Negara: Amerika Serikat

  • Masuk AS Makin Sulit, Riwayat Perjalanan ke Palestina Bakal Dicek

    Masuk AS Makin Sulit, Riwayat Perjalanan ke Palestina Bakal Dicek

    Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (US) Marco Rubio telah memerintahkan Departemen Luar Negeri untuk meninjau akun media sosial pemohon visa Amerika Serikat dari luar negeri yang pernah mengunjungi Jalur Gaza dalam 18 tahun terakhir. Hal ini diketahui dari jaringan internal yang dilihat oleh kantor berita Reuters.

    Aturan baru ini bakal diberlakukan untuk semua visa imigran dan non-imigran AS (termasuk pelajar dan turis) yang pernah menghabiskan “waktu berapa pun dalam kapasitas resmi atau diplomatik” di Gaza pada atau setelah 1 Januari 2007.

    Karyawan dan relawan di organisasi nonpemerintah juga akan menjalani pemeriksaan di AS.

    Jika peninjauan media sosial menemukan informasi yang dianggap berpotensi mengganggu keamanan, maka aplikasi visa AS akan diserahkan untuk penyelidikan antarlembaga guna mengetahui apakah pemohon dapat menimbulkan risiko keamanan nasional.

    Marco Rubio sebelumnya mengatakan kepada media bahwa kantornya telah mencabut lebih dari 300 visa sejak awal tahun ini. Visa yang dicabut termasuk pemegang visa pelajar yang mengkritik perang Israel di Gaza, meskipun hal ini bertentangan dengan Konstitusi AS yang melindungi kebebasan berbicara terlepas dari status visa mereka.

    Pemerintahan Trump sebelumnya mengatakan bahwa tindakan para mahasiswa tersebut merupakan ancaman bagi kebijakan luar negeri AS. Presiden juga telah melancarkan perlawanan terhadap sejumlah universitas, yang telah menjadi lokasi protes besar sejak perang di Gaza dimulai pada 7 Oktober 2023.

    Pertempuran terbaru Trump adalah dengan Universitas Harvard. Presiden membekukan lebih dari US$2 miliar dana federal untuk Harvard, setelah universitas tersebut menolak membuat perubahan kebijakan yang diminta oleh pemerintahannya.

    (hsy/hsy)

  • Rombongan Menteri Terbang ke Amerika Demi Nego Tarif Trump

    Rombongan Menteri Terbang ke Amerika Demi Nego Tarif Trump

    Jakarta, CNBC Indonesia – Tim negosiasi yang terdiri dari sejumlah menteri RI sedang melakukan perjalanan ke AS untuk membahas tarif impor 32% yang dikenakan oleh Presiden AS, Donald Trump.

    Menteri yang menjadi delegasi tim negosiasi terdiri dari enam orang, yakni Menteri Luar Negeri Sugiono yang telah terbang ke AS sejak kemarin, Airlangga Hartarto yang dijadwalkan terbang hari ini lalu disusul oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Wakil Ketua Dewan Energi Nasional (DEN) Mari Elka Pangestu, Wakil Menteri Keuangan Thomas Djiwandono, serta Wakil Menteri Luar Negeri Arrmanatha Nasir.

    Melalui keterangan resminya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menjelaskan tim negosiasi telah melakukan berbagai pertemuan strategis dengan sejumlah otoritas utama Pemerintah Amerika Serikat, termasuk United States Trade Representative (USTR) dan Secretary of Commerce.

    Serta dijadwalkan bertemu dengan Secretary of Treasury untuk membahas penyesuaian tarif perdagangan yang berdampak pada produk ekspor Indonesia. Serangkaian pertemuan strategis tersebut bertujuan untuk mempererat kemitraan ekonomi yang saling menguntungkan antara Indonesia dan Amerika Serikat.

    ” Alhamdulillah respons dari pejabat yang dikirim itu relatif cepat. Dari hasil pembicaraan, Indonesia ini merupakan salah satu negara yang diterima lebih awal. Pembahasan ini guna mendiskusikan opsi-opsi yang ada terkait kerja sama bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat yang kita berharap situasi daripada perdagangan yang kita kembangkan bersifat adil dan berimbang,” ujar Airlangga dikutip Jumat (18/4/2025).

    Airlangga menyampaikan bahwa Indonesia telah menyampaikan sejumlah tawaran kepada Amerika Serikat antara lain dengan meningkatkan pembelian energi, produk Pertanian, dan Engineering, Procurement, Construction (EPC), memberikan insentif dan fasilitas bagi perusahaan Amerika Serikat dan Indonesia.

    Serta membuka dan mengoptimalkan kerja sama critical mineral, memperlancar prosedur dan proses impor untuk produk Amerika Serikat, dan mendorong investasi strategis dengan skema business to business.

    Indonesia juga menyampaikan pentingnya memperkuat kerja sama pendidikan, sains, ekonomi digital, dan financial services, penetapan tarif yang lebih rendah dari negara kompetitor untuk produk ekspor utama yang tidak akan bersaing dengan industri dalam negeri di Amerika Serikat seperti Garmen, Alas Kaki, Tekstil, Furnitur, dan Udang.

    Serta juga menyampaikan pentingnya memastikan ketahanan rantai pasok dari produk strategis dalam menjaga economic security.

    “Target negosiasi yang sedang berjalan ini yang penting Indonesia mendapatkan tarif yang lebih rendah dan tarif yang diberlakukan untuk Indonesia ini seimbang dengan negara-negara lain. Untuk target lainnya tentu kita lihat sesuai dengan pembahasan daripada tim negosiasi yang mungkin akan berlangsung satu, dua, atau tiga putaran,” ujar Menko Airlangga.

    Proses perundingan akan dilanjutkan dalam satu hingga tiga putaran dengan format dan prinsip perjanjian yang telah disepakati oleh Indonesia dan Amerika Serikat.

    Indonesia dan Amerika Serikat sepakat menyelesaikan perundingan tersebut dalam 60 hari. Pemerintah Indonesia berharap dalam waktu 60 hari tersebut, kerangka kerja sama yang telah disepakati dapat diformalkan dalam bentuk perjanjian yang disetujui bersama.

    (hsy/hsy)

  • Pelabuhan Tanjung Priok Macet, INSA Buka Suara

    Pelabuhan Tanjung Priok Macet, INSA Buka Suara

    Bisnis.com, JAKARTA – Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) menyebut kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Tanjung Priok merupakan sinyal positif dari kegiatan ekspor Tanah Air.

    Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto mengatakan peningkatan kegiatan ekspor di tengah situasi tekanan situasi global akibat tarif resiprokal yang ditetapkan Amerika menjadi berkah tersendiri.

    “Memang terjadi kemacetan yang harus jadi catatan perbaikan ke depan, tapi peningkatan kegiatan ekspor di Pelabuhan Priok di tengah tekanan tarif resiprokal adalah berkah tersendiri yang mesti disyukuri,” kata Carmelita dalam keterangannya, Jumat (18/04/2025).

    INSA, lanjutnya, telah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Pelindo terkait dengan kondisi kemacetan di Pelabuhan Tanjung Priok.

    Dia menuturkan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo telah bersikap responsif dan mengambil langkah terukur dengan memaksimalkan area-area buffer dan lapangan yang dapat dijadikan kantor parkir dan pengalihan lalu lintas truk ke dalam gate pos 9.

    Menurutnya, para pelaku usaha juga memahami, bahwa Pelindo tengah melakukan penanganan jangka panjang untuk mencegah kemacetan terulang kembali. Salah satunya dengan membangun area jalan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di tol maupun jalan arteri di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok.

    Namun, pembangunan jalan ini membutuhkan waktu yang tidak singkat, karena membutuhkan dukungan dan koordinasi dengan pihak Kementerian Pekerjaan Umum, Pemprov DKI Jakarta dan lembaga instansi lainnya.

    “Bukan saatnya kita saling menyalahkan, tapi kita harus mendorong Pelindo untuk lebih baik ke depan dengan memberikan layanan terbaik, termasuk pencegahan kemacetan jalan masa depan.”

    Sebelumnya, Pelindo menargetkan aktivitas di New Priok Container Terminal (NPCT) 1, Pelabuhan Tanjung Priok akan kembali normal pada, Minggu (20/4/2025).

    Executive Director Regional 2 PT Pelindo Drajat Sulistyo telah melakukan pembatasan beberapa trafik bongkar muat kontainer pada hari ini sampai dengan besok.

    Hal ini dikakukan sebagai upaya pengendalian arus lalu lintas barang guna mengurai kepadatan yang terjadi, dengan harapan proses normalisasi dapat selesai sepenuhnya pada akhir pekan ini.

    “Mudah-mudahan Minggu nanti ini sudah benar-benar clear semua, tidak ada sisa lagi. Senin kita mulai aktivitas untuk minggu selanjutnya,” kata Drajat saat konferensi pers di Tanjung Priok, Jumat (18/4/2025).

    Drajat menyampaikan hari ini fokus diarahkan pada penyelesaian sisa trafik bongkar muat dari malam sebelumnya. Sementara untuk trafik bongkar muat baru, pihak manajemen telah mulai melakukan pembukaan secara selektif.

    Lebih lanjut, Drajat menyebut kepadatan di terminal NPCT 1 dipicu oleh keterlambatan kedatangan sejumlah kapal yang seharusnya tiba lebih awal sesuai jadwal.

