Negara: Amerika Serikat

  • Gerhana Bulan Total Bakal Muncul Pertengahan Puasa Ramadan, Pertama Kalinya Sejak 2022

    Gerhana Bulan Total Bakal Muncul Pertengahan Puasa Ramadan, Pertama Kalinya Sejak 2022

    Bisnis.com, JAKARTA – Gerhana bulan total akan terjadi di Bumi untuk pertama kalinya sejak tahun 2022 pada malam tanggal 13-14 Maret 2025.

    Daerah di Amerika Utara dan Amerika Selatan akan menyaksikan pemandangan indah seluruh fase yang biasa disebut “bulan darah”.

    Dilansir dari livescience, selama gerhana bulan total, yang akan berlangsung sekitar lima jam, bulan purnama akan bergerak melalui bayangan bumi dan menghasilkan rona kemerahan yang mencolok selama 65 menit.

    Berbeda dengan gerhana matahari total yang hanya dapat dilihat dari jalur sempit totalitas, gerhana bulan total dapat dilihat dari mana saja di sisi malam bumi.

    Pengamat di Eropa Barat akan melihat bulan terbenam saat masih terjadi gerhana, sedangkan di Australia dan Selandia Baru, bulan akan terbit secara total. (Totalitas mengacu pada periode ketika suatu benda langit mengalami gerhana sepenuhnya, jika dilihat dari Bumi.)

    Fase gerhana bulan

    Gerhana bulan akan terjadi dalam lima tahap antara pukul 23.57 hingga 23.57. dan 6 pagi EDT (03:57 hingga 10:00 UTC), menurut Timeanddate.com. Tahap pertama dimulai ketika bulan bergerak ke dalam bayangan terluar bumi yang kabur, yaitu penumbra, dan kehilangan kecerahannya. Ia kemudian memasuki umbra, dan berangsur-angsur berubah menjadi kemerahan seiring garis bayangan bumi bergerak melintasi bulan.

    Totalitas adalah fase yang tidak ingin Anda lewatkan — saat seluruh permukaan bulan akan tampak kemerahan, menjadi “bulan darah” yang sebenarnya. Di pertengahan periode 65 menit tersebut, peristiwa tersebut mulai berjalan secara terbalik, dengan bulan perlahan-lahan keluar dari umbra Bumi, lalu penumbra, sebelum akhirnya kembali ke warna cerahnya yang biasa, yaitu putih abu-abu.

    Bagi wilayah timur Amerika Utara, fase awal gerhana sebagian akan dimulai pada 14 Maret pukul 1:09 pagi EDT, dengan totalitas berlangsung dari pukul 02:26 hingga 03:32 EDT. Di Pantai Barat, fase parsial dimulai pada 22:09. PDT pada 13 Maret, dengan totalitas terjadi mulai pukul 23:26. hingga 00:32 PDT pada tanggal 14 Maret. Karena gerhana bulan adalah peristiwa global yang terjadi pada saat yang sama di seluruh dunia, perbedaan ini hanya disebabkan oleh zona waktu.

    Anda dapat melihat keseluruhan gerhana bulan dengan mata telanjang, namun teleskop di halaman belakang atau teropong pengamatan bintang yang bagus dapat membantu Anda lebih memahami pergerakan bayangan bumi melintasi bulan dan dapat mengungkap gerhana yang terjadi di struktur bulan tertentu, seperti kawah besar.

    Jika Anda melewatkan gerhana bulan total pada bulan Maret, ada satu gerhana bulan lagi yang dinantikan pada tahun 2025, meskipun sebagian besar wilayah Amerika Utara akan ketinggalan. Gerhana bulan total berikutnya akan terjadi pada malam hari pada tanggal 7-8 September dan paling baik diamati di Asia.

    Gerhana bulan total terjadi ketika bumi berada tepat di antara matahari dan bulan purnama, sehingga menyebabkan bayangan planet yang paling gelap, yaitu umbra, menutupi permukaan bulan.

    Bulan berubah menjadi merah karena satu-satunya cahaya yang mencapainya adalah sinar matahari yang dibiaskan melalui atmosfer bumi, yang menyaring panjang gelombang yang lebih pendek dan hanya menyisakan warna kemerahan dengan panjang gelombang panjang. Fisikanya mirip dengan apa yang terjadi saat matahari terbit dan terbenam.

     

  • Komponen Baterai Mobil Listrik dari RI: Diproses di China, Dikirim ke Amerika-Eropa

    Komponen Baterai Mobil Listrik dari RI: Diproses di China, Dikirim ke Amerika-Eropa

    Jakarta

    Bahan baku komponen baterai mobil listrik di dunia berasal dari Indonesia. Setelah itu diproses di China baru selanjutnya dikirim ke Amerika dan Eropa.

    Indonesia berpeluang menjadi pemain besar di pasar kendaraan listrik global. Sebab, Indonesia memiliki cadangan nikel yang besar. Terlebih lagi, hampir separuh bahan baku untuk baterai kendaraan listrik ternyata berasal dari Indonesia. Direktur Utama Indonesia Battery Corporation (IBC) Toto Nugroho mengatakan, proses hilirisasi dari bahan baku baterai seperti nikel masih banyak dilakukan di China. Barulah dari sana, hasil dari pengolahannya didistribusikan ke negara-negara produsen mobil listrik lainnya.

    “Kemungkinan hampir 40-45% kendaraan EV, mobil EV ada di dunia, asalnya (bahan baku) baterainya sebenarnya dari Indonesia. Dari Indonesia dibawa ke China, diproses, terus dikirim ke Amerika, dan Eropa,” kata Toto dikutip detikFinance.

    Berkaca pada hal itu, Toto menyebut Indonesia punya posisi strategis dan potensi besar untuk berkembang di sektor kendaraan listrik global. Di sisi lain, untuk mengelola baterai memang bukan hal mudah. Proses yang harus dilalui antara lain, mining, smelting, dan penyiapan secara kimia. Smelting dan refining itu akan dilakukan di Antam. Selanjutnya calon baterai itu akan diolah menjadi katoda baru selanjutnya membuat sel baterai.

    Tak cuma itu, dibutuhkan juga investasi besar dalam pembuatan sel baterai. Tak kalah penting, daur ulang baterai kendaraan listrik juga harus disiapkan. Toto menjelaskan, nantinya nikel yang sudah digunakan sebagai baterai untuk mobil itu bisa didaur ulang kembali, sehingga nikelnya bisa digunakan kembali.

    Toto menambahkan, hasil dari daur ulang baterai ini menghasilkan hampir 99%, sehingga keberlanjutan akan terjaga. Menurutnya, hal ini menjadi solusi dari kekhawatiran bahwa nikel akan hilang begitu saja usai diolah menjadi baterai.

    “Jadi sustainability itu akan selalu ada. Jadi ketakutan bahwa nikel kita untuk baterai EV itu langsung hilang, ini dengan ini ada solusi sebenarnya,” jelas Toto.

    (dry/din)

  • Bela Putin, Donald Trump: Rusia Tak Mau Hancurkan Ukraina meski Bisa Melakukannya 100 Persen – Halaman all

    Bela Putin, Donald Trump: Rusia Tak Mau Hancurkan Ukraina meski Bisa Melakukannya 100 Persen – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengatakan Rusia tidak ingin menghancurkan kota-kota di Ukraina meski mereka bisa melakukannya 100 persen.

    Menurutnya, dengan kekuatan yang dimiliki Rusia, mereka bisa dengan cepat menghancurkan kota-kota termasuk Kyiv.

    “Jika mereka (Rusia) ingin melakukannya 100 persen, maka itu mungkin akan terjadi dengan sangat cepat,” kata Donald Trump kepada wartawan dalam konferensi pers pada Selasa (18/2/2025), mengomentari kehancuran yang dialami Ukraina.

    Pada saat yang sama, kepala Gedung Putih mencatat Rusia dapat mengubah Ukraina menjadi tempat kehancuran berskala besar, tetapi juga tidak ingin melakukan ini.

    Sikap AS terhadap perang Rusia-Ukraina mulai berubah setelah Donald Trump kembali ke Gedung Putih.

    Donald Trump sebelumnya mengusulkan untuk menengahi perundingan antara Rusia dan Ukraina dalam upaya mengakhiri perang yang berlangsung sejak 2022, seperti diberitakan RIA Novosti.

    Perwakilan tinggi Rusia dan AS bertemu di Riyadh, Arab Saudi, pada Selasa (18/2/2025) untuk menindaklanjuti usulan Donald Trump.

