KAI Catat 345.017 Penumpang Berangkat pada 3 Hari Pertama Periode Angkutan Lebaran 2025
Tim Redaksi
KOMPAS.com
– PT
Kereta Api
Indonesia (Persero) atau
KAI
melaporkan tingginya antusiasme masyarakat dalam menggunakan layanan
kereta api
selama periode angkutan
Lebaran
2025.
Tercatat, dari Jumat (21/3/2025) hingga Minggu (23/3/2025) pukul 07.00 WIB, sebanyak 345.017 penumpang telah diberangkatkan menggunakan layanan kereta api jarak jauh dan lokal.
Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik guna mendukung kelancaran arus
mudik
dan balik selama periode angkutan Lebaran 2025.
“Kami melihat antusiasme masyarakat yang sangat tinggi terhadap moda transportasi kereta api. Selama tiga hari ini, sebanyak 345.017 penumpang telah diberangkatkan. Ini mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan yang kami sediakan,” ujar Anne dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu.
Untuk mendukung kebutuhan transportasi selama periode angkutan Lebaran 2025 yang berlangsung pada 21 Maret hingga 11 April 2025, KAI telah menyediakan total kapasitas hingga 4.591.510 tempat duduk.
Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.443.832 kursi dialokasikan untuk kereta api jarak jauh. Sementara, 1.147.678 kursi disediakan untuk kereta api Lokal.
Pada Sabtu (22/3/2025), volume penumpang yang diberangkatkan mencapai 174.461 penumpang.
Angka tersebut terdiri dari 146.524 penumpang kereta apa jarak jauh dan 27.937 penumpang kereta api lokal. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, realisasi ini mengalami peningkatan sebesar 42,45 persen.
Sedangkan hingga Minggu pukul 07.00 WIB, penjualan tiket juga terus menunjukkan tren positif. Total tiket yang telah terjual mencapai 2.621.676 tiket atau sekitar 57,52 persen dari total kapasitas yang disediakan.
Dari jumlah itu, sebanyak 2.468.296 tiket merupakan kereta api jarak jauh dengan tingkat okupansi mencapai 72,10 persen.
Sementara, tiket kereta api lokal yang terjual mencapai 153.380 tiket atau setara dengan 13,78 persen dari total kapasitas.
Menurut Anne, penjualan tiket kereta api lokal cenderung meningkat mendekati hari keberangkatan. Ini lantaran masyarakat sukan melakukan pembelian secara spontan.
“Kami optimistis penjualan tiket kereta api Lokal akan terus bertumbuh seiring mendekatnya puncak arus mudik dan balik. KAI akan terus memantau pergerakan penumpang dan melakukan evaluasi untuk memastikan pelayanan terbaik,” jelas Anne.
Anne menambahkan, kinerja kumulatif juga menunjukkan hasil yang positif. Dari dua hari pertama di periode angkutan Lebaran 2025, total volume penumpang mencapai 345.017 orang.
Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2024, terdapat peningkatan sebesar 20,59 persen.
KAI juga mencatat bahwa pencapaian kereta api jarak jauh telah melampaui program yang ditargetkan pada periode tersebut.
Sedangkan realisasi volume penumpang kereta api jarak jauh mencapai 109,05 persen dari target.
“Kami terus berupaya memastikan perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu bagi seluruh pelanggan. KAI juga mengimbau para pelanggan agar memanfaatkan layanan online melalui aplikasi Access by KAI dan
booking.kai.id
untuk pembelian tiket dan informasi terkini,” terang Anne.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
KAI Catat 345.017 Penumpang Berangkat pada 3 Hari Pertama Periode Angkutan Lebaran 2025
/data/photo/2025/03/23/67dfbc849a988.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)