo-hyeon)

    Dua kotak hitam atau black box pesawat Boeing 737-800 Jeju Air yang jatuh di Bandara Muan ditemukan rusak sebagian. Otoritas terkait menyebut kemungkinan hal itu menunda analisis untuk menentukan penyebab kecelakaan.

    Dilansir Yonhap, seorang pejabat Badan Investigasi Kecelakaan Penerbangan dan Kereta Api mengatakan perekam data penerbangan atau Flight Data Recorder (FDR) dari pesawat Boeing 737-800 tersebut rusak pada saat ditemukan.

    Pejabat itu menambahkan bahwa perekam suara kokpit atau CVR pesawat tetap utuh saat ditemukan usai kecelakaan. Pesawat itu mendarat tanpa roda dengan posisi perut menghantam landasan setelah peringatan tabrakan burung dari menara kontrol, lalu pesawat Jeju Air menabrak dinding beton sebelum akhirnya terbakar pada pukul 09.00 pagi hari Minggu kemarin.

    Pejabat tersebut mengatakan investigasi untuk menentukan penyebab pasti kecelakaan besar biasanya memakan waktu berbulan-bulan. Selain itu, kerusakan pada FDR dalam kasus ini dapat menyebabkan penundaan lebih lanjut.

    “Penguraian kode FDR saja bisa memakan waktu sekitar satu bulan,” pejabat tersebut menambahkan.

    Sementara jika kedua perangkat black box ditemukan tanpa kerusakan, penguraian kode bisa memakan waktu paling cepat satu minggu.

    Pejabat lain dari dewan investigasi mengatakan FDR mungkin harus dikirim ke Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) untuk penguraian kode, yang dalam hal ini prosesnya bisa memakan waktu setidaknya enam bulan.

    “Jika kami mengalami kesulitan menguraikan kode di sini, maka kami mungkin harus mengirimkannya ke NTSB,” kata pejabat lainnya.

    “Mereka memiliki kasus dari seluruh dunia untuk dianalisis, jadi itu bisa memakan waktu yang cukup lama,” tambahnya.

    FDR memantau ketinggian, kecepatan udara, dan arah, sementara CVR merekam transmisi radio dan suara di kokpit, seperti suara pilot dan suara mesin.

    Keduanya dibuat untuk menahan benturan 3.400 kali gaya gravitasi bumi dan suhu lebih dari 1.000 C. Keduanya dipasang di bagian ekor untuk meminimalkan kerusakan saat terjadi kecelakaan.

    Halaman 2 dari 3

    (lir/lir)

  • Vila di Kota Batu Jatim Roboh akibat Longsor, Satu Keluarga yang Menyewa Vila Dirawat di RS – Halaman all

    Vila di Kota Batu Jatim Roboh akibat Longsor, Satu Keluarga yang Menyewa Vila Dirawat di RS – Halaman all

    Manzara Villa yang berlokasi di Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur mengalami longsor hingga roboh sekitar pukul 19.15

    Tayang: Selasa, 31 Desember 2024 05:34 WIB

    TribunJatim.com/Dya Ayu

    Manzara Villa berlokasi di RT 2 RW 3, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu mengalami longsor hingga roboh sekitar pukul 19.15 WIB. Sebanyak 6 orang mengalami luka-luka. 

    Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Dya Ayu

    TRIBUNNEWS.COM, BATU – Enam wisatawan yang merupakan satu keluarga asal Bekasi mengalami luka-luka setelah vila yang mereka sewa, roboh, Senin (30/12/2024) malam.

    Manzara Villa yang berlokasi di RT 2 RW 3, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur mengalami longsor hingga roboh sekitar pukul 19.15 WIB.

    Keenam korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Hasta Brata Kota Batu.

    “Keenam korban dalam kondisi selamat dan sudah mendapat perawatan di RS Hasta Brata Kota Batu,” kata Kalaksa BPBD Kota Batu, Agung Sedayu kepada Suryamalang.com, Senin (30/12/2024).

    Agung Sedayu mengatakan vila tersebut roboh karena penggerusan plengsengan lapisan tanah di bawah vila, sehingga mengakibatkan pondasi bangunan tak kuat menahan beban.

