Organisasi: API

  • KAI Bandung: Warga buru tiket kereta perjalanan libur Natal-tahun baru

    KAI Bandung: Warga buru tiket kereta perjalanan libur Natal-tahun baru

    Purwakarta (ANTARA) – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung mengungkapkan masyarakat sudah banyak yang memburu tiket perjalanan kereta api keberangkatan dari wilayah Daop 2 Bandung untuk musim liburan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026.

    Manajer Humas KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo, dalam keterangannya di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu menyampaikan minat masyarakat terhadap moda transportasi kereta api cukup tinggi.

    Berdasarkan data hingga 21 November 2025, tercatat 29.852 pelanggan telah memiliki tiket perjalanan menggunakan kereta api yang berangkat dari wilayah Daop 2 Bandung pada masa libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026.

    “Tingginya minat masyarakat ini menandakan kalau moda transportasi kereta api saat ini menjadi pilihan utama perjalanan jarak jauh yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” ujarnya.

    Daop 2 Bandung telah menyiapkan 230.076 tempat duduk untuk periode Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026.

    Total kapasitas 230.076 tempat duduk itu merupakan rata-rata 12.782 kursi per hari, yang akan melayani pelanggan selama 18 hari masa angkutan, terhitung mulai 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026.

    Mengenai kapasitas kursi yang disiapkan, mencakup 24 perjalanan kereta api yang diberangkatkan dari Daop 2 Bandung, meliputi KA komersial dan KA Public Service Obligation (PSO), yang mencakup beragam kelas, mulai dari eksekutif, ekonomi, hingga luxury.

    Beberapa KA reguler yang dipersiapkan untuk melayani lonjakan penumpang periode libur Natal dan tahun baru kali ini, antara lain Turangga, Malabar, Lodaya, Mutiara Selatan, Harina, Pangandaran, dan Argo Wilis.

    Sementara itu, dalam menyambut musim libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan promo menarik berupa potongan harga tiket hingga 30 persen untuk pelanggan kereta api.

    Promo diskon ini berlaku untuk periode keberangkatan 22 Desember 2025 sampai 10 Januari 2026, dan hanya dapat digunakan untuk kereta kelas ekonomi komersial.

    Pewarta: M.Ali Khumaini
    Editor: Zaenal Abidin
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Mendag: RI Tak Boleh Jadi Tempat Pembuangan Pakaian Bekas Impor

    Mendag: RI Tak Boleh Jadi Tempat Pembuangan Pakaian Bekas Impor

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perdagangan (Kemendag) menegaskan Indonesia tidak boleh menjadi tempat pembuangan pakaian bekas impor, menyusul tren thrifting yang banyak memanfaatkan barang-barang impor.

    Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso mengatakan, kekhawatiran pemerintah bukan pada usaha thrifting secara umum, melainkan pada impor pakaian bekas yang bisa merugikan industri dan UMKM lokal.

    Budi menyampaikan, pasar dalam negeri harus diisi oleh produk-produk yang berasal dari industri dalam negeri, termasuk sektor pakaian, agar ekonomi dapat tumbuh dan UMKM tetap memiliki ruang.

    “Kalau yang kami nggak perbolehkan itu kan yang barang-barang impor yang bekas, termasuk pakaian, pakaian impor bekas. Sebenarnya kami concern-nya di impor pakaian bekas, karena yang dijual di situ kan kalau yang bekas kebanyakan pakaian,” kata Budi di Kantor Kemendag, Jakarta, Jumat (21/11/2025).

    Budi menyatakan, larangan impor barang bekas ini juga sejalan dengan Undang-Undang Perdagangan yang melarang masuknya barang bekas, tidak hanya pakaian, tetapi juga barang industri lainnya.

    Di sisi lain, Budi menyatakan di negara-negara maju, membuang pakaian bekas memiliki biaya tinggi.

    “Kami itu tidak ingin [Indonesia] menjadi limbah, tempat pembuangan limbah, sebenarnya. Kalau misalnya di negara-negara maju itu, membuang kaya pakaian bekas, misalnya. Itu kan mahal sekali [biaya pemusnahan]. Masa kita mau jadi tempat pembuangan limbah, salah satunya pakaian,” ujarnya.

    Namun, pemerintah memberikan pengecualian hanya untuk impor barang modal tidak baru (BMTB), seperti mesin-mesin industri, dengan kriteria ketat. Pengecualian ini memungkinkan industri dalam negeri tetap berkembang tanpa harus membeli peralatan baru, sambil menjaga regulasi pasar dan kepentingan UMKM.

    Menurut Budi, pasar dalam negeri yang sehat memberi peluang bagi usaha lokal berkembang, menciptakan lapangan kerja, dan memastikan masyarakat tidak bergantung pada barang impor bekas.

    Dalam catatan Bisnis, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mencatat estimasi konservatif potensi kerugian negara akibat masuknya impor baju bekas ilegal mencapai Rp600 miliar—Rp 1 triliun per tahun. Estimasi ini merupakan industri berbasis metodologi trade-remedy, bukan klaim asumtif.

    Estimasi tersebut mengacu data penindakan Bea Cukai dan simulasi penerimaan fiskal. Perinciannya, data penindakan Bea Cukai menunjukkan sekitar 21.000 bal pakaian bekas ilegal bernilai sekitar Rp120 miliar dalam satu tahun, serta umumnya barang yang tertangkap hanya di kisaran 10–20% dari total arus masuk.

    Sekretaris Jenderal API Andrew Purnama menuturkan peredaran baju bekas ilegal terhadap industri tekstil dan garmen berdampak dari hilir ke hulu, mulai dari garmen lokal yang kehilangan pesanan, pabrik kain menurunkan kapasitas, pemintal dan penenun mengurangi jam kerja, hingga turunnya permintaan industri serat dan benang.

    “Ketika utilitas pabrik turun, yang terdampak bukan hanya pabrik, tetapi pendapatan rumah tangga para pekerja,” ujar Andrew kepada Bisnis, Kamis (30/10/2025).

    API juga menyoroti budaya thrifting di Indonesia yang saat ini bergeser. Dia menuturkan, thrifting di negara lain biasanya berbasis sosial atau charity, tetapi di Indonesia, tren ini justru populer di kalangan konsumen berdaya beli, sehingga produk lokal semakin tersisih.

    “Membeli produk lokal berarti menghidupkan pekerja lokal. Kita bisa membeli ponsel belasan juta, tetapi sering merasa keberatan membeli baju lokal di bawah Rp100.000–200.000, pola pikir ini yang perlu diubah,” tutupnya.

  • Gegara Kompor Ditinggal saat Masak Mi, Rumah di Koja Jakut Ludes Terbakar

    Gegara Kompor Ditinggal saat Masak Mi, Rumah di Koja Jakut Ludes Terbakar

    Liputan6.com, Jakarta – Kebakaran melanda rumah tinggal di Jalan Bendungan Melayu Nomor 11, RT 04/RW 05, Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara (Jakut), Sabtu (22/11/2025). Insiden ini bermula dari aktivitas memasak seorang bocah berusia sembilan tahun yang kemudian ditinggal sehingga memicu api besar di dapur.

    “Dugaan sementara penyebab kebakaran adalah kompor yang ditinggal saat memasak,” kata Gatot dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/11/2025).

    Gatot menyampaikan, bocah tersebut diketahui sedang memasak mi instan tanpa pengawasan orang dewasa. Berdasarkan keterangan petugas di lapangan, anak itu sempat meninggalkan dapur setelah menyalakan kompor.

    Kemudian, saat kembali, ia melihat api muncul dari kamar yang letaknya berdekatan dengan dapur. Panik, ia langsung membangunkan kakaknya namun api sudah membesar dan membakar kamar serta dapur rumah secara bersamaan.

    Melihat kobaran api yang semakin meluas, warga yang tinggal di sekitar lingkungan tersebut segera menghubungi Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara.

    Adapun laporan diterima petugas pada pukul 12.15 WIB dari seorang warga bernama Daeng Syakuur Syakir. Segera, petugas langsung mengirim sebanyak 11 unit mobil pemadam dengan 60 personel langsung dikerahkan.

    “Saat petugas tiba, api sudah membesar, namun bisa segera kami lokalisir untuk mencegah merembet ke bangunan lain,”terang Gatot.

     

  • Daftar Rute Kereta Api Diskon 30% Nataru: Libur ke Bandung Rp87.000, Yogyakarta Rp203.000

    Daftar Rute Kereta Api Diskon 30% Nataru: Libur ke Bandung Rp87.000, Yogyakarta Rp203.000

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI resmi memberikan diskon tiket kereta antar-kota kelas ekonomi sebesar 30% selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026.

    Diskon tiket kereta api (KA) yang mencakup 156 KA reguler dan 26 KA tambahan itu berlaku untuk keberangkatan 22 Desember 2025 hingga 10 Januari 2026. 

    Direktur Utama KAI Bobby Rasyidin menjelaskan program ini harapannya memberi fleksibilitas bagi masyarakat Tanah Air untuk merayakan liburan, wisata, maupun kunjungan keluarga. 

    “Mobilitas yang meningkat akan menggerakkan sektor pariwisata, memperkuat perputaran ekonomi daerah, dan mendukung aktivitas masyarakat di berbagai kota tujuan,” ungkap Bobby dalam keterangannya, dikutip Sabtu (22/11/2025).

    Kuota penumpang yang bisa menikmati diskon tiket mencapai 1.509.080 pelanggan. Tiket pun sudah mulai bisa dipesan melalui Access by KAI. 

    Berdasarkan pantauan Bisnis, tiket KA ke beberapa kota tujuan wisata mulai tampak laris-manis. Mayoritas telah habis di hari-hari jelang liburan, dan kalau masih tersedia di hari kerja pun hanya tersisa sedikit. 

    Misalnya, tujuan Semarang seperti KA Menoreh, tujuan Yogyakarta seperti KA Progo yang tiketnya hanya Rp203.000 dari harga normal Rp350.000, atau KA yang melewati Surakarta seperti KA Bangunkarta dengan harga hanya Rp238.000 dari harga normal Rp400.000.

    Berikut daftar nama KA yang berangkat dari Jakarta menuju kota tujuan wisata untuk berlibur, beserta harga tiket kereta setelah diskon Nataru 2025/2026:

    Tujuan Malang

    – Jayabaya (Pasarsenen—Malang) Rp315.000

    – Majapahit (Pasarsenen—Malang) Rp252.000

    – Matarmaja (Pasarsenen—Malang) Rp252.000

    Tujuan Surabaya

    – Gumarang (Pasarsenen—Surabaya Pasar Turi) Rp343.000

    – Dharmawangsa Ekspres (Pasarsenen—Surabaya Pasar Turi) Rp238.000

    – Kertajaya (Pasarsenen—Surabaya Pasar Turi) Rp224.000

    – Jayakarta (Pasarsenen—Surabaya Gubeng) Rp266.000

    – Gaya Baru Malam Selatan (Pasarsenen—Surabaya Gubeng) Rp301.000

    Melewati Surabaya

    – Blambangan Ekspres (Pasarsenen—Surabaya Gubeng—Ketapang Banyuwangi) Rp294.000

    – Jayabaya (Pasarsenen—Surabaya—Malang) Rp315.000

    Tujuan Semarang

    – Tawang Jaya Premium (Pasarsenen—Semarang Tawang) Rp168.000

    – Gunung Jati (Gambir—Semarang Tawang) Rp168.000

    – Tawang Jaya (Pasarsenen—Semarang Poncol) Rp168.000

    – Menoreh (Pasarsenen—Semarang Tawang) Rp210.000

    Melewati Semarang

    – Dharmawangsa Ekspres (Pasarsenen—Semarang Poncol—Surabaya Pasar Turi) Rp192.000

    – Matarmaja (Pasarsenen—Semarang Poncol—Malang) Rp203.000

    – Brantas (Pasarsenen—Semarang Poncol—Blitar) Rp192.000

    – Kertajaya (Pasarsenen—Semarang Poncol—Surabaya Pasar Turi) Rp182.000

    – Gumarang (Pasarsenen—Semarang Poncol—Surabaya Pasar Turi) Rp259.000

    – Jayabaya (Pasarsenen—Semarang Poncol—Malang) Rp252.000

    – Majapahit (Pasarsenen—Semarang Tawang—Malang) Rp203.000

    – Blambangan Ekspres (Pasarsenen—Semarang Poncol—Ketapang Banyuwangi) Rp220.000

    Tujuan Surakarta

    – Fajar Utama Solo (Pasarsenen—Solo Balapan) Rp266.000

    – Mataram (Pasarsenen—Solo Balapan) Rp266.000

    – Jaka Tingkir (Pasarsenen—Solo Balapan) Rp266.000

    – Batavia (Gambir—Solo Balapan) (Fakultatif)

    Melewati Surakarta

    – Singasari (Pasarsenen—Purwosari—Blitar) Rp252.000

    – Brantas (Pasarsenen—Solojebres—Blitar) Rp238.000

    – Majapahit (Pasarsenen—Solojebres—Malang) Rp252.000

    – Matarmaja (Pasarsenen—Solojebres—Malang) Rp252.000

    – Bangunkarta (Pasarsenen—Solo Balapan—Jombang) Rp238.000

    – Jayakarta (Pasarsenen—Solo Balapan—Surabaya Gubeng) Rp266.000

    – Gaya Baru Malam Selatan (Pasarsenen—Purwosari—Surabaya Gubeng) Rp301.000

    Tujuan Yogyakarta

    – Fajar Utama YK (Pasarsenen—Yogyakarta) Rp231.000

    – Senja Utama YK (Pasarsenen—Yogyakarta) Rp231.000

    – Gajahwong (Pasarsenen—Lempuyangan) Rp217.000

    – Bogowonto (Pasarsenen—Lempuyangan) Rp238.000

    – Progo (Pasarsenen—Lempuyangan) Rp203.000

    Melewati Yogyakarta

    – Fajar Utama Solo (Pasarsenen—Solo Balapan) Rp266.000

    – Gaya Baru Malam Selatan (Pasarsenen—Lempuyangan—Surabaya Gubeng) Rp241.000

    – Jaka Tingkir (Pasarsenen—Lempuyangan—Solo Balapan) Rp266.000

    – Bangunkarta (Pasarsenen—Yogyakarta—Jombang) Rp238.000

    – Jayakarta (Pasarsenen—Lempuyangan—Surabaya Gubeng) Rp213.000

    – Mataram (Pasarsenen—Yogyakarta—Solo Balapan) Rp266.000

    – Singasari (Pasarsenen—Lempuyangan—Blitar) Rp252.000

    Tujuan Bandung atau Melewati Bandung

    – Parahyangan (Gambir—Bandung) Rp87.000

    – Papandayan (Gambir—Bandung—Garut) Rp87.000

    – Pangandaran (Gambir—Bandung—Banjar) Rp87.000

    – Serayu (Pasarsenen—Kiaracondong—Purwokerto) Rp63.000

    – Cikuray (Pasarsenen—Bandung—Garut) Rp45.000

  • Rumah di Koja Jakut Kebakaran gegara Bocah Masak Mi Ditinggal

    Rumah di Koja Jakut Kebakaran gegara Bocah Masak Mi Ditinggal

    Jakarta

    Sebuah rumah tinggal di kawasan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara (Jakut), terbakar siang tadi. Kebakaran terjadi diduga karena kompor ditinggal saat sedang memasak mi instan.

    “Ergen usia 9 tahun masak mie ditinggal dan kembali lagi melihat api dari kamar berdekatan dengan dapur, api besar langsung membangunkan abangnya Agam. Agam melihat api sudah besar, kondisi kamar dan dapur terbakar bersamaan. Kemudian warga sekitar segera menghubungi tim damkar untuk meminta bantuan penanganan,” kata Kasi Ops Sudin Damkar Jakut Gatot Sulaiman dalam keterangannya, Sabtu (22/11/2025).

    Petugas pemadam kebakaran menerima laporan peristiwa tersebut pada pukul 12.15 WIB. Kemudian api berhasil dipadamkan pukul 13.32 WIB.

    “Objek terbakar 1 rumah tinggal,” ujarnya.

    Proses pemadaman kebakaran rumah di Koja, Jakarta Utara Foto: dok. istimewa

    Lebih lanjut, Gatot mengatakan kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran ini ditaksir senilai Rp 404 juta. Dia memastikan tidak ada korban dalam kebakaran tersebut.

    Lihat juga Video Tangis Korban Kebakaran Jatipulo: Gitar Rp 45 Juta Hangus Terbakar

    (mib/fas)

  • Kebakaran Home Industri Sepatu di Mojokerto, Satu Karyawan Terluka

    Kebakaran Home Industri Sepatu di Mojokerto, Satu Karyawan Terluka

    Mojokerto (beritajatim.com) – Kebakaran melanda sebuah rumah yang sekaligus menjadi home industri sepatu di Dusun Karangsari, RT 10 RW 02, Desa Blimbingsari, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Insiden yang terjadi sekitar pukul 08.30 WIB itu menyebabkan satu orang karyawan mengalami luka bakar ringan.

    Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Abdul Khakim menjelaskan bahwa pihaknya menerima laporan dari warga atas nama Khoirul Rozaq yang melihat munculnya kobaran api dari rumah tersebut. Pemilik kemudian meminta bantuan Damkar untuk melakukan pemadaman.

    “Begitu laporan masuk, dua unit pemadam kebakaran BPBD Kabupaten Mojokerto langsung dikerahkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman dan pembasahan,” ungkapnya, Sabtu (22/11/2025).

    Saat kejadian, di lokasi terdapat unsur Polsek, Koramil, relawan, warga sekitar, serta petugas dari PLN yang membantu penanganan. Api membakar bagian bangunan rumah beserta perabot rumah tangga dengan luas area terdampak sekitar 10 meter persegi. Sementara itu, taksiran kerugian material masih dalam proses perhitungan.

    “Korban luka, seorang karyawan bernama Moh Sueb (53). Korban mengalami luka bakar ringan dan telah dilarikan ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.25 WIB. Terkait penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan petugas, termasuk kerugian yang dialami pemilik,” ujarnya. [tin/ian]

  • APBD Terbatas, Dishub Jember Hanya Bisa Biayai Tiga Perlintasan Rel KA

    APBD Terbatas, Dishub Jember Hanya Bisa Biayai Tiga Perlintasan Rel KA

    Jember (beritajatim.com) – Keterbatasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jember, Jawa Timur, Tahun Anggaran 2026 membuat Dinas Perhubungan tidak bisa membiayai operasional petugas palang pintu rel kereta api atau jalur perlintasan langsung.

    Kepala Bidang Keselamatan Dishub Jember Mahmud Rizal mengatakan, hanya mendapat alokasi anggaran Rp 114,950 juta. “Rata-rata anggaran kami ya segitu,” katanya, ditulis Sabtu (22/11/2025).

    Anggaran itu hanya untuk membiayai kegiatan pemeliharaan pos jalur perlintasan langsung (JPL) dan sosialisasi lalu lintas usia dini. “Idealnya gak cukup, Kemarin kami sempat usulkan ke Pak Kepala Dinas, cuma memang belum terakomodasi,” kata Rizal.

    Saat ini ada 99 jalur perlintasan langsung di Kabupaten Jember. Sebanyak tiga perlintasan dijaga petugas dari Dishub Jember, 28 perlintasan dijaga petugas dari PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 9, 14 perlintasan dijaga dengana biaya swadaya masyarakat sekitar, dan 54 perlintasan tidak terjaga.

    “Sementara untuk kegiatan sosialisasi lalu lintas, dilakukan untuk siswa taman kanak-kanak, hampir seminggu dua tiga kali,” kata Rizal.

    Anggota Komisi C DPRD Jember Edi Cahyo Purnomo berharap ada perhatian serius terhadap jalur perlintasan ini. Dia meminta sebagian anggaran penerangan jalan umum yang dialokasikan Rp 42 miliar bisa digeser untuk menambah biaya operasional perlintasan, termasuk untuk membantu swadaya masyarakat.

    Kepala Dishub Jember Gatot Triyono mengatakan, ada bantuan tujuh pintu perlintasan dari Kementerian Perhubungan dan tiga pintu perlintasan dan Pemerintah Provinsi Jatim. “Insya Allah tahun depan kita akan mendapatkan lagi dari Kementerian. Tapi setelah diberi bantuan Kementerian, kami wajib menyediakan petugas jaganya,” katanya.

    Gatot mengakui tanggungan biaya operasional personel cukup berat. “Karena personel ini melekat. Solusi kami adalah menggunakan juru parkir yang diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) paruh waktu. Jadi mereka kamu pekerjakan di pintu perlintasan. Nanti lepas dari itu, mereka bisa bekerja sebagai juru parkir,” katanya.

    Dishub sudah memperoleh pelatihan dan sertitikasi terhadap 15 orang juru parkir. “Kami kemarin juga memberangkatkan 35 orang petugas untuk memperoleh sertifikasi,” kata Gatot. [wir]

  • Gunung Semeru Kembali Semburkan Asap, Kali Ini Setinggi 1.000 Meter

    Gunung Semeru Kembali Semburkan Asap, Kali Ini Setinggi 1.000 Meter

    Bisnis.com, JAKARTA – Gunung Semeru dilaporkan menyemburkan asap setinggi 1.000 meter dari puncak pada Sabtu (22/11/2025) pukul 00.10 WIB.

    Dilansir dari Antara, laporan tersebut sebagaimana hasil pengamatan petugas Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

    Badan Geologi dalam keterangan resminya menyebutkan aktivitas visual menunjukkan gunung api itu tampak jelas hingga sempat tertutup kabut level 0–II, sedangkan asap kawah utama teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tinggi, membumbung sekitar 1.000 meter di atas puncak pada pukul 00.10 WIB.

    Cuaca di sekitar Gunung Semeru tercatat cerah hingga hujan, dengan angin lemah bertiup ke arah tenggara dan selatan, serta suhu udara berkisar 21–24 derajat Celcius. Pada aktivitas kegempaan, terekam 157 kali gempa letusan atau erupsi dengan amplitudo 10–22 mm dan durasi 58–185 detik.

    Selain itu, tercatat 17 kali gempa guguran, 19 kali gempa hembusan, satu gempa vulkanik dalam, enam gempa tektonik jauh, serta satu gempa getaran banjir dengan amplitudo mencapai 43 mm berdurasi 6.499 detik.

    Badan Geologi menegaskan bahwa masyarakat agar tidak melakukan aktivitas apa pun di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan sejauh 20 kilometer dari puncak.

    Di luar jarak tersebut, masyarakat juga diminta menjauhi sempadan sungai minimal 500 meter karena potensi awan panas dan lahar masih dapat terjadi. Masyarakat juga diminta tidak beraktivitas dalam radius delapan kilometer dari kawah Gunung Semeru mengingat potensi bahaya lontaran batu pijar.

    Selain itu, kewaspadaan perlu ditingkatkan terhadap potensi awan panas guguran, aliran lava, dan lahar di sepanjang sungai berhulu puncak Semeru, terutama Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, Besuk Sat, serta sungai-sungai kecil yang menjadi anak alirannya.

    Sebelumnya, Gunung Semeru dilaporkan meletus pada Rabu (19/11) pukul 16.00 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak.

    Dalam letusan itu, Gunung Semeru menyemburkan awan panas yang memiliki jarak luncur mencapai tujuh kilometer dari arah puncak dengan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah utara dan barat laut.

    Badan Geologi menetapkan status Level IV atau Awas untuk mengantisipasi aktivitas lanjutan yang masih berpotensi terjadi. Hal ini sekaligus menjadi dasar ditetapkannya Status Tanggap Darurat Bencana Alam yang berlaku aktif hingga 26 November oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

  • KRL Belum Bisa Operasi 24 Jam, KAI Ungkap Alasannya

    KRL Belum Bisa Operasi 24 Jam, KAI Ungkap Alasannya

    Jakarta

    KRL Commuter Line diminta beroperasi selama 24 jam penuh. Wacana ini muncul untuk merespons banyaknya penumpang yang menginap di stasiun karena ketinggalan layanan KRL Commuter Line terakhir.

    PT KAI menampung usulan tersebut untuk dikaji terlebih dahulu. Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan pihaknya akan mengedepankan pertimbangan keselamatan dan keamanan penumpang untuk pengoperasian kereta api, termasuk KRL Commuter Line yang dikelola anak usahanya PT KAI Commuter (KCI).

    “Setiap masukan ini pasti terus dikaji untuk menjawab kebutuhan termasuk melihat potensi pengembangan dalam maintenance ini. Dalam pengoperasian kereta kita juga pasti melakukan pertimbangan-pertimbangan terutama keselamatan dan keamanan penumpang,” papar Anne kepada detikcom, ditulis Sabtu (22/11/2025).

    Menurutnya selama ini KRL masih butuh waktu perawatan prasarana alias kereta, maka dari itu KRL Commuter Line belum bisa beroperasi selama 24 jam penuh.

    Setiap hari, Anne menjelaskan jadwal terakhir KRL sekitar pukul 23.30 WIB setiap malam, sementara itu pukul 04.00 WIB sudah harus beroperasi kembali. Bila diperhitungkan, cuma sekitar 2 jam saja waktu efektif untuk melakukan perawatan puluhan kereta api setiap hari.

    “Sampai saat ini KRL belum 24 jam karena kami membutuhkan waktu perawatan prasarananya. Melihat dari kereta terakhir KRL sesuai jadwal sampai pukul 23.38 WIB dan beroperasi kembali pukul 04.00 WIB jadi kalau dihitung sampe semua berhenti kami memaksimalkan waktu 2 jam untuk perawatan,” ungkap Anne.

