MENUJU akhir semester 2, para siswa SD (Sekolah Dasar) termasuk kelas 4, dihadapkan pada ujian akhir semester (UAS) sebagai penilaian kemampuan mereka dalam memahami materi selama semester. Salah satu mata pelajaran yang sering menimbulkan kecemasan, adalah matematika. Untuk membantu siswa menguasai materi, latihan soal ujian menjadi suatu kebutuhan.
Pentingnya pendidikan dasar dalam membentuk dasar pengetahuan anak-anak, termasuk pentingnya matematika sebagai mata pelajaran menjadi perhatian. Kelas 4 SD memperkenalkan konsep matematika yang lebih kompleks dan latihan soal menjadi kunci untuk memastikan pemahaman yang baik.
Soal matematika kelas 4, baik di semester 1 maupun semester 2, mencakup konsep dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pengukuran, dan lainnya. Pembelajaran ini bertujuan untuk membangun dasar yang kuat bagi pemahaman matematika anak-anak.
Baca juga: Mengetahui Rumus Standar Deviasi dan Cara Menghitung
Beberapa anak mungkin menghadapi kesulitan dalam memahami matematika, dan dukungan aktif dari orangtua sangat diperlukan. Melalui bantuan orangtua, anak dapat mengatasi kesulitan dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam mempelajari matematika.
Contoh soal matematika kelas 4 SD dapat membantu anak-anak berlatih dan memahami konsep-konsep tersebut. Dengan berbagai jenis soal yang disajikan, anak-anak dapat mengasah kemampuan mereka dalam matematika dan meningkatkan kompetensi mereka.
Baca juga: Pengertian Equilibrium dalam Teori Ekonomi Permintaan dan Penawaran
Buku sumber seperti “Yuk Kebut Semalam Kuasai Matematika SD/MI Kelas 4,5,6” dapat menjadi panduan untuk latihan soal dan pemahaman materi.
Berikut beberapa contoh soal-soal matematika kelas 4 SD untuk berlatih:
1. Sifat komutatif dari 20 x 5 adalah…
a. 5 x (15+5)
b. 5 + (15+5)
c. 5×20
d. (5×5) + (5×10)
Kunci jawaban: C. 5×20
2. 2 x (10-8) = (2×10) – (2×8)
Operasi hitung di atas bersifat?
a. Distribusi perkalian pada pengurangan
b. Distribusi perkalian pada penjumlahan
c. Asosiatif penjumlahan
d. Komutatif perkalian
Kunci jawaban: B. Distribusi perkalian pada penjumlahan
3. 778.241… 773.241
Tanda yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah…
a. =
b. <
c. >
d. x
Kunci jawaban: C. >
4. 222.710, 220.799, 221.179, 202.769
Urutan yang tepat untuk bilangan berikut dari yang terbesar adalah…
a. 222.710, 221.179, 220.799, 202.769
b. 220.799, 222.710, 221.179, 202.769
c. 222.710, 220.799, 202.769, 221.179
d. 221.179, 220.799, 202.769, 222.710
Kunci jawaban: A. 222.710, 221.179, 220.799, 202.769
5. Hasil 480 x 4 = …
a. 1910
b. 880
c. 4809
d. 1920
Kunci jawaban: D. 1920
6. 3/4 … 5/8
Tanda perbandingan yang tepat untuk membandingkan pecahan di atas adalah…
a. >
b. =
c. <
d. x
Kunci jawaban: A. >
7. 30 x 6 + 250 – 45 = …
a. 425
b. 225
c. 385
d. 245
Kunci jawaban: C. 385
8. 379 dibulatkan ke ratusan menjadi…
a. 380
b. 400
c. 300
d. 377
Kunci jawaban: B. 400
9. Penyebut dari pecahan 3/5 adalah…
a. 3
b. 5
c. 15
d. 18
Kunci jawaban: B. 5
10. Ayah mendapatkan bonus akhir tahun dari kantor, dia membeli lemari Rp565.000, televisi Rp750.000, handphone Rp245.000, dan meja Rp125.000. Berapakah uang yang dikeluarkan Ayah untuk membeli barang-barang tersebut?