  • Spesial Pengguna BRImo, Diskon 20% Tiket Konser Boyz II Men Jakarta

    Spesial Pengguna BRImo, Diskon 20% Tiket Konser Boyz II Men Jakarta

    Jakarta, Beritasatu.com – Boyz II Men, grup vokal legendaris asal Amerika Serikat, akan kembali menyapa penggemarnya di Indonesia dalam konser spektakuler yang akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada tanggal 21 dan 22 Mei 2025. Tidak hanya itu, konser ini akan semakin istimewa dengan kehadiran Kahitna sebagai special guest yang akan membuka penampilan mereka. Ini adalah momen yang tidak boleh dilewatkan bagi pecinta musik tanah air.

    Boyz II Men dan Nostalgia Tak Terlupakan
    Boyz II Men dikenal sebagai salah satu grup vokal paling berpengaruh dalam sejarah musik R&B. Lagu-lagu mereka seperti End of the Road, I’ll Make Love to You, dan One Sweet Day telah menjadi anthem cinta dan nostalgia bagi banyak generasi. Kehadiran mereka di Jakarta akan menjadi penampilan yang membawa kenangan manis dan tentu saja memberikan pengalaman musikal kelas dunia yang tak terlupakan.

    Promo Spesial: Diskon 20% dengan BRImo!

    Kabar baik bagi pengguna BRImo! Dalam rangka menyambut konser spektakuler ini, BRI menghadirkan promo menarik berupa diskon 20% untuk pembelian tiket konser Boyz II Men. Promo ini hanya berlaku untuk pembelian tiket melalui aplikasi BRImo, sehingga pastikan kamu telah mengunduh dan memiliki akun BRImo aktif.

    Dengan promo ini, kamu bisa menikmati konser internasional dengan harga yang lebih hemat. Setiap akun BRImo dapat membeli hingga empat tiket dalam satu transaksi. Promo dimulai sejak tanggal 25 Maret 2025 dan akan berlangsung hingga kuota tiket habis, jadi jangan sampai kehabisan!

    Update Ketersediaan Tiket, Jangan Sampai Kehabisan!

    Minat penonton sangat tinggi, terbukti dari tingginya angka penjualan sejak hari pertama promo dibuka. Semua tiket untuk hari pertama pun sudah sold out. Namun, untuk tiket hari kedua masih tersedia dalam jumlah terbatas.

    Dengan cepatnya kategori tertentu habis terjual, penting untuk segera memilih kategori dan hari yang masih tersedia. Apalagi, hari kedua juga sudah mulai menunjukkan status Very Limited Stock, jadi makin banyak peminatnya.

    Cara Mudah Beli Tiket di BRImo

    Pembelian tiket kini lebih simpel dan cepat lewat aplikasi BRImo. Ikuti langkah berikut:
    1. Login ke aplikasi BRImo
    2. Masuk ke menu Lifestyle
    3. Pilih promo Boyz II Men & Kahitna Live in Jakarta
    4. Pilih kategori dan hari, lalu lakukan pembelian tiket

    Pastikan saldo mencukupi dan koneksi internet stabil agar transaksi lancar. Setelah pembayaran berhasil, tiket akan langsung dikirimkan sesuai data transaksi.

    Malam yang Tak Akan Terlupakan

    Bayangkan malam yang penuh lagu-lagu cinta legendaris, harmoni vokal menggetarkan jiwa, dan atmosfer hangat dari ribuan penonton yang merayakan musik bersama. Konser ini bukan hanya pertunjukan musik, tapi juga perayaan nostalgia, cinta, dan kebersamaan.

    Kolaborasi antara Boyz II Men dan Kahitna adalah paduan sempurna antara romantisme barat dan Indonesia. Siapa pun kamu, baik generasi lama penggemar R&B maupun penikmat musik masa kini, konser ini wajib masuk dalam daftar “event to remember” tahun 2025.

    Tunggu Apa Lagi? Amankan Tiketmu Sekarang Lewat BRImo!

    Gunakan promo diskon 20% khusus pengguna BRImo sebelum tiket benar-benar habis. Pilih tanggal, pilih kategori tiket, dan nikmati malam spektakuler bersama Boyz II Men dan Kahitna. Jangan tunda lagi, karena tiket tak akan menunggu. Untuk informasi lebih lanjut cek di bbri.id/promob2m.

    Belum punya BRImo? Segera daftar BRImo di Google Play Store, App Store, dan Huawei App Gallery, lalu nikmati kemudahan beli tiket konser impianmu langsung dari genggaman tangan!

  • Jenazah Bergelimpangan dalam Serangan Terbaru AS di Hodeidah Yaman, Israel Cegat Rudal Houthi – Halaman all

    Jenazah Bergelimpangan dalam Serangan Terbaru AS di Hodeidah Yaman, Israel Cegat Rudal Houthi – Halaman all

    Jenazah Bergelimpangan dalam Serangan AS di Yaman, Israel Cegat Rudal Houthi

    TRIBUNNNEWS.COM – Serangan udara AS yang menargetkan pelabuhan minyak Ras Isa di provinsi Hodeidah Yaman Kamis malam dilaporkan menewaskan sedikitnya 58 orang, termasuk lima pekerja kesehatan, saluran TV Al-Masirah milik kelompok Houthi melaporkan Jumat (18/4/2025).