    Pihak Rusia diwakili oleh Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, dan ajudan Kremlin, Yuriy Ushakov, bertemu dengan delegasi AS di Arab Saudi.

    Sementara, AS diwakili oleh Menteri Luar Negeri, Marco Rubio; Penasihat Keamanan Nasional, Mike Waltz; dan Utusan Khusus untuk Urusan Timur Tengah, Steve Witkoff.

    Delegasi AS dan Rusia, selama pertemuan di Riyadh, sepakat untuk mengatasi hal-hal yang mengganggu hubungan bilateral dan terus berupaya mempersiapkan pembicaraan mengenai perang Rusia melawan Ukraina.

    Mereka juga sepakat untuk menunjuk tim tingkat tinggi untuk pembicaraan terkait Ukraina.

    Koresponden Gedung Putih Fox News, Jacqui Heinrich, melaporkan AS dan Rusia sedang membahas rencana perdamaian tiga fase untuk Ukraina, yang mencakup gencatan senjata, pemilihan umum di Ukraina, dan akhirnya penandatanganan perjanjian akhir.

    Donald Trump: Zelensky Pilih Perang 3 Tahun daripada Negosiasi di Awal

    Donald Trump mengomentari kekesalan Volodymyr Zelensky karena Ukraina tidak diundang dalam dialog antara perwakilan tinggi Rusia-AS di Riyadh, Arab Saudi, mengenai upaya mengakhiri perang Rusia-Ukraina.

    Ia menyatakan kekecewaannya karena Ukraina gagal memanfaatkan peluang untuk negosiasi dengan Rusia selama tiga tahun terakhir.

    “Saya sangat kecewa. Saya dengar mereka (otoritas Ukraina) tidak senang karena tidak diundang (dalam perundingan). Namun, mereka punya waktu tiga tahun untuk duduk di meja perundingan. Ini bisa diselesaikan saat itu,” kata Donald Trump, saat berpidato di kediamannya di Mar-a-Lago, Florida, Amerika Serikat pada Selasa (18/2/2025).

    Ia menekankan penyelesaian perang bisa saja dicapai tanpa menimbulkan kerugian teritorial bagi Ukraina beberapa tahun lalu, jika proses tersebut dipimpin oleh “negosiator yang biasa-biasa saja.”

    “Sebuah kesepakatan bisa saja dibuat untuk menyelamatkan hampir seluruh wilayah Ukraina, tanpa kehancuran, tanpa jatuhnya korban jiwa, dan tanpa hancurnya kota-kota,” kata Donald Trump, seperti diberitakan Pravda.

    Sebelumnya, Donald Trump berulang kali menegaskan kembali perang Rusia-Ukraina tidak akan terjadi di bawah kepemimpinannya dan menyebut pendahulunya Joe Biden “tidak kompeten.”

    (Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

    Berita lain terkait Konflik Rusia VS Ukraina

  • HP China Ramai Serbu RI, Amerika Tak Bisa Jualan

    HP China Ramai Serbu RI, Amerika Tak Bisa Jualan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Awal tahun 2025, pasar smartphone Indonesia ramai dengan kehadiran dua brand yang comeback ke Tanah Air. Masing-masing adalah Honor dan Motorola.

    Honor akan kembali ke Indonesia dalam waktu dekat setelah hengkang pada 2019 lalu. Ponsel merek China ini akan merilis setidaknya 5 produk dalam peluncurannya pada 26 Februari mendatang.

    Produk yang dirilis Honor terdiri dari 3 smartphone, 1 tablet, dan 1 laptop. Salah satu yang menarik adalah keberadaan HP layar lipat, Honor Magic V3.

    Honor Magic V3 menawarkan desain lipatan layaknya buku yang tipis dan ringan. Mengenai harga dan spesifikasi belum banyak yang diungkap oleh Honor Indonesia. Tapi ponsel ini sudah rilis di China Juli tahun lalu.

    Sedangkan Motorola lebih dulu melakukan comeback. Mereka kembali ke Tanah air pada Selasa (18/2/2025), setelah hengkang pada 2017 lalu.

    Kembalinya brand yang kini berada di bawah Lenovo Group Holdings asal China ini ditandai dengan peluncuran Moto g45 5G di Indonesia.

    Moto g45 5G menyasar segmen kelas menengah dengan Rp 2.599.000 juta untuk RAM dan memori 8GB/256GB.

