Organisasi: API

  • 2023 Keluar Semburan Api 12 Meter Kini Muncul Asap dari Dalam Tanah di Rest Area 86 B Tol Cipali  – Halaman all

    2023 Keluar Semburan Api 12 Meter Kini Muncul Asap dari Dalam Tanah di Rest Area 86 B Tol Cipali  – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, SUBANG – Rest Area 86 B Tol Cipali yang berada di Jalur arah Jakarta ditutup pada Senin, (7/4/2025) pukul 09.50 WIB.

    Astra Tol Cipali menutup Rest Area 86 B dikarenakan munculnya kebulan asap dari dalam tanah yang mengandung gas alam.

    Ardam Rafif Trisilo, Sustainability Management & Corporate Communications Dept. Head Astra Tol Cipali, mengatakan penutupan Rest Area 86B dikarenakan di lokasi rest area tersebut muncul kebulan asap dari dalam tanah yang diduga mengandung gas alam. 

    “Jadi untuk mengantisipasi  hal-hal yang tidak diinginkan bersama, Astra Tol Cipali bersama kepolisian melakukan sterilisasi Rest Area KM 86 B (jalur normal) arah Jakarta untuk menutup rest area tersebut,” ujar Ardam.

    Menurutnya, Sterilisasi tersebut merupakan langkah preventif Astra Tol Cipali untuk memastikan aspek keselamatan pasca munculnya asap di salah satu titik rest area KM 86 B.

    “Setelah dilakukan pengecekan lapangan, tidak ditemukan komponen maupun gas berbahaya di lokasi. Namun kita akan terus melakukan penyelidikan bersama pihak terkait untuk memastikan sumber asap tersebut,” katanya.

    Sterilisasi masih berlangsung hingga sore hari untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan dalam menggunakan rest area.

    “Sebagai alternatif, pengguna jalan dapat beristirahat di rest area KM 101 untuk jalur normal serta rest area KM 102 dan KM 86 jalur one way,” ucapnya.

     

    Tahun 2023 Muncul Semburan Api Setinggi 12 Meter

    Peristiwa munculnya asap di rest area 86B tol Cipali, mengingatkan pada peristiwa semburan api di lokasi yang sama pada musim lebaran 2023 atau tepatnya 26 April 2023 lalu. 

    Pada saat itu muncul semburan api setinggi 12 meter di lokasi tersebut.

    Semburan api tersebut juga sulit dipadamkan hingga membuat rest Area 86B ditutup selama musim arus mudik dan balik lebaran 2023.

    SEMBURAN API – Berbahaya, Semburan Api Rest Area KM 86 B Tol Cipali Kini Dipasangi Pagar. (capture Kompas TV)

    Sementara itu, seminggu pasca-Lebaran, hari ini arus balik di Tol Cipali masih terpantau ramai lancar, sekalipun mengalami penurunan hampir 15 persen dibandingkan hari kemarin.

    One Way juga masih berlaku hingga pukul 00.00 WIB dini hari nantidi KM 188-72. 

    Terhitung sejak pukul 00.00 WIB hingga 05.00 WIB, sekitar 60,1 ribu kendaraan melintas melalui Cikopo (dari Cirebon menuju Jakarta), lebih rendah sekitar 15 persen dibandingkan volume pada jam yang sama di hari sebelumnya

     

  • Gubernur Dedi Mulyadi Tegaskan ASN Jabar Kembali Bekerja pada 8 April 2025 – Halaman all

    Gubernur Dedi Mulyadi Tegaskan ASN Jabar Kembali Bekerja pada 8 April 2025 – Halaman all

    Gubernur Dedi Mulyadi memastikan seluruh ASN Jawa Barat kembali bekerja pada 8 April 2025 setelah libur lebaran.

    Tayang: Selasa, 8 April 2025 05:29 WIB

    Tribunnews.com/Fersianus Waku

    GUBERNUR JAWA BARAT DEDI MULYADI – Gubernur Dedi Mulyadi memastikan seluruh ASN Jawa Barat kembali bekerja pada 8 April 2025 setelah libur lebaran. 

    Ringkasan Berita

    Gubernur Dedi Mulyadi memastikan ASN di Provinsi Jawa Barat kembali aktif bekerja setelah libur lebaran.

    Meskipun WFA berlaku pada akhir libur, Dedi menekankan komitmen ASN untuk kembali bekerja secara fisik.

