Negara: Amerika Serikat

  • Drake Passage, Jalur Laut Terseram Dunia dengan Ombak 25 Meter

    Drake Passage, Jalur Laut Terseram Dunia dengan Ombak 25 Meter

    Jakarta

    Drake Passage atau Selat Drake, adalah perairan terkenal antara Cape Horn di Amerika Selatan dan Kepulauan Shetland Selatan di Antartika. Arusnya yang deras, air yang membekukan, angin kencang, dan ombak yang sangat besar membuat jalur ini terkenal sebagai salah satu jalur paling berbahaya dan mengerikan di dunia.

    Apa itu Drake Passage?

    Berukuran lebar sekitar 800 kilometer dan panjang 1.000 kilometer, Drake Passage atau Jalur Drake adalah jarak terpendek dari benua Antartika ke daratan lainnya. Perairannya yang sangat keras adalah salah satu alasan mengapa manusia baru menginjakkan kaki di Antartika pada abad ke-19.

    Nama jalur ini diambil dari nama penjelajah Inggris abad ke-16 Sir Francis Drake, yang dikenal karena mengelilingi dunia antara tahun 1577 dan 1580.

    Untuk mencapai prestasi ini, seperti dikutip dari IFL Science, ia dan armadanya melewati Selat Magellan, sebuah jalur melintasi pulau-pulau terjal dan gunung es di ujung Amerika Selatan.

    Meskipun Drake sendiri tidak pernah mengarungi jalur tersebut, ekspedisinya mengajarkan kepada Inggris bahwa terdapat perairan terbuka di selatan Amerika Selatan, sehingga pelayaran keliling dunia dapat dilakukan dengan perahu.

    Namun dalam bahasa Spanyol, jalur ini dikenal sebagai Mar de Hoces, diambil dari nama navigator Spanyol Francisco de Hoces, yang menemukan perairan tersebut pada tahun 1525 saat berlayar melalui Selat Magellan.

    Baru pada tahun 1616, Willem Schouten dari Dutch East India Company memimpin kru pertama berlayar mengelilingi Cape Horn dan melewati Selat Drake.

    Mengapa Drake Passage berbahaya?

    Beberapa arus laut terkuat di dunia mengalir melalui Selat Drake karena tidak menemui hambatan dari daratan mana pun, sehingga memungkinkan aliran air ‘melepaskan’ dan menghasilkan kekuatan yang sangat besar.

    Demikian pula, angin kencang dibiarkan mengalir bebas sejauh ribuan kilometer tanpa menghantam daratan pada garis lintang ini, sehingga menimbulkan badai hebat dan gelombang besar.

    Beberapa laporan saat melewati Drake Passage melaporkan gelombang mencapai 25 meter, kira-kira setinggi gedung delapan lantai.

    Bagaimana rasanya berlayar melintasi Drake Passage?

    Hari Natal 2019, enam kru penjelajah gagah berani jadi orang pertama yang mendayung melintasi jalur ini dalam pertempuran 13 hari melawan cuaca. “Itu cukup mengerikan. Pada akhirnya, berat badan kami turun cukup banyak dan mengigau karena kurang tidur,” kata Colin O’Brady, salah satu dari enam pria di kapal tersebut, setelah menyelesaikan perjalanan.

    Saat ini, banyak sekali orang yang melakukan perjalanan penuh petualangan melintasi Jalur Drake, terutama saat bepergian ke Antartika. Kapal-kapal besar dan modern membuat perjalanan jauh lebih lancar dibandingkan berabad-abad yang lalu.

    “Menyeberangi Jalur Drake adalah harga masuk untuk pergi ke Antartika. Kedamaian dan ketenangan Antartika diimbangi dengan turbulensi dan drama Drake. Keduanya adalah dua sisi dari mata uang yang sama: Anda tidak akan mendapatkan yang satu tanpa yang lainnya. Kondisi Drake berada di antara buruk dan menakutkan, tergantung pada dewa cuaca, tetapi setiap momennya berharga,” kata Lyndon File, manajer perusahaan tur G Adventures yang menawarkan perjalanan ke Antartika.

    “Saya merasa seperti pakaian kotor di mesin cuci dengan siklus putaran 36 jam. Saya belum pernah jatuh sakit karena mabuk perjalanan. Namun perjalanan ini menjadi ujian sesungguhnya,” tambah manajer divisi media G Adventures Kyle Jordan.