a. Rp1.685.000
b. Rp2.075.000
c. Rp2.065.000
d. Rp2.055.000
Kunci jawaban: A. Rp1.685.000
11. Hasil dari operasi campur bilangan 400 – 42 x 7 = …
a. 3073
b. 927
c. 106
d. 83
Kunci jawaban: C. 106
12. Taksir hasil perkalian bilangan berikut 652 x 39 = …
a. 20.000
b. 18.000
c. 26.000
d. 21.000
Kunci jawaban: C. 26.000
13. Ibu membeli 9 telur ayam dengan harga Rp2.100, berapa harga 15 butir telur ayam?
a. Rp2.400
b. Rp3.500
c. Rp4.600
d. Rp5.600
Kunci jawaban: B. Rp3.500
14. 504 : 12 = …
a. 84
b. 86
c. 74
d. 42
Kunci jawaban: D. 42
15. (480+120) : 5×10 = …
a. 220
b. 12
c. 42
d. 10
Kunci jawaban: B. 12
16. 190, -120, 45, -100. Bilangan yang mempunyai nilai terbesar adalah ….
a. 190
b. -120
c. 45
d. -100
Jawab : A. 190
17. 5/5 = n/25 . Agar benar n adalah ….
a. 5
b. 10
c. 15
d. 25
Jawab : D. 25
18. Bangun yang dapat dilipat secara sempurna disebut dengan bangun ….
a. simetris
b. asimetris
c. kongruen
d. sebangun
Jawab :A. simetris
19. Besar sudut setengah putaran adalah
a. 4
b. 190
c. 180
d. 360
Jawab : C. 180
20. Segitiga sama sisi memiliki sumbu simetri sebanyak ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. tidak punya
Jawab : C. 3
21. Banyaknya rusuk pada kubus adalah ….
a. 8
b. 20
c. 12
d. 46
Jawab : C. 12
22. Faktorisasi prima dari 36 adalah ….
a. 2 x 3
b. 2 x 3x3x3
c. 2×2 x 2×2.
d. 2x3x3
Jawab : D. 2x3x3
23. Jika keliling kubus di atas 40 cm, maka panjang alasnya adalah ….
a. 1/2 cm
b. 14 cm
c. 11/3 cm
d. 24 cm
Jawab : C.11/3 cm
24. Luas segitiga 35 cm2. Jika tingginya 5 cm, maka panjang alasnya adalah cm
a. 4
b. 14
c. 12
c. 20
Jawab : B. 14
25. 8 langkah ke kanan dari titik -13 adalah ….
a. 5
b. -5
c. 17
d. -17
Jawab : B. -5
26. Hasil dari 98 + (-40) adalah ….
a. 18
b. -18
c. 58
d. 53
Jawab : C. 58
27. Hasil dari -19 + (-12) – (-12) = ….
a. -15
b. -48
c. 5
d. -15
Jawab : C. 5
28. Banyaknya titik sudut pada bangun limas segi empat adalah ….
a. 4
b. 5
c. 6
d. 7
Jawab : B. 5
29. Sebuah persegi, panjang sisinya 20 cm, berapakah keliling persegi tersebut?
a. 30cm
b. 80cm
c. 50cm
d. 60cm
Jawab : B. 80 cm
30. Dibawah ini yang merupakan 3 jenis sudut adalah …
a. Tumpul, kerucut dan siku
b. Siku, kerucut dan kotak
c. Kusam, bulat dan runcing
d. Siku, kusam dan lurus
Jawab : A. Tumpul, kerucut, dan siku
Soal esaai:
1. 15/20 bentuk sederhana pecahan di samping adalah…
Kunci jawaban: ¾
Cara menjawab: carilah faktor persekutuan terbesar (FPB) dari 15 dan 20.