    Seluruh ASN, termasuk yang bertugas di desa dan kelurahan, diharapkan kembali ke lokasi kerja pada tanggal 8 April.

    TRIBUNNEWS.COM, JAWA BARAT – Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menegaskan bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan kembali bekerja pada 8 April 2025 setelah masa libur lebaran.

    Hal ini disampaikan untuk memastikan bahwa ASN di daerah tersebut kembali aktif menjalankan tugas sesuai jadwal.

    “Pada hari Selasa, 8 April 2025, seluruh ASN di Provinsi Jawa Barat sudah harus kembali bekerja di lokasi masing-masing,” kata Dedi.

    Meskipun kebijakan Work From Anywhere (WFA) diterapkan untuk ASN di beberapa daerah, Dedi menegaskan bahwa ASN Jawa Barat tetap diharapkan kembali bekerja secara fisik sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’9′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Kecelakaan Maut Libatkan Xiaomi SU7 Tewaskan Tiga Mahasiswi, Ini Pernyataan Resmi Perusahaan

    Kecelakaan Maut Libatkan Xiaomi SU7 Tewaskan Tiga Mahasiswi, Ini Pernyataan Resmi Perusahaan

    JAKARTA – Sebuah kecelakaan tragis yang melibatkan sedan listrik Xiaomi SU7 Standard terjadi pada 29 Maret di Jalan Tol Dezhou-Shangrao (G0321), tepatnya di wilayah Chiqi dekat Tongling, Provinsi Anhui, China. Tiga mahasiswi tewas dalam insiden ini saat sedang dalam perjalanan menuju ujian pegawai negeri.

    Ini menjadi kasus fatal pertama yang tercatat terkait kendaraan listrik pertama Xiaomi sejak peluncurannya, dan langsung memicu kekhawatiran luas mengenai keamanan teknologi mengemudi otonom.

    Ketiga korban adalah mahasiswi universitas yang hendak ke Kota Chizhou untuk mengikuti ujian CPNS. Mereka menggunakan Xiaomi SU7 varian Standard — model dasar dari lini SU7 — yang dibeli pada Mei 2024 dan baru diterima pada 19 Oktober 2024.

    Varian ini menggunakan sistem Navigate on Autopilot (NOA) berbasis kamera, tanpa dukungan sensor LiDAR seperti yang terdapat pada varian Pro dan Max.

    Kecelakaan terjadi di bagian jalan yang sedang dalam perbaikan. Lalu lintas dialihkan ke jalur yang lebih sempit, yang kemungkinan besar mengandung puing-puing atau penghalang konstruksi. Faktor inilah yang diduga berkontribusi terhadap tabrakan mematikan tersebut.

    Kronologi Kecelakaan (Berdasarkan Data Kendaraan)

    Data dari sistem kendaraan yang diserahkan Xiaomi ke kepolisian memberikan gambaran kronologis sebagai berikut:

    Pukul 22:27:17: Sistem NOA diaktifkan, kecepatan kendaraan tercatat 116 km/jam.

    Pukul 22:44:24: Sistem mendeteksi adanya rintangan di jalan, mengeluarkan peringatan dan mulai memperlambat laju.

    Pukul 22:44:25: Pengemudi mengambil alih kontrol manual, membelokkan setir sejauh 22 derajat ke kiri, dan mulai mengerem sebesar 31%.

    Pukul 22:44:26: Setir dikoreksi ke kanan sebesar 1 derajat, dan pengereman ditingkatkan menjadi 38%.

    Pukul 22:44:26–22:44:28: Kendaraan menabrak pembatas beton dengan kecepatan 97 km/jam. Tabrakan ini disusul oleh kebakaran hebat.

    Kondisi Pasca Tabrakan

    Beberapa laporan media sosial, termasuk dari ibu salah satu korban melalui aplikasi Douyin, menyebut bahwa pintu mobil terkunci otomatis setelah tabrakan, menjebak para korban di dalam saat mobil terbakar. Xiaomi belum bisa memverifikasi hal ini, meskipun menyebutkan bahwa kendaraan dilengkapi tombol darurat untuk membuka kunci pintu dari dalam. Namun, belum jelas apakah tombol tersebut berfungsi dalam situasi darurat seperti kebakaran.

    Pihak Xiaomi juga menyatakan bahwa sistem NOA saat ini belum mampu mengenali objek kecil seperti kerucut lalu lintas atau penghalang air (water barrier), yang diduga menjadi penyebab kegagalan sistem mendeteksi rintangan sebelum tabrakan terjadi.