    Di sisi lain, VP Corporate Secretary KCI Karina Amanda mengungkapkan pihaknya sudah memaksimalkan operasional armada yang dimiliki untuk mengangkut lebih banyak penumpang tanpa operasional 24 jam. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan pengoperasian kereta 12 rangkaian dan mengurangi kereta 8 rangkaian.

    “Saat ini KAI Commuter sudah memaksimalkan operasional seluruh armada yang dimiliki, termasuk menjalankan 11 trainset CLI-125 baru dengan Stamformasi (SF) 12, mengurangi SF 8, dan menjaga headway perjalanan di semua lintas,” sebut Karina dalam keterangannya kepada detikcom.

    Pihaknya memahami bahwa moda transportasi Commuter Line saat ini sudah menjadi kebutuhan mobilitas masyarakat dari daerah penyangga. Namun dalam operasional dan layanan Commuter Line, pengelola juga terus berupaya agar layanan perlu terus ditingkatkan.

    “Termasuk fasilitas sarana dan prasarana yang harus dilakukan perawatan secara berkala, untuk memastikan operasional dan layanan berjalan maksimal,” ujar Karina.

    Perjalanan Commuter Line setiap tahun juga terus bertambah seiring dengan pertumbuhan pengguna di angka 1 juta per hari. Hal ini juga harus diiringi dengan perawatan baik di sarana atau fasilitas di stasiun.

    (hal/eds)

  • Banyak Orang Menginap di Stasiun, Muncul Wacana KRL Operasi 24 Jam

    Banyak Orang Menginap di Stasiun, Muncul Wacana KRL Operasi 24 Jam

    Jakarta

    Wacana layanan kereta rel listrik (KRL) perkotaan beroperasi 24 jam muncul di tengah fenomena banyaknya penumpang yang menginap di stasiun. Penumpang menginap di stasiun karena tertinggal perjalanan terakhir KRL, hal ini banyak terjadi di Stasiun Cikarang misalnya.

    Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi menyatakan pihaknya membuka opsi agar operasional KRL bisa dilakukan selama 24 jam. Hal ini mulai dikoordinasikan Dudy ke PT KAI.

    “Nanti saya coba koordinasi dengan Kereta Api ya. Ya, karena kan apakah perlu, tadi seperti yang disampaikan, layanan 24 jam. Mereka perlu pengkajian dan semacamnya harus dilihat juga,” ungkap Dudy kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (18/11/2025) yang lalu.

    Pihaknya tak bisa memutuskan sendiri KRL bisa operasi 24 jam penuh. Sebab, KAI perlu mempertimbangkan biaya operasional perusahaan seandainya layanan stasiun berlaku 24 jam.

    Di sisi lain, Dudy juga membuka ruang apabila KAI memiliki opsi atau rencana lain untuk mengatasi fenomena banyaknya orang menginap di stasiun.

    “Saya mesti tanya sama KAI, cost-nya kan mereka harus hitung juga. Apakah dengan mengaktifkan kereta 24 jam cost-nya seperti apa atau ada solusi lain,” sebut Dudy.

    PT KAI Commuter (KCI) sendiri tidak menyarankan masyarakat menginap di stasiun. VP Corporate Secretary KCI Karina Amanda mengatakan perjalanan Commuter Line setiap tahun terus bertambah seiring dengan pertumbuhan pengguna di angka 1 juta per hari.

    Hal ini juga harus diiringi dengan perawatan baik di sarana atau fasilitas di stasiun. Nah stasiun akan dibuat steril setiap malam untuk keperluan pembersihan dan perawatan fasilitas. Maka dari itu, penumpang tidak disarankan menginap di stasiun.

    “KAI Commuter tidak menyarankan untuk pengguna menginap di stasiun. Pasalnya, setelah pemberangkatan terakhir Commuter Line, di seluruh lokasi stasiun akan kembali steril. Ini dilakukan tak lepas dari keperluan untuk pembersihan dan perawatan fasilitas, sehingga Commuter Line dapat kembali melayani para pengguna esok harinya,” ujar Karina dalam keterangannya.

    Perawatan ini bertujuan agar setiap fasilitas tetap optimal kinerjanya pada jam operasional Commuter Line. Selain itu juga untuk menjaga keamanan dan kenyamanan stasiun dari potensi-potensi yang tidak diinginkan.

    (hal/eds)