    (rns/fyk)

  • Bocoran Motorola Razr Plus 2025 Ungkap Desain Panel Kayu yang Menawan

    Bocoran Motorola Razr Plus 2025 Ungkap Desain Panel Kayu yang Menawan

    JAKARTA – Motorola Razr Plus 2025 tampaknya akan hadir dengan kejutan menarik bagi para penggemarnya di seluruh dunia. Bocoran terbaru menunjukkan bahwa perangkat ini akan memiliki varian dengan panel belakang bertekstur kayu.

    Bocoran ini datang dari leaker ternama Evan Blass, yang membagikan GIF 360 derajat dari perangkat yang juga dikenal sebagai Razr 60 Ultra di luar Amerika Serikat.

    Sebelumnya, render perangkat ini telah muncul dalam varian warna merah dan hijau dengan material kulit sintetis. Namun, bocoran terbaru mengisyaratkan kemungkinan adanya versi dengan panel belakang bermotif kayu.

    Blass tidak mengungkapkan apakah panel tersebut terbuat dari kayu asli atau hanya efek kayu. Jika benar menggunakan kayu asli, ini bukan kali pertama Motorola mengadopsi material ini, mengingat Moto X 2014 juga pernah hadir dengan panel belakang kayu. Meski demikian, ada kemungkinan besar bahwa ini hanya sekadar efek kayu untuk memberikan tampilan premium.

    Spesifikasi Motorola Razr Plus 2025 (Bocoran)

    Hingga saat ini, Motorola belum memberikan informasi resmi tentang generasi terbaru dari ponsel lipat Razr. Namun, berbagai bocoran menyebutkan bahwa Razr Plus 2025 akan dibekali chipset Snapdragon 8 Elite, RAM hingga 12GB, serta baterai berkapasitas 4.000mAh. Layar internalnya diperkirakan tetap berukuran 6,9 inci, sama seperti model tahun lalu.

    Jika mengacu pada jadwal peluncuran sebelumnya, kemungkinan Motorola akan merilis Razr Plus 2025 pada Juni mendatang. Dengan semakin banyaknya bocoran yang beredar, pengumuman resmi tampaknya tinggal menunggu waktu.

  • Lebaran Idul Fitri 2025: Ini Tanggal dan Libur Panjang yang Dinanti – Page 3

    Lebaran Idul Fitri 2025: Ini Tanggal dan Libur Panjang yang Dinanti – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di Indonesia. Pada tahun 2025, pemerintah memprediksi Hari Raya Idul Fitri 1446 H akan jatuh pada Senin, 31 Maret 2025. Bila itu terjadi, lebaran ini akan berlangsung secara serentak bersama Muhammadiyah.

    Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag), Abu Rokhmad, memprediksi Lebaran Idul Fitri atau 1 Syawal 1446 Hijriah/2025 Masehi akan jatuh pada pada tangggal 31 Maret 2025.

    “Kalau menurut hitung-hitungannya hisab, kemungkinan insya Allah (Idul Fitri) kita akan sama, yaitu di tanggal 31 Maret,” ujar Abu Rokhmad di Jakarta, seperti dikutip dari Antara.

    Abu menjelaskan secara astronomis atau hisab pada 29 Ramadhan 1446 Hijriah, belum terjadi ijtimak. Posisi hilal masih di bawah ufuk antara -3 hingga -1 derajat. Artinya, secara teori hilal tidak mungkin bisa diamati.

    sementara itu berdasarkan analisis astronomi, Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah diperkirakan akan jatuh pada Senin, 31 Maret 2025. Hal ini disampaikan oleh Profesor Riset Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin.

    Menurutnya, perhitungan berdasarkan kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) serta wujudul hilal menunjukkan keseragaman dalam penentuan awal Syawal tahun ini.

    “Fakta astronomi dari tanggal awal Syawal 1446 menurut kriteria MABIMS berada di wilayah benua Amerika. Ini adalah garis tanggal ketinggian 3 derajat dan ini garis tanggal elongasi 6,4 derajat geosentrik pada saat Maghrib 29 Maret, hilal tidak mungkin terlihat di Indonesia, maka satu Syawal 1446 menurut kriteria Mabims adalah 31 Maret 2025,” ujar Thomas dikutip pada Kamis (20/3/2025).

    Senada dengan itu, kriteria wujudul hilal juga menunjukkan hasil yang sama. “Garis tanggal wujudul hilal berada di luar Indonesia, tepatnya di Asia Tengah. Pada saat Maghrib 29 Maret, hilal di Indonesia masih di bawah ufuk, sehingga Idul Fitri juga jatuh pada 31 Maret 2025,” tambahnya.

    Dengan demikian, Idul Fitri tahun ini diprediksi akan dirayakan secara seragam pada Senin, 31 Maret 2025, baik oleh pemerintah maupun organisasi Islam di Indonesia.

    “Kepastian resminya akan ditetapkan dalam Sidang Isbat pada 29 Maret 2025,” kata Thomas Djamaluddin.

     

  • 5 Kasus Obesitas Ekstrem di Dunia, Ada yang Bobotnya Lebih dari Setengah Ton

    5 Kasus Obesitas Ekstrem di Dunia, Ada yang Bobotnya Lebih dari Setengah Ton

    Jakarta

    Kasus terkait obesitas sering kali menyita perhatian banyak pihak. Hal ini karena obesitas merupakan masalah kesehatan yang cukup serius dan hidup individu tersebut bisa lebih berat.

    Obesitas ekstrem biasanya diukur dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) yang jauh di atas 40, dan sering kali disertai dengan berbagai komplikasi kesehatan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah sederet kasus obesitas terekstrem yang pernah tercatat.

    1. Jon Brower Minnoch

    Orang paling berat dalam sejarah medis adalah Jon Brower Minnoch (Amerika Serikat) yang hidup antara tahun 1941-1983. Pada bulan Maret 1978, dirinya secara resmi diakui sebagai orang paling berat yang pernah hidup.

    Jon lahir pada tanggal 29 September 1941, di kota kecil Bainbridge Island, sebelah timur negara bagian Washington. Dirinya mengidap obesitas parah sejak masa kanak-kanak, di usianya yang masih belia, 12 tahun Jon sudah memiliki berat badan yang luar biasa, yakni 294 pon (133 kilogram)

    Pada akhirnya, konsultan endokrinologi dr Robert Schwartz menghitung bahwa Jon yang memecahkan rekor itu pasti memiliki berat lebih dari 635 kg.

    2. Khalid bin Mohsen Shaari

    Khalid bin Mohsen Shaari pria dari Jazan, Arab Saudi diketahui memiliki berat badan 610 kg. Dirinya bahkan berjuang untuk menjadi ‘normal’ dan sukses menurunkan berat badan hingga 542 kg.

    Obesitas ekstrem ini membuat Shaari terbaring cukup lama di tempat tidur yakni selama tiga tahun. Kasus obesitasnya ini menarik perhatian mantan Raja Arab Saudi Abdullah yang akhirnya bertekad mengubah hidup Shaari.

    3. Manuel Uribe

    Pria asal Meksiko ini meninggal dunia pada usia 48 tahun. Sebelumnya, Manuel Uribe pernah mencapai puncak berat yakni 560 kg, dirinya juga sukses memangkas sekitar 394 kg.

    Berat badannya ini membuat Uribe tidak bisa melakukan aktivitas secara normal. Dirinya terbaring di tempat tidurnya selama bertahun-tahun karena tidak dapat berjalan sendiri.

    4. Mayra Rosales

    Mayra Rosales, perempuan dari Texas, Amerika Serikat pernah tercatat memiliki berat badan sekitar 470 kg. Kehidupannya mulai mendapatkan perhatian publik saat dirinya diduga melakukan kejahatan yang menyebabkan kematian keponakannya. Namun, setelah diselidiki, dirinya dinyatakan tidak bersalah.

    Mayra telah menjalani 11 operasi, termasuk operasi pemasangan pita pinggang dan prosedur pengangkatan kulit tambahan

    5. Paul Mason

    Paul Mason dari Ipswich, Suffolk pernah memiliki berat badan 444 kg. Kondisinya ini membuatnya untuk memutuskan melakukan operasi bypass lambung dan mengubah gaya hidupnya. Mason sukses memangkas berat badannya hingga 272 kg.

    Obesitas ekstrem ini terjadi karena Mason mengonsumsi 20.000 kalori sehari, hampir 10 kali lipat dari rata-rata yang direkomendasikan. Aktivitas ini dia lakukan selama hampir satu dekade.

    (dpy/kna)

  • 9 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Tanpa Obat

    9 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Tanpa Obat

    Jakarta

    Sebagian orang berisiko mengalami mabuk perjalanan saat bepergian dengan mobil, kereta, kapal, atau kendaraan lain. Gejala mual, pusing, hingga muntah bisa terjadi dan membuat sepanjang perjalanan menjadi tidak nyaman.

    Mabuk perjalanan bisa diredakan atau diminimalisir dengan berbagai cara, termasuk yang tanpa obat. Sejumlah cara ini dapat dilakukan sejak mulai merasakan mabuk perjalanan sehingga gejalanya tidak memburuk.

    Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Secara Alami

    Berikut sederet cara meredakan mabuk perjalanan secara alami tanpa konsumsi obat apapun, dikutip dari Healthline:

    1. Hadap ke Arah Depan

    Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menjelaskan, mabuk perjalanan terjadi ketika gerakan dalam pandangan mata berbeda dengan yang dirasakan telinga bagian dalam.

    Menghadap dan menatap jalanan di depan bisa membantu melepaskan segala hal yang dilihat mata dan dirasakan telinga. Sehingga gejala mabuk dapat berkurang atau menjadi lebih ringan.

    2. Ubah Posisi

    Banyak laporan menyatakan, perubahan posisi duduk dapat meredakan mabuk perjalanan. Jika memungkinkan, bisa dicoba posisi berbaring atau memejamkan mata.

    Cara lain adalah menyandarkan kepala pada sandaran kursi seperti yang terdapat pada mobil atau kereta. Selain itu, mencoba berdiri setelah duduk selama beberapa jam dalam perjalanan bisa membantu meredakan gejala mabuk perjalanan.

    3. Tatap Langit

    Ilustrasi menatap langit dari dalam mobil Foto: Getty Images/Rawpixel

    Karena terjadi akibat perbedaan pada yang dilihat dan dirasakan, menatap langit yang tampak diam dapat membantu meredakan mabuk perjalanan. Memandang langit bisa merangsang kerja mata dan telinga bagian dalam menjadi searah.

    Karena itu, bagi yang sering mabuk perjalanan disarankan memilih duduk dekat jendela. Bila mulai merasakan sensasi khas mabuk perjalanan, dapat segera melihat langit.

    4. Hirup Udara Segar

    Udara sumpek di dalam transportasi kemungkinan menjadi penyebab mabuk perjalanan. Sehingga menghirup udara segar bantu mengatasi mabuk perjalanan.

    Kamu dapat membuka jendela atau ke luar ruangan untuk mencari udara segar. Jika cuaca atau kendaraan yang dinaiki tidak memungkinkan, hadapkan kipas angin atau AC ke arahmu untuk mendapatkan udara.

    5. Makan Camilan

    Konsumsi camilan seperti biskuit, kerupuk, atau buah-buahan dapat membantu mengurangi mual. Hindari konsumsi makanan berat dan berminyak karena bisa memperburuk gejala mabuk perjalanan.

    Camilan sebaiknya dikonsumsi dalam porsi kecil tapi sering. Selain makanan ringan, bisa juga dicoba permen jahe, asam, dan pelega tenggorokan untuk membantu mengatasi mabuk perjalanan.

    6. Minum Air Putih

    Ilustrasi meminum air Foto: Getty Images/seb_ra

    Mual dan pusing juga bisa diatasi dengan minum air putih. Di sisi lain, air putih dapat menghidrasi tubuh yang kemungkinan kekurangan cairan. Sebagai pengingat, hindari minuman beralkohol dan berkafein karena bisa menyebabkan dehidrasi dan memperparah mual.

    7. Alihkan Perhatian dengan Kegiatan Lain

    Mengalihkan perhatian dengan mendengarkan musik atau mengobrol dapat meredakan mabuk perjalanan. Kegiatan ini membantu mengalihkan perhatian dari perasaan tidak nyaman akibat mabuk.

    Mendengarkan musik juga bisa mencegah seseorang muntah selama perjalanan. Meta analisis 2022 menunjukkan, musik membantu mengatasi muntah usai operasi.

    8. Hindari Fokus pada Objek Dekat

    Orang yang mabuk perjalanan sering kesulitan membaca buku atau melihat layar gawai. Hal ini karena terputusnya hubungan sensorik antara telinga bagian dalam dan mata. Fokus pada objek yang dekat berisiko mengakibatkan gejala mabuk perjalanan makin parah.

    9. Hirup Minyak Aromaterapi

    Studi 2016 menemukan, rasa mual pasca operasi berkurang setelah mencium aroma minyak peppermint.
    Hindari terlalu lama menghirup minyak aromaterapi karena justru dapat menyebabkan atau memperburuk mual.

    Jika rasa mual tak juga reda, ada baiknya segera menghentikan kendaraan dan istirahat lebih dulu di rest area terdekat bagi pengguna kendaraan pribadi. Sedangkan bagi pengguna transportasi umum, bisa segera mengonsumsi obat yang meredakan mabuk perjalanan.

    (azn/row)

  • Modal Asing Rp 4,25 Triliun Keluar Indonesia, Mayoritas Pasar Saham

    Modal Asing Rp 4,25 Triliun Keluar Indonesia, Mayoritas Pasar Saham

    Jakarta, Beritasatu.com – Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa modal asing senilai Rp 4,25 triliun keluar dari pasar keuangan domestik pada 17-20 Maret 2025. Sebagian besar aliran dana asing tersebut berasal dari pasar saham.

    Kepala Departemen Komunikasi BI Ramdan Denny Prakoso menyampaikan, modal asing keluar melalui pasar saham sebesar Rp 4,78 triliun dan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) senilai Rp 670 miliar. Sementara itu, aliran modal asing masuk melalui Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp 1,2 triliun.

    Ramdan menjelaskan bahwa berdasarkan data transaksi dalam periode tersebut, nonresiden tercatat melakukan jual neto sebesar Rp 4,25 triliun.

    Dari jumlah itu, Rp 4,78 triliun merupakan jual neto di pasar saham, sementara pasar SBN mencatat beli neto Rp 1,2 triliun, dan SRBI mengalami jual neto Rp 670 miliar.

    Secara kumulatif, sejak 1 Januari hingga 20 Maret 2025, pasar saham mencatat jual neto sebesar Rp 28,1 triliun. Di sisi lain, pasar SBN mengalami beli neto sebesar Rp 23,87 triliun, dan SRBI mencatat beli neto Rp 8,58 triliun.

    Pergerakan modal asing ini turut memengaruhi pasar keuangan domestik. Imbal hasil (yield) SBN tenor 10 tahun naik menjadi 7,08% pada 20 Maret 2025. Sementara itu, yield surat utang Amerika Serikat (US Treasury Note) tenor 10 tahun turun ke 4,237% pada periode yang sama.

    Nilai premi risiko investasi (credit default swap) Indonesia tenor 5 tahun juga meningkat menjadi 88,51 basis poin, naik dari posisi 81,2 basis poin pada 14 Maret 2025.

    Menanggapi kondisi modal asing yang keluar, Bank Indonesia menegaskan akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait serta mengoptimalkan strategi bauran kebijakan guna menjaga ketahanan ekonomi Indonesia.

  • Kata Rusia Jelang Perundingan Gencatan Senjata Ukraina di Saudi

    Kata Rusia Jelang Perundingan Gencatan Senjata Ukraina di Saudi

    Jakarta

    Delegasi Rusia dan Ukraina akan mengadakan perundingan gencatan senjata secara terpisah dengan pejabat Amerika Serikat di Arab Saudi pada Senin besok. Rusia berharap ada sedikit kemajuan dalam perundingan di Saudi tersebut.

    Dilansir AFP, Minggu (23/3/2025), negosiator AS akan bertemu secara terpisah dengan delegasi Ukraina dan Rusia di Arab Saudi pada hari Senin. Perundingan itu digambarkan oleh utusan AS Keith Kellogg sebagai ‘diplomasi bolak-balik’ antara kamar-kamar hotel.

    Meskipun ada banyak diplomasi dan desakan dari Presiden AS Donald Trump, terobosan sejauh ini terbukti sulit dipahami. Delegasi Rusia berharap agar perundingan itu mencapai kemajuan.

    “Kami berharap untuk mencapai setidaknya beberapa kemajuan,” senator Rusia Grigory Karasin, yang akan memimpin delegasi Rusia, mengatakan kepada saluran TV Zvezda, tanpa menyebutkan masalah apa.

    Karasin mengatakan dia dan rekan negosiator, penasihat FSB Sergey Beseda akan membawa suasana “agresif dan konstruktif” ke dalam pembicaraan tersebut.

    Sementara pada sehari sebelumnya, seorang pejabat senior Ukraina mengatakan kepada AFP, Ukraina berharap mendapatkan kesepakatan “setidaknya” pada gencatan senjata parsial yang mencakup serangan terhadap energi, infrastruktur, dan di laut. Kyiv mengirimkan menteri pertahanannya ke negosiasi tersebut.

    “Kami akan berjuang untuk mencari solusi setidaknya satu masalah,” kata Karasin kepada Zvezda, yang dimiliki oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

    Diketahui, Rusia telah menolak usulan bersama AS-Ukraina untuk gencatan senjata secara penuh dan tanpa syarat selama 30 hari, dan menyarankan untuk menghentikan serangan udara terhadap fasilitas energi.

    Meskipun ada tawaran tersebut, kedua belah pihak terus melancarkan serangan udara menjelang perundingan.

    Serangan Rusia terhadap kota Zaporizhzhia di Ukraina selatan pada Jumat malam menewaskan satu keluarga yang terdiri dari tiga orang. Serangan itu memicu kemarahan di kalangan pejabat Ukraina.

    Rusia juga melancarkan serangan pesawat nirawak terhadap Kyiv yang menghantam gedung-gedung apartemen dan menyebabkan kebakaran. Dalam serangan tersebut menewaskan sedikitnya dua orang, kata layanan darurat Ukraina pada Minggu dini hari.

    Wali kota Kyiv Vitali Klitschko mengatakan pada hari Minggu bahwa “serangan besar-besaran oleh UAV musuh” menyebabkan puing-puing berjatuhan di beberapa distrik kota, melukai tujuh orang.

    (yld/gbr)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Harga Emas Perhiasan Hari Ini 23 Maret 2025, Naik atau Turun jelang Lebaran 2025?

    Harga Emas Perhiasan Hari Ini 23 Maret 2025, Naik atau Turun jelang Lebaran 2025?

    PIKIRAN RAKYAT – Tersedia info harga emas perhiasan hari ini, Minggu 23 Maret 2025. Ternyata ada kenaikan dan penurunan sepekan menjelang Lebaran 2025. Bagi yang ingin investasi, bisa menyimak artikel ini selengkapnya.

    Investasi logam mulia penting untuk dilakukan dalam rangka menjaga kondisi finansial. Sebagai informasi, harga beli emas 10 karat per gram mengalami kenaikan, tidak seperti harga per ons dan per kg. Bagaimana harga emas tersebut selengkapnya? Berikut artikel yang bisa disimak:

    Harga emas perhiasan Rabu, 19 Maret 2025 per karat

    Emas 10 karat

    Per Gram: Rp669.240 (Naik Rp968) Per Ons: Rp20.815.699 (Turun Rp55.217) Per Kilogram: Rp669.240.273 (Turun Rp1.775.252)

    Emas 14 karat

    Per Gram: Rp936.936 (Naik Rp1.355) Per Ons: Rp29.141.979 (Turun Rp77.303) Per Kilogram: Rp936.936.383 (Turun Rp2.485.352)

    Mengapa Emas Disebut Logam Mulia? Simak Penyebab Nilai Emas Sangat Berharga

    Harga Emas Perhiasan Hari Ini 22 Maret 2025 per Karat, Turun Drastis!

    Emas 18 karat

    Per Gram: Rp1.204.632 (Naik Rp3.196)
    Per Ons: Rp37.468.259 (Turun Rp99.389) Per Kilogram: Rp1.204.632.492 (Turun Rp3.195.454)

    Emas 22 karat

    Per Gram: Rp1.472.329 (Naik Rp23.400) Per Ons: Rp45.794.538 (Turun Rp121.477) Per Kilogram: Rp1.472.328.601 (Turun Rp3.905.555)

    Emas 24 karat

    Per Gram: Rp1.606.177 (Naik Rp4.260) Per Ons: Rp49.957.678 (Turun Rp132.520) Per Kilogram: Rp1.606.176.656 (Turun Rp4.260.605) Penyebab perbedaan harga emas Kondisi global yang tidak pasti Penawaran dan permintaan emas Kebijakan moneter Inflasi Nilai tukar dolar Amerika Serikat Tips investasi emas Memastikan tujuan investasi Sesuaikan dengan keuangan pribadi Mencari tempat untuk beli emas Pantau perkembangan harga emas Pilih waktu yang tepat Simpan emas di tempat yang aman Fokus ke masa depan

    Demikian harga emas perhiasan hari ini, Minggu 23 Maret 2025, ada kenaikan dan penurunan harga logam mulia yang bisa dijadikan acuan investasi. Pastikan Sobat PR mengamati informasi ini dengan baik menjelang Lebaran 2025.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Harga Emas Hari Ini 23 Maret 2025, Pegadaian Turun Rp100, Antam Turun Rp8.000

    Harga Emas Hari Ini 23 Maret 2025, Pegadaian Turun Rp100, Antam Turun Rp8.000

    PIKIRAN RAKYAT – Info harga emas hari ini, Minggu 23 Maret 2025 untuk Pegadaian sampai Antam. Ada variasi penurunan untuk pembelian logam mulia tersebut. Sobat PR yang ingin investasi perlu menyimak artikel ini sampai tuntas.

    Selain Pegadaian dan Antam, harga emas kali ini juga memuat informasi emas Galeri24 dan UBS. Investasi ini penting dilakukan demi mengamankan kondisi keuangan atau finansial kita. Bagaimana pergerakan harga logam mulia tersebut? Berikut selengkapnya:

    Harga emas 23 Maret 2025 di Pegadaian Harga beli: Rp16.580 per 0,01 gram Harga jual: Rp16.080 per 0,01 gram Harga emas 23 Maret 2025 di Antam 0,5 gram: Rp956.000 1 gram: Rp1.809.000 2 gram: Rp3.555.000 3 gram: Rp5.307.000 5 gram: Rp8.810.000 10 gram: Rp17.564.000 25 gram: Rp43.780.000 50 gram: Rp87.479.000 100 gram: Rp174.878.000 250 gram: Rp436.922.000 500 gram: Rp873.628.000 1.000 gram: Rp1.747.215.000

    Harga Emas Perhiasan Hari Ini 23 Maret 2025, Naik atau Turun jelang Lebaran 2025?

    Harga Emas Hari Ini 22 Maret 2025: Galeri24 dan Antam Naik, UBS Turun

    Harga emas 23 Maret 2025 di Galeri24 0,5 gram: Rp939.000 1 gram: Rp1.743.000 2 gram: Rp3.419.000
    5 gram: Rp8.455.000 10 gram: Rp16.792.000 25 gram: Rp41.938.000 50 gram: Rp83.810.000 100 gram: Rp167.601.000 250 gram: Rp418.670.000 500 gram: Rp837.339.000 1.000 gram: Rp1.674.678.000 Harga emas 23 Maret 2025 di UBS 0,5 gram: Rp947.000 1 gram: Rp1.751.000 2 gram: Rp3.474.000 5 gram: Rp8.584.000 10 gram: Rp17.078.000 25 gram: Rp42.609.000 50 gram: Rp85.042.000 100 gram: Rp170.016.000 250 gram: Rp424.914.000 500 gram: Rp848.828.000

    Ilustrasi harga emas hari ini, Minggu 2 Maret 2025, Pegadaian dan Antam turun, panduan lengkap investasi logam mulia untuk mengamankan finansial. Pexels/Michael Steinberg

    Tips investasi emas Memastikan tujuan investasi Sesuaikan dengan keuangan pribadi Mencari tempat untuk beli emas Pantau perkembangan harga emas Pilih waktu yang tepat Simpan emas di tempat yang aman Fokus ke masa depan Penyebab perbedaan harga emas Kondisi global yang tidak pasti Penawaran dan permintaan emas Kebijakan moneter Inflasi Nilai tukar dolar Amerika Serikat

    Demikian info harga emas hari ini, Minggu 23 Maret 2025 secara lengkap. Ada penurunan harga logam mulia di Pegadaian, hal sama terjadi pada Antam yang mengalami penurunan yang cukup signifikan. Cermati terlebih dahulu sebelum memutuskan investasi hari ini.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Menguak F-47, Jet Tempur Masa Depan AS untuk Redam China

    Menguak F-47, Jet Tempur Masa Depan AS untuk Redam China

    Jakarta

    Angkatan Udara Amerika Serikat menjanjikan pesawat tempur Next-Generation Air Dominance (NGAD) yang baru saja diberi nama F-47 dan akan dibuat Boeing, akan jauh lebih canggih dibanding F-22 yang digantikannya. Beberapa pengamat menilai jet ini bertujuan untuk menangkal supremasi militer China di masa depan.

    Kepala Staf AU Jenderal David W. Allvin, yang bergabung dengan Presiden Donald Trump di Gedung Putih mengungkap pesawat tempur superioritas udara baru tersebut, memberi banyak detail baru tentang NGAD, yang sebelumnya diselimuti kerahasiaan bertahun-tahun.

    “Terlepas dari apa yang diklaim musuh kita, F-47 benar-benar merupakan pesawat tempur generasi keenam berawak pertama di dunia,” kata Allvi, yang tampaknya merupakan sindiran terhadap China, yang baru-baru ini mengungkap beberapa jenis jet tempur siluman baru.

    Menurut Associated Press, F-47 akan sangat penting dalam potensi konflik dengan Tiongkok. Jet berawak ini akan berfungsi sebagai quarterback bagi armada drone masa depan yang dirancang untuk menembus pertahanan udara China dan musuh potensial lainnya.

    “Dengan F-47, kita akan memperkuat posisi global kita, membuat musuh-musuh kita tetap tidak seimbang dan terdesak. Dan ketika mereka melihat ke atas, mereka tidak akan melihat apa pun kecuali kekalahan yang pasti menanti mereka yang berani menantang kita,” sebut Allvin.

    F-47 akan bergabung dengan pesawat pengebom B-21 Raider dalam armada generasi keenam AU. Allvin mengklaim pesawat generasi baru ini akan memiliki kemampuan siluman generasi berikutnya, sensor canggih, dan serangan jarak jauh untuk melawan musuh paling canggih sekalipun.

    Render F-47 dari AU, yang menyembunyikan banyak fiturnya, menunjukkan perbedaan jelas dari pesawat generasi kelima seperti F-22 dan F-35. Gambar itu memang menunjukkan bagian hidung siluman konvensional dan badan pesawat rata, tapi terlihat sayap dan bagian depannya bersudut ke atas, fitur yang tidak umum pada desain siluman sebelumnya.

    Allvin mengklaim F-47 jarak tempuhnya jauh lebih baik daripada F-22, yang memiliki jangkauan sekitar 3.000 km dengan dua tangki bahan bakar sayap eksternal sebelum perlu diisi ulang bahan bakarnya.

    Para pemimpin AU membahas kemungkinan NGAD dibuat dalam dua varian. Satu lebih besar dengan jangkauan lebih jauh untuk mencapai wilayah Pasifik dan pesawat lebih kecil yang lebih cocok untuk jarak terbang lebih pendek antara target militer di Eropa.

    Secara keseluruhan, Angkatan Udara menyebut F-47 punya kemajuan signifikan atas F-22 dan memiliki desain modular yang memungkinkannya menjadi platform dominan selama beberapa dekade mendatang.

    Allvin mengatakan teknologi NGAD telah diuji lima tahun terakhir. “Ia terbang ratusan jam, menguji konsep mutakhir, dan membuktikan kami dapat mendorong teknologi mutakhir dengan percaya diri,” cetusnya. Menurutnya, jet tempur ini akan bisa terbang di masa pemerintahan Presiden Trump yang akan berlangsung hingga Januari 2029, kurang dari empat tahun lagi.

    Allvin menjanjikan pula F-47 akan lebih murah dan lebih adaptif terhadap ancaman di masa depan. F-47 dirancang untuk beradaptasi, kemungkinan merujuk pada desain digital dan arsitektur sistem terbuka yang akan memungkinkan penggantian software, sensor, dan perlengkapan misi lainnya secara berkala.

    Ia juga mengatakan pesawat tempur tersebut memerlukan lebih sedikit tenaga kerja dan infrastruktur untuk dikerahkan, yang mengindikasikan berkurangnya ketergantungan pada peralatan darat dan komponen yang lebih mudah dirawat.

    (fyk/fyk)