    Respons Xiaomi

    Xiaomi membentuk tim investigasi pada 30 Maret dan menyerahkan data kendaraan ke kepolisian sehari setelahnya. CEO Xiaomi, Lei Jun, menyampaikan belasungkawa yang mendalam dan berjanji akan bersikap transparan serta memberikan dukungan kepada keluarga korban.

    Pihak perusahaan membantah rumor bahwa kendaraan telah diamankan dan dibawa ke Beijing, dengan menyebut bahwa mereka bahkan belum mendapat akses langsung ke mobil yang mengalami kecelakaan. Xiaomi juga menjelaskan bahwa kendaraan berada dalam mode bantuan NOA dengan kecepatan tinggi sebelum tabrakan, dan sistem sempat memberikan peringatan serta memperlambat laju kendaraan sebelum terjadi benturan fatal.

    Terkait dengan sumber api pasca kecelakaan, Xiaomi menyatakan bahwa kemungkinan besar api berasal dari dalam kabin, bukan dari baterai kendaraan. Mereka juga mengonfirmasi bahwa sistem pengereman darurat otomatis (Automatic Emergency Braking – AEB) tidak aktif karena penghalang air tidak termasuk dalam daftar objek yang dapat dideteksi oleh sistem saat ini.

    Pihak kepolisian masih terus menyelidiki kondisi jalan, keputusan pengemudi, serta performa sistem kendaraan secara keseluruhan. Tragedi ini memicu perdebatan penting terkait keandalan teknologi mengemudi otonom, efektivitas fitur keselamatan darurat, dan kebutuhan pelatihan yang lebih menyeluruh bagi pengguna kendaraan listrik modern.

    Kecelakaan ini juga menjadi ujian besar bagi Xiaomi dalam mempertahankan reputasi dan kredibilitasnya sebagai pemain baru di industri otomotif listrik global. Ke depannya, hasil investigasi ini akan menjadi rujukan penting dalam menyempurnakan teknologi mengemudi otomatis dan fitur keselamatan pada kendaraan generasi mendatang.

  • 758 ribu warga tinggalkan Jakarta pakai KA, baru 514 ribu kembali

    758 ribu warga tinggalkan Jakarta pakai KA, baru 514 ribu kembali

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengungkapkan bahwa sebanyak 758.791 warga telah meninggalkan Jakarta dengan moda transportasi kereta api selama periode arus mudik Lebaran 2025, namun baru 514.823 orang yang tercatat kembali ke kota metropolitan ini.

    “Sebanyak 758.791 penumpang telah meninggalkan Jakarta melalui stasiun-stasiun wilayah Daerah Operasi 1 (Daop 1) sejak dimulainya masa angkutan Lebaran 2025 pada 21 Maret hingga 6 April 2025 pukul 24.00 WIB,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Senin.

    Dalam periode yang sama, 514.823 penumpang tercatat telah kembali ke Jakarta menggunakan layanan kereta api (KA).

    Dia menyampaikan, data itu menunjukkan bahwa arus balik ke Jakarta masih akan terus berlangsung, mengingat jumlah penumpang yang kembali masih lebih sedikit dibandingkan dengan yang telah berangkat.

    Namun demikian, KAI mencatat bahwa pergerakan penumpang selama arus balik Idul Fitri 1446 Hijriah ini berlangsung relatif merata dan tidak terkonsentrasi pada satu atau dua hari tertentu saja.

    Kondisi ini tidak terlepas dari kebijakan “Work From Anywhere” (WFA) yang diberlakukan pemerintah hingga 8 April 2025. “Kebijakan ini memungkinkan masyarakat untuk kembali ke Jakarta secara bertahap dan tidak terburu-buru sehingga kepadatan arus balik dapat terkelola lebih baik,” ujarnya.

    Tren kedatangan penumpang ke Jakarta melalui stasiun KA mulai menunjukkan peningkatan signifikan sejak 2 April 2025. Pada tanggal tersebut, tercatat sebanyak 41.727 penumpang tiba di berbagai stasiun Daop 1 Jakarta.

    Angka tersebut meningkat menjadi 49.499 penumpang pada 3 April dan terus naik menjadi 52.564 pada 4 April.

    Puncak kedatangan terjadi pada 5 dan 6 April 2025, masing-masing dengan jumlah penumpang datang sebanyak 52.651 dan 52.699 orang.

    Berdasarkan angka penjualan tiket sementara hingga pagi ini, diperkirakan masih akan ada 51.452 penumpang yang datang ke Jakarta pada 7 April, menjadikan volume kedatangan tetap tinggi meski puncak arus balik yang diprediksi telah lewat.

    Sementara itu, pada 6 April 2025 jumlah penumpang yang berangkat dari Jakarta masih cukup tinggi, yakni sebanyak 38.109 orang. Ini menunjukkan bahwa meskipun sebagian masyarakat sudah mulai kembali ke Jakarta, masih ada mobilitas yang cukup besar ke luar kota.

    Anne menyatakan bahwa kelancaran arus balik tahun ini tidak lepas dari dampak positif kebijakan WFA.

    Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, arus balik kali ini jauh lebih terkendali. “Tidak ada lonjakan besar dalam satu hari dan penumpang tersebar secara merata selama beberapa hari,” tutur Anne.

    Hingga 7 April 2025 pukul 07.00 WIB, KAI mencatat bahwa sebanyak 4.342.698 tiket telah terjual, setara dengan 95 persen dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan.

    Dari jumlah tersebut, 3.662.456 tiket KA Jarak Jauh terjual dengan tingkat okupansi 106 persen. Sedangkan 680.242 tiket KA Lokal terjual dengan okupansi 59 persen.

    Dalam periode 21 Maret hingga 6 April 2025, total 3.634.782 penumpang telah dilayani oleh KAI, baik melalui KA Jarak Jauh maupun KA Lokal. Angka ini menjadi bukti tingginya minat masyarakat terhadap layanan transportasi kereta api yang aman, nyaman dan efisien.

    Keberhasilan pengelolaan arus mudik dan balik ini juga tidak terlepas dari kesiapan seluruh jajaran KAI dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

    Mulai dari penambahan perjalanan kereta, optimalisasi jadwal hingga peningkatan fasilitas dan layanan di stasiun maupun di dalam kereta, seluruhnya dilakukan untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik.

    Pihaknya mengapresiasi dukungan semua pihak dan juga kedisiplinan para pelanggan kereta api selama masa angkutan Lebaran ini. “KAI akan terus berinovasi dan mempersiapkan layanan yang lebih baik lagi pada musim mudik berikutnya,” kata Anne.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

  • Kebakaran Kantor Pos Induk, Rumah Dinas Hingga Gudang Ludes

    Kebakaran Kantor Pos Induk, Rumah Dinas Hingga Gudang Ludes

    Tulungagung, Beritasatu.com – Kantor pos induk yang terletak di Jalan RA Kartini, Kelurahan Kauman, Kecamatan Tulungagung, Jawa Timur, mengalami kebakaran. Kebakaran tersebut melanda gudang serta rumah dinas karyawan yang berada di belakang kantor pos induk.

    Api dengan cepat menghanguskan gudang dan rumah dinas yang terletak tidak jauh dari lokasi kejadian. Menanggapi situasi tersebut, petugas pemadam kebakaran Tulungagung segera bergerak menuju lokasi dan mengerahkan tiga unit mobil pemadam untuk memadamkan api. Setelah satu jam, kobaran api akhirnya berhasil dijinakkan.

    Kasi Operasi Damkar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tulungagung Bambang Pidekso menyatakan, kebakaran pertama kali diketahui oleh empat remaja yang kebetulan berada di sekitar lokasi kejadian. Para remaja tersebut segera melaporkan kejadian tersebut ke kantor damkar setempat.

    Di dalam rumah dinas, terdapat seorang karyawan yang sedang tidur. Karyawan tersebut baru mengetahui kebakaran setelah petugas damkar tiba di lokasi dan memberi informasi bahwa gudang dan atap rumah dinas sudah terbakar.

    “Bagi proses pemadaman, kami mengerahkan satu unit mobil pemadam dan dua truk penyuplai air. Proses pemadaman berlangsung sekitar satu jam. Dari hasil penyelidikan polisi, penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik di gudang,” ungkap Bambang Pidekso kepada wartawan, Senin (7/4/2025).

    Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden kebakaran ini. Namun, gudang dan seluruh barang yang ada di dalamnya ludes terbakar. Sementara itu, rumah dinas mengalami kerusakan sekitar 30 persen. Kerugian materiel yang ditimbulkan diperkirakan mencapai sekitar Rp 75 juta.

