Organisasi: API

  • Resep Mudah Membuat Es Podeng Khas Madura, Minuman Segar untuk Buka Puasa

    Resep Mudah Membuat Es Podeng Khas Madura, Minuman Segar untuk Buka Puasa

    Liputan6.com, Yogyakarta – Es podeng, salah satu hidangan penutup khas Indonesia, telah lama menjadi favorit banyak orang, terutama saat bulan Ramadan. Es krim tradisional ini terbuat dari santan kelapa, memberikan cita rasa manis dan gurih.

    Berbeda dengan es krim modern yang menggunakan susu, es podeng menggunakan santan sebagai bahan utamanya. Hal ini menjadikannya alternatif bagi mereka yang mencari hidangan segar berbahan dasar non-susu.

    Mengutip dari berbagai sumber, es podeng juga dikenal dengan sebutan es puter, merujuk pada cara pembuatannya yang diputar menggunakan mesin manual. Asal-usul es podeng dapat ditelusuri kembali ke masa kolonial Belanda.

    Pada saat itu, es krim dianggap sebagai hidangan mewah yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan atas. Masyarakat Indonesia, khususnya dari Madura, berinovasi dengan mengganti susu dengan santan kelapa.

    Bahan-bahan utama untuk membuat es podeng cukup sederhana dan mudah ditemukan. Santan kelapa menjadi komponen utama yang memberikan rasa gurih.

    Sementara itu, gula pasir dan susu kental manis memberikan rasa manis pada es podeng. Tepung maizena digunakan sebagai pengental, sedangkan garam berfungsi untuk menyeimbangkan rasa.

    Selain bahan utama, es podeng juga sering disajikan dengan berbagai taburan, seperti ketan hitam, mutiara sagu, roti tawar, avokad, kacang tanah sangrai, cokelat, agar-agar, buah atep, durian, dan nangka. Taburan ini memberikan variasi tekstur dan rasa yang membuat es podeng semakin nikmat.

    Cara pembuatan es podeng terbilang mudah. Langkah pertama adalah mencampurkan susu kental manis, santan, gula pasir, garam, tepung maizena, dan air ke dalam panci.

    Campuran ini kemudian dimasak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih. Setelah mendidih, adonan dituang ke dalam cetakan dan didiamkan hingga dingin.

    Setelah dingin, adonan dimasukkan ke dalam kulkas hingga setengah beku. Setelah setengah beku, es dikeluarkan dan dihaluskan menggunakan mixer hingga mencapai tekstur seperti es salju.

    Proses ini untuk mendapatkan tekstur es podeng yang lembut dan halus. Jika ingin mendapatkan tekstur yang lebih padat, es bisa dimasukkan kembali ke dalam kulkas hingga benar-benar beku.

    Es podeng tidak hanya menjadi hidangan penutup yang menyegarkan, tetapi juga cocok disajikan sebagai takjil untuk berbuka puasa. Rasa manis dan gurihnya yang khas, ditambah dengan taburan yang beragam, membuat es podeng menjadi pilihan yang tepat untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

    Penulis: Ade Yofi Faidzun

  • Pesawat Jatuh dan Terbakar di Parkiran Mobil, Ini Nasib Penumpangnya

    Pesawat Jatuh dan Terbakar di Parkiran Mobil, Ini Nasib Penumpangnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sebuah pesawat bermesin tunggal yang membawa lima orang jatuh dan terbakar di tempat parkir komunitas pensiunan di pinggiran Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) pada Minggu (9/3/2025) sore. Meskipun kecelakaan tersebut tampak mengerikan, semua penumpang di dalam pesawat disebut berhasil selamat.

    Kepala Kepolisian Manheim Township, Duane Fisher, dalam konferensi pers malam hari menyampaikan bahwa kecelakaan terjadi sekitar pukul 15.00 waktu setempat, tepat di sebelah selatan Bandara Lancaster. Semua korban segera dilarikan ke rumah sakit, meskipun kondisi mereka belum diketahui secara pasti. Beruntung, tidak ada korban di darat yang terkena dampaknya.

    Brian Pipkin, seorang saksi mata yang tengah berkendara di dekat lokasi kejadian, melihat pesawat kecil tersebut sedang menanjak sebelum tiba-tiba berbelok tajam ke kiri dan menukik ke bawah.

    “Pesawat itu langsung jatuh dengan hidung terlebih dahulu,” ujar Pipkin kepada The Associated Press. “Saat itu juga, terjadi bola api besar.”

    Pipkin segera menghubungi layanan darurat 911 dan menuju lokasi kejadian. Ia sempat merekam video yang menunjukkan kepulan asap hitam tebal dari puing-puing pesawat yang hangus serta beberapa mobil yang ikut terbakar di tempat parkir Brethren Village. Menurutnya, pesawat itu hampir saja menabrak bangunan tiga lantai di komunitas lansia yang terletak sekitar 120 kilometer sebelah barat Philadelphia.

    “Mobil pemadam kebakaran dari bandara tiba dalam hitungan menit, diikuti oleh petugas darurat lainnya. Tapi api sangat besar dan panas,” jelas Pipkin. “Mereka benar-benar berjuang keras untuk memadamkan kobaran api.”

    Dampak kecelakaan tersebut cukup signifikan, dengan selusin mobil yang rusak akibat kebakaran. Selain itu, penghuni Brethren Village sempat diminta untuk tetap berada di dalam ruangan sebagai tindakan pencegahan.

    “Saya tidak tahu apakah ini bisa disebut sebagai keajaiban, tetapi fakta bahwa semua orang di dalam pesawat selamat dan tidak ada korban jiwa di darat adalah sesuatu yang luar biasa,” kata Kepala Polisi Fisher.

    Dugaan Penyebab Kecelakaan

    Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengonfirmasi bahwa pesawat yang mengalami kecelakaan adalah Beechcraft Bonanza dan membawa lima orang penumpang. Namun, rencana penerbangan dan tujuan pesawat tersebut belum segera dirilis pascakecelakaan.

    Sebuah rekaman komunikasi lalu lintas udara menangkap percakapan pilot yang melaporkan bahwa pintu pesawat dalam keadaan terbuka dan membutuhkan izin untuk kembali ke landasan.

    “Kami memiliki pintu yang terbuka, kami perlu kembali untuk mendarat,” ujar sang pilot dalam rekaman tersebut.

    Seorang pengendali lalu lintas udara terdengar memberikan izin kepada pesawat untuk mendarat, sebelum kemudian berteriak, “Tarik pesawat ke atas!” Sesaat kemudian, suara lain terdengar mengatakan bahwa pesawat “jatuh tepat di belakang terminal di area jalan tempat parkir.”

    FAA menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan ini.

    Gubernur Pennsylvania, Josh Shapiro, mengumumkan bahwa polisi negara bagian telah dikerahkan untuk membantu otoritas setempat dalam menangani insiden ini.

    “Semua sumber daya negara bagian tersedia untuk mendukung respons yang sedang berlangsung, dan informasi lebih lanjut akan disampaikan seiring perkembangan investigasi,” kata Shapiro melalui media sosial.

    Adapun kecelakaan ini terjadi sekitar satu bulan setelah insiden tragis di Philadelphia yang menewaskan tujuh orang ketika pesawat ambulans udara jatuh dan terbakar di jalan raya yang sibuk.

    (luc/luc)

  • Menhub Beberkan Perbedaan Lonjakan Arus Mudik Lebaran Jika Diterapkan WFA

    Menhub Beberkan Perbedaan Lonjakan Arus Mudik Lebaran Jika Diterapkan WFA

    Jakarta

    Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi menyampaikan penerapan kebijakan work from anywhere (WFA) berpotensi mengurai kepadatan pemudik saat musim Lebaran 2025. Hal tersebut berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan.

    Dudy mengatakan survei dilakukan sebanyak dua kali, yakni tanpa memasukkan kemungkinan pemberlakuan WFA dan memasukkan kemungkinan pemberlakuan WFA. Hasilnya, dengan penerapan WFA, lonjakan pemudik yang terjadi tidak sedrastis saat tidak diberlakukan WFA.

    Hal ini dia sampaikan saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran 2025 dengan kementerian, operator/stakeholder BUMN, serta swasta sektor transportasi, di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Minggu (9/3).

    “Survei awal sebelum WFA, kami melihat terjadi lonjakan di H-3. Dengan diberlakukan WFA, maka terjadi persebaran keberangkatan masyarakat. Terjadi lonjakan pada H-3 juga, tapi tidak sedrastis jika tidak WFA. Tanpa WFA, pada H-3 terdapat 16,8 juta orang yang berpergian, sedangkan dengan WFA menjadi 12,1 juta orang,” kata Dudy dalam keterangannya, Senin (10/3/2025).

    Dudy membeberkan potensi moda transportasi utama yang dipilih masyarakat antara lain, seperti mobil pribadi 23% atau 33,69 juta orang, bus 16,9% atau 24,76 juta, kereta api antarkota 16,1% atau 23,58 juta, pesawat 13,5% atau 19,77 juta, serta sepeda motor 8,7% atau 12,74 juta.

    Untuk menjamin kelancaran, keselamatan, peningkatan kualitas pelayanan, layanan yang memadai, serta pengoptimalan distribusi penumpang ke berbagai tujuan, Dudy meminta dilakukan koordinasi dan kerja sama antarstakeholder, peningkatan keselamatan dan keamanan angkutan lebaran, penyediaan informasi mudik dan sosialisasi keselamatan, serta penyediaan data traffic, CCTV, dan mudik gratis.

    “Kemenhub melakukan rangkaian kegiatan koordinasi di tingkat pusat dan daerah, juga dengan stakeholder pelaksana angkutan Lebaran. Angkutan Lebaran 2025 merupakan salah satu kegiatan strategis Kemenhub yang menjadi tolok ukur keberhasilan sektor transportasi. Memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat menjadi prioritas Kemenhub,” imbuh Dudy.

    Melalui pertemuan ini Dudy berharap sinergi serta kerja sama antara regulator dan operator dalam menghadapi dan menjalani angkutan Lebaran 2025 dapat berjalan lancar. Pada kegiatan ini juga masing-masing stakeholder memaparkan rencana operasi angkutan Lebaran 2025 pada instansinya.

    “Kita semua memiliki tanggung jawab yang besar untuk memastikan kelancaran, keamanan, kenyamanan, dan keselamatan. Kita adalah pengelola transportasi sehingga saya menekankan keselamatan menjadi prioritas dalam mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun ini,” tambah Dudy.

    (kil/kil)

  • Link Pendaftaran Mudik Gratis Sucofindo 2025, Dibuka 10-12 Maret 2025 – Halaman all

    Link Pendaftaran Mudik Gratis Sucofindo 2025, Dibuka 10-12 Maret 2025 – Halaman all

    Simak link pendaftaran Mudik Gratis Sucofindo 2025 yang dibuka mulai 10-12 Maret 2025.

    Tayang: Senin, 10 Maret 2025 10:44 WIB

    Instagram @sucofindoofficial

    MUDIK GRATIS 2025 – Grafis Mudik Gratis BUMN Sucofindo 2025 diambil dari Instagram @sucofindoofficial pada Jumat (7/3/2025).Simak link pendaftaran Mudik Gratis Sucofindo 2025 yang dibuka mulai 10-12 Maret 2025. 

    TRIBUNNEWS.COM – Pendaftaran program mudik gratis PT Sucofindo 2025 resmi dibuka mulai hari ini, Senin (10/3/2025) pukul 10.00 WIB. 

    Link pendaftaran mudik gratis Sucofindo 2025 melalui https://bit.ly/MudikBersamaSCI2025

    Sebelum melakukan pendaftaran, calon pemudik perlu menyiapkan foto atau scan Kartu Keluarga (KK) dan kartu identias berupa KTP atau KIA.

    Setelah berhasil registrasi online, calon pemudik perlu melakukan konfirmasi dan daftar ulang pada 13-14 Maret 2025.

    Pendaftaran mudik gratis Sucofindo 2025 dapat ditutup sewaktu-waktu jika kuota telah terpenuhi.

    Sebagai informasi, mudik gratis Sucofindo 2025 akan dilaksanakan menggunakan moda transportasi kereta api dan bus. 

    Nantinya, peserta mudik gratis Sucofindo 2025 akan mendapatkan sejumlah fasilitas berupa uang saku, snack & air mineral, obat-obatan hingga kaos dan topi, seperti dikutip dari unggahan Instagram @sucofindoofficial.

    Simak ketentuan, rute perjalanan, dan jadwal keberangkatan mudik gratis Sucofindo 2025 di bawah ini.

    Diutamakan tenaga pendukung PT Sucofindo (office boy, security, cleaning, petugas taman, dll), masyarakat sekitar, pegawai PTT dan LS PT Sucofindo.
    Bersedia melakukan pendaftaran secara online
    Sehat jasmani dan rohani.
    Jumlah pendaftar dalam 1 KK maksimal 4 orang.
    Satu kali pengisian formulir hanya untuk 1 orang pemudik. Jika ingin mendaftarkan keluarga, wajib mengisi formulir sesuai dengan jumlah anggota keluarga.
    Tidak mendaftar di mudik gratis BUMN lainnya.
    Nomor ponsel yang didaftarkan wajib terhubung dengan WhatsApp.
    Melakukan daftar ulang pada jadwal yang telah ditentukan.
    Jika melakukan pembatalan maka akan di blacklist.
    Pendaftaran akan ditutup saat kuota telah habis.
    Pemudik yang berhasil mendapatkan kuota dan memenuhi kriteria akan dihubungi oleh admin.

    1. Moda Kereta Api

    Surabaya (KA Kertajaya): Stasiun Pasar Senen – Cepu – Bojonegoro – Babat – Lamongan – Surabaya Pasar Turi

    2. Moda Bus

    Pangandaran: Jakarta – Nagrek – Gentong – Ciamis – Tasik – Pangandaran
    Yogyakarta: Jakarta – Bumiayu – Purwokerto – Banyumas – Kebumen – Yogyakarta
    Solo: Jakarta – Cikampek – Tol Cipali – Exit Tol Semarang – Solo
    Malang: Jakarta –  Solo – Madiun – Tulungagung – Malang
    Surabaya: Jakarta – Karanganyar – Sragen – Ngawi – Madiun – Nganjuk – Jombang – Mojokerto – Surabaya
    Palembang: Jakarta – Bandar Lampung – Palembang (Kantor Sucofindo Soekarno Hatta)

    Catatan:

    Pemudik hanya dapat turun di Exit Tol masing-masing daerah sesuai rute pejalanan.
    Pemudik mohon mempersiapkan akomodasi lanjutan masing-masing.