    TV Al-Masirah melaporkan kalau 126 orang lainnya terluka dalam serangan udara AS tersebut.

    Laporan juga menyatakan kalau angka tersebut masih awal karena operasi penyelamatan masih terus berlanjut di lokasi tersebut.

    Laporan TV Al-Masirah mengatakan, “Musuh, Amerika melancarkan empat serangan udara di wilayah Ras Isa,” tanpa menyebutkan target pasti atau akibat dari serangan tersebut.

    Saluran TV Al Masirah yang berafiliasi dengan Houthi menyiarkan rekaman akibat serangan udara AS tersebut, yang memperlihatkan jenazah-jenazah korban bom bergelimpangan di lokasi.

    DIBOM AMERIKA – Tangkapan layar dari video yang dirilis oleh TV al-Masirah yang dikelola Houthi menunjukkan api dan asap mengepul dari pelabuhan bahan bakar Ras Isa setelah serangan udara AS, di provinsi pelabuhan Hodeidah, Yaman, 18 April 2025.

    AS Sebut Serangan Targetkan Tangki Bahan Bakar

    Komando Pusat AS (CENTCOM) mengatakan dalam sebuah pernyataan kalau mereka telah menghancurkan pelabuhan bahan bakar yang menyuplai kegiatan kelompok yang mereka labeli sebagai organisasi teroris tersebut.

    “Hari ini, pasukan AS mengambil tindakan untuk menghilangkan sumber bahan bakar bagi Houthi yang didukung Iran dan merampas pendapatan ilegal yang telah mendanai upaya Houthi untuk meneror seluruh wilayah selama lebih dari 10 tahun,” tulis pernyataan CENTCOM di platform X.

    Operasi tersebut, kata AS, bertujuan untuk melemahkan kekuatan ekonomi Houthi dan bukan untuk merugikan rakyat Yaman.

    “Kelompok Houthi yang didukung Iran menggunakan bahan bakar untuk mendukung operasi militer mereka, sebagai senjata kendali, dan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi dari penggelapan keuntungan impor. Bahan bakar ini harus dipasok secara sah kepada rakyat Yaman,” katanya.

    Tim pertahanan sipil dan penyelamatan terus berupaya memadamkan api di pelabuhan dan menyelamatkan yang terluka setelah serangan.

    Presiden AS Donald Trump mengatakan bulan lalu bahwa ia telah memerintahkan “tindakan militer yang tegas dan kuat” terhadap kelompok Houthi dan kemudian mengancam akan “memusnahkan mereka sepenuhnya.”

    Kelompok Houthi telah menargetkan kapal-kapal yang melewati Laut Merah dan Laut Arab, Selat Bab al-Mandab, dan Teluk Aden sejak November 2023 sebagai bentuk solidaritas dengan warga Palestina di Jalur Gaza, tempat lebih dari 51.000 orang tewas dalam serangan brutal Israel selama lebih dari 18 bulan.

    Kelompok tersebut menghentikan serangan ketika gencatan senjata di Gaza diumumkan pada bulan Januari antara Israel dan kelompok perlawanan Palestina Hamas tetapi melanjutkannya setelah Israel memperbarui serangan udara di daerah kantong itu bulan lalu.

    Adapun Houthi sebelumnya mengumumkan kalau sembilan serangan udara AS menargetkan Kegubernuran Al Bayda di Yaman tengah dan Kegubernuran Sana’a di utara.

    Serangan udara ini merupakan bagian dari serangkaian serangan harian intensif yang dilancarkan oleh pesawat AS terhadap wilayah kekuasaan Houthi selama lebih dari sebulan.

    RUDAL HOUTHI YAMAN – Foto ini diambil dari Telegram Houthi pada Kamis (20/3/2025), memperlihatkan dua rudal hipersonik Palestine 2 diluncurkan ke dua target militer musuh Zionis di Jaffa yang diduduki pada 19 Desember 2024. Pada Selasa (19/3/2025), Houthi kembali meluncurkan rudal balistik Palestine 2 ke Jaffa. (Telegram Houthi)

    Israel Cegat Rudal dari Yaman

    Serangan AS ini tampaknya langsung dibalas Houthi dengan meluncurkan rudal mereka ke wilayah pendudukan Israel.

    Tentara Israel (IDF) pada Jumat (18/4/2025) pagi mengumumkan kalau mereka telah mencegat rudal yang ditembakkan dari Yaman setelah sirene serangan udara diaktifkan di sebagian besar wilayah Israel tengah.