  • Digelar 19 Hari, Nilai Transaksi Jakarta Lebaran Fair 2025 Capai Rp300 Miliar 

    Digelar 19 Hari, Nilai Transaksi Jakarta Lebaran Fair 2025 Capai Rp300 Miliar 

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

    TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR – Perhelatan Jakarta Lebaran Fair (JLF) 2025 yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat resmi berakhir pada Minggu (6/4/2025) kenarin.

    Selama 19 hari diselenggarakan, event ini mencatat nilai transaksi mencapai Rp300 miliar dengan jumlah pengunjung yang mencapai 80 persen dari target yang dicanangkan.

    Marketing Director JIExpo Ralph Scheunemann pun bersyukur Jakarta Lebaran Fair tahun ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

    “Kami sangat bersyukur gelaran Jakarta Lebaran Fair tahun ini berjalan dengan aman dan lancar. Meskipun untuk tahun ini cuaca tidak selalu mendukung tetapi masyarakat masih menyempatkan diri untuk berkunjung ke sini,” ucapnya dalam keterangan tertulis, Senin (7/4/2025).

    Sebagai informasi tambahan, tahun ini merupakan tahun kedua Jakarta Lebaran Fair diselenggarakan.

    Untuk tahun ini, lebih dari 60 persen peserta gelaran JLF berasal dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) swasta dan juga binaan pemerintah yang turut aktif membantu menyerap banyak tenaga kerja.

    “Ya, yang paling utama kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh para peserta Jakarta Lebaran Fair yang sudah turut menyemarakkan event ini,” kata Ralph.

    Usai menggelar Jakarta Lebaran Fair, pihak JIEXPO langsung menatap dan bersiap diri untuk menggelar event akbar Jakarta Fair Kemayoran 2025. 

    Pameran multiproduk terbesar, terlama, dan terlengkap di Kawasan Asia Tenggara ini rencananya akan digelar pada 12 Juni – 13 Juli 2025 mendatang.

    “Saat ini kami fokuskan untuk menyambut event yang skalanya lebih besar yaitu Jakarta Fair Kemayoran, terlebih dengan waktu yang cukup singkat ini kami harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik,” ucapnya.

    Jakarta Fair Kemayoran adalah arena festival dan pameran perdagangan terbesar di kawasan Asia Tenggara yang merupakan etalase ajang promosi berbagai produk unggulan. 

    Event ini secara khusus digelar dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta yang secara rutin digelar setiap tahunnya. Selama kurang lebih 32 hari, Jakarta Fair tak hanya menampilkan pameran tapi juga memanjakan pengunjung dengan berbagai hiburan menarik.

    Semarak Jakarta Fair Kemayoran akan semakin terasa dengan melimpahnya hiburan yang disajikan. 

    Pihak panitia penyelenggara akan menyajikan berbagai acara menarik seperti parade karnaval, wahana permainan anak, kontes Miss Jakarta Fair, serta tidak ketinggalan pesta kembang api spektakuler yang sudah menjadi ciri khas penyelenggaraan event ini.

    Di samping itu, salah satu acara yang paling ditunggu oleh para pengunjung yakni konser musik Jakarta Fair. 

    Pada tahun ini konser musik Jakarta Fair akan digelar rutin selama 32 hari. 

    Salah satu keunikan konser musik Jakarta Fair yakni menampilkan sajian musik lintas genre, mulai dari Rock, Pop, Jazz, Folk, Dangdut, Koplo, Reggae, Alternative, punk dan berbagai genre musik lainnya.
      
     

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • 10.671 penumpang berangkat dari Terminal Poris

    10.671 penumpang berangkat dari Terminal Poris

    Penumpang mengangkat barang bawaan setibanya di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten, Jumat (4/4/2025). Berdasarkan data pengelola terminal pada H+2 Lebaran tercatat sebanyak 92 orang penumpang tiba di terminal tersebut dan diperkirakan puncak arus balik bisa terjadi pada Minggu (6/4). ANTARA FOTO/Putra M. Akbar/nym.

    Dishub Tangerang: 10.671 penumpang berangkat dari Terminal Poris
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Senin, 07 April 2025 – 13:03 WIB

    Elshinta.com – Dinas Perhubungan Kota Tangerang Banten mencatat ada 10.671 penumpang dengan 2.318 kendaraan yang berangkat dari Terminal Poris Plawad, Cipondoh, selama periode Lebaran dari tanggal 24 Maret hingga 6 April 2025.