    Moda kereta api: 25 Maret 2025 pukul 14.00 WIB
    Moda bus: 27 Maret 2025 pukul 06.00 WIB

    (Tribunnews.com/Nurkhasanah)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’1′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Awas Kena Macet! Lebih dari 30 Juta Orang Bakal Mudik Naik Mobil Pribadi

    Awas Kena Macet! Lebih dari 30 Juta Orang Bakal Mudik Naik Mobil Pribadi

    Jakarta

    Kementerian Perhubungan memprediksi ada lebih dari 30 juta orang mudik naik mobil pribadi. Roda dua juga masih favorit, diperkirakan akan ada 12 juta orang mudik pakai motor.

    Kendaraan pribadi tampaknya masih akan menjadi pilihan utama masyarakat saat mudik Lebaran 2025. Mobil pribadi masih mendominasi. Ada puluhan juta orang yang diprediksi pulang ke kampung halaman naik mobil pribadi.

    Dalam survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan, 23 persen atau sekitar 33,69 juta orang akan menggunakan mobil pribadi saat mudik. Kemudian 16,9 persen atau 24,76 juta orang naik bus, 16,1 persen atau 23,58 juta orang naik kereta api, 19,77 juta orang naik pesawat, dan 8,7 persen sisanya atau sekitar 12,74 juta orang mudik pakai motor.

    Guna memastikan kelancaran arus mudik maupun arus balik di Lebaran 2025, Kementerian Perhubungan dan sejumlah pemangku kepentingan telah menggelar rapat koordinasi. Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi meminta dilakukan koordinasi dan kerja sama antarstakeholder, peningkatan keselamatan dan keamanan angkutan lebaran, penyediaan informasi mudik dan sosialisasi keselamatan, serta penyediaan data traffic, CCTV, dan mudik gratis.

    ADVERTISEMENT

    `;
    var mgScript = document.createElement(“script”);
    mgScript.innerHTML = `(function(w,q){w[q]=w[q]||[];w[q].push([“_mgc.load”])})(window,”_mgq”);`;
    adSlot.appendChild(mgScript);
    },
    function loadCreativeA() {

    var adSlot = document.getElementById(“ad-slot”);
    if (!adSlot) return;
    adSlot.innerHTML = “;

    if (typeof googletag !== “undefined” && googletag.apiReady) {
    googletag.cmd.push(function () {
    googletag.display(‘div-gpt-ad-1708418916823-0’);
    googletag.pubads().refresh();
    });
    } else {
    var gptScript = document.createElement(“script”);
    gptScript.src = “https://securepubads.g.doubleclick.net/tag/js/gpt.js”;
    gptScript.async = true;
    gptScript.onload = function () {
    window.googletag = window.googletag || { cmd: [] };
    googletag.cmd.push(function () {
    googletag.defineSlot(‘/4905536/detik_desktop/oto/static_detail’, [[400, 250], [1, 1], [300, 250]], ‘div-gpt-ad-1708418916823-0’)
    .addService(googletag.pubads());
    googletag.enableServices();
    googletag.display(‘div-gpt-ad-1708418916823-0’);
    googletag.pubads().refresh();
    });
    };
    document.body.appendChild(gptScript);
    }
    }
    ];

    var currentAdIndex = 0;
    var refreshInterval = null;
    var visibilityStartTime = null;
    var viewTimeThreshold = 30000;

    function refreshAd() {
    var adSlot = document.getElementById(“ad-slot”);
    if (!adSlot) return;
    currentAdIndex = (currentAdIndex + 1) % ads.length;
    adSlot.innerHTML = “”;
    ads[currentAdIndex]();
    }

    var observer = new IntersectionObserver(function (entries) {
    entries.forEach(function (entry) {
    if (entry.intersectionRatio > 0.1) {
    if (!visibilityStartTime) {
    visibilityStartTime = new Date().getTime();
    requestAnimationFrame(checkVisibility);
    }
    } else {
    visibilityStartTime = null;
    if (refreshInterval) {
    clearInterval(refreshInterval);
    refreshInterval = null;
    }
    }
    });
    }, { threshold: 0.1 });

    function checkVisibility() {
    if (visibilityStartTime && (new Date().getTime() – visibilityStartTime >= viewTimeThreshold)) {
    refreshAd();
    if (!refreshInterval) {
    refreshInterval = setInterval(refreshAd, 30000);
    }
    } else {
    requestAnimationFrame(checkVisibility);
    }
    }

    document.addEventListener(“DOMContentLoaded”, function () {
    var adSlot = document.getElementById(“ad-slot”);
    if (!adSlot) {
    console.error(“❌ Elemen #ad-slot tidak ditemukan!”);
    return;
    }
    ads[currentAdIndex]();
    observer.observe(adSlot);
    });

    var mutationObserver = new MutationObserver(function (mutations) {
    mutations.forEach(function (mutation) {
    if (mutation.type === “childList”) {
    visibilityStartTime = new Date().getTime();
    requestAnimationFrame(checkVisibility);
    }
    });
    });

    mutationObserver.observe(document.getElementById(“ad-slot”), { childList: true, subtree: true });

    “Kemenhub melakukan rangkaian kegiatan koordinasi di tingkat pusat dan daerah, juga dengan stakeholder pelaksana angkutan Lebaran. Angkutan Lebaran 2025 merupakan salah satu kegiatan strategis Kemenhub yang menjadi tolok ukur keberhasilan sektor transportasi. Memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat menjadi prioritas Kemenhub,” kata Dudy dilansir laman resmi Kementerian Perhubungan.

    Pada kegiatan ini juga masing-masing stakeholder memaparkan rencana operasi angkutan Lebaran 2025 pada instansinya. Salah satu yang turut dibahas yakni penerapan kebijakan work from anywhere (WFA) yang berpotensi mengurai kepadatan angkutan Lebaran 2025. Hal tersebut berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan.

    Dudy memaparkan, survei dilakukan sebanyak dua kali yaitu tanpa memasukkan kemungkinan pemberlakuan WFA dan dengan memasukkan kemungkinan pemberlakuan WFA. Hasilnya, dengan penerapan WFA, lonjakan pemudik yang terjadi tidak sedrastis saat tidak diberlakukan WFA.

    “Survei awal sebelum WFA, kami melihat terjadi lonjakan di H-3. Dengan diberlakukan WFA, maka terjadi persebaran keberangkatan masyarakat. Terjadi lonjakan pada H-3 juga, tapi tidak sedrastis jika tidak WFA. Tanpa WFA, pada H-3 terdapat 16,8 juta orang yang berpergian, sedangkan dengan WFA menjadi 12,1 juta orang,” urai Dudy.

  • VIDEO: Luapan Sungai Tuntang, Dua KA Perjalanan Wilayah DAOP 8 Terganggu

    VIDEO: Luapan Sungai Tuntang, Dua KA Perjalanan Wilayah DAOP 8 Terganggu

    PT KAI menutup kembali jalur kereta api antara Stasiun Gubug — Stasiun Karangjati yang berada di Kabupaten Grobogan pada Minggu, 9 Maret 2025 mulai pukul 05.27 WIB. Hal itu dilakukan akibat meluapnya kembali Sungai Tuntang yang terjadi sejak Sabtu (8/3) malam dan menggenangi jalur kereta api lintas antara Semarang — Surabaya Pasar Turi tersebut.

    Ringkasan

  • OPINI : Penghiliran AI

    OPINI : Penghiliran AI

    Bisnis.com, JAKARTA – Paris AI Action Summit yang dihelat 6—11 Februari lalu, menghasilkan kesepakatan tak bulat. Lima puluh delapan negara menandatangani komitmen mulia. Bahwa kecerdasan artifisial (AI) harus berprinsip terbuka, inklusif, dan etis. Sayangnya, Amerika Serikat (AS) dan Inggris, tak turut kesepakatan, alasannya berbeda pendekatan.

    Para penandatangan, termasuk Indonesia, China, Prancis, India, dan Uni Eropa menyerukan peningkatan tata kelola AI melalui dialog global. Harapannya, meningkatkan aksesibilitas teknologi, regulasi keselamatan ketat, dan menghindari konsentrasi pasar. Sedangkan AS dan Inggris memilih sebaliknya.

    Mereka berpijak regulasi AI seharusnya fleksibel, alasannya demi akselerasi inovasi dan fokus di pertumbuhan ekonomi. Kebijakan fleksibel dan minim campur tangan pemerintah, diyakini membuat perusahaan teknologinya berkembang cepat. Konon, ini dipilih guna memastikan keduanya kompetitif dan dominan di perlombaan global AI.

    Pilihan AS dan Inggris ini bak menambah minyak ke dalam api atas kompleksitas geopolitik AI. Sebelumnya, pertempuran ramai oleh pengumuman DeepSeek di akhir 2024. Perusahaan rintisan China ini memperkenalkan DeepSeek-R1, yang berperforma luar biasa. Bahkan diklaim lebih efisien juga murah dibanding ChatGPT.

    Padahal, DeepSeek hanya menggunakan GPU H20 dari NVIDIA, produk yang sudah disunat kemampuannya. Karena harus disesuaikan, guna mematuhi aturan embargo. Dalam keterbatasan itu, DeepSeek mampu memompa inovasi, bahkan dikategorikan sebagai penantang pemain utama AI.

    Tapi, kehebohan ini tak berlangsung lama. Presiden Donald Trump mengumumkan peluncuran Project Stargate di 21 Januari 2025. OpenAI, Oracle, dan SoftBank menjadi tulang punggung inisiatif infrastruktur AI senilai US$500 miliar ini. Target utamanya, memperkuat kepemimpinan AS di bidang AI.

    Perlombaan penguasaan teknologi ini terjadi, karena semuanya yakin, AI akan mengulangi kesuksesan listrik dan mesin cetak. Keduanya mengubah ekonomi dunia dan kehidupan. Sejarah mencatat mesin cetak merevolusi literasi, membuka pintu revolusi industri. Sedangkan listrik merevolusi produktivitas, efisiensi, dan melahirkan teknologi baru.

    AI sebuah keniscayaan. Dia akan mengakselerasi produktivitas, inovasi teknologi baru, hingga mengubah cara industri beroperasi. Bahkan, kita akan mengalami peningkatan kualitas hidup melalui solusi AI di bidang kesehatan, pendidikan, pertanian, hingga layanan umum. Imbasnya, pertumbuhan ekonomi pun akan berderak.

    Beberapa riset memprediksi, ekonomi AI di Indonesia berkontribusi 12% atas pertumbuhan PDB, setara US$366 miliar pada 2030. Untuk ekonomi AI di China, nilainya US$15 triliun pada 2030. Sedangkan ekonomi AI di AS, nilainya menembus US$15,7 triliun pada 2030.

    Sebenarnya, semua negara di posisi start yang sama atas pemanfaatan ekonomi AI. Mereka juga berlomba atas pilihan kebijakan yang tepat, agar ada manfaat. Namun, melihat kompleksitas geopolitik AI, Indonesia harus mempertimbangkan spirit penghiliran sebagai tulang punggung kebijakan AI.

    Kita perlu memperkuat kebijakan sovereign AI, agar kita berkendali penuh atas data dan teknologi AI yang digunakan. Semangat sovereign AI berbalut penghiliran AI ini, terlihat hanya meningkatkan keamanan serta kedaulatan data. Sejatinya, kebijakan ini akan memperkokoh daya saing AI dan ekonomi kita. Membuat Indonesia diperhitungkan di percaturan AI secara global, tak hanya sebagai pasar saja.

    Langkah ini bisa dimulai dengan komitmen pengembangan dan pemanfaatan model AI berbahasa Indonesia dan lokal. Karena memahami konteks lokal, dipastikan solusi AI yang dihasilkan akan lebih relevan dan efektif untuk masyarakat. Sehingga, nilai tambah produk dan layanan teknologi ini dapat dimaksimalkan.

    Indosat dengan ekosistemnya, telah bekerja sama dengan NVIDIA memulai inisiatif ini dengan meluncurkan Sahabat-AI. Platform model bahasa besar (LLM) open-source ini dirancang khusus untuk Bahasa Indonesia dan bahasa lokal lainnya. Tujuannya agar masyarakat bisa membangun layanan dan aplikasi berbasis AI yang memahami konteks lokal dan nuansa budaya.

    Jika aplikasi dan model AI lokal yang dikembangkan berhasil, bisa dimanfaatkan untuk industri dalam negeri. Setelah itu, teknologi AI itu bisa diskalakan untuk di ekspor ke pasar internasional. Sehingga terwujud mimpi teknologi sebagai penambah devisa.

    Semua itu akan terwujud bila pemerintah memastikan pengelolaan data strategis dan milik publik di dalam negeri. Walau sudah sejalan dengan PP No.71/2019, yang mengharuskan data publik dan strategis harus disimpan dan diproses lokal, diperlukan komitmen nyata pemerintah. Namun, masih perlu aturan kunci, bahwa infrastruktur AI yang digunakan dalam pemprosesan data juga harus berada di dalam negeri.

    Beragam data adalah raw material yang bermanfaat, tetapi bila dikelola dan diperlakukan tepat, sehingga kekayaan budaya Indonesia terjaga. Di sini lain, Indonesia adalah pemilik ekonomi terbesar di Asean dan negara pertama di ASEAN yang menyelesaikan Metodologi Penilaian Kesiapan AI UNESCO (RAM). Beragam potensi itu ditambah kebijakan sovereign AI, akan membuat Indonesia menarik bagi investasi AI.

    Jadi bagi perusahaan yang ingin berkontribusi di ekonomi AI, mereka harus berinvestasi infrastruktur data center dengan kapabilitas AI di Indonesia. Sederhananya, semangat penghiliran AI ini, mirip dengan penghiliran sumber daya alam kita. Bahwa kita tidak akan mengekspor raw material, tapi memproduksinya di dalam negeri dan mengekspor produk turuannya agar mendapatkan nilai tambah. Pendekatan yang sama, kita lakukan terkait pemanfaatan AI.

    Apakah sudah ada yang menjalankan konsep ini? India sudah memulainya dengan proyek AI for Bharat. Presiden Prabowo Subianto dan Perdana Menteri Narendra Modi pun sudah menyaksikan pertukaran nota Kerjasama antara Komdigi dan Kementerian ICT India pada 25 Januari 20205. Kedua akan berkolaborasi dalam pengembangan sektor digital, AI, dan pengembangan talenta.

    Semoga kolaborasi dua negara ini akan mengantarkan AI sebagaimana marwahnya, mendemokratisasi teknologi untuk kedualatan negara, ekonomi yang inklusif, kebaikan sosial, dan pembangunan berkelanjutan.

  • Kemenhub Sediakan 7.424 Unit Kuota Mudik Motor Gratis, Simak Cara dan Rutenya

    Kemenhub Sediakan 7.424 Unit Kuota Mudik Motor Gratis, Simak Cara dan Rutenya

    JAKARTA – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) kembali menggelar Program Motor Gratis (Motis) Tahun 2025. Motis pada tahun 2025 ini menyediakan kuota sebanyak 7.424 unit motor dan 16.960 penumpang.

    Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal mengatakan program ini merupakan salah satu bagian dari beberapa program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan.

    “Program Motis ini merupakan program yang secara rutin kami selenggarakan sebagai bentuk dukungan dan kehadiran pemerintah untuk masyarakat yang akan melaksanakan mudik pada Hari Raya Idulfitri dengan lebih murah, aman, nyaman dan selamat,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu, 9 Maret.

    Selain memberikan kemudahan mudik secara gratis menggunakan kereta api, sambung Risal, program ini sekaligus juga mendorong masyarakat untuk tidak menggendarai sepeda motor untuk mudik.

    “Karenanya masyarakat yang mengikuti program ini mendapatkan fasilitas untuk mengikutsertakan motor yang dimilikinya untuk diangkut dengan kereta api sesuai tujuan mudik,” ucapnya.

    Cara Daftar Motis dan Rute yang Dilayani

    Risal menjelaskan mekanisme, rute perjalanan serta ketentuan pendaftaran Motis yang tidak banyak mengalami perubahan dengan program di tahun sebelumnya.

    Lebih lanjut, Risal mengatakan pendaftaran Motis dimulai pada tanggal 8 Maret hingga 7 April 2025 yang penyelenggaraannya akan dilaksanakan selama delapan hari.

    “Jadwal pemberangkatan angkutan pada arus mudik dimulai pada 26 hingga 29 Maret 2025 serta pemberangkatan angkutan pada arus balik mulai tanggal 4 hingga 6 April 2025,” tutur Risal.

    Risal mengatakan pendaftaran program Motis dapat dilakukan secara online melalui website nusantara.kemenhub.go.id atau langsung dilakukan di Stasiun Bekasi, Stasiun Depok Baru, Stasiun Tangerang dan Stasiun Cibinong.

    Persyaratan pendaftaran Motis Angkutan Lebaran 2025 masih sama dengan program Motis di tahun sebelumnya, setiap calon pendaftar wajib memiliki KTP, SIM, STNK yang masih berlaku dan motor dengan kapasitas besaran kurang dari 200 cc.

    Sebagai bagian dari layanan ini, sambung Risal, setiap pengiriman satu unit sepeda motor akan mendapatkan fasilitas dua tiket penumpang kereta api serta satu tiket infant bagi anak berusia di bawah tiga tahun.

    “Fasilitas tiket untuk penumpang ini akan diberikan secara gratis, khusus untuk peserta Motis,” tuturnya.

    Risal mengatakan tahun ini DJKA Kemenhub membuka dua rute utama layanan Motor Gratis. Terdiri dari Lintas Utara dan Lintas Tengah.

    “Lintas Utara mencakup rute Jakarta Gudang-Pasarsenen (penumpang)–Bekasi (penumpang)-Cirebon Prujakan-Tegal-Pekalongan-Semarang Tawang. Sementara itu, Lintas Tengah meliputi rute Jakarta Gudang-Pasarsenen (penumpang)-Cirebon Prujakan-Kroya-Gombong-Kebumen-Kutoarjo-Lempuyangan”, ucap Risal.

    Risal juga menjelaskan kuota harian Motis sebanyak 232 unit sepeda motor per hari dan 530 penumpang per hari untuk Lintas Utara, serta 696 unit sepeda motor per hari dan 1.590 penumpang per hari untuk Lintas Tengah.