    Serangan balasan Houthi langsung ke Israel ini kembali menjadi bukti lemahnya efektivitas bombardemen AS ke Yaman dalam melemahkan kelompok tersebut.

    Sebagai catatan, operasi pengeboman militer AS di Yaman telah menghabiskan biaya hampir 1 miliar dolar AS atau setara Rp 16,5 triliun dalam waktu kurang dari tiga minggu, menurut narasumber yang diwawancarai CNN. 

    Narasumber itu mengatakan, bombardemen AS ke Yaman tersebut hanya menyebabkan ‘dampak terbatas’ pada kemampuan Angkatan Bersenjata Yaman (YAF) yang dipimpin kelompok Ansarallah (Houthi).

    Diluncurkan pada 15 Maret, serangan-serangan AS ke Yaman tersebut mengandalkan amunisi presisi mahal seperti rudal Tomahawk, JASSM, JSOW, pesawat pengebom B-2 dari Diego Garcia, dan sejumlah kapal induk serta jet tempur tambahan. 

    Meski demikian, YAF terus mampu meluncurkan rudal balistik dan jelajah serta pesawat nirawak, termasuk menjatuhkan sedikitnya 17 pesawat nirawak canggih MQ-9 AS – yang masing-masing seharga 30 juta dolar AS.

    Pejabat Pentagon mengakui, meskipun beberapa lokasi militer dan kepemimpinan Yaman menjadi sasaran pengeboman, negara tersebut masih memiliki persediaan senjata yang signifikan dan bunker yang dibentengi. 

    Satu sumber mencatat kemampuan Yaman yang berkelanjutan untuk menyerang kapal-kapal di Laut Merah dan menghindari kerusakan.

    “Mereka (militer AS0 telah merebut beberapa lokasi, tetapi itu tidak memengaruhi kemampuan Houthi untuk terus menembaki kapal-kapal di Laut Merah atau menembak jatuh pesawat nirawak AS,” kata salah satu sumber yang diberi pengarahan tentang operasi tersebut. 

    “Sementara itu, kami sedang mempersiapkan diri—amunisi, bahan bakar, dan waktu pengerahan.”

    Angkatan bersenjata Yaman mulai menargetkan kapal-kapal yang terkait dengan Israel di Laut Merah pada November 2023 sebagai respons atas genosida Israel terhadap warga Palestina di Gaza.

    AS dan Inggris kemudian melancarkan operasi militer terhadap Yaman atas nama Israel.

    Biaya Operasi Militer Membengkak, Amunisi Menipis

    Biaya operasi yang tinggi telah menimbulkan kekhawatiran di Kongres AS. 

    Pentagon mungkin akan segera meminta dana tambahan untuk melanjutkan operasi tersebut.

    Perubahan dalam otorisasi serangan—beralih dari model era Biden yang mengharuskan persetujuan Gedung Putih—telah memberi para komandan lebih banyak fleksibilitas, yang menggemakan kebijakan dari masa jabatan pertama Donald Trump. 

    Penasihat Keamanan Nasional Mike Waltz merujuk pada pembunuhan seorang operator pesawat nirawak senior Yaman, yang menunjukkan pendekatan serangan yang lebih luas.

    Sementara itu, para pejabat di Komando Indo-Pasifik AS telah menyatakan kekhawatirannya atas menipisnya amunisi jarak jauh seperti JASSM, yang mereka anggap penting untuk potensi konflik di Pasifik, termasuk melawan Tiongkok.

    Seorang pejabat pertahanan menepis kekhawatiran ini, dan menekankan kesiapan dan ketepatan sasaran yang berkelanjutan.

    Operasi ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga serangan Yaman terhadap kapal-kapal yang terkait dengan Israel di Laut Merah berhenti.

    LEPAS LANDAS – Tangkap Layar Khaberni, Minggu (23/3/2025) yang menunjukkan jet tempur Amerika Serikat (AS) lepas landas dari Kapal Induk USS Harry S Truman yang berada di Laut Merah. AS dibantu Inggris, melancarkan serangan udara besar-besaran ke Yaman dengan dalih menghancurkan infrastruktur Houthi yang memblokade Laut Merah sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina atas agresi Israel. (khaberni/tangkap layar)

     

    (oln/khbrn/anews/*)

     
     

  • AS Vs China Makin Panas, Trump Naikkan Tarif untuk Kapal Made in China

    AS Vs China Makin Panas, Trump Naikkan Tarif untuk Kapal Made in China

    Jakarta, CNBC Indonesia – Amerika Serikat (AS) mengumumkan biaya pelabuhan baru untuk kapal-kapal yang dibangun dan dioperasikan oleh China dalam upaya untuk meningkatkan industri pembuatan kapal dalam negeri dan mengekang dominasi China di sektor tersebut.

    Melansir Reuters, perwakilan Dagang AS Jamieson Greer menjelaskan langkah tersebut berasal dari penyelidikan yang diluncurkan di bawah pemerintahan sebelumnya

    “Kapal dan pengiriman sangat penting bagi keamanan ekonomi Amerika dan arus perdagangan yang bebas,” Jamieson seperti dikutip Jumat (18/4/2025).

    Dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan tarif baru tersebut sebagian besar akan dimulai pada pertengahan Oktober. Berdasarkan aturan baru tersebut, biaya per kontainer akan berlaku untuk setiap pelayaran kapal yang terkait dengan China di AS, dan tidak di setiap pelabuhan seperti yang dikhawatirkan beberapa pihak di industri tersebut.

    Biaya tersebut akan dinilai hanya hingga lima kali per tahun dan dapat dibebaskan jika pemilik memesan kapal buatan AS.

    Industri pembuatan kapal AS yang mendominasi setelah Perang Dunia II, secara bertahap menurun dan kini hanya menyumbang 0,1 persen dari produksi global. Sektor ini kini didominasi oleh Asia, dengan China membangun hampir setengah dari semua kapal yang diluncurkan, mengungguli Korea Selatan dan Jepang.

    Menurut data PBB, ketiga negara Asia tersebut menyumbang lebih dari 95 persen pembuatan kapal sipil.

    Nantinya, akan ada biaya terpisah untuk kapal yang dioperasikan China dan kapal yang dibuat China, dan keduanya akan meningkat secara bertahap selama tahun-tahun berikutnya.

    Untuk kapal yang dibuat China, biayanya mulai dari US$18 per NT atau US$120 per kontainer. Artinya, kapal dengan 15.000 kontainer bisa dikenakan biaya sebesar US$1,8 juta.

    Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Lin Jian menjelaskan biaya tersebut menaikkan biaya pengiriman global, mengganggu stabilitas produksi global dan rantai pasokan.

    “Meningkatkan tekanan inflasi di Amerika Serikat, dan merugikan kepentingan konsumen dan bisnis Amerika. Pada akhirnya, biaya tersebut tidak akan berhasil merevitalisasi industri pembuatan kapal AS,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Lin Jian.

    Semua kapal pengangkut mobil yang dibuat di luar AS juga akan dikenakan biaya mulai 180 hari.

    (miq/miq)

  • Negosiasi Tarif RI-AS Beri Harapan Cerah, Ekonom: Langkah Bagus

    Negosiasi Tarif RI-AS Beri Harapan Cerah, Ekonom: Langkah Bagus

    Jakarta, Beritasatu.com – Delegasi Indonesia secara resmi melakukan negosiasi tarif pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk membahas kerja sama perdagangan strategis pada pekan ini.

    Indonesia menjadi negara keempat yang mendapat perhatian khusus dari AS, menyusul Vietnam, Jepang, dan Italia, sejak ketegangan dagang global mencuat pada Rabu (2/4/2025) lalu. Hal ini dinilai sebagai pertanda positif dari diplomasi ekonomi yang dijalankan oleh Indonesia.

    Kedua belah pihak sepakat menargetkan penyelesaian negosiasi tarif dalam waktu 60 hari, dengan fokus pada pembangunan rantai pasok yang tangguh, penguatan kemitraan industri, serta penyusunan peta jalan perdagangan yang saling menguntungkan.

    Ekonom dan dosen Binus University Doddy Ariefianto menilai langkah ini sebagai upaya positif dalam mewujudkan neraca perdagangan yang seimbang. Hal itu juga menjadi prasyarat agar AS bersedia menurunkan tarif dagangnya. Selain itu, hal ini membuka peluang bagi peningkatan hubungan ekonomi kedua negara secara signifikan.

    “Ini langkah yang bagus. Apalagi, kebijakan tarif yang digagas Trump lebih condong ke arah konflik ekonomi dengan China. Kita harus hati-hati dalam bersikap, jangan sampai terlalu condong ke satu pihak hingga dianggap lawan oleh pihak lain. Indonesia perlu menjaga keseimbangan,” ujar Doddy, Jumat (18/4/2025).

    Dalam proses negosiasi tatif, Indonesia menyatakan komitmennya untuk meningkatkan impor komoditas dari AS, seperti LPG, minyak mentah, gandum, kedelai, hingga barang modal—produk yang belum dapat diproduksi secara mencukupi di dalam negeri.

    Delegasi RI juga membuka peluang bagi ekspansi perusahaan-perusahaan AS di Indonesia, melalui percepatan izin usaha, pemberian insentif investasi, hingga kemudahan impor. Langkah ini menunjukkan keseriusan Indonesia dalam menjadi mitra dagang yang ramah bagi investor.

    Tak hanya soal perdagangan barang, kerja sama yang dibahas juga mencakup sektor mineral strategis, transformasi digital, hingga pengembangan sumber daya manusia dan teknologi.

    Doddy mengingatkan pentingnya strategi diplomasi yang seimbang, mengingat posisi Indonesia sebagai negara nonblok di tengah rivalitas dua kekuatan besar dunia.

    “Kalau dua gajah bertarung, kita bisa terinjak jika tak hati-hati. Ini situasi yang rumit, jadi perlu pendekatan bersamaan ke AS dan China,” jelasnya.

    Ia juga menyarankan agar Indonesia memainkan peran sebagai penggalang kekuatan netral di panggung global, termasuk mendorong dukungan terhadap WTO dan menyerukan deeskalasi konflik dagang.

    Adapun dalam tim negosiasi Indonesia, terdapat empat tokoh utama yang semuanya berlatar pendidikan AS, yakni Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Wharton School), Menlu Sugiono (Norwich University), Wamenkeu Thomas Djiwandono (Johns Hopkins), serta Wakil Ketua Dewan Energi Nasional Mari Elka Pangestu (PhD UC Davis).

    Mereka telah melakukan pertemuan untuk negosiasi tarif dengan sejumlah pejabat tinggi AS, seperti Menlu Marco Rubio, Mendag Howard Lutnick, dan USTR Jamieson Greer. Pada pertemuan selanjutnya, para delegasi RI ini akan bertemu Menteri Keuangan AS Scott Bessent.

  • Wah, Google Diduga Monopoli Pasar Iklan Teknologi Secara Ilegal

    Wah, Google Diduga Monopoli Pasar Iklan Teknologi Secara Ilegal

    Jakarta, CNBC Indonesia – Google diduga secara ilegal telah mendominasi pasar periklanan daring untuk teknologi. Mengutip Reuters, Hakim Pengadilan Distrik AS, Leonie Brinkema mengatakan Google bertanggung jawab atas monopoli di pasar untuk server iklan penerbit dan pasar untuk bursa iklan yang berada di antara pembeli dan penjual.

    Ini adalah putusan pengadilan kedua yang menyatakan Google memegang monopoli ilegal, menyusul putusan serupa dalam kasus pencarian daring. Server iklan penerbit adalah platform yang digunakan oleh situs web untuk menyimpan dan mengelola inventaris iklan digital mereka.

    Brinkema menjelaskan bersama dengan bursa iklan, teknologi ini memungkinkan penerbit berita dan penyedia konten daring lainnya menghasilkan uang dengan menjual iklan. Dana tersebut adalah “urat nadi” internet.

    “Selain merampas kemampuan pesaing untuk bersaing, tindakan pengecualian ini secara substansial merugikan pelanggan penerbit Google, proses persaingan, dan, pada akhirnya, konsumen informasi di web terbuka,”ujar Brinkema dalam Reuters, dikutip Jumat (18/4/2025).

    Namun, penegak antimonopoli gagal membuktikan klaim terpisah bahwa perusahaan tersebut memiliki monopoli dalam jaringan iklan pengiklan.

    Jaksa Agung AS Pamela Bondi menyebut putusan tersebut sebagai kemenangan bersejarah dalam perjuangan yang sedang berlangsung untuk menghentikan Google memonopoli ruang publik digital.

    “Departemen Kehakiman akan terus mengambil tindakan hukum yang berani untuk melindungi rakyat Amerika dari pelanggaran kebebasan berbicara dan pasar bebas oleh perusahaan teknologi,” ujar Bondi.

    Salah satu petinggi Google, Lee-Anne Mulholland, mengatakan Google akan mengajukan banding atas putusan tersebut.

    “Kami memenangkan separuh dari kasus ini dan kami akan mengajukan banding atas separuh lainnya,” ujar Mullholland.

    (miq/miq)

  • Negosiasi Delegasi RI dan AS tunjukkan sinyal positif, Ekonom: Langkah bagus

    Negosiasi Delegasi RI dan AS tunjukkan sinyal positif, Ekonom: Langkah bagus

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    Negosiasi Delegasi RI dan AS tunjukkan sinyal positif, Ekonom: Langkah bagus
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 18 April 2025 – 16:45 WIB

    Elshinta.com – Pekan ini delegasi pemerintah Indonesia diterima secara resmi untuk merundingkan kerjasama dagang strategis dengan Amerika Serikat — menjadikan Indonesia negara keempat setelah Vietnam, Jepang, dan Italia yang diberikan keistimewaan setelah perang dagang dimulai 2 April lalu. Hal ini dinilai sinyal positif dari negosiasi yang dilakukan delegasi Indonesia.

    Hasilnya, kedua negara sepakat untuk menyelesaikan negosiasi dalam waktu 60 hari, dengan ruang lingkup yang telah jelas, yaitu membangun koridor rantai pasok dengan resiliensi tinggi, memperkuat kemitraan industri, serta merumuskan peta jalan perdagangan yang saling menguntungkan.

    Pengamat Ekonomi-Perbankan dan Dosen Binus University Doddy Ariefianto menilai progres dari langkah pemerintah ini positif untuk menciptakan neraca perdagangan yang seimbang sebagai syarat utama AS untuk menurunkan tarif sekaligus juga membuka peluang untuk melipatgandakan hubungan dagang Indonesia dengan AS.

    “Ini langkah bagus. Kebijakan tarif Trump itu semakin terlihat mengarah ke perang ekonomi China vs AS. Sehingga kita juga harus ingat kalau terlalu dekat sama yang satu, yang lain akan anggap kita sebagai musuh. Kita harus bisa balance,” ujar dia kepada wartawan, Jumat (18/4).

    Pemerintah menyatakan Indonesia akan meningkatkan pembelian LPG, minyak mentah, bensin, gandum, kedelai, pakan ternak, dan barang modal dari AS — produk-produk yang memang tidak dapat diproduksi cukup di dalam negeri.

    Para negosiator Indonesia juga membuka ruang luas bagi perusahaan-perusahaan AS untuk berkembang di Tanah Air. Melalui percepatan perizinan, pemberian insentif investasi, dan kemudahan prosedur impor, Indonesia menunjukkan keseriusan dalam menjadi mitra dagang yang ramah investasi.

    Tak hanya soal perdagangan barang, kerja sama bilateral ini juga merambah sektor critical minerals, ekonomi digital, hingga pengembangan SDM dan teknologi. 

    Doddy mengingatkan dengan demikian diperlukan pendekatan simultan ke AS dan China, agar Indonesia sebagai negara nonblok tidak terhimpit di tengah-tengah pihak yang berseteru.

    “Gajah sama gajah berantem, kalau nggak hati-hati kita bisa keinjak-injak di tengah. Delicate situation; perlu approach simultan ke AS dan China,” ucapnya.

    “Kita negara besar mestinya bisa menggalang kekuatan yang netral bersama-sama negara lain.  Indonesia bisa galang negara-negaralain untuk support WTO; suarakan keprihatinan dan dorong deeskalasi,” lanjutnya.

    Asal tahu saja, di balik negosiasi Indonesia ke AS ini ada empat tokoh negosiator utama dari Indonesia: Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menlu Sugiono, Wamen Keuangan Thomas Djiwandono, dan Wakil Ketua Dewan Energi Nasional Mari Elka Pangestu. 

    Yang menarik, empat orang ini adalah produk pendidikan Amerika. Airlangga pernah bersekolah di Wharton School. Sugiono adalah lulusan Norwich University. Thomas lulusan John Hopkins; sedangkan Mari Elka lulusan PhD dari UC Davis.

    Mereka telah melakukan pembicaraan langsung dengan para pengambil keputusan ekonomi AS: Marco Rubio (Menteri Luar Negeri), Howard Lutnick (Menteri Perdagangan), dan Jamieson Greer (U.S. Trade Representative). Besok mereka akan bertemu Scott Bessent (Menteri Keuangan).

    Sumber : Elshinta.Com

  • AS Minta RI Longgarkan Kebijakan TKDN buat Bikin Data Center

    AS Minta RI Longgarkan Kebijakan TKDN buat Bikin Data Center

    Jakarta

    Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pelonggaran kewajiban tingkat komponen dalam negeri (TKDN) menjadi salah satu hal yang diusulkan Indonesia dalam negosiasi tarif tinggi Amerika Serikat (AS).

    Airlangga bilang Amerika memang punya permintaan untuk memberikan kelonggaran TKDN untuk produk tertentu yang sifatnya tidak ekspor impor, misalnya saja pembangunan data center di Indonesia.

    “Tentu dari Amerika ada permintaan dari produk tertentu yang secara nature dan business practices bukan sifatnya ekspor impor, misalnya data center. Kami sedang perbaiki dan dibuat rekomendasinya,” sebut Airlangga dalam konferensi pers virtual, Jumat (18/4/2025).

    Namun Indonesia sendiri memang berencana untuk mengevaluasi kebijakan TKDN. Artinya, pelonggaran kebijakan TKDN memang tidak dikhususkan hanya untuk produk dari AS yang diimpor di Indonesia saja.

    Presiden Prabowo Subianto sendiri saat ini memang berencana untuk mengubah kebijakan TKDN yang awalnya berupa kewajiban menjadi insentif. Bagi pelaku usaha yang produknya memiliki tingkatan barang dari dalam negeri besar akan mendapatkan insentif.

    Hal ini akan menjadi pembahasan utama dari tim deregulasi kebijakan bisnis. Pemerintah akan membuat daya saing ekonomi Indonesia meningkat dengan memberikan kemudahan usah adan menghapus kebijakan yang menghambat sektor usaha.

    “Permintaan presiden buat ini (TKDN) sifatnya berbasis inovasi insentif, akan dibahas tim deregulasi yang akan dibentuk,” sebut Airlangga.

    (fdl/fdl)