Jenis Media: News

  • Terkait Langkanya LPG 3 Kg, Begini Kata Dinas ESDM Jabar

    Terkait Langkanya LPG 3 Kg, Begini Kata Dinas ESDM Jabar

    JABAR EKSPRES – Kelangkaan Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kg yang terjadi di berbagai daerah di Jawa Barat memicu antrean panjang warga di pangkalan resmi. Warga saat ini seolah masih ‘berburu’ gas bersubsidi tersebut.

    Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Barat menegaskan, kebijakan distribusi gas bersubsidi sepenuhnya berada di bawah kewenangan pemerintah pusat.

    Kendati demikian, Analis Ketahanan Energi Dinas ESDM Jawa Barat, Arnold Mateus, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian ESDM terkait kondisi ini.

    BACA JUGA:Pangkalan Gas Melon Mulai Kewalahan Layani Warga setelah Larangan Penjualan ke Warung

    “Sebenarnya ini ada di ranah pemerintah pusat, tetapi pemerintah daerah juga memiliki kewenangan dalam urusan perdagangan,” kata Arnold kepada awak media di Bandung, Senin (3/2).

    Menurutnya, Dinas ESDM Jawa Barat saat ini fokus menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat agar pasokan LPG 3 kg tetap lancar dan tidak menimbulkan antrean panjang seperti yang terjadi di berbagai daerah.

    “Kami coba berkomunikasi intens dengan Kementerian ESDM terkait distribusi elpiji, supaya bisa sampai ke masyarakat dan tidak terjadi kelangkaan,” ujarnya.

    BACA JUGA:Di Tengah Polemik Larangan Penjualan LPG 3 Kg, Maling Tabung Gas Beraksi pada Siang Bolong

    Sejak diberlakukannya aturan baru pada 1 Februari 2025, di mana pembelian LPG 3 kg hanya bisa dilakukan di pangkalan resmi Pertamina, antrean panjang terjadi di berbagai wilayah.

    Di salah satu pangkalan di Jalan Suryani, Kota Bandung, antrean sudah terjadi sejak pagi, bahkan pembeli datang dari luar daerah seperti Cimahi.

    Kelangkaan ini juga berdampak pada pelaku usaha kecil seperti Arumsari (70), yang bergantung pada LPG 3 kg untuk usaha warung pindangnya.

    “Biasanya bisa beli beberapa kali dalam seminggu, sekarang cuma boleh satu tabung. Padahal saya butuh empat tabung sehari,” keluhnya.

  • Hanya 1 Game Bisa Terkumpul Saldo hingga Rp300.000 ke Dompet DANA Gratis Untukmu!

    Hanya 1 Game Bisa Terkumpul Saldo hingga Rp300.000 ke Dompet DANA Gratis Untukmu!

    JABAR EKSPRES – Kalian pernah nggak kepikiran bisa dapat uang tambahan berupa saldo DANA gratis hingga Rp300.000 cuma modal HP? Pasti setiap orang awalnya juga skeptis, tapi setelah nyoba sendiri, ternyata ini beneran bisa jadi cara cuan yang gampang dan cepat.

    Nggak perlu laptop, nggak perlu skill khusus, cukup HP yang kalian pegang sekarang dan sedikit waktu luang.

    Nah, di artikel ini YouTuber Kerah Kuning bakal ceritain gimana cara mendapatkan saldo DANA gratis hingga Rp300.000.

    BACA JUGA: Dibayar hingga Rp312.000 dari Aplikasi Penghasil Uang 2025 Ini

    Siap-siap, karena kalian juga bisa ngikutin langkah-langkahnya sekarang juga! Berikut kami rangkum dari kanal YouTube Kerah Kuning pada tayangan video tanggal 1 Februari 2025.