    Nantinya, sambung Risal, program Motis ini akan menggunakan kereta api kelas ekonomi dengan skema Kewajiban Pelayanan Publik atau Public Service Obligation (PSO) sebagai bentuk dukungan serta kehadiran negara dalam mendukung akses transportasi bagi seluruh lapisan masyarakat.

    “Sehingga dengan adanya subsidi ini dapat mengakomodir kebutuhan mobilitas masyarakat yang dapat diakses dengan mudah, aman, dan nyaman dengan layanan kereta api ekonomi yang dapat dinikmati secara gratis,” jelas Risal.

  • Apple Luncurkan Fitur Baru untuk Keselamatan hingga Sistem Verifikasi Usia Anak – Page 3

    Apple Luncurkan Fitur Baru untuk Keselamatan hingga Sistem Verifikasi Usia Anak – Page 3

    Perubahan terbaru pada App Store melibatkan sistem peringkat usia aplikasi. Sebelumnya, aplikasi dikategorikan dalam empat kelompok usia: 4+, 9+, 12+, dan 17+.

    Kini, Apple memperbarui sistem tersebut dengan menambahkan kategori usia remaja yang lebih rinci, yaitu 13+, 16+, dan 18+, sementara kategori 4+ dan 9+ tetap dipertahankan.

    Kategori usia ini ditentukan berdasarkan jawaban pengembang terhadap pertanyaan Apple mengenai jenis, frekuensi, dan intensitas konten dalam aplikasi. Sistem ini dirancang untuk membantu orang tua dalam memutuskan apakah aplikasi yang diminta anak sesuai dengan usianya.

    Jika pembatasan konten diaktifkan, anak-anak tidak dapat mengunduh atau memperbarui aplikasi yang melebihi batas usia mereka.

    Apple juga memastikan aplikasi yang tidak sesuai usia anak tidak akan ditampilkan di tab Cerita editorial, Hari Ini, Game, dan Aplikasi pada App Store.

    Beberapa fitur pembaruan akun anak sudah tersedia dalam iOS 18.4 versi beta publik. Sementara itu, fitur perubahan usia akun anak, API Rentang Usia yang Dideklarasikan, Peringkat Usia, dan pembaruan App Store lainnya dijadwalkan hadir pada akhir tahun ini.

  • KAI Daop 1 Jakarta tambah kapasitas tempat duduk sebesar dua persen

    KAI Daop 1 Jakarta tambah kapasitas tempat duduk sebesar dua persen

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    KAI Daop 1 Jakarta tambah kapasitas tempat duduk sebesar dua persen
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Minggu, 09 Maret 2025 – 23:47 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1 Jakarta menambah kapasitas tempat duduk sebesar dua persen untuk periode Angkutan Lebaran 2025 pada 21 Maret hingga 11 April 2025.

    “Sebelumnya, kemarin kapasitas tempat duduk (TD) tersedia sebanyak 982.784 tempat duduk (TD) dan saat ini, kapasitas tempat duduk menjadi 999.744 TD, dengan rata-rata per hari 45.443 TD atau meningkat dua persen,” kata Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

    Ixfan menjelaskan hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di tanggal-tanggal favorit pilihan mudik sehingga penambahan dilakukan pada kereta tertentu yang masih dapat dimaksimalkan.

    “Sementara itu total tiket yang terjual sejauh ini sebanyak 506.307, dengan okupansi 51 persen,” ucapnya.

    Ixfan juga membeberkan rincian data penumpang dan keberangkatan kereta api jarak jauh (KAJJ) Daop 1 Jakarta di dua stasiun yaitu Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

    Untuk Stasiun Gambir total ada 900 KA dengan rata-rata per hari 45 KA, sedangkan kapasitas tersedia sebanyak 440.616 TD dengan rata-rata per hari 20.028 TD.

    “Untuk total tiket yang terjual ada 167.483 TD, dengan rata-rata per hari 7.613 TD dan okupansi sebesar 38 persen,” ucapnya.

    Sementara di Stasiun Pasar Senen total ada 836 KA dengan rata-rata per hari 38 KA, sedangkan kapasitasnya 559.128 TD, dengan rata-rata per hari 25.415 TD.

    “Kemudian untuk total tiket terjual sebanyak 330.920 TD dengan rata-rata per hari 15.042 TD dan okupansi sebesar 59 persen,” ucap Ixfan.

    Ixfan menyebutkan sejumlah keberangkatan telah tercatat di stasiun Gambir dan Pasar Senen selama periode 21 Maret – 11 April 2025 dengan okupansi yang mencapai puncaknya pada 29 Maret 2025.

    “Kami juga mengimbau kepada para calon penumpang untuk terus memantau informasi terkini terkait ketersediaan tiket dan jadwal perjalanan KA melalui Aplikasi KAI Access, situs web resmi KAI dan pusat panggilan KAI 121,” katanya.

    Sumber : Antara