Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Meski Dijejali Belasan Ribu Penumpang, KAI Pastikan Kenyamanan Penumpang

Meski Dijejali Belasan Ribu Penumpang, KAI Pastikan Kenyamanan Penumpang

Jakarta: PT KAI Indonesia memberangkatkan rata-rata 17 ribu penumpang per hari dari Stasiun Pasar Senen pada periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Meskipun demikian, KAI memastikan kenyamanan perjalanan penumpang saat menggunakan kereta api.
 
“Kami kemarin (penumpang) tertinggi di 24 Desember, 18.282 penumpang, sampai dengan hari ini sudah mulai ada pelandaian. Rata-rata kurang lebih sekitar 16 ribu sampai 17 ribu per hari,” kata Kepala Stasiun Pasar Senen Hendrik Mulyanto di Jakarta, Senin, 30 Desember 2024.
 
Hendrik menjelaskan, pihaknya pada periode Natal dan Tahun Baru yang terhitung sejak 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, menyediakan tempat duduk (seat) untuk 463.616 orang dengan total Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang beroperasi sebanyak 684 unit.
 
Hingga 30 Desember, total tempat duduk yang terjual sebanyak 363.928 seat atau 78,5 persen dari total kapasitas. Adapun per hari ini, Senin (30/12), pihaknya memberangkatkan 18.493 penumpang.
 
Upgrade fasilitas
 
Lebih lanjut, Manager Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI DAOP 1 Ixfan Hendriwintoko menyatakan untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan pelanggan pada periode Natal dan Tahun Baru, pihaknya telah melakukan beberapa peningkatan (upgrade) fasilitas di Stasiun Pasar Senen.
 
Peningkatan tersebut antara lain yakni ruang tunggu yang memiliki penyejuk ruangan (AC), adanya eskalator untuk mempercepat akses menuju peron, serta boarding tiket dengan menggunakan pemindaian wajah.
 
Ixfan mengatakan, di Stasiun Pasar Senen kini para pelanggan bisa memanfaatkan fitur E-Porter yang terintegrasi dengan aplikasi Access by KAI, sehingga memudahkan pada saat pemindahan barang bawaan ke kereta. Selain itu di Stasiun Pasar Senen juga disediakan fasilitas pengisian air minum secara gratis.
 
“Penumpang sudah tidak perlu lagi beli minuman dalam kemasan botol atau kaleng. Cukup membawa tumbler yang bisa digunakan kapan dan di manapun, di dalam sudah ada water station,” kata dia.
 

 

Puas pelayanan
 
Di sisi lain, penumpang KAJJ keberangkatan Pasar Senen menuju Bandung, Sultan, mengaku puas dengan pelayanan KAI pada periode Natal dan Tahun Baru.
 
Ia menyatakan dirinya dan keluarga lebih memilih menggunakan moda kereta api untuk perjalanan luar kota karena ketepatan waktu. “Kalau naik kereta biar lebih cepat sampai, daripada naik mobil, macet di jalan. Kalau kereta kan enggak,” katanya.
 
Hal senada disampaikan Aya, penumpang KAJJ tujuan Yogyakarta yang menyatakan baru pertama kali menggunakan kereta api untuk transportasi pulang ke kampung halaman.
 
Dia mengatakan pelayanan yang diberikan oleh pihak KAI sudah cukup baik. “Pelayanannya sudah lumayan oke,” katanya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

(HUS)