Negara: Amerika Serikat

  • China Catat Deflasi Pertama dalam 13 Bulan, Ekonomi Terus Melemah

    China Catat Deflasi Pertama dalam 13 Bulan, Ekonomi Terus Melemah

    Bisnis.com, JAKARTA — China mencatat deflasi pertama dalam 13 bulan terakhir akibat faktor musiman dan indikasi berlanjutnya pelemahan perekonomian di Negeri Tirai Bambu itu.

    Dilansir dari Bloomberg, Minggu (9/3/2025), Biro Statistik Nasional China mencatat indeks harga konsumen mengalami deflasi 0,7% secara tahunan (year-on-year/YoY) pada Februari 2025. Pada bulan sebelumnya, masih terjadi inflasi 0,5%.

    Sementara itu, tren deflasi pabrik berlanjut hingga bulan ke-29. Biro Statistik mencatat indeks harga produsen mengalami deflasi 2,2%, sedikit membaik dibandingkan deflasi 2,3% pada bulan Januari.

    Salah satu faktor kunci deflasi tersebut adalah efek basis inflasi yang tinggi pada tahun sebelumnya sebesar 0,7%, disebabkan oleh kenaikan harga akibat perayaan Tahun Baru Imlek yang pada tahun ini dimulai lebih awal dari biasanya. Perayaan tersebut pada tahun lalu dirayakan pada Februari 2024, namun tahun ini dimulai pada 28 Januari.

    Sementara itu, para investor akan menanti rilis angka inflasi/deflasi pada bulan Maret usai pemerintah China mengucurkan stimulus secara besar-besaran untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Apalagi, China tengah mengalami tren penurunan harga terpanjang sejak tahun 1960-an akibat lemahnya daya beli.

    Pemerintah telah menetapkan target inflasi pada level terendah dalam lebih dari 20 tahun terakhir di sekitar 2% pada 2025. Angka tersebut turun dari target tahun lalu, yaitu sebesar 3%.

    Ekonom Bloomberg Eric Zhu mengaku tidak heran pemerintah China menargetkan inflasi yang lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan, dia meyakini tren penurunan harga akan terus berlanjut.

    “Target indeks harga konsumen pemerintah sebesar 2% untuk 2025 menandakan peningkatan prioritas pada peningkatan permintaan untuk melawan risiko deflasi,” ujar Eric.

    Sementara itu, pada sidang parlemen tahunan pada Rabu (5/3/2025), China mengumumkan target pertumbuhan ekonomi sekitar 5% pada 2025 meskipun ada ancaman eskalasi perang dagang dengan Amerika Serikat. Beijing juga tengah menyusun rencana untuk meningkatkan stimulus fiskal dan konsumsi domestik.

    Bloomberg memproyeksikan pertumbuhan ekonomi China akan berada di sekitar 5% pada tahun ini seperti target pemerintah

  • Warga RI Mau Pindah Jadi WN Amerika, Trump Kasih Syarat Tak Terduga

    Warga RI Mau Pindah Jadi WN Amerika, Trump Kasih Syarat Tak Terduga

    Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberlakukan kebijakan terbaru untuk para imigran yang ingin mendapatkan green card atau kewarganegaraan Negeri Paman Sam. Hal ini tercantum dalam pemberitahuan Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi AS (USCIS) yang diterbitkan Kamis (6/3) waktu setempat.

    Dalam pemberitahuan itu, AS akan segera meminta akun media sosial orang-orang yang mengajukan kartu hijau, kewarganegaraan AS, dan status suaka atau pengungsi. Hal ini diperlukan untuk mematuhi perintah eksekutif Trump yang berbunyi ‘Melindungi AS dari Teroris Asing dan Ancaman Keamanan Nasional dan Keselamatan Publik Lainnya’.

    Perintah tersebut kemudian mengharuskan Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) dan badan pemerintah lainnya untuk mengidentifikasi semua orang asing, termasuk dari Indonesia, yang ingin masuk ke AS atau sudah berada di AS semaksimal mungkin.

    Meski telah diberitahukan, publik memiliki waktu hingga 5 Mei untuk mengomentari kebijakan yang diusulkan sebelum akhirnya dapat diberlakukan secara maksimal.

    “Salah satu cara untuk melihat ini adalah bahwa ini pada dasarnya merupakan upaya untuk mengejar modernitas,” kata Kathleen Bush-Joseph, seorang analis di program imigrasi AS di Migration Policy Institute, kepada The Verge.

    Bush-Joseph, yang sebagian besar pekerjaannya berfokus pada upaya untuk memodernisasi sistem imigrasi AS, mengatakan bahwa sistem imigrasi ini ‘tidak benar-benar mencerminkan realitas abad ke-21 dalam banyak hal penting’. Ia mencurigai langkah ini sebagai bentuk pembatasan imigran dari Pemerintahan Trump.

    “Kami akan mengawasi apakah kebijakan media sosial baru, yang dibingkai dengan cara yang menekankan keamanan nasional dan perlunya pemeriksaan tambahan terhadap imigran, merupakan bagian dari upaya pemerintahan Trump untuk membatasi migrasi legal,” tuturnya.

    “Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah rencana pengawasan media sosial yang diusulkan USCIS akan digunakan untuk menolak aplikasi untuk kartu hijau, kewarganegaraan, dan status pengungsi.”

    Sementara itu, kelompok pro-migran lainnya berpendapat bahwa aturan ini digunakan untuk mempersenjatai platform digital dalam melawan para imigran yang ingin masuk ke AS. Hal ini juga ditakutkan mengganggu ruang privasi warga negara di dunia maya.

    “Ini bukan kebijakan imigrasi, ini otoritarianisme dan pengawasan yang tidak demokratis,” kata Beatriz Lopez, direktur eksekutif Catalyze/Citizens, sebuah kelompok pro-imigrasi.

    “Trump mengubah ruang daring menjadi perangkap pengawasan, tempat para imigran dipaksa mengawasi setiap gerakan mereka dan menyensor ucapan mereka atau mempertaruhkan masa depan mereka di negara ini. Hari ini para imigran, besok warga negara AS yang tidak setuju dengan Trump dan pemerintahannya.”

    (fab/fab)

  • Modal Asing Rp 9,53 Triliun Masuk RI Pekan Ini, Mayoritas Lewat SBN

    Modal Asing Rp 9,53 Triliun Masuk RI Pekan Ini, Mayoritas Lewat SBN

    Jakarta, Beritasatu.com – Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing senilai Rp 8,99 triliun masuk ke pasar keuangan domestik pada periode 3-6 Maret 2025. Mayoritas modal asing masuk melalui Surat Berharga Negara(SBN).

    Kepala Departemen Komunikasi BI Ramdan Denny Prakoso mengatakan modal asing yang masuk melalui SBN sebesar Rp 9,53 triliun, sedangkan yang masuk melalui pasar saham sebesar Rp 340 miliar. Pada saat yang sama, modal asing keluar melalui instrumen Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) senilai Rp 880 miliar.

    “Berdasarkan data transaksi 3–6 Maret 2025, nonresiden tercatat beli neto sebesar Rp 8,99 triliun, terdiri dari beli neto Rp 0,34 triliun di pasar saham, Rp 9,53 triliun di pasar SBN, dan jual neto Rp 0,88 triliun di SRBI,” kata Ramdan dalam pernyataan resmi BI yang diterima, Minggu (9/3/2025).

    Secara kumulatif dari 1 Januari sampai 6 Maret 2025 transaksi yang terjadi adalah nonresiden tercatat jual neto sebesar Rp 20,12 triliun di pasar saham, beli neto Rp 19,01 triliun di pasar SBN dan Rp 6,11 triliun di SRBI.

    Dalam laporan aliran modal asing BI disebutkan, level imbal hasil (yield) SBN 10 tahun turun ke 6,85%. Yield surat utang Amerika Serikat atau US Treasury Note tenor 10 tahun turun ke 4,278% pada Kamis (6/3/2025).   

    Nilai premi risiko investasi (credit default swap) Indonesia 5 tahun turun menjadi 76,28 basis poin pada Kamis (6/3/2025), dibandingkan posisi pada Jumat (28/2/2025) yang sebesar 77,79 basis poin. 

    Sementara itu, data kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI menunjukkan posisi nilai tukar rupiah adalah Rp 16.336 per dolar AS pada Jumat (7/3/2025).

    “BI terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait serta mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk mendukung ketahanan eksternal ekonomi Indonesia,” terang Ramdan terkait laporan aliran modal asing pekan ini.

  • Banyak Pabrik Gulung Tikar Meski Indeks Manufaktur Indonesia Tembus 53,6 Poin, Ini Alasannya – Halaman all

    Banyak Pabrik Gulung Tikar Meski Indeks Manufaktur Indonesia Tembus 53,6 Poin, Ini Alasannya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Badai PHK (pemutusan hubungan kerja) di sejumlah perusahaan di dalam negeri terus terjadi sejak awal tahun hingga Ramadhan ini. 

    Berdasar catatan, PHK buruh terjadi di PT Sanken di Karawang, Jawa Barat, PT Yamaha Musik dan PT Tokai di Bekasi dan PT PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex di Sukoharjo, Jawa Tengah.

    Ekonom dan Direktur Ekonomi Digital CELIOS, Nailul Huda mengatakan, pendorong perusahaan melakukan PHK massal adalah menurunnya permintaan secara global. Dari sisi permintaan di Amerika dan China mengalami kontraksi yang cukup signifikan.

    Di pasar domestik bahkan industri lokal tidak berkembang lantaran adanya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 8 Tahun 2024, yang memudahkan impor masuk ke dalam negeri.

    “Ini yang dinilai bahwa ya produksi kita kalah bersaing dengan barang-barang dari China, dengan harga yang jauh lebih murah. Belum lagi masalah untuk trifhting,” kata Nailul dalam keterangannya di media sosial YouTube Narasi, Minggu (9/3/2025).

    Nailul mengatakan bahwa daya beli masyarakat yang terkontraksi ini bermula pada periode Mei hingga September 2024, yang mengalami deflasi berturut-turut secara bulanan.

    Dia bilang, kedua alasan itulah yang menjadi penyebab perusahaan gulung tikar bahkan menimbulkan PHK massal.

    “Nah ini artinya emang dari sisi permintaan ada gangguan di situ yang pada akhirnya menganggu juga dari sisi produksinya,” ucap dia.

    “Makanya di tahun 2024 itu banyak produsen-produsen tekstil yang dia gulung tikar karena dua hal tersebut ada dari sisi kebijakan permendag nomor 8 di tahun 2024 dan juga ada di sisi daya beli masyarakat yang memang belum pulih sepenuhnya,” sambungnya.

    Indeks PMI Februari 53,6 Poin

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa kinerja industri manufaktur Indonesia terus menunjukkan hasil positif. Tercermin dari Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur pada Februari 2025 yang menyentuh angka 53,6 poin.

    Survei yang dirilis oleh S&P Global tersebut menunjukkan PMI manufaktur Indonesia naik signifikan hingga 1,7 poin dari capaian bulan Januari di angka 51,9. 

    PMI manufaktur Indonesia pada Februari 2025 mampu melampaui PMI manufaktur Amerika Serikat 51,6 poin, Taiwan 51,5 poin, Filipina 51,0 poin, China 50,8 poin, Thailand 50,6 poin, Malaysia 49,7 poin, Vietnam 49,2 poin, Jepang 48,9 poin, Myanmar 48,5 poin, Jerman 46,1 poin dan Inggris 46,4 poin.

    “Indonesia mencatatkan pertumbuhan yang tertinggi di tingkat ASEAN. Bahkan juga melampaui negara-negara manufaktur global yang saat ini masih mengalami fase kontraksi,” tutur Menperin Agus di Jakarta, Senin (3/3/2025).

