Mojokerto (beritajatim.com) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat lonjakan signifikan jumlah penumpang di Stasiun Mojokerto selama masa libur panjang Hari Raya Idul Adha 1446 Hijriah.
Tingginya mobilitas masyarakat menunjukkan tren positif penggunaan transportasi kereta api sebagai moda utama perjalanan.
Berdasarkan data hingga Kamis (5/6/2025) pukul 10.00 WIB, tercatat sebanyak 1.240 penumpang menggunakan layanan kereta api melalui Stasiun Mojokerto. Dari jumlah tersebut, 656 penumpang naik dan 584 penumpang turun. Angka ini diperkirakan terus meningkat hingga keberangkatan Kereta Api (KA) jarak jauh malam hari.
“Kepercayaan masyarakat terhadap layanan KAI terus tumbuh, terutama pada masa-masa puncak perjalanan seperti libur Iduladha ini. Ini menjadi semangat bagi kami untuk terus menghadirkan layanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” ungkap Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Jumat (6/6/2025).
Selama periode angkutan Idul Adha dari 5 hingga 9 Juni 2025, terdapat 23 perjalanan KA jarak jauh yang melayani penumpang di Stasiun Mojokerto, terdiri dari 22 KA reguler dan 1 KA tambahan. Total kapasitas tempat duduk yang tersedia mencapai 12.938 per hari. Secara kumulatif hingga 9 Juni, Stasiun Mojokerto telah melayani 3.668 penumpang.
“Dengan rincian, sebanyak 1.758 penumpang naik dan 1.910 penumpang turun. Kota-kota tujuan favorit penumpang antara lain Yogyakarta, Jakarta, Madiun, dan Ketapang. KAI berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan,” katanya.
Penambahan perjalanan KA dan petugas lapangan adalah bentuk kesiapan PT KAI untuk menjaga kualitas layanan. Guna mengantisipasi lonjakan penumpang, KAI menyiagakan tambahan petugas di loket, area boarding, dan titik-titik keamanan untuk memastikan pelayanan berjalan aman dan tertib.
KAI juga mengimbau masyarakat agar memesan tiket melalui kanal resmi seperti aplikasi Access by KAI, situs kai.id, atau mitra resmi, demi menghindari penipuan dan menjamin ketersediaan tempat duduk. Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial resmi @kai121_.
“Pastikan data diri sudah sesuai saat pemesanan dan datanglah lebih awal ke stasiun agar perjalanan nyaman dan tidak tergesa-gesa,” tegasnya. [tin/suf]
Rincian jumlah penumpang di Stasiun Mojokerto (5–9 Juni 2025) :
5 Juni: 656 naik, 584 turun
6 Juni: 353 naik, 332 turun
7 Juni: 224 naik, 250 turun
8 Juni: 222 naik, 378 turun
9 Juni: 303 naik, 366 turun