    “Jumlahnya akan bertambah lagi karena hari ini, hari terakhir arus balik mudik Lebaran,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Achmad Suhaely di Tangerang, Senin.

    Sedangkan untuk jumlah penumpang yang datang dengan periode waktu yang sama, Dinas Perhubungan mencatat ada 1.566 penumpang dengan 434 kendaraan. Suhaely menuturkan peningkatan jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Poris Plawad terjadi pada 26 – 29 Maret 2025 dengan 1.000 penumpang lebih setiap harinya.

    Sementara untuk kedatangan, pihaknya mencatat terjadi pada tanggal 4 – 5 April 2025 dengan rata – rata sehari di atas 150 penumpang.

    “Yang datang memang lebih sedikit dibandingkan berangkat karena banyak penumpang menggunakan transportasi lainnya seperti kereta api maupun pesawat terbang,” ujarnya.

    Secara garis besar, lanjutnya, proses keberangkatan pemudik melalui Terminal Poris Plawad berjalan lancar. Begitu juga dengan kedatangan, petugas terus bersiaga memberikan pelayanan terbaik. “Hingga saat ini semua pelayanan berjalan dengan baik,” katanya. Pada tahun ini, Terminal Poris Plawad kembali menjadi tuan rumah keberangkatan mudik gratis program Kemenhub. Tercatat ada 2.992 pemudik yang diberangkatkan dengan menggunakan 60 unit bus menuju berbagai kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

    Sekretaris Direktorat Integrasi dan Multimoda Kementerian Perhubungan Dedy Cahyadi menyatakan program ini merupakan bagian dari strategi nasional untuk menciptakan mudik yang lebih aman dan tertib. Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan program yang digagas oleh Kementerian Perhubungan ini, didukung penuh dari Pemerintah Kota Tangerang guna memastikan perjalanan yang lancar, aman, dan bebas biaya bagi masyarakat.

    Di Kota Tangerang pada 2024, program mudik gratis diikuti sebanyak 3.775 lebih pemudik dengan 75 unit bus diberangkatkan dari Terminal Poris Plawad.

    Sumber : Antara

  • Total Soal UTBK-SNBT 2025 yang Harus Dikerjakan Siswa – Halaman all

    Total Soal UTBK-SNBT 2025 yang Harus Dikerjakan Siswa – Halaman all

    Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2025 akan dilaksanakan mulai 23 April hingga 3 Mei 2025. 

    Tayang: Senin, 7 April 2025 21:01 WIB

    Canva/Tribunnews.com

    SNPMB – Grafis SNPMB yang dibuat di Canva Premium pada Rabu (5/3/2025). Ujian UTBK SNBT terdiri dari dua komponen utama. 

    TRIBUNNEWS.COM – Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2025 akan dilaksanakan mulai 23 April hingga 3 Mei 2025. 

    Ujian ini terdiri dari dua komponen utama: Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Literasi, dengan total 160 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 195 menit. 

    1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

    TPS dirancang untuk mengukur kemampuan berpikir dan bernalar yang diperlukan untuk keberhasilan dalam pendidikan tinggi. Tes ini terdiri dari 90 soal yang terbagi dalam empat subtes:​

    Penalaran Umum: 30 soal dengan durasi 30 menit, terdiri dari:​

    Penalaran Induktif: 10 soal, 10 menit.​
    Penalaran Deduktif: 10 soal, 10 menit.​
    Penalaran Kuantitatif: 10 soal, 10 menit.​

    Pengetahuan dan Pemahaman Umum: 20 soal, 15 menit.​

    Pemahaman Bacaan dan Menulis: 20 soal, 25 menit.​

    Pengetahuan Kuantitatif: 20 soal, 20 menit.

    2. Tes Literasi

    Tes Literasi bertujuan untuk mengukur kemampuan memahami dan menganalisis teks serta penalaran matematika. Tes ini terdiri dari 70 soal yang terbagi dalam tiga subtes:​

    Literasi dalam Bahasa Indonesia: 30 soal, 42,5 menit.​

    Literasi dalam Bahasa Inggris: 20 soal, 20 menit.​

    Penalaran Matematika: 20 soal, 42,5 menit.

