Jenis Media: News

  • Konglomerat Pemilik Saham RATU, Ada Suami Politikus

    Konglomerat Pemilik Saham RATU, Ada Suami Politikus

    Anak usaha PT Rukun Raharja Tbk (RAJA), yakni PT Raharja Energi Cepu Tbk (RATU) resmi mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 8 Januari 2025. Perusahaan RATU tercatat menjadi emiten ketiga yang melantai di bursa pada Januari 2025.

    Harga Saham RATU melonjak 613,04% sejak melantai di bursa menjadi di level Rp8.000 per Senin (3/2). Sedangkan harga pelaksanaan IPO RATU sebesar Rp1.150 per saham.

    Saham RATU pun masuk ke dalam papan pemantauan khusus dengan sistem full call auction (FCA) setelah sebelumnya terkena suspensi dua kali. Suspensi RATU diumumkan sebagai bentuk perlindungan bagi investor atas terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan.

    Sosok konglomerat pemilik saham RATU

    Melihat dari prospektus, PT Raharja Energi Cepu Tbk adalah perusahaan yang 99,99% sahamnya dimiliki oleh PT Rukun Raharja Tbk (RAJA). Sementara sisa 0,004% diketahui dimiliki oleh PT Rukun Prima Sarana.

    Saham RAJA dikendalikan oleh Hapsoro Sukmonohadi atau dikenal dengan Happy Hapsoro yang juga memiliki 28,24% saham RAJA secara langsung dan 35,23% saham RAJA melalui PT Sentosa Bersama Mitra. Sedangkan publik memegang 24,63% saham RAJA.

    Happy Hapsoro merupakan pebisnis terkenal di pasar modal sekaligus suami dari Puan Maharani, Ketua DPR RI periode 2024-2029. Puan sendiri merupakan anak dari Presiden ke-4 RI, Megawati Soekarnoputri.

    Pemegang saham individu terbesar kedua RAJA adalah Djauhar Maulidi yang menjabat Direktur Utama PT Rukun Raharja Tbk. Selain itu, Direktur Utama PT Indika Energy Tbk (INDY), Arsjad Rasjid memiliki 0,1% saham RAJA melalui Basis Utama Prima. Sementara sisanya (99,99%) dimiliki oleh Hapsoro.

    Portofolio saham RATU

    Adapun diketahui PT Raharja Energi Cepu Tbk didirikan pada 2006 dan telah mengalami beberapa kali perubahan nama. Sebelumnya, PT Raharja Energi Cepu dikenal dengan nama PT Syabas Usaha Migas dan PT DSME ENR Cepu.

    Dilansir Stockbit, dalam portofolio bisnisnya, RATU memiliki investasi di dua blok produksi migas strategis.

    Pertama, Blok Cepu, dengan participating interest sebesar 2,2423% melalui perusahaan asosiasi PT Petrogas Jatim Utama Cendana. Blok yang dioperatori oleh ExxonMobil ini adalah salah satu penghasil minyak utama di Indonesia dengan produksi sekitar 144 ribu barel per hari (mbopd).

    Kedua, Blok Jabung, yakni perusahaan memiliki participating interest sebesar 8% melalui anak perusahaan PT Raharja Energi Tanjung Jabung yang diakuisisi pada 2022. Blok ini dioperasikan oleh PetroChina, salah satu perusahaan migas terbesar di Asia.

  • Syarat-Syarat Helm sebagai Alat Perlindungan Diri, Wajib Memenuhi Standar Keselamatan

    Syarat-Syarat Helm sebagai Alat Perlindungan Diri, Wajib Memenuhi Standar Keselamatan

    YOGYAKARTA – Penggunaan helm berperan penting untuk meningkatkan keamanan, khususnya di area kepala. Selain dipakai saat berkendara, helm termasuk dalam alat perlindungan diri (APD) yang biasanya digunakan dalam pekerjaan konstruksi. Lantas seperti apa syarat syarat helm untuk alat pelindung diri?

    Helm perlindungan pada pekerjaan konstruksi disebut sebagai safety helmet atau helm keselamatan. Helm ini memiliki desain yang sedikit berbeda dari helm untuk penggunaan berkendara. Dirancang sebagai perlengkapan perlindungan, safety helmet memiliki bahan berkualitas tinggi yang kuat terhadap benturan dan api. 

    Itulah mengapa sangat penting untuk membedakan mana helm untuk perlindungan diri dan mana yang bukan. Mari kenali apa saja syarat-syarat helm untuk perlindungan diri dan kelebihannya. 

    Syarat-Syarat Helm sebagai Alat Perlindungan Diri

    Penggunaan helm di lingkungan proyek konstruksi berperan penting untuk meminimalisir risiko kecelakaan kerja. Pekerjaan konstruksi memiliki risiko terhadap bahaya seperti benturan atau kejatuhan benda keras yang dapat mengenai kepala. Demi mencegahnya, safety helmet pun diwajibkan untuk dipakai setiap berada di lokasi proyek. 

    Safety helmet dibuat dengan material berkualitas tinggi sehingga mampu memberikan ketahanan yang baik. Berikut ini syarat-syarat helm sebagai alat perlindungan diri yang perlu Anda tahu:

    1. Masih dalam batas masa berlaku

    Safety helmet memiliki masa berlaku dan masa kedaluwarsa. Meskipun tidak ada aturan khusus tentang tanggal kedaluwarsa helm, produsen diperbolehkan menentukan batas waktu penggunaan helm tersebut.

    Secara umum, usia pemakaian safety helmet biasanya maksimal 4-5 tahun. Namun masa ini dapat lebih singkat jika helm memiliki cacat pabrik atau pernah retak akibat benturan.

    Tanggal kedaluwarsa helm dapat diketahui melalui informasi yang tercantum pada sisi helm. Biasanya, produsen mencantumkan label yang menunjukkan tahun dan bulan pembuatan. Dari label ini, masa berlaku helm dapat dihitung.

    Selain itu, masa pakai helm juga bisa dikenali dari kondisi fisiknya. Jika sudah melewati masa berlaku, material helm biasanya menjadi rapuh, keras, dan mudah pecah ketika terkena benturan.

    2. Tahan benturan

    Helm memiliki fungsi utama untuk melindungi kepala dari benturan dan jatuhan benda keras, sehingga harus mampu menahan benturan dengan baik. Berdasarkan panduan dari Occupational Safety and Health Branch (OSHB), helm yang berkualitas harus terbuat dari bahan yang tahan lama dan berkualitas tinggi.

    3. Tidak Mudah Terbakar

    Safety helm harus memiliki sifat tahan api untuk melindungi kepala dari risiko kebakaran. Contohnya adalah helm yang dirancang khusus untuk digunakan oleh petugas pemadam kebakaran.

    4. Pas dengan ukuran kepala

    Helm yang ideal dan aman adalah helm yang ukurannya sesuai dengan kepala, tidak terlalu longgar atau terlalu ketat, sehingga nyaman saat digunakan.

    5. Sudah memenuhi standar

    Helm yang dikenakan harus sudah lolos standar SNI. Biasanya terdapat logi SNI yang tersemat di helm tersebut yang berarti sudah memenuhi standar keselamata. 

    Standar helm keselamatan bagi para pekerja di industri dikategorikan sebagai berikut ini:

    Tipe I yang merupakan helm untuk perlindungan atas.Tipe II memberikkan perlundingan terhadap benturan lateral.

    Sementara persyaratan mengenai kinerja helm tipe II harus memenuhi spesifikasi berikut ini:

    Redaman terhadap energi tumbuhkan serta benturan baik dari depan, belakang, atas, dan samping.Tahan terhadap penetrasi dari luar pusat atau off-center penetration resistance.Retent pada tali dagu atau chin strap retention.

    Demikianlah ulasan mengenai syarat-syarat helm untuk alat pelindung diri yang dirancang untuk memberikan perlindungan kepala dari benturan keras. Setiap pekerja proyek wajib menggunakan safety helmet sebagai bagian dari keselamatan kerja. Baca juga peringatan bulan K3 nasional. 

    Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

  • Ini Alasan Elpiji 3 Kg Tak Lagi Dijual di Pengecer

    Ini Alasan Elpiji 3 Kg Tak Lagi Dijual di Pengecer

    Pemerintah resmi menghentikan penjualan gas elpiji 3 kilogram (kg) melalui pengecer per 1 Februari 2025. Pembeli kini tidak bisa mendapatkannya melalui pengecer lagi. 

    Sejalan dengan pemberlakuan kebijakan tersebut, pemerintah juga mengimbau pengecer untuk mendaftarkan diri menjadi pangkalan. Masyarakat juga diimbau untuk melakukan pembelian gas elpiji 3 kg melalui pangkalan.

    Kebijakan tersebut tentu banyak menuai respon masyarakat. Tidak jarang ada yang mempertanyakan alasan dibalik pemberlakuan kebijakan tersebut.

    Lantas apa alasan elpiji 3 kg tidak lagi dijual di pengecer? Temukan jawabannya di bawah ini.

    Upaya menata ulang distribusi

    Dilansir sejumlah sumber, salah satu alasan elpiji 3 kg tidak lagi dijual di pengecer adalah pemerintah tengah mengupayakan menata ulang distribusinya.

    Pembatasan pembelian gas melon menjadi langkah mewujudkan tata kelola penyediaan yang lebih tertata rapi. 

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa pemerintah tengah menerapkan pembatasan pembelian gas elpiji 3 kg yang merupakan gas subsidi.

    Langkah tersebut diambil guna mengatur tata kelola pendistribusiannya hingga sampai ke tangan konsumen. 

    Hal tersebut juga berkaitan dengan memastikan tidak ada oknum tertentu yang menaikan harga elpiji 3 kg semaunya.

    Mencegah harga gas elpiji lebih mahal

    Di sisi lain, penghentian pembelian gas melon lewat pengecer juga bertujuan untuk mencegah harga lebih mahal. 

    Yuliot Tanjung selaku Wakil Menteri ESDM menyampaikan bahwa tindakan ini dilakukan untuk mencegah harga gas elpiji 3 kg yang lebih mahal daripada harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan setiap daerah.

    Ia juga menegaskan bahwa pembatasan pembelian gas elpiji 3 kg merupakan usaha pemerintah untuk memastikan kebutuhan gas masyarakat tetap terpenuhi.

    Artinya, gas elpiji 3 kg tetap bisa diakses oleh masyarakat dengan harga yang wajar dan telah ditetapkan oleh pemerintah.

    Distribusi gas elpiji yang dikelola dengan rapi juga membantu pemerintah untuk mengetahui kebutuhan masyarakat.

    “Kalau lebih tercatat berapa kebutuhan distribusi, ya, kami siapkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jadi, tidak terjadi oversuplai atau penggunaan elpiji yang tidak tetap,” ungkap Yuliot dikutip dari antaranews.com, Senin (3/2).

    Penyaluran gas subsidi tepat sasaran

    Merealisasikan penyaluran gas subsidi tepat sasaran juga menjadi alasan elpiji 3 kg tidak lagi dijual di pengecer. Harapannya, penataan distribusi gas melon yang tengah diupayakan ini diterima oleh kalangan masyarakat yang berhak.

    Kebijakan terbaru satu ini dilakukan untuk memastikan distribusi gas elpiji 3 kg bisa lebih tetap sasaran dari sebelumnya. Dengan begitu, masyarakat yang berhak atas gas subsidi bisa dijangkau lebih baik.

    Meskipun begitu, Sofyano Zakaria selaku Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) menilai kebijakan pemerintah ini tidak menjamin beban subsidi elpiji pasti berkurang.

    “Jika kebijakan tersebut dimaksudkan agar penyaluran LPG subsidi tepat sasaran, maka seharusnya dilakukan dengan membuat peraturan yang tegas atas siapa yang berhak atas LPG bersubsidi, bukan hanya mengalihkan pengecer menjadi pangkalan resmi LPG subsidi,” ungkap Sofyano, Senin (3/2) dikutip dari antaranews.com.

    Menurutnya, persoalan pemerintah bukan distribusi elpiji subsidi dan harga eceran, tetapi pada meningkatkan beban subsidi. Hal tersebut berkaitan dengan meningkatkan kuota atas kebutuhan gas elpiji 3 kg.

    Sofyano merujuk pada ketentuan Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2007 tentang Pengguna Usaha Mikro yang Boleh Menggunakan LPG 3 kg.

    “Oleh karenanya, hal utama yang harusnya dibenahi pemerintah adalah justru merevisi Perpres 104 Tahun 2007 khususnya terkait siapa pengguna yang berhak dan juga pengawasannya di lapangan,” jelas Sofyano.

    Demikian sederet alasan elpiji 3 kg tak lagi dijual di pengecer yang efektif berlaku per 1 Februari 2025.

  • Prabowo Minta Anggaran Daerah untuk MBG Dialihkan untuk Perbaikan Sekolah

    Prabowo Minta Anggaran Daerah untuk MBG Dialihkan untuk Perbaikan Sekolah

    Jakarta

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan arahan Presiden Prabowo Subianto terkait anggaran daerah. Tito mengatakan Prabowo meminta agar dana pendidikan di daerah tidak digunakan untuk program makan bergizi gratis (MBG).

    Hal itu disampaikan Tito dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR di gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Senin (3/2/2025). Tito mulanya mengatakan terdapat beberapa daerah yang sudah menganggarkan program MBG.

    Tito mengatakan program MBG akan dilakukan secara sentralistik oleh Badan Gizi Nasional (BGN). Tito mengatakan Prabowo meminta agar dana pendidikan tidak dipakai untuk program MBG.

    “Oleh karena itu perintah Bapak Presiden kepada kami untuk anggaran yang di daerah ini yang semula menganggarkan untuk makan bergizi gratis, itu lebih baik difokuskan pada perbaikan sekolah,” kata Tito.

    Tito mengatakan Prabowo tidak ingin setiap daerah terdapat MBG, namun tidak memiliki ruang belajar yang layak. Terutama, pemerintah sangat menyoroti toilet sekolah.

    “Karena sekolah jangan sampai buat dapur, kemudian sekolahnya, ruang utamanya malah tidak bagus, bocor dan lain-lain, kemudian kelengkapan sekolah, kursinya miring-miring, terutama sangat beliau menekankan sekali masalah toilet itu menjadi atensi kami. Toilet semua sekolah SD, SMP, SMA, harus baik, ” sambungnya.

    Tito mengatakan Kemendagri telah berdiskusi dengan BGN terkait program MBG. Tito mengatakan daerah dapat menjadi mitra sebagai satuan pelayanan pemenuhan gizi (SPPG) untuk program MBG yang akan disewa oleh BGN.

    “Kedua, mendorong masyarakat untuk mengintensifkan suplai yaitu peternak kemudian menanam untuk suplai kepada satuan pelayanan tadi,” jelasnya.

    Tito kembali menekankan agar dana pendidikan daerah tidak digunakan untuk program MBG. Tito menegaskan dana tersebut akan digunakan khusus untuk perbaikan sekolah.

    “Khusus untuk anggaran yang sudah ada, anggaran pendidikan yang ada jangan digunakan untuk makan bergizi gratis, tapi digunakan untuk memperbaiki sekolahnya itu terutamanya toilet,” tuturnya.

    (amw/rfs)

    Hoegeng Awards 2025

    Usulkan Polisi Teladan di sekitarmu

  • Aturan Kendaraan Wajib Asuransi Buat Ekonomi Tekor Rp68 T

    Aturan Kendaraan Wajib Asuransi Buat Ekonomi Tekor Rp68 T

    Jakarta, FORTUNE – Hasil studi Center of Economic and Law Studies (CELIOS) mengungkapkan bahwa rencana kebijakan Pemerintah yang akan mewajibkan semua kendaraan bermotor untuk memiliki asuransi Third Party Liability (TPL) bakal merugikan perekonomian nasional.

    Direktur Ekonomi Digital CELIOS, Nailul Huda menjelaskan, bila asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga ini dijalankan mulai 2025 bakal membuat output ekonomi tekor Rp 68,3 triliun hingga 2045. Bahkan, produk domestik bruto (PDB) RI akan turun hingga Rp 21 triliun, serta pendapatan masyarakat akan turun sebesar Rp 20,7 triliun akibat tersedot untuk biaya asuransi.

    “CELIOS menyarankan agar pemerintah mempertimbangkan kembali implementasi kebijakan ini dengan memperhatikan dampak sosial dan ekonomi yang mungkin terjadi,” ujar Huda melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Senin (3/2).

    OJK buka suara terkait perumusan kebijakan asuransi wajib

    Logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK) (ojk.go.id)

    Menanggapi hal tersebut, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun (PPDP), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ogi Prastomiyono menyebut kebijakan Asuransi Wajib di kendaraan telah digunakan di berbagai negara. Menurutnya, Indonesia telah ketinggalan jaman karena belum menerapkan kebijakan itu.

    “Indonesia ketinggalan dari negara-negara lain. Orang tabrakan di jalan ribut, siapa yang ganti ini, siapa yang ganti ini. Nah itu perlu mendapatkan perhatian dan formulasinya kita tunggu aja,” kata Ogi saat ditemui di Jakarta (3/1).

    Di sisi lain, Ia mengatakan bahwa aturan asuransi wajib nantinya akan berbentuk Peraturan Pemerintah (PP) dan akan menjadi wewenang pemerintah dalam membentuk aturan. Untuk itu, saat ini OJK sebagai regulator masih menunggu keputusan dari pemerintah.

    “Itu domainnya pemerintah bukan OJK. Kami akan follow up Peraturan Pemerintah itu seperti apa,” kata Ogi.

    Asuransi wajib diusulkan masuk dalam STNK

    Petugas mengevakuasi mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpangi artis Vanessa Angel dan keluarganya usai mengalami kecelakaan di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672 arah Surabaya. (AntaraFoto/Syaiful Arif)

    Sebelumnya, Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mengaku siap menjalankan amanat dari kebijakan tersebut. Ketua AAUI Budi Herawan mengatakan, pihaknya mengusulkan agar pembayaran premi dari asuransi ini bisa disatukan dengan pembayaran pajak STNK kendaraan.

    Seperti diketahui, dalam pembayaran pajak STNK saat ini masyarakat sudah diwajibkan untuk ikut serta dalam Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Namun asuransi itu hanya memberi santunan pada korban kecelakaan, bukan kepada pihak ketiga yang mengalami kerugian atas kecelakaan. 

  • Cara Cek Pangkalan Resmi Gas Elpiji 3 Kg Terdekat di Kota Tangerang – Page 3

    Cara Cek Pangkalan Resmi Gas Elpiji 3 Kg Terdekat di Kota Tangerang – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Meski antrean mengular sejak pagi, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kota Tangerang memastikan tidak ada kelangkaan gas elpiji 3kg di Kota Tangerang.

    Kepala Disperindagkop UKM Kota Tangerang Suli Rosadi memastikan, stok gas bersubsidi tersebut cukup banyak di seluruh agen atau pangkalan resmi yang dapat dijangkau masyarakat dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp19 ribu.

    “Saat ini, aturan terbaru bahwa gas elpiji 3 kg tidak lagi tersedia di pengecer, hanya di agen atau pangkalan resmi. Lokasi pangkalan resmi pun dengan mudah diketahui masyarakat hanya dengan mengakses laman https://subsiditepatlpg.mypertamina.id/infolpg3kg ,” ungkap Suli Rosadi, Senin (3/2/2025).

    Berikut cara mencari pangkalan resmi gas elpiji 3kg terdekat di Kota Tangerang;

    1. Buka laman https://subsiditepatlpg.mypertamina.id/infolpg3kg

    2. Klik tanda panah pada kolom Lokasi Pangkalan Terdekat

    3. Cari lokasi pangkalan terdekat dari lokasi Anda yang muncul

    4. Klik Rute untuk mengetahui lokasi secara lebih tepat.

    Selain itu, terkait lokasi dan nomor telepon pangkalan se-Kota Tangerang lengkapnya juga dapat diakses di laman bit.ly/daftarpangkalanlpg-kotatangerang.

    “Dipastikan tidak adanya kelangkaan gas elpiji 3kg. Yang terjadi saat ini bukanlah kelangkaan, tapi proses perubahan dari pengecer menjadi agen atau pangkalan resmi. Di Kota Tangerang telah tersedia 52 agen dengan ketersediaan 40 sampai 50 ribu tabung per agen dan 1.100 pangkalan dengan ketersediaan 3.000 tabung per pangkalan yang tersebar di 13 kecamatan,” katanya.

     

  • LINK Jelaskan Penyebab Saham ARA 3 Hari dan Kabar Divestasi

    LINK Jelaskan Penyebab Saham ARA 3 Hari dan Kabar Divestasi

    Jakarta, FORTUNE – Saham milik PT Link Net Tbk (LINK) sempat melejit 92,5 persen dari Rp1.200 menjadi Rp2.310 menjelang libur panjang pada akhir Januari. Perseroan pun buka suara.

    Dalam sebulan belakangan ini, harga LINK tercatat meroket 93,33 persen. Kenaikan paling signifikan terjadi pada periode 21–23 Januari 2025. Adapun, selama tiga hari itu, saham LINK tercatat ARA (auto reject atas). Analis menilai, penyebab lonjakan harga itu adalah kabar ihwal rencana divestasi saham LINK oleh Grup Axiata. Nilai divestasinya diestimasikan berjumlah Rp16 trilliun.

    Mengenai kabar tersebut, Direktur Utama Link Net, Kanishka Gayan Wickrama masih enggan berkomentar. Khususnya terkait nama calon investor yang akan mengAkuisisi saham LINK.

    “Pada saat ini, tidak ada proses atau aksi korporasi yang diinisiasi oleh Link Net untuk memperoleh dana atau investor baru,” kata Kanishka di paparan publik insidental LINK, Senin (3/2). “Jadi tidak ada komentar yang dapat kami berikan sekarang.”

    Lebih lanjut Direktur Link Net, Ronald Chandra Lesmana menjelaskan, perseroan sudah meninjau volume perdagangan yang melonjak di periode tersebut. Hasilnya, laju saham yang sempat meroket pada Januari lalu terjadi murni karena dinamika di pasar.

    “Jadi, rumor yang diberitakan masih spekulasi atau berita pasar sebagai dinamika pasar,” imbuh Ronald lagi. “Untuk calon investor, masih belum bisa dikomentari dulu. Karena ini masih ranahnya pemegang saham dari Link Net.”

    Lebih lanjut, manajemen LINK menyatakan tak mengetahui adanya aktivitas spesifik terkini yang akan berdampak terhadap volume transaksi atas saham perseroan. 

    Adapun, Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd merupakan pengendali LINK. Kepemilikannya berjumlah 2,16 miliar atau 75,42 persen. Selain itu, pemilik saham LINK lainnya adalah PT XL Axiata Tbk (EXCL), yakni sebanyak 550,3 juta saham atau 19,22 persen. 

    Pada Senin pukul 15.26 WIB, saham LINK tertekan 7,20 persen ke harga Rp2.320, dari harga penutupan akhir pekan lalu, Rp2.500. Volume transaksinya berjumlah 118.000, dengan nilai transaksi Rp293 juta, dan frekuensi transaksi 70 kali.

  • BPS: Wisatawan Swiss Paling Banyak Belanja di RI

    BPS: Wisatawan Swiss Paling Banyak Belanja di RI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat wisatawan dari Swiss menjadi wisatawan dengan pengeluaran terbanyak sepanjang 2024.

    Dengan jumlah mencapai 58.205 kunjungan, wisatawan dari negara Swiss rata-rata menghabiskan US$ 58.205 atau sekitar Rp 957 juta (Asumsi Kurs Rp 16.455) dalam kunjungannya.

    Selanjutnya, Amerika Serikat dengan pengeluaran US$ 2.183, Austria US$ 2,175, Belgia US$ 2,148 dan Rusia US$ 2,113.

    “Indikator wisman berdasarkan kawasan sepanjang tahun 2024 dari negara eropa melakukan pengeluaran terbesar dibandingkan kelompok lainnya rata2 menghabiskan 2.009 US$ selama kunjungan dengan rata rata lama tinggal 12,22 hari,” ujar Plt. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti dalam konferensi pers IHK, Senin (3/2/2025).

    Adapun wisatawan mancanegara yang paling banyak berkunjung sepanjang 2024 adalah Malaysia dengan kunjungan mencapai 2,27 juta dan menghabiskan rata-rata US$ 693 dalam kunjungan.

    Dilanjutkan dengan Australia 1,67 juta kunjungan dan mengeluarkan US$ 1,712, dan Singapura mencapai 1,40 juta kunjungan dan mengeluarkan rata-rata US$ 707.

    Secara kumulatif sepanjang tahun 2024 total wisman mencapai 13.902.420 atau meningkat 19,05% dibandingkan tahun 2023.

    “Capaian kunjungan wisman 2024 merupakan tertinggi dalam 5 tahun terakhir sejak 2020 namun demikian masih relatif lebih rendah dibandingkan 2019 sebelum pandemi 16,106.954 kunjungan,” ujarnya.

     

    (haa/haa)

  • Negeri Dewa-dewi Diguncang 200 Gempa Bumi, Warga-Turis Siaga Tsunami

    Negeri Dewa-dewi Diguncang 200 Gempa Bumi, Warga-Turis Siaga Tsunami

    Jakarta, CNBC Indonesia – Otoritas Yunani telah mengerahkan pasukan khusus, tim penyelamat, tenda, dan drone ke pulau Santorini setelah ratusan gempa bumi kecil tercatat di wilayah tersebut.

    Kekhawatiran akan gempa besar yang dapat memicu tsunami membuat pihak berwenang menyarankan warga untuk menghindari garis pantai, bangunan yang tidak terawat, mengosongkan kolam renang, dan tidak berkumpul dalam jumlah besar di ruang tertutup. Kementerian Perlindungan Sipil juga menutup sekolah-sekolah pada Senin sebagai tindakan pencegahan.

    “Tidak ada yang bisa dikesampingkan,” kata Kostas Papazachos, profesor geofisika di Universitas Aristoteles Thessaloniki, kepada penyiar negara ERT, sebagaimana dikutip The Guardian, Senin (3/2/2025).

    “Itulah mengapa langkah-langkah pencegahan diterapkan, untuk membatasi dampak dari gempa yang lebih kuat.”

    Yunani terletak di atas beberapa patahan dan sering diguncang gempa bumi. Namun, para ahli menggambarkan peningkatan aktivitas seismik dalam rentang 48 jam terakhir-dengan lebih dari 200 gempa tercatat-sebagai hal yang dramatis. Meski demikian, mereka menekankan bahwa gempa tersebut dipicu oleh aktivitas tektonik, bukan vulkanik.

    Papazachos mengatakan kepada media lokal bahwa banyak gempa berkekuatan 4 hingga 4,5 skala Richter, dengan yang terkuat terjadi di perairan antara Santorini dan Amorgos. Santorini, yang menjadi lokasi salah satu letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah, juga merupakan pulau Aegean paling populer di Yunani, menarik sekitar 3,5 juta turis tahun lalu.

    Pada Minggu sore, langkah serupa diambil di Amorgos dan pulau-pulau kecil terdekat seperti Ios dan Anafi. Tim penyelamat di Santorini mendirikan tenda di area tinggi seperti lapangan basket dan tempat parkir. Jika terjadi tsunami, warga disarankan untuk menuju ke daratan yang lebih tinggi.

    Perusahaan feri melaporkan peningkatan jumlah pekerja asing yang meninggalkan pulau menuju Pelabuhan Piraeus. Pemerintah Inggris juga mengeluarkan peringatan perjalanan yang merujuk pada panduan dari Kementerian Perlindungan Sipil Yunani terkait gempa bumi.

    Penelitian menunjukkan bahwa kerak bumi di bawah laut sekitar Santorini dipenuhi dengan patahan. Pada tahun 1956, pulau ini mengalami kerusakan parah setelah diguncang gempa berkekuatan lebih dari 7 skala Richter, yang memicu tsunami.

    Gerasimos Papadopoulos, seorang seismolog, mengatakan bahwa “segala sesuatu mungkin terjadi,” tetapi aktivitas yang meningkat ini tercatat “di laut pada jarak yang signifikan dari pulau-pulau,” yang ia sebut sebagai “keberuntungan.”

    Langkah-langkah perlindungan lebih lanjut akan dibahas dalam rapat kabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis pada Minggu malam, dihadiri oleh kepala angkatan bersenjata. Spekulasi beredar bahwa militer juga akan dikerahkan ke pulau-pulau Aegean.

    Peningkatan aktivitas seismik ini mengingatkan kembali pada kerentanan wilayah tersebut terhadap bencana alam. Santorini, yang terkenal dengan keindahan alamnya dan menjadi destinasi wisata utama, kini harus bersiap menghadapi potensi risiko gempa dan tsunami.

    Langkah-langkah pencegahan yang diambil oleh otoritas Yunani menunjukkan keseriusan dalam menghadapi ancaman ini, sambil berharap bahwa aktivitas seismik akan mereda tanpa menimbulkan kerusakan lebih lanjut.

    (luc/luc)

  • BYD Catat Penjualan 300.538 Unit di Januari 2025

    BYD Catat Penjualan 300.538 Unit di Januari 2025

    Ekspor kendaraan BYD mencapai 66.336 unit pada Januari, melonjak 83,3 persen dibandingkan tahun lalu, mencetak rekor bulanan baru. Peningkatan ini terjadi seiring dengan strategi ekspansi global perusahaan.

    Penjualan BYD mencakup semua merek di bawahnya, termasuk Denza, Fang Cheng Bao, dan Yangwang. Merek premium Yangwang menjual 286 unit kendaraan, termasuk SUV U8 yang dapat mengapung di air dan supercar U9 yang dikenal sebagai “dancing” supercar.

    Sementara itu, Fang Cheng Bao mencatat penjualan 6.219 unit, naik 19,5 persen dibandingkan tahun lalu. Denza, yang sebelumnya merupakan joint venture dengan Mercedes-Benz, menjual 11.720 unit, naik 29,2 persen dari tahun sebelumnya.

    Di luar sub-merek tersebut, kendaraan bermerek BYD dari seri Dynasty dan Ocean mencatat performa tahunan terbaik dengan penjualan 278.221 unit, naik 50,3 persen dari tahun sebelumnya. Secara keseluruhan, total penjualan kendaraan listrik BYD telah mencapai 10,9 juta unit.

    Adapun  penurunan penjualan pada Januari sebagian besar disebabkan oleh libur Tahun Baru Imlek di Cina, yang berlangsung dari 27 Januari hingga 4 Februari. Hal ini menyebabkan penjualan pada pekan terakhir bulan tersebut berada di level minimum. Sebagian besar tenaga kerja diperkirakan akan kembali bekerja pada 10 Februari, yang dapat mendorong peningkatan penjualan di bulan berikutnya.

    Selain ekspor, BYD juga memperluas produksi kendaraan listriknya di luar Cina. Pada Juli 2024, perusahaan menyelesaikan pembangunan pabrik EV di Thailand dengan kapasitas 150.000 unit per tahun. Menjelang akhir 2025, BYD berencana menyelesaikan pembangunan pabrik baru di Indonesia dengan kapasitas produksi tahunan yang sama.