Negara: Amerika Serikat

  • Spanyol Akhiri Kesepakatan Bernilai Jutaan Dolar dengan Elbit Systems, Produsen Senjata Israel – Halaman all

    Spanyol Akhiri Kesepakatan Bernilai Jutaan Dolar dengan Elbit Systems, Produsen Senjata Israel – Halaman all

    Spanyol Akhiri Kesepakatan Bernilai Jutaan Dolar dengan Produsen Senjata Israel

    TRIBUNNEWS.COM- Pemerintah Spanyol memerintahkan penghentian segera kontrak senilai 7,5 juta dolar untuk membeli amunisi dari sebuah perusahaan yang memiliki hubungan langsung dengan pembuat senjata Israel Elbit Systems pada tanggal 24 April. 

    Perdana Menteri Pedro Sanchez membatalkan kesepakatan setelah Sumar, sekelompok partai sayap kiri, mengancam akan meninggalkan koalisi pemerintahan.

    “Setelah menghabiskan semua jalur negosiasi, perdana menteri, wakil perdana menteri, dan kementerian yang terlibat telah memutuskan untuk membatalkan kontrak ini,” kata seorang sumber pemerintah kepada Al Jazeera .

    Awal minggu ini, Menteri Dalam Negeri Fernando Grande-Marlaska meresmikan kontrak dengan perusahaan milik Israel Guardian Homeland Security SA untuk lebih dari 15 juta butir amunisi, yang menyebabkan kehebohan di Istana Moncloa mengingat janji Sanchez pada Februari 2024 untuk tidak membeli senjata dari Israel terkait genosida Gaza.

    Media Spanyol melaporkan bahwa pihak berwenang menekankan komitmen partai-partai pemerintah koalisi progresif (PSOE dan Sumar) “terhadap perjuangan Palestina dan perdamaian di Timur Tengah.” 

    Mereka juga mencatat bahwa sejak kampanye pembersihan etnis yang didukung AS dimulai di Gaza pada Oktober 2023, Spanyol belum membeli atau menjual senjata ke perusahaan-perusahaan Israel, “dan tidak akan melakukannya di masa mendatang.”

    Namun, terlepas dari klaim dari Istana Moncloa, pada bulan Februari, Progressive International (PI), Gerakan Pemuda Palestina, dan Komite Layanan Sahabat Amerika mengungkapkan bahwa lebih dari 60.000 bagian senjata telah diangkut ke Israel melalui bandara Zaragoza di Spanyol utara sejak Oktober 2023.

    “Bukti menunjukkan bahwa penerbangan ini masih berlanjut hingga hari ini,” kata penyidik ​​kepada elDiario.es , seraya menambahkan bahwa pengiriman tersebut meliputi “suku cadang dan aksesori untuk artileri, senapan, peluncur roket/granat, dan senapan mesin” serta “suku cadang dan aksesori untuk revolver dan pistol.”

    Pada bulan Desember, The Intercept mengungkap bahwa Washington mengirim lebih dari seribu ton amunisi ke Israel melalui kapal yang berlabuh di pangkalan angkatan laut AS di Spanyol, meskipun ada embargo Madrid terhadap kapal yang membawa kargo militer menuju Israel.

    “Pengiriman material militer melalui pangkalan militer Amerika di Spanyol, yang mungkin digunakan dalam melakukan kejahatan internasional, lebih sulit dideteksi,” kata anggota parlemen Spanyol Enrique Santiago kepada media yang berkantor pusat di New York tersebut.

    Spanyol batalkan kesepakatan senjata senilai $7,5 juta (Rp 126 Miliar) dengan Israel

    Spanyol telah membatalkan kontrak senilai €6,6 juta ($7,5 juta) untuk jutaan peluru dari produsen senjata Israel, IMI Systems, menyusul reaksi keras dari anggota junior koalisi pemerintahan yang mengutuk kesepakatan itu sebagai pelanggaran terhadap sikap pro-Palestina negara itu dan perjanjian koalisi.

    Menurut Guardian, Perdana Menteri Pedro Sánchez mempertanyakan apakah tindakan militer Israel sesuai dengan hukum humaniter internasional, dan menggambarkan meningkatnya jumlah korban tewas Palestina sebagai “sungguh tak tertahankan”.

    Pemerintahannya juga secara resmi mengakui Negara Palestina dan berjanji tidak akan terlibat dalam perdagangan senjata dengan Israel sejak perang di Gaza dimulai pada 7 Oktober 2023.

    Meskipun demikian, Kementerian Dalam Negeri Spanyol telah mendorong untuk melanjutkan pembelian 15,3 juta butir amunisi 9 mm untuk Guardia Civil, dengan mengklaim bahwa kontrak tersebut terlalu maju dan mahal untuk dibatalkan, dan penting untuk operasi penegakan hukum.

    Keputusan ini memicu kemarahan dari koalisi sayap kiri Sumar, yang dipimpin oleh Menteri Tenaga Kerja, Yolanda Díaz, dengan para anggotanya mengecam kesepakatan apa pun dengan “negara genosida”.

    Kontroversi tersebut meningkatkan ketegangan yang ada antara Partai Sosialis Sánchez dan Sumar, yang juga menentang usulan pemerintah untuk menambah anggaran militer sebesar €10,5 miliar guna memenuhi kewajiban NATO.

    Pada hari Kamis, kantor pemerintah yang mewakili Sánchez dan Díaz mengumumkan bahwa kontrak akan dihentikan dan izin impor akan ditolak. Pemerintah mengutip kegagalan total dalam negosiasi dan menyatakan bahwa mereka sekarang sedang mencari penasihat hukum untuk masalah tersebut.

    “Partai-partai yang membentuk pemerintahan koalisi progresif berkomitmen kuat terhadap perjuangan Palestina dan perdamaian di Timur Tengah,” kata sumber-sumber pemerintah. “Itulah sebabnya Spanyol tidak akan membeli senjata dari, atau menjual senjata kepada, perusahaan-perusahaan Israel.”

    SUMBER: THE CRADLE, MIDDLE EAST MONITOR

  • Taktik China Gagalkan Apple Pindah Pabrik iPhone

    Taktik China Gagalkan Apple Pindah Pabrik iPhone

    Jakarta, CNBC Indonesia – Beberapa tahun terakhir Apple tengah berupaya untuk memindahkan produksi mereka dari China ke negara lain seperti India.

    Namun, upaya untuk mengalihkan sebagian besar lini produksi iPhone tersebut tampaknya menghadapi tantangan baru.

    Pemerintah China diduga menerapkan strategi non formal untuk menghambat pergeseran ini dengan menunda, bahkan menolak, ekspor peralatan penting yang dibutuhkan untuk mendukung proses manufaktur di India.

    Mengutip laporan The Information, sejumlah otoritas China dilaporkan mulai mempersulit proses persetujuan ekspor bagi peralatan yang dibutuhkan Apple dan mitra-mitra produksinya.

    Salah satu kasus yang diungkap adalah penolakan izin pengiriman peralatan penting dari salah satu pemasok China yang terlibat dalam uji coba produksi iPhone 17.

    Untuk mengatasi hambatan tersebut, perusahaan terkait dilaporkan harus memutar jalur pengiriman melalui perusahaan perantara di Asia Tenggara sebelum akhirnya sampai di fasilitas Foxconn India, mitra utama produksi Apple.

    Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa proses persetujuan ekspor yang sebelumnya hanya memakan waktu beberapa minggu kini dapat memakan waktu hingga empat bulan. Dalam beberapa kasus, permohonan ekspor bahkan ditolak tanpa penjelasan.

    Langkah ini dinilai sebagai bagian dari strategi terselubung pemerintah China untuk mempertahankan dominasi dalam rantai pasok global, khususnya pada sektor teknologi tinggi.

    Apple saat ini tengah mempercepat diversifikasi produksi dengan memperluas operasi manufakturnya di India, sebagai respons terhadap risiko geopolitik serta perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

    Saat ini, sekitar 20% dari total produksi iPhone telah dilakukan di India, dan Apple menargetkan peningkatan hingga 50% dalam beberapa tahun ke depan.

    Strategi tersebut didorong oleh berbagai masalah geopolitik, mitigasi risiko rantai pasokan, dan insentif dari negara-negara seperti India yang ingin meningkatkan produksi dalam negeri.

    Namun, taktik yang dilakukan otoritas China ini berpotensi menghambat pencapaian target tersebut.