    (Tribunnews.com/Widya)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’1′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Terinspirasi Perang Dunia I, Senapan Terbang Laras Ganda Unit Tempur Ukraina Berondong Drone Rusia – Halaman all

    Terinspirasi Perang Dunia I, Senapan Terbang Laras Ganda Unit Tempur Ukraina Berondong Drone Rusia – Halaman all

    Terinspirasi Perang Dunia I, Senapan Terbang Laras Ganda Unit Tempur Ukraina Berondong Puluhan Drone Rusia

    TRIBUNNEWS.COM – Baling-baling tampak berputar di atas daratan yang diselimuti es, pesawat tak berawak Ukraina mendekat, dua laras senapan merayap ke arah pesawat pengebom musuh.

    Sebuah kilatan muncul pada kamera pandangan orang pertama yang terpasang, dan targetnya — sebuah pesawat tanpa awak (UAV/drone) DJI Mavic — jatuh tak berdaya ke tanah.

    Puluhan serangan lainnya terjadi secara beruntun, masing-masing memperlihatkan ujung dua laras yang meledakkan drone DJI Mavic dari langit.

    Begitu gambaran yang muncul dalam video yang diunggah sebuah unit tempur pasukan Ukraina.

    Video tersebut diunggah pada Minggu (6/4/2025) oleh Batalyon Bermotor ke-2 dari Brigade Mekanik ke-30 Ukraina, yang tengah bertempur melawan Rusia di dekat Bakhmut. 

    Keterangan yang menyertai unggahan video tersebut, sederhana.

    “Menembak jatuh pesawat tanpa awak musuh merupakan salah satu prioritas Batalyon ke-2 dari Brigade Mekanik ke-30,” tulis batalion tersebut di saluran Telegramnya.

    Klip-klip video ini merupakan bagian dari salah satu koleksi rekaman terbesar yang dipublikasikan tentang sebuah konsep yang relatif baru dalam aksinya — pesawat tanpa awak (drone) yang menembak jatuh pesawat tanpa awak (drone) lainnya.

    “Praktik ‘senapan terbang’ ini juga berimplikasi pada bagaimana teknologi medan perang berevolusi secara lebih luas dalam peperangan, karena unit Ukraina dan Rusia telah bereksperimen dengan memasang senjata api dan bahkan termit cair ke drone , yang pada dasarnya menciptakan senjata terbang dan penyemprot api,” tulis ulasan BI, dikutip Senin (7/4/2025) menjelaskan improvisasi yang dilakukan militer Ukraina.

    Dalam unggahan tersebut, pesawat tanpa awak laras ganda itu terutama menargetkan apa yang tampak seperti drone DJI Mavic. 

    DJI Mavic merupakan pesawat tanpa awak ringan buatan China ini lumayan mahal.

    “Karena mahal, biasanya drone ini diperuntukkan untuk misi pengintaian atau pengeboman oleh kedua belah pihak,” tulis ulasan BI.

    SENAPAN TERBANG – Pandangan orang pertama dari pesawat nirawak Ukraina menunjukkan dua laras senapan yang ditembakkan ke apa yang tampak seperti Mavic buatan China. Batalyon Bermotor ke-2 dari Brigade Mekanis Terpisah ke-30 Ukraina.

    Tak Perlu Presisi, Tanpa Hentakan, Mesti Diisi Ulang

    Brigade Kepresidenan Ukraina, yang memiliki unit yang bertempur di Luhansk, mempublikasikan ciptaan yang identik dengan pesawat tak berawak senapan tersebut pada awal Maret.

    Rekaman menunjukkan konsep senjata tanpa hentakan, di mana drone quadcopter dilengkapi dengan laras panjang yang dirancang untuk menembak dari kedua ujungnya. 

    Satu sisi membidik sasaran, sementara ujung yang lain menembak untuk memberikan hentakan balik dan menjaga drone tetap stabil.

    “Faktor dampaknya kuat. Anda tidak memerlukan presisi; yang penting adalah efek penyebarannya,” kata seorang anggota brigade kepada kamera.

    Brigade tersebut menerbitkan klip drone yang menembaki papan target, laras gandanya menderu.

    Karena drone tersebut tidak terlihat dengan mekanisme pengisian ulang, senapan tersebut kemungkinan harus kembali untuk pengisian ulang secara manual.

    Ide yang sama terlihat di Ukraina pada akhir Desember, ketika sebuah badan amal Ukraina, LesiaUA, mengunggah klip-klip yang katanya adalah pesawat tanpa awak yang dipasang di senapan yang telah didanainya.

    Secara visual, pesawat tanpa awak itu tampaknya berjenis sama dengan milik Brigade Mekanik ke-30.

    DRONE UKRAINA – Foto yang diambil dari Euromaiden Press tanggal 11 Maret 2025 memperlihatkan drone Ukraina. Ukraina dilaporkan ingin membeli jutaan drone. (Euromaiden Press/Unmanned Systems Forces)

    Terinspirasi dari Perang Dunia I

    Produsen pesawat nirawak Rusia sebenarnya juga telah menguji konsep tersebut sejak September. 

    Media pemerintah Rusia, RIA Novosti menerbitkan sebuah artikel bulan itu yang membahas desain laras tunggal yang dipasang pada pesawat nirawak yang dapat menembak ke dua arah secara bersamaan.

    “Pesawat ini beroperasi berdasarkan prinsip meriam pesawat Davis dari Perang Dunia I,” tulis outlet tersebut.

    Dirancang dari percobaan oleh Komandan Angkatan Laut AS Cleland Davis pada tahun 1910, senjata ini memberi militer cara untuk mengurangi hentakan tetapi sulit untuk diisi ulang.

    Sebagai catatan, senjata ini digunakan secara terbatas dalam Perang Dunia I.

    Pengembangan drone berjalan cepat di Ukraina, terutama karena sifat industri yang terdesentralisasi .

    Relawan, unit, dan produsen biasanya mengerjakan proyek-proyek individual dan saling mempromosikannya.

    Banyak kreasi, seperti pesawat nirawak serat optik , semakin menonjolkan teknologi lama yang digunakan untuk mengalahkan peralatan yang lebih modern.

    Di Barat, hal ini memicu kekhawatiran di antara beberapa analis pertahanan bahwa kompleks industri militer NATO telah terlalu menekankan pengembangan persenjataan canggih , tanpa mempertimbangkan kebutuhan akan kuantitas atau kemungkinan solusi berteknologi rendah.

    (oln/bi/aol/*)

  • Mobil Daihatsu Luxio Terbakar di Malang, Sopir Terluka

    Mobil Daihatsu Luxio Terbakar di Malang, Sopir Terluka

    Malang (beritajatim.com) – Sebuah mobil Daihatsu Luxio ludes terbakar di kawasan Jalan Tempur, Desa Argotirto, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Senin (7/4/2025) siang. Kepolisian Resor Malang memastikan bahwa insiden tersebut bukan merupakan tindak pidana, melainkan kecelakaan murni akibat korsleting pada sistem kelistrikan kendaraan.

    Kasi Humas Polres Malang, AKP Bambang Subinajar, menyampaikan bahwa peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 11.40 WIB. Saat kejadian, korban yang diketahui bernama Rio Adi Kurniawan (35), warga Desa Druju, Malang, tengah mengemudikan mobil seorang diri sebelum api muncul dari bagian bawah jok kendaraan.

    “Api dengan cepat membesar dan membakar seluruh bagian kendaraan. Korban mengalami luka bakar pada kedua tangan dan kaki. Kemudian dievakuasi ke RS Panti Nirmala Malang untuk penanganan medis,” ujar Bambang di Polres Malang, Senin (7/4/2025).

    Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), diketahui bahwa sumber api berasal dari bagian accu mobil yang diduga mengalami korsleting. Kendaraan dengan nomor polisi AG 1653 IY itu tercatat atas nama Mujilah, warga Kabupaten Blitar.

    “Tim Polsek Sumbermanjing Wetan sudah turun ke lokasi, melakukan identifikasi, mencatat keterangan saksi, dan mengamankan kerangka kendaraan sebagai barang bukti. Dugaan kuat sementara adalah gangguan pada sistem kelistrikan mobil,” imbuhnya.

    Akibat kejadian ini, kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp115 juta. Petugas gabungan dari Polsek Sumbermanjing Wetan, tenaga medis, dan warga sekitar turut membantu proses pemadaman api serta evakuasi korban.

    Dalam keterangannya, AKP Bambang juga mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap kondisi kendaraan pribadi, khususnya bagian kelistrikan.

    “Kami imbau pemilik kendaraan, apalagi yang usianya sudah di atas 10 tahun, agar rutin melakukan servis dan pemeriksaan komponen listrik. Keselamatan berkendara harus menjadi prioritas,” pungkasnya. [yog/suf]