    Manzara Villa berlokasi di RT 2 RW 3, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu mengalami longsor hingga roboh sekitar pukul 19.15 WIB. Sebanyak 6 orang mengalami luka-luka. (TribunJatim.com/Dya Ayu)

    “Hujan dengan intensitas tinggi dan debit air yang meningkat serta saluran drainase yang tersumbat menyebabkan air menggerus plengsengan vila dan mengakibatkan bangunan vila roboh serta tiang listrik PLN dan Telkom juga ikut roboh sehingga menutup akses jalan ke vila,” ujarnya.

    Berikut identitas keenam korban:

    Rachel Immanuella Silaban (32)
    Lionel Benjamin Messi Harianja (1,5)
    Clarissa Gloria Harianja (3) 
    Noviasna Silitonga (60)
    Tumbur Harianja (34)
    Raja Romario Silaban (33)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’9′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Meski Dijejali Belasan Ribu Penumpang, KAI Pastikan Kenyamanan Penumpang

    Meski Dijejali Belasan Ribu Penumpang, KAI Pastikan Kenyamanan Penumpang

    Jakarta: PT KAI Indonesia memberangkatkan rata-rata 17 ribu penumpang per hari dari Stasiun Pasar Senen pada periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Meskipun demikian, KAI memastikan kenyamanan perjalanan penumpang saat menggunakan kereta api.
     
    “Kami kemarin (penumpang) tertinggi di 24 Desember, 18.282 penumpang, sampai dengan hari ini sudah mulai ada pelandaian. Rata-rata kurang lebih sekitar 16 ribu sampai 17 ribu per hari,” kata Kepala Stasiun Pasar Senen Hendrik Mulyanto di Jakarta, Senin, 30 Desember 2024.
     
    Hendrik menjelaskan, pihaknya pada periode Natal dan Tahun Baru yang terhitung sejak 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, menyediakan tempat duduk (seat) untuk 463.616 orang dengan total Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang beroperasi sebanyak 684 unit.
     
    Hingga 30 Desember, total tempat duduk yang terjual sebanyak 363.928 seat atau 78,5 persen dari total kapasitas. Adapun per hari ini, Senin (30/12), pihaknya memberangkatkan 18.493 penumpang.
     
    Upgrade fasilitas
     
    Lebih lanjut, Manager Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI DAOP 1 Ixfan Hendriwintoko menyatakan untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan pelanggan pada periode Natal dan Tahun Baru, pihaknya telah melakukan beberapa peningkatan (upgrade) fasilitas di Stasiun Pasar Senen.
     
    Peningkatan tersebut antara lain yakni ruang tunggu yang memiliki penyejuk ruangan (AC), adanya eskalator untuk mempercepat akses menuju peron, serta boarding tiket dengan menggunakan pemindaian wajah.
     
    Ixfan mengatakan, di Stasiun Pasar Senen kini para pelanggan bisa memanfaatkan fitur E-Porter yang terintegrasi dengan aplikasi Access by KAI, sehingga memudahkan pada saat pemindahan barang bawaan ke kereta. Selain itu di Stasiun Pasar Senen juga disediakan fasilitas pengisian air minum secara gratis.
     
    “Penumpang sudah tidak perlu lagi beli minuman dalam kemasan botol atau kaleng. Cukup membawa tumbler yang bisa digunakan kapan dan di manapun, di dalam sudah ada water station,” kata dia.
     

     

    Puas pelayanan
     
    Di sisi lain, penumpang KAJJ keberangkatan Pasar Senen menuju Bandung, Sultan, mengaku puas dengan pelayanan KAI pada periode Natal dan Tahun Baru.
     
    Ia menyatakan dirinya dan keluarga lebih memilih menggunakan moda kereta api untuk perjalanan luar kota karena ketepatan waktu. “Kalau naik kereta biar lebih cepat sampai, daripada naik mobil, macet di jalan. Kalau kereta kan enggak,” katanya.
     
    Hal senada disampaikan Aya, penumpang KAJJ tujuan Yogyakarta yang menyatakan baru pertama kali menggunakan kereta api untuk transportasi pulang ke kampung halaman.
     
    Dia mengatakan pelayanan yang diberikan oleh pihak KAI sudah cukup baik. “Pelayanannya sudah lumayan oke,” katanya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Hingga hari ke-10 periode Nataru, KAI Divre II Sumbar layani 64.194 penumpang

    Hingga hari ke-10 periode Nataru, KAI Divre II Sumbar layani 64.194 penumpang

    Sumber foto: Musthofa/elshinta.com.

    Hingga hari ke-10 periode Nataru, KAI Divre II Sumbar layani 64.194 penumpang
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 30 Desember 2024 – 14:57 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat mencatat hingga hari ke-10 masa Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, tanggal 19 s.d 28 Desember 2024, terdapat 64.194 penumpang. Atau rata-rata 6.419 penumpang per hari, meningkat 29% dibanding rata-rata harian penumpang pada bulan November 2024 sebanyak 4.995 penumpang per hari.

    ”Rincian jumlah penumpang selama 10 hari masa Nataru ini yaitu KA Pariaman Ekspres relasi Pauhlima/Padang – Stasiun Naras pp sebanyak 45.699 penumpang, KA Minangkabau Ekspres relasi Stasiun Bandara Internasional Minangkabau (BIM) – Stasiun Pulau Air pp sebanyak 14.066 penumpang, dan KA Lembah Anai relasi Stasiun BIM/Duku – Stasiun Kayu Tanam pp sebanyak 4.429 penumpang,” kata Kahumas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, M. As’ad Habibuddin Minggu (29/12). 

    Stasiun Padang masih menjadi favorit untuk stasiun keberangkatan ataupun stasiun tujuan dengan jumlah penumpang sebanyak 34.551 penumpang. Disusul oleh Stasiun Pariaman sebanyak 26.778 penumpang, Stasiun Air Tawar sebanyak 10.988 penumpang, Stasiun BIM sebanyak 10.615 penumpang, dan Stasiun Duku sebanyak 8.109 penumpang.

    Dari sisi ketepatan waktu, untuk keberangkatan kereta api penumpang pada periode 19 s.d 28 Desember 2024, mencapai 100%, atau tepat sesuai jadwal yang ditetapkan. Adapun untuk ketepatan waktu kedatangan juga mencapai 100%.

    KAI menetapkan masa libur Nataru tahun ini yaitu selama 18 hari, sejak 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

    Adapun Sabtu (28/12) merupakan puncak arus penumpang pada Nataru ini dengan jumlah sebanyak 7.374 penumpang. KAI Divre II Sumbar memprediksi arus puncak juga akan terjadi pada hari ini, Minggu (29/12).

    ”Masyarakat dapat menikmati libur Nataru menggunakan angkutan kereta api untuk berwisata, urusan bisnis, ataupun keperluan lainnya. KAI berkomitmen untuk mengantarkan pelanggan dengan selamat, aman, nyaman, dan tepat waktu,” kata As’ad seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Musthofa, Senin (30/12). 

    As’ad melanjutkan, pihaknya menyarankan kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanan dan melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI, mengingat tiket yang terbatas. Pembelian tiket melalui aplikasi Access by KAI dapat dilakukan sejak H-7 keberangkatan. 

    ”Sehingga calon pelanggan yang memiliki rencana menggunakan KA dapat jauh-jauh hari membeli tiket tanpa takut kehabisan tiket. KAI juga masih menyediakan loket untuk penjualan tiket yang dibuka 3 jam sebelum keberangkatan KA, selama tiket masih tersedia,” kata As’ad.

    KAI mengimbau kepada pelanggan untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan bersama saat menggunakan transportasi kereta api. Perhatikan juga barang bawaannya, jangan sampai membawa barang-barang yang dilarang dibawa di atas KA seperti barang berbau menyengat atau barang yang berbahaya. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Duka Dunia Penerbangan, 4 Kecelakaan dalam 5 Hari: Pesawat Azerbaijan, Jeju Air, KLM, Air Canada – Halaman all

    Duka Dunia Penerbangan, 4 Kecelakaan dalam 5 Hari: Pesawat Azerbaijan, Jeju Air, KLM, Air Canada – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Desember 2024 menjadi bulan penuh kecelakaan penerbangan.

    Serangkaian insiden penerbangan terjadi pada akhir Desember 2024, mulai dari serangan rudal terhadap penerbangan Azerbaijan Airlines, masalah teknis pada pesawat Air Canada, hingga insiden darurat yang melibatkan KLM Royal Dutch Airlines dan Jeju Air.

    Kejadian-kejadian ini mencerminkan tingginya risiko dalam penerbangan internasional.

    Berbagai faktor, baik serangan eksternal maupun masalah teknis, turut berkontribusi terhadap meningkatnya potensi kecelakaan udara.

    Masing-masing kejadian ini sedang diselidiki oleh otoritas terkait untuk mengungkap penyebab pasti dan meningkatkan keselamatan penerbangan.

    Berikut ini Tribunnews merangkum empat kecelakaan udara yang terjadi dalam lima hari terakhir.

    4 Kecelakaan Udara dalam 5 Hari
    1. Azerbaijan Airlines Penerbangan 8243 (25 Desember 2024)

    Azerbaijan Airlines Penerbangan 8243 adalah penerbangan penumpang internasional yang terjadwal dari Bandara Internasional Heydar Aliyev di Baku, Azerbaijan, ke Bandara Internasional Kadyrov Grozny di dekat Grozny, Rusia.

    Pada Rabu (25/12/2024), penerbangan operasional dengan pesawat Embraer 190AR rusak parah akibat diduga terkena rudal anti-pesawat selama pendekatan pesawat ke Grozny.

    Pesawat berusaha mengalihkan rute, namun akhirnya jatuh di dekat Bandara Internasional Aktau, Kazakhstan, dengan 62 penumpang dan 5 awak di dalamnya.

    Dari total 67 orang, 38 orang meninggal, termasuk kedua pilot dan seorang pramugari, sementara 29 orang selamat meskipun terluka.

    Kantor berita Rusia melaporkan bahwa pesawat itu terbang dari Baku menuju Grozny, tetapi terpaksa dialihkan karena kabut di Grozny.

    Korban selamat melaporkan adanya ledakan dan pecahan peluru yang menghantam pesawat saat pesawat mendekati Grozny.

    Pesawat dilaporkan mengeluarkan sinyal 7700 pada transpondernya, menandakan keadaan darurat saat terbang di atas Laut Kaspia.

    Awalnya, maskapai dan Badan Transportasi Udara Federal Rusia menduga penyebab kecelakaan adalah tabrakan burung, meskipun otoritas Rusia dan Azerbaijan menyatakan bahwa terlalu dini untuk berspekulasi.

    Gambar-gambar dari lokasi kecelakaan menunjukkan beberapa lubang berlubang di bagian ekor pesawat, yang menurut para ahli lebih mirip dengan kerusakan akibat hantaman rudal permukaan-ke-udara daripada tabrakan burung.

    Pada Kamis (26/12/2024), Euronews melaporkan bahwa, menurut sumber pemerintah Azerbaijan, pesawat tersebut terkena rudal darat-ke-udara Rusia selama penerbangan, yang diduga bagian dari upaya Rusia untuk menangkis serangan pesawat nirawak Ukraina di Bandara Grozny.

    Pecahan peluru dari ledakan tersebut melukai beberapa penumpang dan awak kabin.

    Pada Jumat (27/12/2024), The New York Times melaporkan bahwa penyelidik Azerbaijan yakin bahwa sistem pertahanan udara Pantsir-S1 Rusia telah merusak pesawat sebelum akhirnya jatuh.

    Pada Sabtu (28/12/2024), Presiden Rusia Vladimir Putin meminta maaf kepada Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, atas “insiden tragis” yang melibatkan pesawat di wilayah udara Rusia.

    lihat foto
    Spesialis darurat bekerja di lokasi jatuhnya jet penumpang Azerbaijan Airlines dekat kota Aktau di Kazakh barat pada 25 Desember 2024. (Photo by Issa Tazhenbayev / AFP)

    Putin menyatakan bahwa pesawat nirawak Ukraina telah menargetkan Grozny pada saat itu dan bahwa pertahanan udara Rusia telah menangkis serangan tersebut, tetapi ia tidak mengonfirmasi bahwa pesawat itu telah ditembak jatuh atau mengakui tanggung jawab Rusia.

    Pada Minggu (29/12/2024), Presiden Aliyev menyatakan bahwa Rusia secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat itu.

    Ia menuduh Rusia berusaha menutupi dan “mengaburkan” kecelakaan tersebut, serta menuntut pengakuan penuh atas kesalahan, hukuman bagi mereka yang bertanggung jawab, dan kompensasi bagi para korban.

    2. Air Canada Flight 2259 (28 Desember 2024)

    Dikutip dari CNN, pada Sabtu (28/12/2024)malam, penerbangan Air Canada Express AC2259 mengalami masalah pada roda pendaratan setelah tiba di Bandara Internasional Halifax Stanfield, Nova Scotia.

    Air Canada Flight 2259

    Meskipun tidak ada korban luka, pesawat De Havilland DHC-8-402 tersebut tidak dapat mencapai terminal dan penumpang diturunkan menggunakan bus.

    Penumpang melaporkan melihat api dan asap di sisi kiri pesawat saat pesawat meluncur di landasan pacu.

    Insiden ini mirip dengan insiden fatal di Korea Selatan, di mana pesawat Jeju Air mengalami kecelakaan setelah diduga akibat masalah roda pendaratan.

    Bandara Halifax ditutup selama 90 menit, menyebabkan beberapa penerbangan dialihkan dan pembatalan.

    Air Canada mengonfirmasi bahwa insiden ini sedang diselidiki oleh Badan Keselamatan Transportasi Kanada.

    Meskipun penyebab masalah roda pendaratan belum diketahui, maskapai menegaskan bahwa mereka menghormati proses investigasi dan tidak dapat berspekulasi lebih lanjut.

    3. KLM Royal Dutch Airlines Flight KL1204 (29 Desember 2024)

    Dikutip dari Anadolu dan ap7am, KLM Royal Dutch Airlines Flight KL1204 mengalami insiden pada Minggu (29/12/2024)

    Pesawat yang terbang dari Norwegia ke Belanda keluar landasan pacu saat melakukan pendaratan darurat.

    Ini merupakan insiden ketiga dalam 24 jam, setelah insiden di Korea Selatan yang menyebabkan 179 orang tewas.

    Penerbangan KL1204, menggunakan Boeing 737-800, keluar jalur dari sisi kanan landasan pacu 18 setelah mendarat di Bandara Oslo Torp Sandefjord.

    KLM Royal Dutch Airlines Flight KL1204

    Pesawat tersebut dialihkan ke Bandara Torp Sandefjord, yang terletak 110 kilometer dari Oslo, setelah lepas landas dari Bandara Oslo (OSL).

    Pilot memilih untuk mengalihkan pesawat ke Torp Sandefjord untuk pendaratan darurat.

    Meskipun pesawat mendarat dengan selamat, pesawat tergelincir dari landasan pacu tak lama setelahnya dan berhenti di area berumput dekat landasan pacu.

    Penyebab insiden ini diduga karena kegagalan sistem hidrolik.

    Dikatakan bahwa 176 penumpang dan enam awak pesawat tidak terluka.

    Penyelidikan sedang dilakukan terhadap insiden tersebut.

    4. Jeju Air Flight 2216 (29 Desember 2024)

    Penerbangan Jeju Air 2216 lepas landas dari Bangkok dan mengalami kecelakaan saat mendarat sekitar pukul 09.00 pagi waktu setempat.

    Pesawat Boeing 737 tersebut keluar dari landasan pacu dan menabrak dinding setelah mendarat.

    Total penumpang dan awak pesawat berjumlah 175 penumpang dan enam awak pesawat.

    Jeju Air Flight 2216 jatuh saat mendarat di Bandara Internasional Muan, Korea Selatan pada Minggu (29/12/2024) pagi.

    Seluruh 181 penumpang dan awak pesawat diduga tewas, kecuali dua orang yang berhasil diselamatkan dari reruntuhan.

    lihat foto
    Operasi penyelamatan petugas terhadap pesawat Jeju Air jenis Boeing 737 800 yang keluar dari landasan pacu dan jatuh di Bandara Internasional Muan, Minggu, 29 Desember 2024. Kecelakaan ini menyebabkan 179 orang tewas. (Yonhap)

    Kedua korban selamat adalah seorang awak laki-laki yang sedang menerima perawatan untuk luka tidak mengancam jiwa di unit perawatan intensif, dan seorang awak perempuan yang sedang dalam pemulihan.

    Jumlah korban tewas resmi belum pasti pada awalnya, namun terus bertambah beberapa jam setelah kecelakaan.

    Meskipun 141 dari 179 orang telah teridentifikasi melalui identifikasi sidik jari dan pemeriksaan DNA, 38 orang masih belum teridentifikasi, ABC News melaporkan.

    Pihak berwenang tengah mempercepat proses identifikasi korban.

    Pada Senin (30/12/2024) pagi, Pesawat Jeju Air penerbangan 7C 101, yang berangkat dari Bandara Internasional Gimpo dengan 161 penumpang, melaporkan kerusakan roda pendaratan tak lama setelah lepas landas.

    Pesawat Boeing 737-800 tersebut terpaksa kembali ke Bandara Gimpo setelah mengalami masalah teknis pada sistem roda pendaratan.

    Pihak berwenang melaporkan pesawat tersebut berhasil mendarat dengan selamat dan tidak mengalami kerusakan lebih lanjut.

    Penumpang pun dipindahkan ke pesawat lain dan diberangkatkan ke Pulau Jeju pada pukul 08:30 pagi waktu setempat.

    Meskipun tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, kejadian ini menambah daftar panjang krisis yang dihadapi oleh maskapai tersebut.

    (Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

  • KAI Divre II Sumbar hadirkan layanan `lost and found` selama Nataru

    KAI Divre II Sumbar hadirkan layanan `lost and found` selama Nataru

    Sumber foto: Musthofa/elshinta.com.

    KAI Divre II Sumbar hadirkan layanan `lost and found` selama Nataru
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 30 Desember 2024 – 15:05 WIB

    Elshinta.com – Liburan Natal dan Tahun Baru 2025 menjadi momentum untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat. Untuk mendukung kenyamanan perjalanan selama libur Nataru, moda transportasi kereta api dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) menawarkan solusi yang aman dan praktis. Salah satu layanan unggulan KAI adalah Lost and Found, yang memastikan penumpang tidak perlu khawatir jika barang tertinggal di kereta api atau stasiun. 

    PT KAI Divisi Regional (Divre) II Sumatera Barat telah menyediakan layanan Lost and Found sejak tahun 2019. Layanan ini dirancang untuk membantu penumpang yang kehilangan barang selama perjalanan, baik di dalam kereta maupun di area stasiun. 

    ”Khusus selama masa angkutan Nataru, mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, kami mencatat satu kejadian barang berharga tertinggal di kereta. Sebuah HP senilai Rp10 juta ditemukan di KA (B1) Pariaman Ekspres relasi Naras – Pauhlima, tepatnya pada Sabtu (21/12),” ungkap Kahumas KAI Divisi Regional II Sumbar, M. As’ad Habibuddin.

    Lebih lanjut, As’ad menjelaskan kronologi kejadian tersebut. “Ketika KA (B1) Pariaman Ekspres tiba di Stasiun Padang, petugas kami langsung melakukan patroli rutin di dalam rangkaian kereta. Saat itu, ditemukan sebuah HP yang sedang di-charge di dalam kereta. Barang tersebut segera diamankan oleh Polsuska ke Pos Pengamanan Stasiun Padang untuk ditindaklanjuti.”

    Tak berselang lama, pemilik HP tersebut menghubungi petugas untuk melaporkan kehilangan. “Petugas memastikan keabsahan klaim melalui pemeriksaan tiket dan verifikasi detail barang. Setelah semua data sesuai, barang tersebut dikembalikan kepada pemiliknya,” tambah As’ad.

    Layanan Lost and Found ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk memberikan pelayanan terbaik dan memastikan perjalanan penumpang tetap nyaman dan bebas cemas. Dengan sistem yang terorganisir, KAI terus berupaya menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi masyarakat.

    Sementara itu, untuk periode tahun 2024, sejak 1 Januari s.d 29 Desember 2024, KAI Divre II Sumbar telah berhasil mengamankan 13 barang temuan senilai total Rp36.650.000 yang telah dikembalikan ke pemiliknya masing-masing. Adapun item-item barang tersebut meliputi laptop, telepon genggam, dompet, headset, kaca mata, hingga kain songket.

    “KAI Divre II Sumbar berkomitmen untuk memberikan rasa aman, selamat, dan nyaman kepada seluruh pelanggan kereta api. Pelanggan yang merasa barangnya tertinggal, dapat melapor langsung ke kondektur atau petugas lainnya. Selain itu, bisa juga melalui contact center KAI 121 melalui telepon 121, WA di 0811-1211-1121 atau Direct Message di platform X atau Facebook KAI121,” kata As’ad.

    Jika ada laporan dari pelanggan mengenai barang tertinggal di kereta api atau stasiun, petugas KAI akan melakukan koordinasi dan pencarian. Jika dapat ditemukan saat itu juga maka langsung diserahkan kembali kepada pelapor. Jika barang belum bisa ditemukan, akan dilakukan konfirmasi melalui telepon kepada pelapor, terkait perkembangan penanganan barang tertinggal tersebut.

    ”Nantinya jika barang tersebut ditemukan, maka untuk proses penyerahan, pelanggan wajib menunjukkan kartu identitas guna verifikasi kepemilikan barang,” kata As’ad. 

    Dalam hal penemuan barang di dalam kereta api ataupun di stasiun, KAI akan langsung memberikan pengumuman atas penemuan barang tersebut melalui pengeras suara. Jika tidak ada pihak yang mengambil maka barang akan disimpan di Pos Pengamanan stasiun dan akan dimasukan pada pendataan sistem Lost and Found KAI. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam melacak barang hilang sesuai dengan ciri maupun spesifikasi barang yang telah dilaporkan oleh pelanggan.

    “Seluruh barang bawaan merupakan tanggung jawab pelanggan, namun untuk memberikan layanan maksimal, petugas pengamanan akan selalu berupaya membantu mengamankan barang yang masih tertinggal di kereta api atau stasiun,” ucap As’ad.

    Berikut tips saat tertinggal barang di stasiun atau di atas KA: 
    – Tetap tenang dan jangan panik, cobalah untuk mengingat lokasi terakhir kali barangnya terlihat. 
    – Buat laporan pada petugas kondektur, petugas keamanan, atau kunjungi bagian Lost and Found KAI. 
    – Pelanggan juga bisa menghubungi Contact Center 121 melalui telepon 121, WA (0811-1211-1121) atau Direct Message (DM) platform X/Facebook KAI121. 
    – Sampaikan ciri-ciri barang yang hilang dan kode booking tiket. 
    – Hindari memberikan informasi kode booking atau detail barang kepada pihak yang tidak berkepentingan.

    ”Kami mengimbau kepada para pelanggan kereta api untuk selalu menjaga dan memperhatikan barang bawaan ketika melakukan perjalanan, baik di stasiun maupun selama dalam perjalanan kereta api,” tutup As’ad seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Musthofa, Senin (30/12). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Antisipasi Kemacetan Tahun Baru, PT KAI Rekayasa Operasional Kereta Api Jarak Jauh

    Antisipasi Kemacetan Tahun Baru, PT KAI Rekayasa Operasional Kereta Api Jarak Jauh

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bakal melakukan rekayasa operasional kereta api jarak jauh (KAJJ) yang berangkat dari Stasiun Gambir pada Selasa (31/12/2024), untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas pada malam tahun baru.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan pengaturan rekayasa operasional tersebut dengan memberhentikan 18 KA Jarak Jauh keberangkatan Stasiun Gambir di Stasiun Jatinegara, di mana dalam kondisi normal KA-KA tersebut tidak berhenti.

    “Pengaturan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan dan kepadatan lalu lintas di beberapa titik akses menuju dan dari Stasiun Gambir saat malam pergantian tahun 2024/2025,” kata Ixfan dikutip dari Antara, Senin (30/12/2024).

    Langkah tersebut, kata Ixfan merupakan upaya KAI untuk mengantisipasi keterlambatan para pengguna jasa kereta api, sebab terjadi pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan raya menuju area Stasiun Gambir.

    “Adanya pengaturan ini sebagai alternatif keberangkatan. Diharapkan para pelanggan KA tetap dapat berangkat tepat waktu dan dapat menyesuaikan waktu keberangkatannya agar tidak tertinggal oleh KA,” pungkasnya.

