Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Kurikulum Merdeka Bab 5 dan Pembahasannya

5 December 2023, 21:34

Ilustrasi Kunci Jawaban Pai Kelas 11 Kurikulum Merdeka Bab 5, Foto: Unsplash/Tu Minh.Kunci jawaban PAI kelas 11 Kurikulum Merdeka bab 5 ini bisa digunakan sebagai referensi dalam belajar. Sebelum melihat kunci jawaban, siswa bisa membaca materi dan mencoba mengerjakannya sendiri.Gunakan kunci jawaban untuk mengoreksi hasil jawaban yang sudah ditulis. Jika masih banyak soal yang terjawab salah, siswa bisa mempelajari kembali materinya. Dengan begitu, siswa bisa mengetahui seberapa jauh kemampuan yang dimiliki.Kunci Jawaban PAI Kelas 11 Kurikulum Merdeka Bab 5Ilustrasi Kunci Jawaban Pai Kelas 11 Kurikulum Merdeka Bab 5, Foto: Unsplash/Sakibul Hasan.Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam Kelas 11 Kurikulum Merdeka, Kemendikbud (2023: 170), di halaman 170 ini membahas soal Bab 5 mengenai Meneladani Jejak Langkah Ulama. Berikut adalah kunci jawaban PAI kelas 11 Kurikulum Merdeka Bab 5 dan pembahasannya sebagai referensi.Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada pernyataan di bawah ini sebagai jawaban yang paling tepat!1. Saat jayanya kerajaan Islam, peran ulama sangat menonjol sebagai bagian dari pejabat elite. Adapun perannya yang paling penting adalah … .A. Duduk menemani para pemimpin yang membidangi pemerintahanB. Berbeda-beda peran sesuai wilayah atau daerah yang dikuasaiC. Menjadi penasehat di bidang keagamaan bagi kerajaanD. Mempengaruhi pemimpin agar menegakkan aturanE. Dikembalikan aturan bernegara yang menyimpang2. Syekh Nawawi pernah menjadi imam di Masjidil Haram, mengajar di Haramain, dan mendapatkan gelar Sayyidul Hijaz. Saat itu, yang termasuk Hijaz adalah wilayah … .A. Timur Tengah seluruhnyaB. Makkah, Madinah, dan DamaskusC. Palestina, Yordania dan YamanD. Saudi Arabia, Irak dan IranE. Jazirah Arab, Makkah, Madinah3. Sampai saat ini, karya-karya beliau masih dipelajari, dikaji, dan ditelaah di pesantren. Misalnya kitab Sullam al-Munâjah syarah Safînah alShalâh dan Nashâih al-‘Ibâd syarah al-Manbaĥâtu ‘ala al-Isti’dâd li yaum al-Mi’âd. Itu adalah karya tulis dari … .A. Abu Abdul Mu’thi Nawawi al-Tanari al-BantaniB. Syaikh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati al-MakasariC. Abdus Samad bin Abdullah al-Jawi al-PalimbaniD. Muhammad Sholeh bin Umar al-SamaraniE. Nuruddin bin Ali ar-Raniri4. Setiap tanah yang dipijak, selalu melakukan dakwah, bahkan saat diasingkan, beliau bahkan diberi gelar oleh Nelson Madela (Presiden Afrika Selatan) sebagai ‘Salah Seorang Putra Afrika Terbaik’. Beliau adalah … .A. Syaikh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati al-MakasariB. Abdus Samad bin Abdullah al-Jawi al-PalimbaniC. Muhammad Sholeh bin Umar al-SamaraniD. Nuruddin bin Ali ar-Raniri5. Syekh Abdus Samad merupakan tokoh kunci pembuka dan pelopor perkembangan intelektualisme Nusantara Indonesia. Jumlah karyanya kurang lebih 20 kitab/buku. Namun, karyanya yang terkenal dan sampai saat ini masih dipergunakan adalah … .B. Al-Tafsir al-Munîr li al-Mu’âlimC. Al-Tausyîh/Quwt al-Habîb al-GharîbD. Hidayatus Salikin dan Siyarus SalikinE. An-Nafhatu As Sailaniyah.Itulah kunci jawaban PAI kelas 11 Kurikulum Merdeka Bab 5 halaman 170 yang bisa digunakan sebagai referensi. Cobalah untuk mengerjakannya sendiri dahulu, agar mengetahui kemampuanmu. (Umi)

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi