Jurus Jitu Pangkas Biaya Promosi, Ini 4 Manfaat Terapkan Digital Marketing bagi UMKM

27 February 2024, 13:59

SUARAMERDEKA.COM – UMKM di Indonesia kini berkembang dengan sangat pesat. Dukungan Pemerintah terhadapa para pelaku UMKM pun membuat banyak pelaku UMKM di Indonesia maju. UMKM sendiri merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Baca Juga: Aktor Keturunan Indonesia Ruy Iskandar Mendunia, Bintangi Serial Avatar Netflix Pada dasarnya, UMKM merupakan usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Kini, seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, muncul terobosan baru dalam teknik pemasaran di era digital dan internet.

Manfaat digital marketing telah dirasakan bagi banyak pemilik bisnis tak terkecuali UMKM. Baca Juga: Kapan Libur Puasa 2024 untuk Anak Sekolah dan Berapa Lama? Cek Jadwalnya Salah satunya menghasilkan cara baru dalam berbisnis, seperti menggunakan platform internet atau online. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat yang bisa didapat para UMKM jika menerapkan strategi digital marketing. 1. Menekan Biaya Promosi Keuntungan lain digital marketing untuk pemula yaitu pelaku UMKM bisa menekan biaya promosi. Baca Juga: Kapan Libur Awal Puasa Ramadhan 2024? Simak Jadwal Ini Dulu promosi dilakukan dengan mencetak brosur, spanduk, pamflet, dan lainnya. Kini Anda bisa meminimalisir biaya promosi dengan memanfaatkan platform online. 2. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen Keuntungan lain dari strategi pemasaran ini yaitu usaha mikro kecil menengah dapat menjangkau konsumen secara luas. Bukan hanya satu daerah tertentu saja, melainkan dapat menjangkau seluruh Indonesia bahkan pasar internasional. Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Pemain Liverpool Nyanyikan Lagu One Kiss Dua Lipa Usai Juara Carabao Cup 3. Layanan Konsumen 24/7 Memanfaatkan teknologi digital marketing memungkinkan kamu memberikan layanan konsumen yang tersedia 24/7 nonstop. Di saat yang bersamaan, anda juga bisa secara langsung melayani pelanggan. Misalnya saat melakukan promosi dan pemasaran di Instagram. Lalu saat ada audiens yang tertarik dan mengajukan pertanyaan mengenai ketersediaan produk atau spesifik produk melalui fitur direct message (DM), kamu bisa memberikan jawaban secara langsung. Baca Juga: Sinopsis Cinta untuk Guddan, Hari Ini Selasa 27 Februari 2024: Vikran Culik Guddan hingga Keluarga Jindal Memohon Membebaskannya 4. Membangun Brand Awareness Digital marketing membuka peluang besar bagi UMKM untuk membangun brand awareness atau kesadaran merek di kalangan konsumen. Melalui konten yang kreatif dan strategi pemasaran yang tepat, UMKM dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap merek, sekaligus dapat memperkuat citra merek di mata konsumen.

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi