Kemenag Targetkan Peningkatan Indeks Kepuasan Jemaah Haji Tahun Ini

26 March 2024, 21:59

Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) membantu jemaah haji Indonesia yang tiba di Madinah, Arab Saudi.(MI/SUSANTO)

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) menargetkan peningkatan Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) tahun ini.
“Pada 2024 kita berusaha bagaimana menaikkan IKJHI atau minimal mempertahankan IKJHI tahun sebelumnya,” ungkap Inspektur Jenderal Kemenag Faisal Ali Hasyim dilansir dari keterangan resmi, Selasa (26/3).
IKJHI merupakan capaian penilaian terbaik dan menjadi sebuah tantangan untuk mempertahankannya. “Hal ini tentu tidak lepas dari kepuasan yang dirasakan oleh jemaah haji dan masyarakat umumnya,” ujar Faisal.
Baca juga : Kemenag Tekankan Petugas Haji Wajib Ramah pada Lansia
Menurutnya, salah satu indikator yang sangat berpengaruh adalah peran serta para petugas haji yang fokus dalam melayani jemaah Indonesia. “Makanya saya akan langsung memastikan kinerjanya berjalan seperti yang diinginkan di semua sektor yang sudah kita tetapkan,” lanjutnya.
Para petugas, kata Faisal, harus melaksanakan tugas sebagaimana SOP, serta disiplin, saling koordinasi dan peduli dengan sesama petugas. “Layani jamaah dengan baik. Semua tetap akan ada penilaian kinerja dari tim penilai kinerja,” sebutnya.
Faisal menyebutkan, penyelenggaraan haji kali ini masih mengusung tagline ‘Ramah Lansia’. Oleh karenanya, para petugas harus dapat memberikan layanan terbaik kepada jemaah haji lansia. “Hal itu secara tidak langsung akan turut membantu dalam mempertahankan IKJHI,” tandasnya. (Z-6)

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi