Kolaborasi Media Lokal, Kunci Keberlanjutan Industri Media di Daerah

Kolaborasi Media Lokal, Kunci Keberlanjutan Industri Media di Daerah

Surabaya (beritajatim.com) – Local Media Community (LMC) 2025 yang digelar di Hotel Whiz Luxe Spazio Surabaya menyoroti pentingnya kolaborasi antar-media lokal untuk menjaga keberlanjutan industri media di daerah.

Acara yang berlangsung pada 4-5 Februari 2025 ini menghadirkan puluhan media lokal dari berbagai wilayah, termasuk Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Sulawesi Selatan.

LMC 2025 yang diselenggarakan oleh Suara.com bekerja sama dengan Beritajatim.com mengusung tema “Menavigasi Transisi dan Swasembada Energi: Peran dan Peluang Media Lokal”. Dalam kesempatan ini, berbagai strategi untuk memperkuat ekosistem media lokal dibahas, termasuk pemanfaatan teknologi dan inovasi model bisnis.

CEO Suara.com, Suwarjono, menekankan pentingnya mengembangkan media lokal di berbagai daerah agar industri ini tetap bertahan di tengah tantangan yang ada.

“Membahas media lokal di Jakarta itu tidak menarik, membahas di daerah, di provinsi, di Indonesia Barat, Indonesia Tengah, dan Indonesia Timur lebih menarik,” ujar Suwarjono, Selasa (4/2/2025).

Ia juga menyampaikan bahwa salah satu isu utama dalam bisnis media saat ini adalah keberlanjutan di tengah situasi yang tidak pasti.

“Sepanjang kita banyak sharing, kemudian mendatangkan agensi, stakeholder untuk duduk bersama, dengan teman-teman. Saya kira ketidakpastian itu mudah-mudahan ada jalan lebih terang. Sehingga kita menghadapi media di 2025 lebih semangat,” katanya.

Melalui LMC 2025, media lokal diajak untuk saling berkolaborasi guna memperkuat jaringan informasi serta berbagi sumber daya. Kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam menghadapi tantangan industri media yang semakin kompleks.

Salah satu inisiatif yang diperkenalkan dalam LMC 2025 adalah Media Innovation Grant, program yang dirancang untuk mendorong media lokal mengembangkan model bisnis baru. Program ini bertujuan agar media tidak hanya bergantung pada pendapatan dari iklan pemerintah daerah, tetapi juga mengeksplorasi sumber pendapatan alternatif.

Selain itu, inovasi digital seperti pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) juga menjadi sorotan utama. Uji coba yang telah dilakukan Beritajatim.com dan ITTS Surabaya menunjukkan bahwa penggunaan AI dalam media lokal mampu menghasilkan konten yang lebih optimal.

“AI yang digunakan untuk media lokal sudah diujicoba. Petunjuk dan teknisnya sudah dibuat Beritajatim dan ISTTS Surabaya dan tadi pagi saya mendapat laporan semua berita terpopuler menggunakan AI. Hasilnya jauh lebih bagus mengemas tema judul,” jelasnya.

Dengan berbagai program dan inovasi yang diperkenalkan, LMC 2025 menjadi ajang penting bagi media lokal untuk menemukan strategi terbaik dalam menjaga keberlanjutan dan daya saing di industri media yang terus berkembang. [beq]