    Adapun 18 KA tersebut yaitu:

     1.⁠ ⁠KA 28 Argo Cheribon, berangkat Stasiun Gambir pukul 18.10 WIB;
     2.⁠ ⁠KA 7022B Tambahan, berangkat Stasiun Gambir pukul 18.40 WIB;
     3.⁠ ⁠KA 56 Gajayana, berangkat Stasiun Gambir pukul 18.50 WIB;
     4.⁠ ⁠KA 64 Sembrani, berangkat Stasiun Gambir pukul 19.30 WIB;
     5.⁠ ⁠KA 24 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir pukul 19.55 WIB;
     6.⁠ ⁠KA 78F Pandalungan, berangkat Stasiun Gambir pukul 20.05 WIB;
     7.⁠ ⁠KA 4 Argo Bromo Anggrek, berangkat Stasiun Gambir pukul 20.30 WIB;
     8.⁠ ⁠KA 8 Argo Lawu, berangkat Stasiun Gambir pukul 20.45 WIB;
     9.⁠ ⁠KA 72 Purwojaya, berangkat Stasiun Gambir pukul 21.10 WIB;
    10.⁠ ⁠KA 70 Taksaka, berangkat Stasiun Gambir pukul 21.40 WIB;
    11.⁠ ⁠KA 7046A Argo Parahyangan Tambahan, berangkat Stasiun Gambir pukul 22.15 WIB;
    12.⁠ ⁠KA 16 Argo Muria, berangkat Stasiun Gambir pukul 22.30 WIB;
    13.⁠ ⁠KA 7006B Gajayana Tambahan, berangkat Stasiun Gambir pukul 22.40 WIB;
    14. KA 82F Manahan, berangkat Stasiun Gambir pukul 22.50 WIB;
    15.⁠ ⁠KA 10984 Direct Train, berangkat Stasiun Gambir pukul 23.25 WIB;
    16.⁠ ⁠KA 30F Argo Cheribon, berangkat Stasiun Gambir pukul 23.30 WIB;
    17.⁠ ⁠KA 10966 Direct Train, berangkat Stasiun Gambir pukul 23.55 WIB; dan
    18.⁠ ⁠KA 7010A Sembrani Tambahan, berangkat Stasiun Gambir pukul 00.05 WIB.

    Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal dan perjalanan KA, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

  • PT KAI Divre II Sumbar tambah unit mobil shuttle gratis hubungkan Stasiun – Bandara BIM

    PT KAI Divre II Sumbar tambah unit mobil shuttle gratis hubungkan Stasiun – Bandara BIM

    Sumber foto: Musthofa/elshinta.com.

    PT KAI Divre II Sumbar tambah unit mobil shuttle gratis hubungkan Stasiun – Bandara BIM
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 30 Desember 2024 – 15:11 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan melalui Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Padang dan Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Padang menambah 1 unit mobil shuttle untuk penumpang yang menghubungkan Stasiun KA Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara BIM dan sebaliknya secara gratis. 

    Layanan Shuttle tambahan ini ditujukan untuk memudahkan pelanggan KA Minangkabau Ekspres relasi BIM –Pulau Air PP agar dapat melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi pesawat dengan lebih mudah dan nyaman. Masyarakat dapat menggunakan tambahan unit shuttle ini untuk periode libur Natal dan Tahun Baru 2025 yaitu mulai 25 Desember 2024 s.d 5 Januari 2025.

    Sebelumnya, KAI telah mengoperasikan 1 unit mobil shuttle di Bandara BIM yang juga dapat digunakan oleh penumpang KA Minangkabau Ekspres, namun diprioritaskan untuk pelanggan KA Lembah Anai relasi Kayu Tanam – Duku/BIM PP. Dengan hadirnya layanan tambahan ini, diharapkan masyarakat dapat semakin terbantu dalam mobilitas mereka, khususnya selama masa liburan Nataru.

    Kahumas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, M. As’ad Habibuddin, menyampaikan bahwa layanan shuttle tambahan ini akan dievaluasi lebih lanjut setelah tanggal 5 Januari 2025. KAI akan memberikan informasi terkini mengenai keberlanjutan layanan tersebut.

    ”KAI berharap layanan ini tidak hanya memberikan kenyamanan bagi para pelanggan, tetapi juga mendukung terciptanya ekosistem transportasi yang terintegrasi di Sumatera Barat. Semoga kolaborasi ini dapat terus berkembang untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat,” kata As’ad seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Musthofa, Senin (30/12). 

    Sumber : Radio Elshinta