    Moto g45 5G hadir dengan desain ultra-premium, bagian belakangnya dilengkapi lapisan vegan leather dengan tiga warna Brilliant Blue, Brilliant Green, dan Viva Magenta.

    Bicara soal spesifikasi, ponsel ini didukung dengan chipset Snapdragon 6s Gen3, dengan RAM 8GB dan penyimpanan 256GB, serta teknologi jaringan 5G.

    Nasib iPhone di RI Belum Jelas

    Saat merek China serbu pasar Indonesia, nasib Apple di Indonesia masih belum jelas. Raksasa Cupertino, AS, tersebut belum bisa berjualan seri terbaru iPhone 16 karena belum memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang telah ditetapkan Kementerian Perindustrian.

    Firma riset pasar IDC menilai larangan penjualan iPhone 16 pasti akan berdampak pada pengapalan (shipment) dan posisi Apple secara keseluruhan di pasar Indonesia.

    Sebab, jajaran seri iPhone baru biasanya mengambil bagian besar dari pengapalan Q4 Apple.

    Perusahaan asal Cupertino, Amerika, itu di pasar Indonesia akan mencoba untuk menutupi kekurangan melalui pengiriman model lawas seperti iPhone 15 dan iPhone 13.

    “Pelarangan ini tetap akan berdampak negatif pada Apple dan mitranya karena mereka akan kehilangan momentum peluncuran iPhone 16,” ujar Vanessa Aurelia Research Analyst IDC Indonesia, kepada CNBC Indonesia beberapa saat lalu.

    Selain itu, karena musim Ramadhan semakin dekat, akan sangat penting bagi Apple untuk segera menyelesaikan persetujuan penjualan iPhone 16, atau Apple berpotensi kehilangan musim terbesar tahun ini untuk Indonesia.

    Apple baru-baru ini menyatakan komitmennya untuk membuat pabrik AirTag di Batam, Indonesia. Hal tersebut mereka sampaikan saat pertemuan perwakilan Apple dengan Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan P. Roeslani, pada awal Januari lalu.

    Namun hal tersebut tidak memuluskan produk terbarunya, iPhone 16, untuk masuk ke pasar Tanah Air. Sebab investasi yang digelontorkan Apple tidak berkaitan langsung dengan proses pembuatan handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT) dalam ketentuan untuk mendapatkan sertifikasi TKDN yang diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 29 Tahun 2017 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai TKDN.

    (fab/fab)

  • Usai Musk Bertemu Modi, Tesla Langsung Buka Lowongan di India

    Usai Musk Bertemu Modi, Tesla Langsung Buka Lowongan di India

    Jakarta

    Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla, mengumumkan 13 lowongan pekerjaan di India pada Senin (17/02). Pengumuman posisi yang dibuka, mulai dari spesialis keterlibatan konsumen hingga manajer toko itu, diunggah di halaman LinkedIn perusahaan.

    Pengumuman ini muncul setelah kunjungan Perdana Menteri India, Narendra Modi, ke AS, di mana ia bertemu dengan CEO Tesla, Elon Musk, yang juga merupakan pegawai pemerintah khusus di bawah Presiden AS Donald Trump.

    Tidak ada rencana resmi yang diumumkan setelah pertemuan tersebut, tetapi Modi menulis di X bahwa ia membahas “ruang angkasa, mobilitas, teknologi, dan inovasi” dengan Musk.

    Sebagian besar lowongan pekerjaan yang diumumkan Tesla tersedia di pusat keuangan India, Mumbai, sementara lima posisi terbuka untuk kandidat di Mumbai atau ibu kota New Delhi.

    Tesla dan India

    Kehadiran Tesla di India sebelumnya masih dalam skala kecil, dan selama ini ada kekhawatiran terkait tingginya bea masuk. Namun, India baru-baru ini mengurangi pajak untuk mobil mewah dengan harga di atas $40.000 (Rp653 juta) dari 110% menjadi 70%, yang dilaporkan oleh surat kabar keuangan India The Economic Times sebagai alasan meningkatnya minat Tesla di negara tersebut.

    Penurunan pajak ini kemungkinan dipengaruhi oleh ancaman Trump untuk memberlakukan tarif balasan.

    India saat ini bukan pasar besar bagi kendaraan listrik, dengan hanya 100.000 unit terjual tahun lalu. Sebagai perbandingan, 11 juta kendaraan listrik terjual di Cina pada tahun yang sama.

    Namun, minat terhadap kendaraan listrik di India semakin meningkat.

    Tesla telah mempersiapkan infrastruktur penjualan di India sejak 2021. Namun, Musk sebelumnya mengatakan bahwa tarif tinggi menjadi penghambat bagi rencana Tesla di India. Harian bisnis lokal Business Standard melaporkan bahwa dalam panggilan pendapatan pada April 2024, Musk berencana untuk “menggunakan jalur produksi saat ini dengan lebih efisien.”

    Belum jelas apakah Tesla akan mendirikan pabrik manufaktur di India. Namun, Musk telah mencari peluang di India selama beberapa waktu. Tahun lalu, terdapat laporan bahwa Tesla sedang mencari lokasi untuk pabrik dan showroom di India.

    Musk juga berencana meluncurkan layanan internet satelitnya, Starlink, di India.

    Artikel ini diadaptasi dari DW berbahasa Inggris

    (ita/ita)

    Hoegeng Awards 2025

    Usulkan Polisi Teladan di sekitarmu

  • Toyota Kembangkan Mesin Hidrogen Generasi Terbaru, Diklaim Lebih Murah

    Toyota Kembangkan Mesin Hidrogen Generasi Terbaru, Diklaim Lebih Murah

    Jakarta

    Toyota terus mengembangkan teknologi sel bahan bakar yang memanfaatkan hidrogen sebagai energi penggerak kendaraan. Mesin hidrogen itu diciptakan untuk menuju netralitas karbon.

    Produsen otomotif asal Jepang itu akan meluncurkan mesin hidrogen generasi ketiganya ke publik. Toyota akan memamerkan teknologi hidrogen terbaru di International Hydrogen and Fuel Cell Expo di Tokyo.

    Toyota mengatakan sistem baru itu memiliki peningkatan signifikan dalam hal performa, efisiensi, dan pengurangan biaya dibandingkan dengan versi sebelumnya. Raksasa otomotif Jepang itu juga mengklaim sistem generasi ketiga tersebut dirancang agar memiliki daya tahan yang sama dengan kendaraan bermesin diesel konvensional untuk kendaraan komersial.

    Meskipun adopsi teknologi sel bahan bakar hidrogen bergerak lebih lambat daripada kendaraan listrik dan hybrid, sistem sel bahan bakar Toyota telah digunakan di bus, kereta api, dan generator listrik stasioner untuk lebih dari 100 pelanggan di seluruh dunia. Kendaraan listrik sel bahan bakarnya, yaitu Toyota Mirai, telah terjual sebanyak 28.000 unit di lebih dari 30 negara sejak diluncurkan pada tahun 2014.

    Selain kendaraan penumpang, sistem hidrogen generasi ketiga Toyota akan diperluas untuk digunakan pada kendaraan komersial heavy duty, dan direncanakan akan diperkenalkan di Jepang, Eropa, Amerika Utara, dan China paling cepat setelah tahun 2026.

    Ekosistem Hidrogen Lahir di Indonesia

    Teknologi kendaraan hidrogen juga sedang diuji di Indonesia. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meresmikan ekosistem kendaraan hidrogen di Tanah Air. Mereka turut mengenalkan Stasiun Pengisian Bahan Bahar Hidrogen (SPBH) atau Hydrogen Refueling Stasion (HRS) di pabrik Karawang, Jawa Barat.

    Proses pembangunan SPBH atau HRS memerlukan waktu setahun dan melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah, akademisi, BRIN, Pertamina, PLN dan Indonesia Fuel Cell and Hydrogen Energy (IFHA). Langkah itu diklaim untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengadopsi energi hijau dan pengembangan ekosistem hidrogen di Indonesia.

    Toyota mengklaim, hidrogen memiliki potensi besar sebagai sumber energi yang tak hanya ramah lingkungan, melainkan juga elemen teringan dan paling melimpah di alam semesta. Hidrogen bisa ditemukan dengan mudah di air, gas alam, ataupun biomas seperti minyak nabati dan gas metana.

    Sebagai catatan, Toyota sudah beberapa kali menampilkan mobil hidrogennya, Toyota Mirai, di Indonesia. Namun, hingga saat ini, kendaraan tersebut belum dijual secara massal.

    (rgr/din)

  • Wanti-wanti Kebijakan Trump Bisa Berdampak ke Ekspor Mobil ‘Made in Indonesia’

    Wanti-wanti Kebijakan Trump Bisa Berdampak ke Ekspor Mobil ‘Made in Indonesia’

    Jakarta

    Wanti-wanti kebijakan tarif tinggi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berimbas ke ekspor mobil ‘Made in Indonesia’.

    Trump menandatangani kebijakan ekonomi berupa pengenaan tarif tinggi terhadap barang-barang impor dari Kanada, Meksiko dan China yang telah lama dijanjikannya.

    Dia mengenakan tarif 25% atas impor dari Meksiko dan sebagian besar barang dari Kanada (ada pengecualian 10% untuk barang-barang terkait energi seperti minyak mentah). Kemudian bea masuk tambahan sebesar 10% atas barang-barang dari China.

    Namun awal Februari lalu, Donald Trump menangguhkan ancaman tarif tinggi terhadap Meksiko dan Kanada.

    Toyota masih menjadi penyumbang terbesar ekspor mobil buatan Indonesia. Meski banyak tantangan yang dialami industri otomotif dalam negeri, nyatanya jenama asal Negeri Sakura itu masih mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap ekspor. Sepanjang tahun 2024, Toyota tercatat menyumbang sekitar 61 persen dari total ekspor CBU mobil Indonesia.

    Salah satu negara tujuan ekspor adalah Meksiko. Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto masih mengamati perkembangan situasi hubungan geopolitik antara Meksiko dan Amerika Serikat.

    “Meksiko tergantung nanti dengan Trump bagaimana. So far masih aman,” kata Nandi di Kemayoran, Jakarta, belum lama ini.

    Saat ini pemerintah tengah mencari cara agar Indonesia bisa masuk ke pasar yang lebih luas di negara-negara Amerika Latin. Antara lain pemerintah sedang mempelajari Free Trade Area (FTA) dan Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership (CPTPP). Keduanya dinilai mengutungkan bagi Indonesia menjalin hubungan dagang dengan pasar Amerika Latin.

    “Meksiko itu boleh impor kalau ekspor,” kata Nandi.

    “Kalau ekspor ke Amerika ditutup berarti impor mereka juga tutup.”

    “Tapi kalau ada free trade (antara Indonesia dan Meksiko). No issue,” jelasnya lagi.

    Dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia. Beberapa mobil Toyota yang diekspor utuh atau Completely Built Up (CBU) ke Meksiko antara lain, Avanza, Veloz, dan Raize.

    Untuk tahun 2025, Toyota menargetkan bisa mengekspor dalam jumlah yang sama. Hal itu dilakukan dengan terus mengkaji peluang untuk memperluas kegiatan ekspor serta mempertimbangkan permintaan dan tren pasar, termasuk negara tujuan ekspor non-tradisional untuk mengoptimalkan demografi strategis Indonesia.

    (riar/din)

  • Pandu Sjahrir Blak-blakan Soal Luhut dan Isu Jadi Ketua BPI Danantara

    Pandu Sjahrir Blak-blakan Soal Luhut dan Isu Jadi Ketua BPI Danantara

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Nama Pandu Sjahrir mencuat sebagai salah satu calon Ketua Badan Pengelola Investasi (BPI) Daya Anagata Nusantara (Danantara).

    Menanggapi isu tersebut, keponakan Luhut Binsar Pandjaitan itu berbicara secara terbuka dalam podcast Akbar Faizal, membahas latar belakang profesionalnya serta berbagai bisnis yang dijalankannya.

    “Soal tulang, saya manggilnya tulang, saya kan gak bisa milih tulang saya siapa. Udah bentuknya gitu dan saya juga memang, Abang juga tahu saya kerja profesional di luar negeri, Amerika sampai akhir 2010 sampai saya dipanggil kembali,” ujar Pandu.

    Pandu menegaskan bahwa kesuksesan finansial pertamanya berasal dari keterlibatannya dengan Shopee dan tidak ada kaitannya dengan sektor sumber daya alam (SDA).

    “Bagusnya, Alhamdulillahnya saya bikin my first real money gara-gara urusan Shopee. Gak ada urusan sama SDA. Shopee saya udah keluar, 2021 saya mengundurkan diri,” jelasnya.

    Lebih lanjut, Pandu membahas kepemilikan bisnisnya, termasuk PT Toba Bara Sejahtera (TBS). “TBS itu sekarang kan milik kami. Opung ada saham dikit, 8 persen,” ungkapnya.

    Selain itu, Pandu mengelola bisnis fund management dengan aset gabungan sekitar 2 miliar dolar AS, yang mayoritas berasal dari investor luar negeri, seperti Abu Dhabi dan Korea.

    “98 persen luar negeri. Kebanyakan profesional kami juga di luar negeri. Kita investasi ke Indonesia, jadi kita punya aset seperti hotel paling besar di Indonesia, Swiss-Belhotel, itu punya kita,” tambahnya.

    Pandu juga mengungkapkan beberapa proyek lain yang sedang dijalankannya, termasuk pembangunan pusat data serta investasi di berbagai sektor strategis lainnya.

  • Rencana Arab di Gaza Mungkin Membutuhkan 20 Miliar Dolar atau Rp 327 Triliun untuk Rekonstruksi – Halaman all

    Rencana Arab di Gaza Mungkin Membutuhkan 20 Miliar Dolar atau Rp 327 Triliun untuk Rekonstruksi – Halaman all

    Rencana Arab di Gaza Mungkin Membutuhkan 20 Miliar Dolar atau Rp 327 Triliun untuk Rekonstruksi

    TRIBUNNEWS.COM- Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi diperkirakan akan mengunjungi Riyadh untuk membahas rencana Arab untuk Gaza, yang dapat melibatkan pendanaan regional hingga 20 miliar dolar atau Rp 327 Triliun untuk rekonstruksi.

    Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi kemungkinan akan mengunjungi Riyadh pada hari Kamis, menurut dua pejabat keamanan Mesir, untuk membahas rencana Arab untuk Gaza, yang mungkin melibatkan hingga $20 miliar atau Rp 327 Triliun dari wilayah tersebut untuk rekonstruksi.

    Negara-negara Arab bersiap untuk memperdebatkan rencana untuk Gaza sehari setelahnya sebagai tanggapan atas saran Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk membangun kembali wilayah di bawah kendali AS sambil membersihkan etnis Palestina.

    Berita ini muncul saat Kementerian Keamanan Israel mengumumkan rencana untuk membentuk direktorat untuk pemindahan paksa dan pembersihan etnis di Gaza dengan nama “emigrasi sukarela dari Gaza.”

    Rencana tersebut akan mencakup “pilihan keberangkatan,” yaitu cara mengusir warga Palestina dari tanah mereka , melalui darat, laut, dan udara. 

    Arab Saudi, Mesir, Yordania, Uni Emirat Arab, dan Qatar akan mengevaluasi dan membahas proposal Arab di Riyadh sebelum menyampaikannya pada pertemuan puncak Arab yang dijadwalkan di Kairo pada tanggal 4 Maret, empat orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters. 

    Pada hari Jumat, pertemuan para pemimpin negara Arab, termasuk Yordania, Mesir, UEA, dan Qatar, dijadwalkan di Arab Saudi, yang mendorong upaya Arab pada rencana Trump, tetapi beberapa sumber mengindikasikan tanggalnya belum ditetapkan.

    Pada konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Presiden AS Donald Trump menyatakan bahwa Amerika Serikat “akan mengambil alih,” “memiliki,” dan mengubah Jalur Gaza menjadi “Riviera Timur Tengah.”  

    Lebih buruknya lagi, ia mengungkapkan minggu lalu bahwa warga Palestina tidak akan memiliki hak untuk kembali ke Gaza, dan menyatakan bahwa wilayah tersebut, “Saya akan memilikinya.”

    Usulan Arab, yang terutama didasarkan pada rencana Mesir, menyerukan pembentukan komite nasional Palestina untuk mengelola Gaza tanpa keterlibatan Hamas, serta keterlibatan internasional dalam rehabilitasi tanpa pemindahan warga Palestina ke luar negeri.

    Menurut peneliti Emirat Abdulkhaleq Abdullah, komitmen sebesar $20 miliar atau Rp 327 Triliun dari pemerintah Arab dan Teluk untuk dana tersebut, yang telah diidentifikasi oleh dua sumber sebagai jumlah yang masuk akal, mungkin menjadi motivasi yang efektif bagi Trump untuk mengadopsi konsep tersebut.

    Kabinet Otoritas Palestina menyatakan hari Selasa bahwa tahap pertama dari rencana yang sedang dipertimbangkan akan menelan biaya sekitar $20 miliar atau Rp 327 Triliun selama tiga tahun, sementara sumber-sumber Mesir mengungkapkan kepada Reuters bahwa pembicaraan tentang kontribusi keuangan kawasan itu masih berlangsung.

    Menurut orang dalam, rencana itu mengharuskan pembangunan kembali diselesaikan dalam waktu tiga tahun.

    Senator Richard Blumenthal mengatakan kepada wartawan di Tel Aviv pada hari Senin bahwa pembicaraannya dengan para pemimpin Arab, khususnya Raja Abdullah, menunjukkan bahwa “mereka memiliki penilaian yang sangat realistis tentang apa peran mereka seharusnya.”

     

     

     

    SUMBER: AL MAYADEEN

  • Jabat Tangan dengan Xi Jinping Tanda Jack Ma is Back

    Jabat Tangan dengan Xi Jinping Tanda Jack Ma is Back

    Beijing

    Jack Ma akhirnya berdamai dengan Presiden China, Xi Jinping, dan hal ini dinilai sangat signifikan. Pada pertemuan dengan para taipan bisnis China di Beijing, Jack Ma, duduk di barisan depan bersama dengan bos raksasa teknologi lainnya, seperti Pony Ma dari Tencent.

    Xi Jinping dan Jack Ma terlihat saling sapa dan berjabat tangan di acara yang digelar di Great Hall of the People itu. Kemunculan Jack Ma di pertemuan tingkat tinggi para eksekutif teknologi papan atas China ini menandai perubahan signifikan kebijakan Pemerintah China untuk sektor swasta sekaligus tanda bahwa Jack Ma telah kembali.

    Pemerintah ingin membangkitkan kepercayaan diri sektor swasta di tengah perlambatan ekonomi dan persaingan dengan Amerika Serikat. Meski Ma tak bicara di pertemuan, jabat tangannya dengan Xi Jinping terekam di televisi nasional, melambangkan mencairnya hubungan mereka dan mengisyaratkan Beijing terbuka untuk kerja sama lebih erat dengan pelaku utama sektor swasta.

    “Era dan perjalanan baru ini memiliki prospek luas bagi pengembangan ekonomi swasta. Ini adalah waktu yang tepat bagi mayoritas pengusaha dan bisnis swasta untuk menunjukkan bakat mereka,” kata Xi Jinping dalam pertemuan itu.

    Beijing memulai regulasi ketat terhadap perusahaan teknologi besar di negara itu pada akhir tahun 2020 karena kekhawatiran mereka tumbuh terlalu besar dan kuat. Pemicunya adalah pidato Jack Ma di akhir tahun 2020 yang mengkritik sistem keuangan China.

    Meski simposium tersebut mungkin tidak menandakan perubahan sangat drastis, tetap mencerminkan pengakuan Beijing atas peran penting sektor swasta dalam mendukung pertumbuhan dan meningkatkan kemampuan teknologi China di tengah pembatasan oleh negara-negara Barat.

    “Kita tidak boleh meremehkan kekuatan pertemuan semacam ini dalam memulihkan kepercayaan para pengusaha China, yang (sebelumnya) telah melangkah dengan hati-hati agar tidak salah melangkah,” kata Sam Radwan, pendiri firma konsultan Enhance International yang dikutip detikINET dari CNBC.

    Kehadiran pemimpin top China mengirim sinyal jelas tentang dukungan ke para pengusaha. “Ini mungkin akan menyalakan kembali semangat dan optimisme di China. Pertemuan ini berpotensi lebih kuat daripada stimulus fiskal, jika para pembuat kebijakan menunjukkan dukungan lebih tegas ke pengembangan sektor teknologi,” cetus Peiqian Liu, ekonom Asia di Fidelity International.

    Jack Ma sendiri boleh lega karena mungkin tidak dibatasi lagi ruang geraknya. Namun demikian, tetap masih tanda tanya apakah dia akan kembali rajin tampil di depan publik atau sudah betah berada di belakang layar.

    (fyk/fay)