    Performa manufaktur yang terlihat dari PMI juga sejalan dengan capaian Indeks Kepercayaan Industri (IKI) Februari yang telah dilansir oleh Kementerian Perindustrian.

    IKI pada Februari 2025 tercatat di level 53,15. Posisi tersebut meningkat 0,05 poin dibandingkan Januari 2025 atau meningkat 0,59 poin dibandingkan dengan Februari tahun lalu.

    “Sama dengan bulan Januari 2025, di bulan Februari juga untuk PMI manufaktur Indonesia dan Indeks Kepercayaan Industri (IKI) berada pada fase ekspansi. Ini menandakan bahwa sektor industri manufaktur terus berkembang dengan optimisme yang cukup tinggi di awal tahun,” ungkap Agus.

    Meski harus menghadapi berbagai dinamika politik dan ekonomi global, industri manufaktur nasional tetap menunjukkan kepercayaan yang tinggi dalam menjalankan usahanya.

    Hal ini turut mencerminkan kondisi iklim usaha di Indonesia yang kondusif karena adanya beberapa regulasi pemerintah yang mendukung peningkatan produktivitas dan daya saing bagi sektor industri. 

    “Dengan adanya berbagai upaya strategis dan inovasi dari para pelaku industri, serta dukungan berkelanjutan dari pemerintah, kami optimistis sektor industri manufaktur dapat kembali bangkit dan mencatat pertumbuhan positif sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Menperin. 

  • Informasi Bocor, Pejabat AS Akui Israel Ingin Menyabotase Pembicaraan Hamas dan AS – Halaman all

    Informasi Bocor, Pejabat AS Akui Israel Ingin Menyabotase Pembicaraan Hamas dan AS – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Israel diduga berupaya menyabotase pembicaraan antara Amerika Serikat (AS) dan Hamas.

    Media Israel Yedioth Ahronoh menyampaikan dugaan itu lewat tulisan salah satu analisnya, Ronen Bergman, hari Jumat lalu.

    Dengan mengutip pernyataan pejabat AS, Bergman menyebut Israel ingin mengganggu pembicaraan AS-Hamas di Kota Doha, Qatar.

    Para pejabat AS pergi ke Doha untuk bertemu dengan pejabat Hamas guna membahas pembebasan sandera Israel yang juga berkewarganegaraan AS. AS tidak memberi tahu Israel tentang hal itu.

    Dikutip dari The Cradle, Israel menentang adanya pembicaraan antara Hamas dan AS tanpa adanya juru penengah. Israel takut bakal ada perkembangan mengenai pembicaraan masa depan Gaza.

    Pemerintahan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kecewa dengan pembicaraan langsung antara Hamas dan AS.

    Seorang narasumber The Times of Israel mengatakan Israel berada di balik bocornya informasi tentang pembicaraan AS-Hamas.

    NETANYAHU – Foto ini diambil dari publikasi Instagram Netanyahu pada Minggu (23/2/2025), memperlihatkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berpidato dan mengancam Hizbullah Lebanon pada 24 September 2024. (Instagram @b.netanyahu)

    Menurut narasumber itu, Gedung Putih mengklaim telah berkoordinasi dengan Israel tentang pembicaraan itu. Namun, Netanyahu ternyata tidak tahu.

    “Perdana Menteri Benjamin Netanyahu baru mengetahui pembicaraan AS-Hamas setelah pembicaraan,” kata narasumber itu.

    Menurut laporan Axios tanggal 5 Maret, Hamas dan AS sudah menggelar pembicaraan diam-diam untuk membebaskan warga AS di Gaza dan membahas kemungkinan perjanjian yang lebih besar guna mengakhiri perang.

    Sementara itu, seorang narasumber Israel Hayom menyebut Israel sangat khawatir dengan adanya pembicaraan tersebut.

    Komentar Israel mengenai pembicaraan itu juga abu-abu alias tidak jelas.

    “Kepada AS, Israel telah mengungkapkan sikapnya mengenai pembicaraan langsung dengan Hamas,” demikian kata kantor Netanyahu.

    Kontak langsung antara AS dan Hamas itu menandai tahap baru pembicaraan antara Hamas-Israel.

    Sejak menetapkan Hamas sebagai “organisasi teroris” tahun 1990-an, AS menolak melakukan pembicaraan langsung dengan Hamas.

    Hamas mengonfirmasi bahwa pejabatnya memang menggelar pembicaraan dengan AS di Qatar.

    Ibrahim Al Madhoun, seorang komentator terafiliasi Hamas, mengatakan pembicara kedua belah pihak umumnya berkisar tentang Idan Alexander, seorang sandera yang juga memiliki kewarganegaraan AS.

    BRIGADE AL-QUDS – Foto ini diambil pada Kamis (13/2/2025) dari publikasi resmi Telegram Brigade Al-Quds (sayap militer Jihad Islam), memperlihatkan anggota Brigade Al-Quds diapit oleh anggota Brigade Al-Qassam (sayap militer Hamas) saat berpatroli selama pertukaran tahanan gelombang ke-3 Kamis (30/1/2025) yang membebaskan sandera Israel; Agam Berger, Arbel Yehud dan Gadi Moses serta 5 warga Thailand dengan imbalan pembebasan 110 warga Palestina. (Telegram Brigade Al-Quds)

    Israel marah

    Israel dilaporkan marah mengetahui pemerintah AS berbicara langsung dengan Hamas.

    Tujuan pembicaraan itu adalah untuk mengamankan pembebasan warga AS yang disandera oleh Hamas di Jalur Gaza.

    Israel Hayom melaporkan tindakan itu membuat berang para pejabat Israel.

    “Ini tindakan yang sangat problematik,” kata seorang pejabat Israel.

    Israel disebut sudah mengetahui adanya saluran rahasia yang digunakan AS dan Hamas untuk berkomunikasi langsung.  Akan tetapi, para pejabat Israel membeci keberadaan saluran itu.