    (wia)

  • Gempa M 6,3 Guncang Ekuador

    Gempa M 6,3 Guncang Ekuador

    Jakarta

    Gempa magnitudo (M) 6,3 mengguncang Ekuador. Gempa terjadi pada pagi waktu setempat.

    Dilansir AFP, Jumat (25/4/2025), Survei Geologi Amerika Serikat(USGS), mencatat gempa M 6,3 mengguncang Ekuador barat laut.

    Gempa tersebut mengguncang provinsi perbatasan Esmeraldas pada kedalaman 35 Km (22 mil) sekitar pukul 06.45 waktu setempat.

    Getaran gempa terasa hingga ibu kota Quito. Belum diketahui apakah ada korban jiwa atau kerusakan.

    (rfs/dek)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Warga AS Ramai-ramai Serbu Produk China, Tarif Trump Sia-sia

    Warga AS Ramai-ramai Serbu Produk China, Tarif Trump Sia-sia

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Muncul fenomena baru yang menunjukkan solidaritas warga Amerika Serikat (AS) ke pedagang ritel China, menyusul perang dagang yang sengit antara AS dan China.

    Para pedagang China beramai-ramai mempromosikan produk-produk mewah dengan harga miring. Mereka membanjiri TikTok dan media sosial lainnya untuk menyasar pembeli dari AS.

    Para pedagang China mengklaim warga AS bisa membeli legging dan tas mewah yang mirip produk bermerek Lululemon, Hermes, dan Birkenstock, tetapi dengan harga lebih murah.

    Mereka mengklaim merek-merek mewah tersebut diproduksi di pabrik-pabrik China yang sama dengan barang yang mereka jajakan di media sosial.

    Influencer AS turut mempromosikan video-video dari pedagang China. Hal ini mendorong jumlah download aplikasi e-commerce China seperti DHGate dan Taobao di AS.

    Warga AS mewaspadai harga-harga barang yang melonjak tinggi akibat tarif Trump ke barang impor China dengan duluan membeli barang-barang tersebut via e-commerce China.

    Alhasil, DHGate langsung masuk jejeran ‘Top 10’ aplikasi paling banyak di-download di toko aplikasi Apple dan Google sepanjang pekan lalu.

    Video-video dari para pedagang China mendulang popularitas di TikTok dan Instagram. Mereka menghimpun jutaan view dan ribuan like. Unggahan-unggahan itu berhasil mendorong simpati warga AS terhadap China di tengah perang dagang yang dilancarkan Presiden AS Donald Trump.

    Trump memberlakukan tarif resiprokal sebesar 145% untuk barang-barang impor dari China yang masuk ke AS. China balas dendam dengan menetapkan tarif 125% untuk barang-barang impor AS yang dijual ke negaranya.

    “Trump menginjak-injak negara yang salah. China menang dalam perang ini,” kata salah satu netizen AS, dikutip dari The Economic Times, Jumat (25/4/2025).

    Media sosial menjadi jalur komunikasi langsung antara pemilik pabrik dan pedagang China dengan konsumen AS. Warga AS ramai menunjukkan protes terhadap keputusan pemerintahan Trump, sama seperti aksi penolakan saat TikTok hendak diblokir di AS.

    “Fenomena ini mengaktivasi pandangan politik warga AS, sama seperti yang terjadi saat TikTok hendak diblokir. Saat ini konteksnya adalah tarif dan hubungan kedua negara secara umum,” kata Matt Pearl, direktur yang fokus pada isu teknologi di Center for Strategic and International Studies.

    “Hal ini menunjukkan kemampuan komunikasi antara pedagang China dan konsumen AS, sekaligus memperlihatkan ketergantungan AS dengan barang-barang asal China,” kata dia.

    Jumlah video yang mendorong warga AS membeli langsung produk dari pabrik China meningkat 250% sepanjang pekan hingga 13 April 2025, menurut analis Graphika, Margot Hardy.

    Di TikTok, tagar #ChineseFactory (pabrik China) menghimpun 29.500 unggahan per 23 April 2025. Di Instagram, jumlahnya mencapai 27.300.

    Pakar ritel dan vendor di China mengatakan tidak mungkin video viral yang mengklaim sebagai produsen merek seperti Lululemon dan Hermes, menjual produk asli dari merek tersebut.

    Pasalnya, pabrik-pabrik merek mewah tersebut biasanya telah menandatangani perjanjian kerahasiaan yang ketat dan tidak mungkin menghancurkan hubungan jangka panjang mereka dengan merek-merek besar sebagai imbalan atas penjualan langsung beberapa barang, kata Sucharita Kodali, analis ritel di Forrester.

    Kodali berasumsi viralnya video-video dari produsen China di media sosial sepertinya diizinkan oleh pemerintah China.

    “Kepentingan Lululemon atau Chanel saat ini di China mungkin berada di urutan ke-100 dalam daftar hal-hal yang menjadi perhatian menteri perdagangan dan pejabat China di sana,” kata Kodali.

    Para produsen mungkin juga sedang terburu-buru untuk menutup penjualan sebelum tarif baru pada tanggal 2 Mei 2025 mendatang.

    Warga AS Jadi Mitra Afiliasi Ecommerce China

    Elizabeth Henzie, 23, dari Mooresville, North Carolina, mengatakan bahwa ia merasa biaya produksi dan harga eceran yang dijelaskan dalam video tersebut sangat mengejutkan.

    Ia membuat sheet khusus berisi pabrik-pabrik yang mengklaim menjual tiruan sneaker, tas mewah, dan lainnya, dan menautkannya di profil TikTok miliknya. Postingan tersebut telah menarik lebih dari 1 juta penayangan.

    Henzie kini bekerja sebagai mitra afiliasi untuk DHGate. Ia akan menerima produk gratis dari perusahaan tersebut untuk video ulasan dan komisi jika orang melakukan pembelian melalui tautannya. Ia yakin orang-orang di China pada dasarnya berusaha membantu warga AS.

    “Melihat banyak negara yang bersatu untuk mencoba membantu konsumen AS telah menggenjot moral saya,” kata Henzie.

    “Meski kondisi di AS saat ini buruk, menurut saya hal ini mendorong warga untuk lebih solid,” ia menjelaskan.

    TikTok yang dimiliki ByteDance asal China mengatakan telah menghapus beberapa video viral yang mempromosikan barang-barang mewah asal China. Menurut platform, beberapa video tersebut menyalahi kebijakan perusahaan dengan mempromosikan produk palsu.

    Namun, banyak yang mengunggah ulang video-video tersebut. Bahkan banyak video lawas tentang manufaktur China yang tersebar di linimasa media sosial di tengah isu tarif yang kontroversial.

    TikTok menolak berkomentar lebih lanjut. Instagram yang dimiliki Meta juga menolak berkomentar terkait video viral dari China.

    Pedagang China Berdarah-darah

    Para pedagang China mengatakan mereka mengunggah video-video tersebut saat penjualan anjlok. Yu Qiule, 36, pemilik pabrik di Shandong yang memproduksi peralatan fitness, mengatakan ia mulai mengunggah video di TikTok sejak pertengahan Maret 2025.

    Tujuannya adalah mencari konsumen lebih banyak setelah isu tarif menyebabkan gelombang pembatalan pesanan ke pabriknya.

    Louis Lv, general manager untuk ekspor di Hongye Jewelry Factory di Yiwu, Zhejiang, mengatakan perusahaannya mulai mengunggah di TikTok sejak akhir 2024. Kala itu, penjualan domestik mulai menunjukkan penurunan.

    Namun, video-videonya mulai banyak ditonton sejak pemerintahan Trump mengumumkan kebijakan tarif ke produk-produk impor China.

    “Filosofi pebisnis China adalah kami akan pergi ke manapun bisnis berada,” kata dia.

    Hermes Buka Suara

    Salah satu video viral di TikTok menunjukkan seorang pria yang memegang tas mirip Hermes Birkin. Ia mengklaim harga produksi tas mewah tersebut kurang dari US$1.400. Namun, Hermes menjualnya seharga US$38.000.

    Video itu sudah dihapus dari TikTok, tetapi banyak yang mengunggahnya kembali. Pria tersebut mengklaim pabrik di China menggunakan kulit dan hardware serupa Hermes Birkin. Bedanya, tak ada logo Hermes yang terpasang. Tas itu ditawarkan seharga US$1.000.

    Juru bicara Hermes mengatakan tas-tas mereka diproduksi 100% di Prancis dan menolak berkomentar lebih lanjut.