FPB dari 15 dan 20 adalah 5, jadi
15/20 = 15:5 / 20: 5 = ¾
2. 25/15, 40/15, 5/15, -5/17
Urutan pecahan di atas dari yang terkecil adalah…
Kunci jawaban: 5/15, 25/15, 40/15, 5/17.
Cara menjawab: cari dulu nilai absolut dari masing-masing pecahan
3. 14/21 + 7/21 = …
Kunci jawaban: 1.
Cara menjawab: samakan penyebutnya terlebih dahulu, karena kedua pecahan tersebut bilangan penyebutnya sudah sama, maka langkah selanjutnya adalah menjumlahkan pembilang
14/21 + 7/21 = 14+7/21
= 21/21
= 1
4. 20/13 pembilang dari pecahan di samping adalah…
Kunci jawaban: 20
5. Lambang bilangan romawi untuk angka 8 adalah…
Kunci jawaban: VIII
6. Garis yang mempertemukan antara dua sisi yang membentuk bangun ruang disebut…
Kunci jawaban: Rusuk.
7. -9, 0, -7, 2, -4 urutan dari bilangan terbesar adalah…
Kunci jawaban: -9, -7, 2, -4, 0
Cara menjawab:
Bandingkan nilai absolut dari masing-masing nilai, seperti
1. |0| = 0
2. |-4| = 4
3. |-7| = 7
4. |2| = 2
5. |-9| = 9
8. 7 tahun + 3 bulan = … bulan.
Kunci jawaban: 87 bulan.
Cara menjawab: 1 tahun = 12 bulan
7 tahun x 12 bulan = 84 bulan
84 bulan + 3 Bulan = 87 bulan
9. 4 windu + 8 tahun = … tahun.
Kunci jawaban: 40 tahun.
Cara menjawab: Untuk menghitung total tahun dari windu dan tahun, kita perlu tahu bahwa satu windu setara dengan 8 tahun. Jadi, jika kita memiliki 4 windu dan 8 tahun, kita dapat menghitung total tahunnya:
4 windu + 8 tahun = (4×8) + 8 tahun
= 32 + 8 tahun
= 40 tahun
Jadi, 4 windu dan 8 tahun setara dengan 40 tahun.
10. Alat untuk mengukur besar sudut adalah…
Kunci jawaban: Busur derajat.
11. 3700 cm = … m.
Kunci jawaban: 37 m.
Cara menjawab: 3700 cm : 100 = 37
12. Faktor dari 32 adalah…
Kunci jawaban: 1, 2, 4, 8, 16, dan 32.
Cara menjawab: gunakan pohon faktor dengan membagi 32 sampai habis
13. Yang termasuk bilangan prima adalah…
Kunci jawaban: 1, 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19,…
14. Tifa belajar dari pukul 9.00 sampai jam 10.15. Berapa menitkah Tifa belajar?
Kunci jawaban: 75 menit.
Cara menjawab:
Untuk menghitung jumlah menit yang Tifa belajar dari pukul 9.00 sampai 10.15, kita dapat menggunakan konversi waktu ke menit.
1. Dari pukul 9.00 hingga pukul 10.00 terdapat 60 menit.
2. Dari pukul 10.00 hingga pukul 10.15 terdapat 15 menit.
Jadi, total waktu belajar Tifa adalah 60 + 15 = 75 menit. Tifa belajar selama 75 menit.
15. Setiap Kamis sore, Feri lari sejauh 5000 dam. Berapa km jarak yang ditempuh oleh Feri?
Kunci jawaban: 50 km.
