JAKARTA – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatatkan peningkatan jumlah penumpang yang signifikan selama periode libur panjang akhir pekan dalam rangka Hari Besar Keagamaan kali ini. Sebanyak, 85.000 tiket telah habis terjual.
General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan 85.000 tiket yang terjual tersebut untuk periode keberangkatan 24 sampai dengan 29 Januari 2025.
Dari angka tersebut, sambung Eva, 44.000 tiket merupakan penumpang yang sudah diberangkatkan pada 24 sampai 25 Januari dan 41.000 sisanya merupakan jumlah tiket yang dijadwalkan untuk melakukan perjalanan pada 26 sampai dengan 29 Januari.
“Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah, seiring dengan antusiasme masyarakat yang memanfaatkan libur panjang ini untuk bepergian menggunakan Whoosh,” kata Eva dalam keterangan resmi, Minggu, 26 Januari.
Terkait drngan puncak perjalanan, Eva bilang, sejauh ini terjadi pada 25 Januari dengan 22.000 penumpang, di mana seluruh tiket dari 24 perjalanan Whoosh keberangkatan Stasiun Halim tujuan Karawang, Padalarang dan Tegalluar Summarecon telah habis terjual.
Sementara untuk keberangkatan hari ini, Minggu 26 Januari, tiket yang sudah terjual sampai dengan siang hari sudah mencapai 17.000 tiket.
Diprediksi volume penumpang masih akan mencapai lebih dari 20.000 per hari hingga perjalanan Whoosh terakhir.
“Untuk memberikan pengalaman perjalanan yang semakin nyaman dan berkesan, KCIC terus meningkatkan pelayanan di stasiun-stasiun Whoosh,” katanya.
Beberapa inisiatif baru yang dihadirkan meliputi penambahan tenant baru di stasiun Halim dan Padalarang. Beragam tenant baru, termasuk kuliner, retail, UMKM, kini hadir di berbagai stasiun Whoosh untuk memenuhi kebutuhan penumpang.
KCIC juga menyediakan area bermain yang aman dan nyaman bagi penumpang cilik yang ingin menghabiskan waktu sambil menunggu waktu keberangkatan Whoosh.
Berbagai hiburan tematik juga disiapkan untuk menciptakan suasana stasiun yang lebih nyaman di momen liburan kali ini.
Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang, KCIC juga menyiagakan 50 petugas passenger service mobile yang siap membantu penumpang di berbagai area stasiun untuk memberikan informasi dan pelayanan langsung.
“Banyaknya penumpang baru yang ingin menggunakan Whoosh di masa libur kali ini, membuat KCIC melakukan penambahan petugas untuk melayani berbagai kebutuhan informasi penumpang,” jelasnya.