    Juru bicara Birkenstock juga menanggapi video-video yang menunjukkan produk tiruan perusahaannya. Birkenstock mengatakan produknya dirancang dan diproduksi di Uni Eropa. Perusahaan telah menghubungi TikTok dan video tersebut dihapus pada 15 April 2025.

    Lululemon yang juga menjadi target video viral TikTok dari manufaktur China turut angkat bicara. Manufaktur China mengklaim menjual legging serupa Lululemon dengan harga US$5.

    Lululemon telah menghubungi TikTok untuk menghapus konten tersebut. Lululemon juga menegaskan pihaknya tidak bekerja dengan pabrik-pabrik yang mengunggah video viral di TikTok. Perusahaan mewanti-wanti agar konsumen tak terkecoh dengan produk dan informasi palsu.

    (fab/fab)

  • Fenomena Bulan Tersenyum di Indonesia Tak Terlihat di Indonesia, Apa Alasannya? – Page 3

    Fenomena Bulan Tersenyum di Indonesia Tak Terlihat di Indonesia, Apa Alasannya? – Page 3

    Hal ini karena Venus dan Saturnus berada terlalu jauh di atas bulan sabit, sehingga tidak membentuk susunan dua mata dan senyuman secara visual.

    “Di Indonesia, posisi Venus dan Saturnus jauh di atas bulan sabit, jadi sama sekali tidak menampakkan gambaran wajar tersenyum,” ujarnya.

    Fenomena smiley face atau Smile Moon sendiri terlihat lebih sempurna dari wilayah Brazil dan sekitarnya. Dari sana, posisi Venus dan Saturnus relatif lebih dekat dengan bulan sabit, sehingga membentuk visual wajah tersenyum yang khas dan menggemaskan.

    Sementara itu, bagi wilayah Eropa dan Amerika, fenomena ini memang bisa diamati pada 25 April, sesuai dengan letak geografis dan waktu terbit ketiga objek langit tersebut di langit pagi hari mereka.

    Dengan demikian, Thomas mengimbau masyarakat untuk lebih memahami konteks astronomi dan lokasi geografis saat menyebarkan informasi seputar fenomena langit agar tidak menimbulkan kebingungan publik.

    “Fenomena langit memang indah dan menarik, tapi sangat penting untuk memahami konteks ilmiahnya agar tidak salah persepsi,” tutupnya.

  • Pengusaha Logistik RI Tak Khawatir Tarif Trump, Malah Kedapatan Cuan Ini

    Pengusaha Logistik RI Tak Khawatir Tarif Trump, Malah Kedapatan Cuan Ini

    Jakarta

    Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) menilai kebijakan tarif resiprokal Presiden AS Donald Trump dapat menjadi peluang tersendiri bagi para pengusaha logistik Tanah Air. Sebab dengan adanya kebijakan tarif ini, volume pengiriman barang yang masuk ke Indonesia dapat meningkatkan cukup tinggi.

    Ketua Umum DPP ALFI, Akbar Djohan, mengatakan peningkatan volume ini terjadi berkat adanya sejumlah negara yang turut dikenakan tarif resiprokal Trump akan mencari mitra dagang lain. Dengan begitu mereka dapat mengalihkan komoditas yang awalnya ditujukan untuk diekspor ke AS menuju mitra dagang baru, yang salah satunya adalah Indonesia.

    “Kita belum mengukur angkanya, tetapi dampak itu punya dampak plus dan minus. Di satu sisi tentu peningkatan volume internasional tentu akan tumbuh,” kata Akbar dalam seminar di Menara Kadin Jakarta, Jumat (25/4/2025).

    “Karena secara langsung komoditi yang tadinya dialokasikan untuk ke Amerika itu tentu akan mencari pasar baru. Pasar barunya adalah salah satu negara kita di Indonesia. Justru ini akan meningkatkan volume,” terangnya lagi.

    Namun menurutnya yang saat ini menjadi tantangan terbesar pengusaha logistik Tanah Air saat ini adalah bagaimana cara memanfaatkan kenaikan volume barang yang masuk ke RI untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

    “Namun di sini tantangannya bagaimana volume yang tumbuh ini, ini kita grab dan kita berikan pelayanan yang maksimal. Tentu dengan kepastian regulasi, tidak ada overlapping, kita kasih karpet merah sebagai industri-industri yang akan tumbuh di Indonesia itu menjadi PR sebenarnya.” jelas Akbar.