Cara menjawab:
Jarak (km) = jarak (dam) / 100
= 5000/100
= 50
(Z-3)
MENUJU akhir semester 2, para siswa SD (Sekolah Dasar) termasuk kelas 4, dihadapkan pada ujian akhir semester (UAS) sebagai penilaian kemampuan mereka dalam memahami materi selama semester. Salah satu mata pelajaran yang sering menimbulkan kecemasan, adalah matematika. Untuk membantu siswa menguasai materi, latihan soal ujian menjadi suatu kebutuhan.
Pentingnya pendidikan dasar dalam membentuk dasar pengetahuan anak-anak, termasuk pentingnya matematika sebagai mata pelajaran menjadi perhatian. Kelas 4 SD memperkenalkan konsep matematika yang lebih kompleks dan latihan soal menjadi kunci untuk memastikan pemahaman yang baik.
Soal matematika kelas 4, baik di semester 1 maupun semester 2, mencakup konsep dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pengukuran, dan lainnya. Pembelajaran ini bertujuan untuk membangun dasar yang kuat bagi pemahaman matematika anak-anak.
Baca juga:Â Mengetahui Rumus Standar Deviasi dan Cara Menghitung
Beberapa anak mungkin menghadapi kesulitan dalam memahami matematika, dan dukungan aktif dari orangtua sangat diperlukan. Melalui bantuan orangtua, anak dapat mengatasi kesulitan dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam mempelajari matematika.
Contoh soal matematika kelas 4 SD dapat membantu anak-anak berlatih dan memahami konsep-konsep tersebut. Dengan berbagai jenis soal yang disajikan, anak-anak dapat mengasah kemampuan mereka dalam matematika dan meningkatkan kompetensi mereka.Â
Baca juga:Â Pengertian Equilibrium dalam Teori Ekonomi Permintaan dan Penawaran
Buku sumber seperti “Yuk Kebut Semalam Kuasai Matematika SD/MI Kelas 4,5,6” dapat menjadi panduan untuk latihan soal dan pemahaman materi.
Berikut beberapa contoh soal-soal matematika kelas 4 SD untuk berlatih:
1. Sifat komutatif dari 20 x 5 adalah…
a. 5 x (15+5)
b. 5 + (15+5)
c. 5×20
d. (5×5) + (5×10)Â
Kunci jawaban: C. 5×20
2. 2 x (10-8) = (2×10) – (2×8)Â
Operasi hitung di atas bersifat?Â
a. Distribusi perkalian pada penguranganÂ
b. Distribusi perkalian pada penjumlahanÂ
c. Asosiatif penjumlahanÂ
d. Komutatif perkalianÂ
Kunci jawaban: B. Distribusi perkalian pada penjumlahan
3. 778.241… 773.241
Tanda yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah…
a. =Â
b. Â
d. x
Kunci jawaban: C. >
4. 222.710, 220.799, 221.179, 202.769
Urutan yang tepat untuk bilangan berikut dari yang terbesar adalah…
a. 222.710, 221.179, 220.799, 202.769
b. 220.799, 222.710, 221.179, 202.769
c. 222.710, 220.799, 202.769, 221.179
d. 221.179, 220.799, 202.769, 222.710Â
Kunci jawaban: A. 222.710, 221.179, 220.799, 202.769
5. Hasil 480 x 4 = …
a. 1910
b. 880
c. 4809
d. 1920
Kunci jawaban: D. 1920
6. 3/4 … 5/8Â
Tanda perbandingan yang tepat untuk membandingkan pecahan di atas adalah…
a. >Â
b. =
c.
7. 30 x 6 + 250 – 45 = …Â
a. 425
b. 225
c. 385
d. 245
Kunci jawaban: C. 385
8. 379 dibulatkan ke ratusan menjadi…
a. 380
b. 400
c. 300
d. 377
Kunci jawaban: B. 400
9. Penyebut dari pecahan 3/5 adalah…Â
a. 3
b. 5
c. 15
d. 18
Kunci jawaban: B. 5
10. Ayah mendapatkan bonus akhir tahun dari kantor, dia membeli lemari Rp565.000, televisi Rp750.000, handphone Rp245.000, dan meja Rp125.000. Berapakah uang yang dikeluarkan Ayah untuk membeli barang-barang tersebut?Â
a. Rp1.685.000
b. Rp2.075.000
c. Rp2.065.000
d. Rp2.055.000Â
Kunci jawaban: A. Rp1.685.000
11. Hasil dari operasi campur bilangan 400 – 42 x 7 = …
a. 3073
b. 927
c. 106
d. 83
Kunci jawaban: C. 106
12. Taksir hasil perkalian bilangan berikut 652 x 39 = …
a. 20.000
b. 18.000
c. 26.000
d. 21.000
Kunci jawaban: C. 26.000
13. Ibu membeli 9 telur ayam dengan harga Rp2.100, berapa harga 15 butir telur ayam?Â
a. Rp2.400
b. Rp3.500
c. Rp4.600
d. Rp5.600Â
Kunci jawaban: B. Rp3.500
14. 504 : 12 = …
a. 84
b. 86
c. 74
d. 42
Kunci jawaban: D. 42
15. (480+120) : 5×10 = …
a. 220
b. 12
c. 42
d. 10
Kunci jawaban: B. 12
16. 190, -120, 45, -100. Bilangan yang mempunyai nilai terbesar adalah ….
a. 190
b. -120
c. 45
d. -100
Jawab : A. 190
17. 5/5 = n/25 . Agar benar n adalah ….
a. 5
b. 10
c. 15
d. 25
Jawab : D. 25
18. Bangun yang dapat dilipat secara sempurna disebut dengan bangun ….
a. simetris
b. asimetris
c. kongruen
d. sebangun
Jawab :A. simetris
19. Besar sudut setengah putaran adalah
a. 4
b. 190
c. 180
d. 360
Jawab : C. 180
20. Segitiga sama sisi memiliki sumbu simetri sebanyak ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. tidak punya
Jawab : C. 3
21. Banyaknya rusuk pada kubus adalah ….
a. 8
b. 20
c. 12
d. 46
Jawab : C. 12
22. Faktorisasi prima dari 36 adalah ….
a. 2 x 3
b. 2 x 3x3x3
c. 2×2 x 2×2.
d. 2x3x3
Jawab : D. 2x3x3
23. Jika keliling kubus di atas 40 cm, maka panjang alasnya adalah ….
a. 1/2 cm
b. 14 cm
c. 11/3 cm
d. 24 cm
Jawab : C.11/3 cm
24. Luas segitiga 35 cm2. Jika tingginya 5 cm, maka panjang alasnya adalah cm
a. 4
b. 14
c. 12
c. 20
Jawab : B. 14
25. 8 langkah ke kanan dari titik -13 adalah ….
a. 5
b. -5
c. 17
d. -17
Jawab : B. -5
26. Hasil dari 98 + (-40) adalah ….
a. 18
b. -18
c. 58
d. 53
Jawab : C. 58
27. Hasil dari -19 + (-12) – (-12) = ….
a. -15
b. -48
c. 5
d. -15
Jawab : C. 5
28. Banyaknya titik sudut pada bangun limas segi empat adalah ….
a. 4
b. 5
c. 6
d. 7
Jawab : B. 5
29. Sebuah persegi, panjang sisinya 20 cm, berapakah keliling persegi tersebut?
a. 30cm
b. 80cm
c. 50cm
d. 60cm
Jawab : B. 80 cm
Â
30. Dibawah ini yang merupakan 3 jenis sudut adalah …
a. Tumpul, kerucut dan siku
b. Siku, kerucut dan kotak
c. Kusam, bulat dan runcing
d. Siku, kusam dan lurus
Jawab : A. Tumpul, kerucut, dan siku
Soal esaai:
1. 15/20 bentuk sederhana pecahan di samping adalah…
Kunci jawaban: ¾ Â
Cara menjawab: carilah faktor persekutuan terbesar (FPB) dari 15 dan 20.Â
FPB dari 15 dan 20 adalah 5, jadiÂ
15/20 = 15:5 / 20: 5 = ¾Â
2. 25/15, 40/15, 5/15, -5/17Â
Urutan pecahan di atas dari yang terkecil adalah…
Kunci jawaban: 5/15, 25/15, 40/15, 5/17.Â
Cara menjawab: cari dulu nilai absolut dari masing-masing pecahanÂ
3. 14/21 + 7/21 = …
Kunci jawaban: 1.