    Israel Hayom mengatakan pembicaraan itu dipimpin oleh Adam Boehler, utusan Presiden AS Donald Trump yang ditugasi mengurus pemulangan warga AS yang disandera.

    Narasumber dari Hamas mengatakan delegasi Hamas telah bertemu langsung dengan utusan Trump. Dia menyebut pembicaraan Hamas-AS berfokus pada persoalan warga AS yang disandera.

    Trump dukung pembicaraan AS-Hamas

    Trump mendukung pembicaraan langsung AS dengan Hamas di Qatar. 

    Menurut Trump, pembicaraan itu dilakukan demi kebaikan Israel dan mengamankan pembebasan sandera Israel.

    “Kita membantu Israel dalam pembicaraan itu karena kita membicarakan sandera Israel,” kata Trump di Gedung Putih, dikutip dari The Times of Israel.

    “Kita tidak melakukan apa pun terkait dengan Hamas. Kita tidak memberikan uang.”

    “Kalian harus bernegosiasi. Ada perbedaan antara bernegosiasi dan membayar. Kita ingin memulangkan orang-orang ini.”

    (*)

  • 10 Bank sentral dengan Cadangan Emas Terbesar di Dunia, Mana yang Paling Banyak?

    10 Bank sentral dengan Cadangan Emas Terbesar di Dunia, Mana yang Paling Banyak?

    Jakarta: Emas masih menjadi aset berharga bagi banyak negara di dunia. 
     
    Bank sentral berbagai negara menyimpan emas sebagai cadangan devisa untuk menjaga stabilitas ekonomi dan melindungi nilai mata uang dari inflasi. 
     
    Hingga akhir 2023, total cadangan emas global yang dimiliki bank sentral mencapai 36.699 metrik ton (MT), menurut data dari World Gold Council (WGC). Lalu, negara mana saja yang memiliki cadangan emas terbesar?
    Daftar negara dengan cadangan emas terbesar
    Melansir Investing.com, berikut adalah daftar 10 negara dengan cadangan emas terbesar di dunia:

    1. Amerika Serikat – 8.133,46 MT
    Amerika Serikat menjadi pemilik cadangan emas terbesar di dunia. Sebagian besar emas ini disimpan di Fort Knox, West Point, dan Denver.
     

    2. Jerman – 3.351,53 MT
    Jerman menyimpan sekitar setengah dari cadangan emasnya di Frankfurt, sementara sisanya berada di luar negeri, seperti di New York dan London.
     
    3. Italia – 2.451,84 MT
    Bank Sentral Italia menyimpan sebagian besar emasnya di dalam negeri, tetapi juga menyebarkan cadangannya di Inggris, Swiss, dan Amerika Serikat.
     
    4. Prancis – 2.437 MT
    Semua cadangan emas Prancis disimpan dengan aman di Banque de France dalam brankas bawah tanah bernama La Souterraine.
     
    5. Rusia – 2.332,74 MT
    Rusia telah meningkatkan cadangan emasnya dalam beberapa tahun terakhir dan menyimpan seluruh emas fisiknya di Moskow dan Saint Petersburg.
     
    6. Tiongkok – 2.279,56 MT
    Tiongkok terus menambah kepemilikan emasnya sebagai bagian dari strategi diversifikasi cadangan devisa.
     
    7. Swiss – 1.039,94 MT
    Swiss dikenal sebagai pusat keuangan global dan menyimpan emasnya di dalam negeri serta di beberapa lokasi luar negeri.
     
    8. India – 876,18 MT
    India memiliki cadangan emas yang terus meningkat, didukung oleh tingginya permintaan emas di dalam negeri.
     

    9. Jepang – 845,97 MT
    Jepang menggunakan emas sebagai bagian dari strategi stabilisasi mata uangnya.
     
    10. Belanda – 612,45 MT
    Belanda telah memulangkan sebagian cadangan emasnya dari luar negeri untuk memperkuat keamanan aset nasionalnya.
    Kenapa bank sentral mengandalkan emas?
    Emas memiliki peran penting dalam sistem keuangan global. Bank sentral menyimpan emas untuk beberapa alasan utama, antara lain:

    Perlindungan terhadap inflasi

    Emas cenderung mempertahankan nilainya dalam jangka panjang.

    Diversifikasi aset

    Emas menjadi alternatif selain mata uang asing dalam cadangan devisa.

    Keamanan ekonomi

    Dalam situasi krisis, emas bisa menjadi aset likuid yang bernilai tinggi.
     
    Cadangan emas tetap menjadi faktor penting dalam strategi keuangan banyak negara. Amerika Serikat masih mendominasi daftar dengan kepemilikan terbesar, diikuti oleh Jerman dan Italia. Seiring meningkatnya ketidakpastian ekonomi global, emas akan terus menjadi aset yang diminati oleh banyak negara.
     
    Sebagai investor, mengetahui tren kepemilikan emas global bisa menjadi insight berharga dalam merencanakan strategi keuangan dan investasi. Apakah emas juga masuk dalam portofolio investasimu? (Laura Oktaviani Sibarani)

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Conefo yang menjadi Gedung DPR RI

    Conefo yang menjadi Gedung DPR RI

    08 Maret 1965: Conefo yang menjadi Gedung DPR RI

    08 Maret 1965: Conefo yang menjadi Gedung DPR RI
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Sabtu, 08 Maret 2025 – 07:20 WIB

    Elshinta.com – Gedung DPR  yang sekarang berdiri, awalnya tidak ditujukan untuk para wakil rakyat bekerja. Tapi ditujukan untuk  tempat berkumpulnya perwakilan negara-negara yang memiliki semangat tatanan dunia baru yang bebas dari dominasi negara-negara kapitalis,  yang disebut Conefo (Conference of the New Emerging Forces). Mereka terdiri dari negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin. 

    Namun, pendirian Conefo yang ditetapkan oleh Presiden Soekarno itu, di kemudian hari jadi Gedung DPR.  Soekarno  melalui Surat Keputusan Presiden RI Nomor 48/1965 pada 8 Maret 1965 menetapkan pembangunan  Conefo, yang ingin  membuat tandingan bagi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

    Arsitektur gedung merupakan hasil rancangan karya Soejoedi Wirjoatmodjo, yang ditetapkan dan disahkan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 22 Februari 1965.  Tiang pertama bangunan dipancangkan pada 19 April 1965, bertepatan dengan 10 tahun Konferensi Asia Afrika di Bandung. 

    Lahan berdiri di atas tanah milik  Madrasah Islamiyah yang merupakan cikal bakal lahirnya Pondok Pesantren Darunnajah, di Jakarta Selatan.

    Namun dalam perjalanan, meletus peristiwa G 30 S PKI, sehingga pembangunan gedung sempat terhenti. Kondisi politik negara berjalan tidak stabil.   Dan ketika kondisi negara sudah relatif aman, pembangunan dilanjutkan berdasarkan Surat Keputusan Presidium Kabinet Ampera Nomor 79/U/Kep/11/1966 tanggal 9 Nopember 1966 yang peruntukannya diubah menjadi Gedung MPR/DPR RI.

    Maka, bangunan yang semula akan menjadi proyek mempersatukan negara-negara berkembang,  berubah menjadi Gedung MPR/DPR yang sering disebut Komplek Parlemen (karena terdiri dari DPR, MPR dan DPD). Hingga akhirnya bangunan ini terus mengalami perkembangan dan perubahan.

    Dari semula hanya gedung berkubah hijau, yang disebut gedung kura-kura, terus berkembang ditambah Gedung Nusantara I yang selesai dibangun tahun 1997 tempat para anggota DPR berkantor dan mengadakan rapat. Dalam perkembangan selanjutnya, gedung semakin ramai dengan tambahan gedung DPD (Dewan Perwakilan Daerah) dan Masjid Baiturrahman.

    Perluasan dan penambahan gedung baru juga sempat direncanakan, dengan alasan gedung nusantara I tempat para wakil rakyat berkantor sudah miring. Namun rencana ini batal karena mendapat banyak kritikan. Dari semua gedung yang ada, ikon gedung kura-kura tak tergantikan. Bangunan yang sangat khas. Di gedung ini peristiwa bersejarah banyak terjadi, seperti pengambilan sumpah jabatan presiden dan wakil presiden terpilih.

    Sumber : Sumber Lain

  • Perusahaan Ini Ngebor Bumi Demi Dapat ‘Sumber Energi Abadi’

    Perusahaan Ini Ngebor Bumi Demi Dapat ‘Sumber Energi Abadi’

    Jakarta

    Berbagai upaya dilakukan untuk memanfaatkan energi panas Bumi. Sekelompok ilmuwan dan insinyur berencana mengebor 12 kilometer ke dalam kerak Bumi untuk memanfaatkan panas planet yang luar biasa.

    Dikutip dari The Daily Galaxy, proyek ini dipimpin oleh Quaise Energy, perusahaan bidang energi panas Bumi yang berpusat di Massachusetts, Amerika Serikat. Tujuan dari proyek ini adalah memanfaatkan panas Bumi yang akan menjadi sumber energi nyaris ‘abadi’ untuk menopang konsumsi daya manusia selama jutaan tahun.

    Inisiatif ini disebut sangat penting untuk mengatasi meningkatnya permintaan akan energi bersih dan terbarukan dalam perang melawan perubahan iklim.

    Teknologi Pengeboran Revolusioner

    Kunci untuk mengungkap energi ini terletak pada teknologi pengeboran terbaru yang akan menggunakan sinar gelombang mikro untuk menguapkan batu, sebuah teknik yang dikenal sebagai pengeboran gyrotron.

    Perangkat gelombang mikro berdaya tinggi ini, yang sebelumnya digunakan dalam penelitian fusi nuklir, memiliki potensi untuk mencapai kedalaman yang jauh lebih besar daripada peralatan pengeboran konvensional, yang kesulitan mencapai lebih dari beberapa kilometer karena panas dan tekanan yang ditemukan lebih dalam di Bumi.

    Seperti diuraikan dalam studi Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada 2022, pendekatan pengeboran berbasis gyrotron dapat memungkinkan ilmuwan mencapai kedalaman yang belum pernah terjadi sebelumnya, memanfaatkan reservoir panas Bumi yang terlalu panas dan dalam untuk metode tradisional.

    Sasaran tim adalah untuk mulai memanen energi dari sumur percontohan pada 2026, dengan rencana lebih lanjut untuk memasang kembali pembangkit listrik tenaga batu bara dan gas yang ada dengan sistem energi panas bumi.

    Energi Panas Bumi di Masa Depan

    Meskipun energi surya dan angin telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir di sejumlah negara, energi panas Bumi (geothermal energy) sebagian besar masih belum dimanfaatkan karena keterbatasan teknologi.

    Pembangkit listrik tenaga panas Bumi biasanya terbatas pada wilayah dengan cadangan panas Bumi yang dangkal dan dapat diakses secara alami. Namun, energi panas Bumi dalam (deep geothermal energy) memiliki potensi untuk berkembang di seluruh dunia.

    Dengan mengebor cukup dalam, Quaise Energy bertujuan untuk mengakses suhu batuan setinggi 500°C, yang ideal untuk menghasilkan uap bertekanan tinggi untuk menjalankan turbin.

    Hal ini menjadikan energi panas Bumi dalam sebagai sumber daya yang andal dan berkelanjutan, tidak seperti sumber daya terbarukan lainnya yang bergantung pada kondisi cuaca.

    Energi Panas Bumi Ubah Industri

    Industri energi menghadapi kebutuhan mendesak untuk beralih dari bahan bakar fosil, dan energi panas Bumi dalam menawarkan kemungkinan yang menarik.

    Kemampuan untuk menggunakan kembali pembangkit listrik yang ada menggunakan teknologi ini akan memungkinkan negara-negara untuk beralih ke produksi energi bebas karbon tanpa perlu membangun infrastruktur baru, sehingga menghemat waktu dan uang.

    Pada 2030, tujuannya adalah untuk mulai mengganti hingga 95% penggunaan batu bara dan gas alam di pabrik dengan menciptakan ladang panas Bumi yang menghasilkan uap pada suhu yang sama dengan pembakaran bahan bakar fosil tradisional.

    Seiring dengan kemajuan inovasi ini, Quaise Energy menyoroti potensi energi panas Bumi dalam untuk melengkapi sumber terbarukan lainnya, memastikan solusi yang andal, terukur, dan berkelanjutan untuk kebutuhan energi planet ini.

    (rns/rns)

  • Waktu Israel Hampir Habis, Houthi Segera Lanjutkan Serangan, Hamas Puji Sekutunya – Halaman all

    Waktu Israel Hampir Habis, Houthi Segera Lanjutkan Serangan, Hamas Puji Sekutunya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Kelompok Houthi atau Ansarallah di Yaman memberi Israel waktu empat hari untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan kembali masuk ke Jalur Gaza.

    Jika Israel tidak melakukannya, Houthi akan melanjutkan serangan di Laut Merah yang menargetkan kapal-kapal Israel.

    “Jika setelah empat hari Israel terus mencegah masuknya bantuan ke Jalur Gaza, kami akan meneruskan operasi di laut untuk menyerang Israel,” kata pemimpin Houthi yang bernama Abdulmalik Al Houthi pada hari Jumat, (7/3/2025), dikutip dari The Times of Israel.

    Berdasarkan kesepakatan gencatan senjata dengan Hamas yang mulai berlakuk 19 Januari lalu, Israel diwajibkan mengizinkan masuknya bantuan ke Gaza.

    Israel beberapa hari kemarin mengumumkan menghentikan aliran bantuan. Menurut Israel, alasannya adalah karena Hamas menolak usul dari Israel untuk memperpanjang gencatan senjata tahap awal dan pembebasan sandera.

    Adapun ultimatum Houthi di aatas disampaikan beberapa hari sesudah Amerika Serikat (AS) menetapkan Houthi sebagai “organisasi teroris”.

    Houthi mulai menyerang Israel setelah perang di Gaza meletus pada bulan Oktober 2023. Serangan itu adalah bentuk dukungan kepada warga Palestina di Gaza.

    Israel mengklaim berhasil menangkis sebagian besar serangan Houthi. Namun, warga Israel sering harus berlarian ke tempat perlindungan pada malam hari ketika serangan dilancarkan.

    Beberapa drone dan rudal yang ditembakkan Houthi sukses menghantam wilayah Israel, misalnya di Kota Tel Aviv dan Eilat.

    GAZA HANCUR – Foto yang diambil dari kantor berita Wafa tanggal 6 Maret 2025 memperlihatkan bangunan-bangunan di Jalur Gaza hancur karena serangan Israel. Mesir mengusulkan rencana pembangunan kembali Gaza. (Wafa)

    Di samping itu, Houthi juga melancarkan operasi yang menargetkan kapal-kapal Israel di Laut Merah. Operasi itu mengganggu pelayaran dunia.

    Israel tidak diam saja melihat serangan Houthi. Israel membalasnya dengan serangan udara ke Yaman. AS dan Inggris yang menjadi sekutu Israel juga ikut menyerang Houthi.

    Houthi berulang kali menegaskan baru akan menghentikan serangan jika perang di Gaza diakhiri. Sejak gencatan di Gaza diberlakukan, Houthi belum menyerang Israel lagi.

    “Sikap ini berasal dari kewajiban keagamaan, kemanusiaan, dan prinsip, serta penjelasan dari apa yang sebelumnya diumumkan oleh Republik Yaman bahwa negara itu akan terus memantau komitmen entitas Zionis dalam memenuhi kewajibannya menurut perjabjian dengan kelompok perlawanan Palestina yang dipimpin oleh Hamas,” kata Houthi untuk menegaskan kembali kesiapannya untuk menyerang Israel, dikutip dari kantor berita Samaa.

    Houthi mengatakan serangan terhadap Israel di lautan bertujuan untuk memblokade kapal-kapal Israel dan mencegah Israel melakukan genosida terhadap rakyat Palestina.

    Kelompok itu juga menyindir negara-negara Arab yang dianggap kurang sumbangsingnya dalam persoalan Gaza.

    “Kami tidak bisa melihat eskalasi, dihalanginya bantuan ke Gaza, dan kembalinya bencana kelaparan,” kata Al Houthi.

    Pemimpin Houthi itu mengklaim Israel mengurangi komitmennya secara besar-besaran dalam perjanjian gencatan senjata dengan Hamas.

    Menurut Al Houthi, peringan serangan dari pihaknya muncul ketika Israel menghadapi masa sulit karena didera krisis ekonomi akibat perang Gaza dan operasi militer Houthi di Laut Merah dalam beberapa bulan belakangan.

    PUING-PUING GAZA – Foto yang diambil dari kantor berita Wafa tanggal 6 Maret 2025 memperlihatkan warga Palestina di antara puing-puing bangunan. (Wafa)

    Hamas memuji Houthi

    Tekad Houthi untuk melanjutkan serangan yang menargetkan Israel dipuji oleh Hamas.

    Hamas menyebut keputusan Houthi itu adalah bentuk perpanjangan dukungan kepada Gaza selama perang di Gaza berlangsung.

    Otoritas yang berkuasa di Gaza itu juga meminta masyarakat internasional dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) agar sgeera bertindak untuk menghentikan “kejahatan kelaparan” yang dilakukan oleh Israel di Gaza.

    “[Israel membuat warga Gaza kelaparan] dengan menutup perlintasan dan masuknya bantuan kemanusiaan,” kata Hamas.

    (*)

  • Peresmian Jalan Tol Jakarta–Bogor–Ciawi oleh Presiden Soeharto

    Peresmian Jalan Tol Jakarta–Bogor–Ciawi oleh Presiden Soeharto

    09 Maret 1978: Peresmian Jalan Tol Jakarta–Bogor–Ciawi oleh Presiden Soeharto

    09 Maret 1978: Peresmian Jalan Tol Jakarta–Bogor–Ciawi oleh Presiden Soeharto
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Minggu, 09 Maret 2025 – 08:07 WIB

    Elshinta.com – Jalan Tol Jagorawi, singkatan dari Jalan Tol Jakarta–Bogor–Ciawi, adalah jalan tol pertama di Indonesia yang menghubungkan Jakarta-Bogor-Ciawi. Jalan tol ini dikelola oleh PT Jasa Marga dan melewati Provinsi DKI Jakarta, Kota Depok, Kota Bogor, dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

    Jalan tol ini dibangun dengan biaya Rp.350 juta per kilometer pada kurs rupiah saat itu. Jalan tol sepanjang kurang lebih 50 km ini diresmikan Presiden Soeharto pada tanggal 9 Maret 1978. Saat pertama diresmikan, jalan tol tersebut baru sampai ruas Jakarta-Citeureup saja dan juga hanya 2 lajur per arah, dengan karyawan 200 orang. Jalan tol Jagorawi merupakan jalan tol pertama di Indonesia. Pembangunan jalan tol ini didanai APBN dari pinjaman luar negeri, kemudian pengelolaannya diberikan kepada PT Jasa Marga sebagai modal awal perusahaan tersebut dan merupakan penyertaan pemerintah.

    Meskipun Jagorawi merupakan jalan tol pertama di Indonesia, namun ide jalan tol sudah ada sejak dekade pertama kemerdekaan. Ini ketika pada 1955 Sudiro, Walikota Jakarta 1953-1960 mengusulkan sistem jalan tol diterapkan untuk Jalan Sudirman – Thamrin, yang merupakan jalan baru penghubung pusat kota (wilayah sekitar Gambir) ke Kotabaru Kebayoran. Pertimbangannya karena besarnya biaya untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan tersebut. Namun ide tersebut ditolak oleh DPRD(S) Jakarta.

    Pesatnya pembangunan di Jakarta mendorong arus urbanisasi sehingga Jakarta menjadi semakin padat khususnya di sebelah timur dan kemacetan semakin parah khususnya di ruas jalan Cilitan – Matraman – Gunung Sahari – Tanjung Priok dan jalan raya Bogor. Untuk memperlancar arus lalu lintas, maka diupayakan pembangunan jalan Bypass di sebelah timur sejajar kedua jalan lama. Sebagai upaya pertama, dibangun Jalan Jakarta Bypass dari Cililitan ke Tanjung Priok yang diresmikan pada 21 Oktober 1963.

    Sebagai terusannya, pada 1963 dimulai pra-kajian kelayakan untuk proyek pembangunan jalan bypass dari Cililitan, Jakarta menuju Bogor dan Ciawi sehingga disingkat Jagorawi. Pada tahun 1965, proyek Jagorawi Bypass berlanjut dengan pembentukan Otoritas Jalan Raya Jagorawi pada 27 Jan’66. Namun seiring tuntutan situasi politik dan ekonomisaat itu, 4 bulan berikutnya pada 25 Mei 1966 diputuskan penangguhan sementara proyek Jagorawi Bypass. 

    Setelah memasuki era Orde Baru, pada 9 Januari 1969, Menteri Pekerjaan Umum Ir. Sutami mengusulkan untuk melanjutkan kembali proyek Jagorawi sebagai program Repelita I, dan disetujui oleh Presiden Soeharto. Berdasarkan penelitian Ditjen Bina Marga pada tahun 1969, jumlah kendaraan yang melintasi Jalan Raya Jakarta-Bogor mencapai 8.400 unit per hari. Angka ini diperkirakan meningkat menjadi 17.200 unit pada tahun 1971, dan mencapai 50.500 kendaraan pribadi pada tahun 1980.

    Proyek dimulai dengan kajian kelayakan oleh konsultan dari Amerika Serikat, en:Kampsax – en:Louis Berger Consulting Engineering, dibiayai oleh UNDP. Kajian selesai pada 1970 menyatakan proyek tersebut layak dan merekomendasikan lokasi Jagorawi Highway pada jarak 3 – 5 km dari jalan raya bogor. Pada 1 April 1971 ditunjuk Manajer Proyek Jagorawi Highway ini Ir. Hendro Muljono.

    Tahapan proyek berikutnya perencanaan proyek dibiayai oleh hibah dari USAID sebesar US$ 800 ribu sesuai kesepakatan Indonesia dan Amerika Serikat sebelumnya pada 20 Agustus 1970. Perancangan rekayasa (engineering design) Jagorawi Highway mulai dikerjakan pada September 1971 oleh konsultan dari Amerika Serikat Sverdrup & Parcel Internasional Inc. didukung oleh kajian ekonomi oleh URS (en:United Research Services) Corp.
     

    Pada awal 1972 dihasilkan perencanaan konstruksi Jagorawi Highway sepanjang 51km (termasuk 3km jalan akses ke Kota Bogor) ini dilaksanakan dalam dua Seksi. Seksi A dari Ciawi (dekat persimpangan menuju Kawasan Puncak dan Sukabumi) sampai Citeureup (Sta 30+000) sejauh 20km dan Seksi B dari Citeureup ke Cililitan (dekat ujung jalan Jakarta Bypass) dengan badan jalan 8 lajur selebar 43m dan DMJ (Daerah Milik Jalan) selebar 90m dengan rencana kecepatan 120km/j dan MST (Muatan Sumbu Terberat) 10 ton.