    Game Penghasil Uang yang Bikin Dompet Makin Tebal

    Jadi, aplikasi yang akan kamu coba ini namanya Bridge Cash. Ini bukan aplikasi biasa, karena sudah terunduh lebih dari 18 juta orang dan punya rating tinggi di Play Store. Mayoritas pengguna kasih bintang 4,6, yang artinya game ini bukan tipu-tipu.

    Yang bikin menarik, game ini nggak berat! Ukurannya cuma sekitar 30MB, jadi nggak bakal bikin HP lemot atau kepanasan.

    BACA JUGA: Ada Bonus Rp304.000 untuk Pemain Baru di Aplikasi Penghasil Uang Terbaik 2025

    Selain itu, cara mainnya simpel banget! Kalian cukup menyusun jembatan buat karakter di game ini biar bisa nyebrang dengan selamat.

    Semakin sering kalian main, semakin besar juga penghasilan yang bisa kalian tarik saldo DANA hingga Rp300.000 ke dompet digital seperti DANA atau GoPay.

    Gimana Cara Mulai Main dan Dapat Cuan?

    Langkah pertama, kalian harus download Bridge Cash di Play Store.

    Install dan Login

    Setelah terinstal, buka aplikasinya dan login pakai akun Google kalian.Nggak perlu ribet isi formulir atau bikin password, tinggal pilih akun dan langsung masuk!

    Mulai Main Game

    Di awal, kalian bakal dapet bonus koin buat modal main.Tugas kalian gampang banget: tekan layar buat membangun jembatan dan bantu karakter menyebrang.Kalau berhasil, kalian bakal dapet hadiah berupa 100 koin per level yang bisa ditukar jadi saldo DANA.

  • Putin Menggila! Rudal Rusia Bombardir Polvata, 14 Orang Tewas

    Putin Menggila! Rudal Rusia Bombardir Polvata, 14 Orang Tewas

    Jakarta, CNBC Indonesia – Ukraina mengklaim bahwa sedikitnya 14 orang tewas dalam serangan rudal Rusia di kota Poltava akhir pekan kemarin. Sebanyak 17 orang terluka, termasuk empat anak-anak, dan 22 orang lainnya berhasil diselamatkan dari area serangan.

    “Jumlah korban tewas telah meningkat menjadi 14 orang, termasuk dua anak-anak. Satu orang meninggal di rumah sakit,” kata pernyataan dari Administrasi Militer Daerah Poltava di Telegram, seperti dikutip Anadolu Agency, Senin (3/1/2025).

    Sebelumnya, Administrasi Militer Daerah Poltava mengatakan bahwa 12 orang tewas dalam serangan itu. Mereka juga menyebut upaya pencarian dan penyelamatan di lokasi serangan hari Sabtu masih berlangsung.

    Sebanyak 18 bangunan tempat tinggal dan sejumlah taman kanak-kanak yang tidak disebutkan jumlahnya di Poltava dilaporkan rusak. Setelah insiden ini, tiga hari berkabung nasional telah diumumkan di wilayah tersebut hingga 4 Februari.

    Pada Sabtu, Angkatan Udara Ukraina mengklaim di Telegram bahwa Rusia meluncurkan lebih dari 40 rudal ke negara itu. Mereka tidak memberikan rincian tentang berapa banyak rudal yang jatuh.

    Pada hari yang sama, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menegaskan kembali perlunya dukungan lebih lanjut untuk Kyiv. “Setiap sistem pertahanan udara, setiap rudal pencegat, berarti nyawa yang diselamatkan. Sangat penting bagi mitra kami untuk mengambil tindakan, memenuhi perjanjian kami, dan meningkatkan tekanan terhadap Rusia,” kata Zelensky di X.

    Sementara Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim bahwa mereka berhasil melakukan serangan semalaman. Serangan dilakukan terhadap fasilitas infrastruktur gas dan energi yang mendukung kompleks industri militer Ukraina.