    Karena hal inilah menurutnya pengusaha yang bergerak di bidang logistik tidak perlu merasa takut akan dampak perang dagang imbas tarif Trump. Malah mereka diramal akan mendapatkan keuntungan lebih dari peningkatan volume barang yang masuk ke RI tadi.

    “Jadi kita nggak usah terlalu khawatir, kita nggak usah terlalu takut seperti yang disampaikan oleh banyak pemimpin kita,” tegasnya.

    Namun di sisi lain, menurutnya yang perlu jadi perhatian dari imbas tarif Trump ini adalah kenaikan nilai tukar rupiah terhadap dolar yang saat ini sudah mencapai Rp 16.800. Sebab dengan adanya kenaikan nilai tukar ini, biaya logistik barang dapat ikut meningkatkan.

    “Kalau logistik itu memang sangat rentan, global supply chain apapun itu, terutama daripada indeks currency rate. Tetapi kita punya keyakinan prinsip ship follow the goods,” ucap Akbar.

    “Kenapa dolar AS sekarang sudah hampir mencapai 17 ribu. Itu di luar kontrol kita, yang ada di depan mata bagaimana kita melakukan suatu efisiensi yang masif sehingga menimbulkan produktivitas yang tinggi,” sambungnya lagi.

    (igo/fdl)

  • Reels Instagram Kini Bisa Diunduh! Ini Syarat dan Batasannya

    Reels Instagram Kini Bisa Diunduh! Ini Syarat dan Batasannya

    JAKARTA – Instagram akhirnya menghadirkan fitur yang sudah lama dinantikan banyak pengguna: kemampuan untuk mengunduh Reels secara langsung ke ponsel. Namun, jangan terlalu bersemangat, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui. Fitur ini saat ini baru tersedia di Amerika Serikat, dan belum ada kepastian kapan akan diluncurkan secara global.

    Selama ini, mengunduh foto atau video dari Instagram secara resmi memang nyaris mustahil. Entah karena alasan hak cipta atau strategi agar pengguna tetap berada di dalam aplikasi, Instagram tampaknya cukup ketat soal ini. Tapi kini, sikap itu berubah—setidaknya untuk Reels.

    Melalui unggahan dari Kepala Instagram, Adam Mosseri, dijelaskan bahwa fitur baru ini sudah mulai digulirkan ke pengguna di AS. Untuk mengunduh, pengguna cukup menekan ikon Share di Reels yang diinginkan, lalu memilih opsi Download. Video hasil unduhan akan langsung tersimpan di galeri ponsel.

    Namun seperti biasa, ada sejumlah batasan yang menyertainya. Reels dari akun privat tidak bisa diunduh, dan tidak semua Reels dari akun publik pun bisa didownload. Instagram memberikan kebebasan kepada kreator untuk menentukan apakah mereka mengizinkan kontennya diunduh atau tidak. Selain itu, semua video yang diunduh akan disertai watermark berupa logo Instagram dan nama akun kreator.

    Fitur ini sebenarnya bukan hal baru di ranah media sosial. TikTok, sebagai rival utama Instagram, telah lama menawarkan fitur unduh video langsung dari aplikasinya. Langkah Instagram ini bisa jadi merupakan upaya menyaingi dominasi TikTok yang unggul dalam distribusi konten video pendek.

    Tak hanya itu, peluncuran fitur unduh Reels ini juga hadir berbarengan dengan peluncuran aplikasi pengedit video baru dari Instagram bernama Edits. Aplikasi ini diklaim menyediakan fitur pengeditan yang lebih canggih dibandingkan editor bawaan di aplikasi Instagram. Menariknya, aplikasi Edits juga sudah dibekali teknologi AI, memberi pengguna keleluasaan lebih dalam berkreasi.

    Beberapa pihak berspekulasi bahwa Instagram mungkin akan memberikan jangkauan lebih luas pada video yang diedit menggunakan Edits, sebagai cara halus untuk mendorong pengguna berpindah dari aplikasi pihak ketiga seperti CapCut ke ekosistem buatan Meta sendiri.

    Meski saat ini fitur unduhan Reels baru menyapa pengguna di Amerika Serikat, banyak yang optimis bahwa pengguna di negara lain, termasuk Indonesia, tak perlu menunggu terlalu lama untuk menikmati fitur ini. Siap-siap saja, karena cara kamu menyimpan dan membagikan konten dari Instagram akan berubah total!

  • Industri Otomotif Dapat ‘Serangan’ Bertubi-tubi, Butuh Stimulus Lagi?

    Industri Otomotif Dapat ‘Serangan’ Bertubi-tubi, Butuh Stimulus Lagi?

    Jakarta

    Penjualan otomotif di awal tahun mengalami penurunan. Industri otomotif seakan mendapat serangan bertubi-tubi mulai dari daya beli masyarakat yang melemah hingga kenaikan pajak.

    Dalam data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari-Maret 2025, industri otomotif Indonesia mendistribusikan mobil sebanyak 205.160 unit. Angka itu turun 4,7 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra mengatakan tahun 2025 memang menantang buat industri otomotif. Mulai dari kondisi ekonomi hingga kebijakan perpajakan dinilai membuat daya beli masyarakat menurun.

    “Kalau berbicara kondisi ekonomi yang pertama, kita lihat ekonomi situasinya seperti sekarang ini. Tidak hanya otomotif, tetapi beberapa industri lain mungkin juga agak-agak mirip,” kata Donny saat ditemui di Karawang, Jawa Barat.

    “Selanjutnya berkaitan dengan regulasi adanya PPN 12 persen untuk kendaraan penumpang, lalu beberapa daerah juga terapkan opsen yang terjadi adalah itu. Sehingga banyak konsumen yang melakukan percepatan (pembelian) bulan Desember. Makanya Januari itu agak turun, walaupun kebanyakan daerah juga sudah melakukan insentif dan pemberlakuan mundur dari tanggal 5 Januari, tetapi ini juga tetap mengeskalasi pembelian pada bulan Desember. Membuat Januari tidak seperti biasanya,” sambungnya.

    Apakah perlu adanya stimulus tambahan? Kata Donny, sejatinya pemerintah sudah memberikan stimulus untuk industri otomotif, berupa potongan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk mobil hybrid.

    “Bila ada stimulus-stimulus lain berkaitan dengan pasar, ya monggo silakan. Bisa didiskusikan kepada kami di Gaikindo atau ada ide-ide baru dari rekan-rekan pemerintah serta regulator, kami terbuka untuk itu. Butuh atau tidak, ya jelasnya adanya regulasi ini sangat membantu untuk mendorong (pasar). Makanya tadi itu salah satu di antara tiga, adanya regulasi, kemudian effort dari masing-masing pabrikan, akan sangat membantu,” kata Donny.

    Dampak Perang Dagang Donald Trump

    Perang dagang Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Donald Trump dikhawatirkan akan mempengaruhi industri otomotif. Namun, Donny menekankan pihaknya saat ini masih dalam posisi melihat dan menunggu dampaknya.

    “Apabila ada dampak secara makro terhadap perang dagang ini sehingga mempengaruhi ekonomi dan biaya produksi, tentunya akan berdampak terhadap pasar. Sampai dengan saat ini kami tidak melakukan ekspor ke Amerika Serikat. Kami ekspor ke Amerika Latin seperti Meksiko dan kawan-kawan untuk XL7, Ertiga, dan Carry,” ujar Donny.

    (rgr/dry)

  • Berjuang Lunakkan Trump, Trio Utusan Prabowo Bertemu Menkeu AS

    Berjuang Lunakkan Trump, Trio Utusan Prabowo Bertemu Menkeu AS

    Foto Bisnis

    Dok. Instagram @smindrawati – detikFinance

    Jumat, 25 Apr 2025 18:30 WIB

    Amerika Serikat – Presiden Prabowo Subianto mengutus tiga perwakilan RI untuk negosiasi tarif Trump. Ketiga perwakilan tersebut bertemu Menteri Keuangan AS Scott Bessent.

  • Brando Susanto PDIP Minta Tarif PBBKB 5 Persen untuk Warga Jakarta Dipantau Ketat – Halaman all

    Brando Susanto PDIP Minta Tarif PBBKB 5 Persen untuk Warga Jakarta Dipantau Ketat – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kebijakan menurunkan tarif pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) pribadi menjadi 5 persen dan kendaraan umum sebesar 2% oleh Gubernur Jakarta Pramono Anung mendapat respons positif dari Anggota Komisi C DPRD Jakarta, Brando Susanto dari Fraksi PDI Perjuangan.

    Brando memandang bahwa setiap pajak pemerintah/Pemerintah Daerah yang dipungut pastilah memiliki dampak pada laju pembangunan disuatu wilayah, apalagi di daerah (pemerintah daerah). 

    Akan tetapi, pemerintah dan pemerintah daerah juga memiliki kewenangan khusus untuk memberikan relaxasi pajak (pengurangan/penghapusan) untuk situasi yang bersifat khusus, misal kondisi ekonomi rakyat, mengundang investasi tertentu dan sejumlah alasan lain yang dibolehkan perundangan pajak. 

    “Relaksasi Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) yang digulirkan oleh Gubernur Pram sebenarnya untuk memberikan dorongan bagi aktivitas ekonomi masyarakat dan sangat dinantikan. Apalagi bahan bakar adalah sarana utama (selain listrik) untuk melakukan kegiatan sehari-hari di masyarakat, khususnya lalu lintas orang, barang atau jasa,” ujar Brando, Jumat (25/04/2025). 

    Hal ini, lanjut Brando, mengingat kondisi ekonomi masyarakat yang belum pulih sepenuhnya pasca pandemic Covid-19 ditambah dengan perang tarrif Amerika-China dan Rusia, sebagai kota global tentu Jakarta sangat terdampak.

    Untuk itu langkah relaksasi pajak PBBKB bagi masyarakat sudah tepat.

    “Pertanyaan selanjutnya apakah ini akan optimal. Pajak PBBKB adalah dorongan ekonomi masyarakat, jadi diharapkan tentu optimal membantu meringankan beban masyarakat termasuk dunia usaha di Jakarta. Tentu, bilamana dirasa perlu , maka ada sektor-sektor lain yang juga masih dipertimbangkan pemberian relaksasi pajak lainnya,” katanya. 

    Dikatakannya, relaksasi pajak (PBBKB) adalah inisiatif eksekutif di Balaikota  dalam hal ini Gubernur Pram-Doel, jadi pada waktunya akan dibahas bersama komisi C sebagai komisi terkait di legislatif.

    “Pada tahapan implementasi, sebagai bentuk pengawasan, harusnya Komisi C memanggil para pengusaha principal bahan bakar kendaraan bermotor, seperti Pertamina, Shell, BP, Total, AKR, untuk memberikan laporan terkait relaksasi ini tepat sasaran. Jangan sampai relaksasi pajak jadi selipan kantong margin pengusaha bahan bakar tadi. Harus Transparan dan Komisi C melakukan monitoring,  cek ke lapangan dan investigasi laporan masyarakat,” ujar Wakil Sekretaris Fraksi PDI-P DPRD Jakarta tersebut. 

    Brando juga berharap agar Dinas Pajak (Dispenda) harus jeli mengecek laporan klaim relaksasi pajak BBM yang diturunkan tersebut agar kebijakan tersebut benar-benar memiliki dampak kebermanfaatan bagi ekonomi masyarakat. 

    “Dinas Pajak (Dispenda) mesti sangat jeli mengecek laporan klaim Relaksasi Pajak BBM yang diturunkan ini. Sekali lagi, jangan jadi ajang korporasi atau pengusaha nyelipin di kantong margin korporasi, tapi harus jadi stimulus bagi ekonomi masyarakat Jakarta dari kebijakan ini,” tegas Brando.

    Diketahui, Gubernur Jakarta Pramono Anung menurunkan tarif pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) pribadi menjadi 5?n kendaraan umum sebesar 2%.

    Menurut Pramono, hal itu sebagai relaksasi bagi masyarakat Jakarta yang mana sebelumnya tarif pajak yang berlaku untuk kendaraan pribadi sebesar 10%.

    “Kemarin saya sudah memutuskan, untuk Jakarta, kami akan memberikan relaksasi ataupun kemudahan ataupun diskon, yang dulu dipungut 10% menjadi 5% untuk kendaraan pribadi dan menjadi 2% untuk kendaraan umum,” ujarnya di Balai Kota Jakarta.