Jakarta, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat telah melayani sebanyak 1,2 juta penumpang kereta api (KA) jarak jauh selama periode 19-25 Desember 2024 atau libur Natal.
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyatakan, tingginya jumlah penumpang ini sejalan dengan momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang berlangsung dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.
Hal ini disampaikan Didiek saat mendampingi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Aminuddin Ma’ruf dalam peninjauan kesiapan angkutan Nataru di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, pada Rabu (25/12/2024).
“Nataru dimulai pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Selama periode 19-25 Desember, kereta api telah mengangkut 1,23 juta penumpang dengan berbagai tujuan,” ungkap Didiek.
Didiek menjelaskan bahwa Stasiun Pasar Senen menjadi salah satu stasiun tersibuk selama periode tersebut. Stasiun yang berlokasi di Jakarta Pusat ini menjadi pusat pemberangkatan dan tujuan utama bagi penumpang kereta api jarak jauh saat libur Natal.
“Salah satu stasiun dengan jumlah pemberangkatan terbanyak adalah Stasiun Pasar Senen. Stasiun ini juga menjadi tujuan utama bagi banyak penumpang,” jelasnya.
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri BUMN Aminuddin Ma’ruf menyampaikan, pihaknya telah melakukan peninjauan kesiapan layanan transportasi kereta api di Stasiun Pasar Senen. Tujuannya adalah memastikan operasional dan pelayanan selama libur Nataru berjalan optimal.
“Kami di kabinet mendapat arahan khusus untuk memastikan pelayanan publik, terutama bagi layanan transportasi berbasis rel seperti yang disediakan PT KAI, berjalan dengan baik,” ujar Aminuddin.
Aminuddin melakukan inspeksi mulai dari ruang tunggu penumpang, gerbong kereta, hingga fasilitas di dalam gerbong seperti toilet dan dapur. Hasil peninjauan menunjukkan bahwa layanan dan fasilitas yang disediakan PT KAI berada dalam kondisi yang cukup baik.
“Kementerian BUMN memastikan bahwa layanan publik yang diberikan PT KAI, khususnya di Stasiun Pasar Senen, berjalan optimal. Kami fokus pada pelayanan masyarakat yang maksimal serta memastikan kenyamanan dan keselamatan sebagai dua faktor utama,” tambahnya.
Dengan jumlah penumpang yang terus meningkat selama periode libur Nataru, KAI berkomitmen untuk menjaga kualitas layanan, kenyamanan, dan keselamatan penumpang di seluruh rute operasionalnya, khususnya penumpang kereta api jarak jauh saat libur Natal.