    Selanjutnya sejak April 1972 konsultan bertugas menyusun dokumen & mendukung proses prakualifikasi dan lelang kontraktor konstruksi dan konsultan pengawas, termasuk negosiasi dan penyesuaian rancangan rekayasa serta volume dan jangka waktu pekerjaan untuk menurunkan biaya karena penawaran awal semua kontraktor ternyata melebihi anggaran. Penyesuaian ini seperti pengurangan lebar jalan menjadi hanya 6 lajur selebar 35,5m (termasuk pengurangan median jalan menjadi 10m) dengan hanya 4 lajur yang diaspal, bahkan ruas Bogor-Ciawi yang dibangun baru separuh (2 lajur tanpa median jalan).

    Hingga akhirnya pada 13 Nov 1973 terpilih pemenang untuk kontraktor yaitu Hyundai Construction Co dari Korea Selatan dengan penawaran Fixed Price US$ 33,2 juta (US$ 14,8 juta untuk Seksi A dan US$ 18,4 juta untuk Seksi B) dengan penandatangan kontrak pada 21 Desember 1973. Sedangkan untuk konsultan pengawas terpilih en:Ammann and Whitney – en:Trans Asia Engineering Associates Inc dari Amerika Serikat.

    Sementara itu sejak 1972 P3UN (Panitia Perunding Pembebasan Tanah Untuk Negara) sudah bergerak untuk membebaskan lahan seluas seluruhnya sekitar 500 ha selesai pada 1974 dengan biaya Rp 3,9 miliar. Tahapan konstruksi proyek dibiayai 70% oleh pinjaman lunak dari USAID sebesar US$ 26 juta dengan bunga 2%-3% masa pengembalian 40 tahun masa tenggang 10 tahun dan 30% komitmen rupiah murni pendamping sebesar US$ 18.7 juta (Rp 7,8 miliar) sesuai kesepakatan Indonesia dan Amerika Serikat pada 24 Januari 1974.

    Selanjutnya konstruksi fisik dimulai dengan acara peletakan batu pertama pada 25 Mei 1974 di Citeureup Sta 33+100. Pekerjaan sempat terhambat oleh klaim kenaikan biaya akibat force majeure krisis minyak 1973 sehingga akhirnya disepakai kenaikan harga kontrak sekitar 20%.

    Sementara itu, mengingat besarnya biaya untuk pembangunan dan pemeliharaan Jagorawi Highway maka Dirjen Bina Marga Dr. Ir. Purnomosidi Hadjisarosa memikirkan ide serupa dengan ide Walikota Sudiro pada 1955, yaitu menjadikan jalan tersebut sebagai jalan tol agar biaya pengoperasian dan pemeliharaan ruas jalan tersebut dapat dilakukan mandiri tanpa membebani APBN. Untuk itu pada 25 Oktober 1974 Bina Marga meminta konsultan en:Arge Intertraffic Lenzconsult dari Jerman Barat untuk menyusun kajian kelayakan sistem jalan tol Jakarta-Jawa Barat dikaitkan dengan rencana pembangunan jalan baru yaitu (1) Jagorawi; (2) Jakarta-Merak; (3) Jakarta-Cikampek; (4) Jalan Tol Lingkar Jakarta.

    Hasil kajian terbit pada awal 1976 dan merekomendasikan kelayakan Jagorawi sebagai Jalan Tol. Kemudian dilakukan kunjungan untuk Kajian Perbandingan pengelolaan dan pengoperasian jalan tol, pada Maret 1976 ke Asia seperti Hong Kong, Korea Selatan, Taiwan, dan Jepang lalu pada Juni 1976 ke Eropa seperti Jerman, Italia, dan Spanyol. Pada 31 Agustus 1976 Dirjen Bina Marga secara resmi membentuk tim persiapan pembentukan suatu perusahaan jalan tol. Pada akhir 1976, Bina Marga menyampaikan ke kontraktor perubahan konsep rancangan Jagorawi dari Jalan Bebas Hambatan menjadi Jalan Tol.

    Terkait pola pengoperasian jalan tol, diputuskan untuk mengadopsi sistem Korea Selatan karena lebih sederhana dibandingkan sistem negara lain. Kemudian untuk mendapatkan persetujuan, pada 27 Januari 1977 Menteri Pekerjaan Umum Ir. Sutami, melaporkan seluruh hasil kajian dan tugas persiapan tersebut kepada Presiden Suharto, kemudian pada 9 Februari 1977 menyampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR. Setelah persetujuan Presiden dan DPR ini, pada pertengahan 1977, Bina Marga bersepakat dengan kontraktor terkait perubahan kontrak sesuai konsep rancangan Tollroad dan juga mengirimkan tim ke Korean Expressway Corp utk ToT (Training of Trainers) dalam pengoperasian jalan tol.

    Akibat peningkatan biaya sebagai dampak krisis minyak 1973 dan perubahan spesifikasi menjadi jalan tol tersebut, maka biaya keseluruhan proyek ini mencapai 66 juta dollar AS (meningkat dari estimasi awal 44,7 juta dollar AS), sehingga perbandingan porsi pinjaman dibandingkan APBN turun menjadi 40:60.

    Pada 25 Februari 1978 diterbitkan terbit PP No. 4 tahun 1978 tentang Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia untuk pendirian Persero yang mengurusi dan mengelola infrastruktur jalan raya tol, disusul pengangkatan Ir. Yuwono Kolopaking sebagai Direktur Utama, Ir. Isbandi sebagai Direktur, dan Ir. Sunaryo Sumardji sebagai Direktur Muda. Perusahaan baru ini diaktakan pada 1 Maret 1978 yang kemudian diperingati sebagai hari lahir BUMN Indonesia Highway Corp yaitu PT Jasa Marga (Persero). Kemudian pada 8 Maret 1978 diterbitkan Keppres No. 3 tahun 1978 tentang penetapan Jagorawi sebagai Jalan Tol dan keesokan harinya pada 9 Maret 1978 dilakukan peresmian Jalan Tol Jagorawi Seksi B oleh Presiden Suharto. Meski sudah beroperasi, konstruksi Seksi B baru resmi selesai dan diserahterimakan pada 31 Juli 1978.

    Sumber : Sumber Lain