Cara menjawab: Â samakan penyebutnya terlebih dahulu, karena kedua pecahan tersebut bilangan penyebutnya sudah sama, maka langkah selanjutnya adalah menjumlahkan pembilang
14/21 + 7/21 = 14+7/21
= 21/21Â
= 1
4. 20/13 pembilang dari pecahan di samping adalah…
Kunci jawaban: 20Â
5. Lambang bilangan romawi untuk angka 8 adalah…
Kunci jawaban: VIII
6. Garis yang mempertemukan antara dua sisi yang membentuk bangun ruang disebut…
Kunci jawaban: Rusuk.Â
7. -9, 0, -7, 2, -4 urutan dari bilangan terbesar adalah…
Kunci jawaban: -9, -7, 2, -4, 0Â
Cara menjawab:Â
Bandingkan nilai absolut dari masing-masing nilai, sepertiÂ
1. |0| = 0
2. |-4| = 4
3. |-7| = 7Â
4. |2| = 2
5. |-9| = 9Â
8. 7 tahun + 3 bulan = … bulan.Â
Kunci jawaban: Â 87 bulan.
Cara menjawab: 1 tahun = 12 bulanÂ
7 tahun x 12 bulan = 84 bulanÂ
84 bulan + 3 Bulan = 87 bulanÂ
9. 4 windu + 8 tahun = … tahun.Â
Kunci jawaban: Â 40 tahun.
Cara menjawab: Â Untuk menghitung total tahun dari windu dan tahun, kita perlu tahu bahwa satu windu setara dengan 8 tahun. Jadi, jika kita memiliki 4 windu dan 8 tahun, kita dapat menghitung total tahunnya:
4 windu + 8 tahun = (4×8) + 8 tahunÂ
= 32 + 8 tahun
= 40 tahun
Jadi, 4 windu dan 8 tahun setara dengan 40 tahun.
10. Alat untuk mengukur besar sudut adalah…
Kunci jawaban: Busur derajat.Â
11. 3700 cm = … m.Â
Kunci jawaban: 37 m.Â
Cara menjawab: 3700 cm : 100 = 37Â
12. Faktor dari 32 adalah…
Kunci jawaban: 1, 2, 4, 8, 16, dan 32.Â
Cara menjawab: gunakan pohon faktor dengan membagi 32 sampai habisÂ
13. Yang termasuk bilangan prima adalah…
Kunci jawaban: 1, 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19,…
14. Tifa belajar dari pukul 9.00 sampai jam 10.15. Berapa menitkah Tifa belajar?Â
Kunci jawaban: 75 menit.Â
Cara menjawab:Â
Untuk menghitung jumlah menit yang Tifa belajar dari pukul 9.00 sampai 10.15, kita dapat menggunakan konversi waktu ke menit.
1. Dari pukul 9.00 hingga pukul 10.00 terdapat 60 menit.
2. Dari pukul 10.00 hingga pukul 10.15 terdapat 15 menit.
Jadi, total waktu belajar Tifa adalah 60 + 15 = 75 menit. Tifa belajar selama 75 menit.
15. Setiap Kamis sore, Feri lari sejauh 5000 dam. Berapa km jarak yang ditempuh oleh Feri?
Kunci jawaban: 50 km.
Cara menjawab:Â
Jarak (km) = jarak (dam) / 100Â
=Â 5000/100Â
=Â 50
(Z-3)