    (sef/sef)

  • Heboh Stok BBM Shell-BP Kosong, Bahlil: Izin Impor Sudah Keluar

    Heboh Stok BBM Shell-BP Kosong, Bahlil: Izin Impor Sudah Keluar

    Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), memastikan telah memberikan persetujuan impor produk Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk badan usaha swasta. Hal ini merespon isu kelangkaan BBM di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) swasta di Indonesia.

    Bahlil mengatakan bahwa pemerintah telah memberikan persetujuan izin impor sejak Januari 2025. Sehingga, perizinan seharusnya bukan lagi menjadi kendala bagi para badan usaha tersebut untuk mendistribusikan produk BBM-nya.

    “Tanya mereka. Karena dari kami (perizinan) impor sudah selesai. Sejak Januari ya,” kata dia ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Senin (3/2/2025).

    Di samping itu, Bahlil menegaskan proses pendistribusian BBM badan usaha swasta di luar kendali Kementerian ESDM. Hanya saja, pemerintah akan terus memastikan ketersediaan pasokan BBM nasional melalui PT Pertamina (Persero).

    “Artinya untuk konsumsi masyarakat itu nggak ada masalah. Bahwa ada perusahaan-perusahaan yang mungkin belum menjalankan atau mungkin barangnya masih dalam perjalanan, itu rusak dari mereka. Tapi yang jelas tugas saya adalah menjamin rakyat mendapat BBM,” ujarnya.

    Sebagaimana diketahui, SPBU swasta di Indonesia mengalami kelangkaan stok BBM baru baru ini. Setelah Shell, SPBU BP-AKR juga mengalami kondisi yang serupa.

    Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, Senin (03/02/2025), setidaknya dua SPBU Shell di Tangerang benar-benar tidak menjual produk BBM-nya sama sekali alias kosong sama sekali. Begitu juga di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan, terpantau hanya satu produk BBM Shell yang dijual.

    Begitu juga dengan SPBU BP. Di SPBU BP Graha Raya terpantau hanya menjual satu produk BBM-nya, yaitu BP Ultimate Diesel. Sementara produk BBM lainnya, baik BP 92, BP Ultimate kosong.

    Di daerah Lenteng Agung, Jakarta Selatan, juga terpantau semua produk BBM di SPBU BP kosong.

    Sebelumnya, President Director & Managing Director Mobility Shell Indonesia, Ingrid Siburian menyampaikan bahwa kekosongan stok BBM di beberapa SPBU Shell tersebut disebabkan oleh kendala dalam pengadaan dan penyaluran BBM.

    “Shell Indonesia ingin menginformasikan bahwa saat ini terdapat kendala dalam pengadaan dan penyaluran produk bahan bakar minyak (BBM) dan Shell Indonesia senantiasa berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait untuk memastikan ketersediaan produk BBM di SPBU Shell secepatnya,” ujarnya kepada CNBC Indonesia, dikutip Jumat (31/1/2025).

    Meski beberapa produk BBM mengalami stok kosong, ia memastikan bahwa Shell tetap beroperasi untuk melayani pelanggan dengan layanan lain yang tersedia. Misalnya seperti layanan Shell Select dan bengkel. “Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” kata Ingrid.

    (pgr/pgr)

  • Video: Sah! Perang Dagang Era Trump 2.0 Resmi Dimulai

    Video: Sah! Perang Dagang Era Trump 2.0 Resmi Dimulai

    Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, akhirnya menandatangani keputusan yang menggemparkan dunia. Tarif impor yang telah lama direncanakan, kini resmi diberlakukan atas barang-barang dari Kanada, Meksiko, dan China. Berapa besaran tarif dan kapan penerapan tarif akan diberlakukan? Serta apa dampaknya bagi perekonomian Amerika dan Indonesia?

    Simak paparan Shania Alatas, selengkapnya dalam program Power Lunch CNBC Indonesia (Senin, 03/02/2025) berikut ini.

  • Konglomerat Pemilik Saham RATU, Ada Suami Politikus

    Konglomerat Pemilik Saham RATU, Ada Suami Politikus

    Anak usaha PT Rukun Raharja Tbk (RAJA), yakni PT Raharja Energi Cepu Tbk (RATU) resmi mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 8 Januari 2025. Perusahaan RATU tercatat menjadi emiten ketiga yang melantai di bursa pada Januari 2025.

    Harga Saham RATU melonjak 613,04% sejak melantai di bursa menjadi di level Rp8.000 per Senin (3/2). Sedangkan harga pelaksanaan IPO RATU sebesar Rp1.150 per saham.

    Saham RATU pun masuk ke dalam papan pemantauan khusus dengan sistem full call auction (FCA) setelah sebelumnya terkena suspensi dua kali. Suspensi RATU diumumkan sebagai bentuk perlindungan bagi investor atas terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan.

    Sosok konglomerat pemilik saham RATU

    Melihat dari prospektus, PT Raharja Energi Cepu Tbk adalah perusahaan yang 99,99% sahamnya dimiliki oleh PT Rukun Raharja Tbk (RAJA). Sementara sisa 0,004% diketahui dimiliki oleh PT Rukun Prima Sarana.

    Saham RAJA dikendalikan oleh Hapsoro Sukmonohadi atau dikenal dengan Happy Hapsoro yang juga memiliki 28,24% saham RAJA secara langsung dan 35,23% saham RAJA melalui PT Sentosa Bersama Mitra. Sedangkan publik memegang 24,63% saham RAJA.

    Happy Hapsoro merupakan pebisnis terkenal di pasar modal sekaligus suami dari Puan Maharani, Ketua DPR RI periode 2024-2029. Puan sendiri merupakan anak dari Presiden ke-4 RI, Megawati Soekarnoputri.

    Pemegang saham individu terbesar kedua RAJA adalah Djauhar Maulidi yang menjabat Direktur Utama PT Rukun Raharja Tbk. Selain itu, Direktur Utama PT Indika Energy Tbk (INDY), Arsjad Rasjid memiliki 0,1% saham RAJA melalui Basis Utama Prima. Sementara sisanya (99,99%) dimiliki oleh Hapsoro.

    Portofolio saham RATU

    Adapun diketahui PT Raharja Energi Cepu Tbk didirikan pada 2006 dan telah mengalami beberapa kali perubahan nama. Sebelumnya, PT Raharja Energi Cepu dikenal dengan nama PT Syabas Usaha Migas dan PT DSME ENR Cepu.

    Dilansir Stockbit, dalam portofolio bisnisnya, RATU memiliki investasi di dua blok produksi migas strategis.

    Pertama, Blok Cepu, dengan participating interest sebesar 2,2423% melalui perusahaan asosiasi PT Petrogas Jatim Utama Cendana. Blok yang dioperatori oleh ExxonMobil ini adalah salah satu penghasil minyak utama di Indonesia dengan produksi sekitar 144 ribu barel per hari (mbopd).

    Kedua, Blok Jabung, yakni perusahaan memiliki participating interest sebesar 8% melalui anak perusahaan PT Raharja Energi Tanjung Jabung yang diakuisisi pada 2022. Blok ini dioperasikan oleh PetroChina, salah satu perusahaan migas terbesar di Asia.

  • Syarat-Syarat Helm sebagai Alat Perlindungan Diri, Wajib Memenuhi Standar Keselamatan

    Syarat-Syarat Helm sebagai Alat Perlindungan Diri, Wajib Memenuhi Standar Keselamatan

    YOGYAKARTA – Penggunaan helm berperan penting untuk meningkatkan keamanan, khususnya di area kepala. Selain dipakai saat berkendara, helm termasuk dalam alat perlindungan diri (APD) yang biasanya digunakan dalam pekerjaan konstruksi. Lantas seperti apa syarat syarat helm untuk alat pelindung diri?

    Helm perlindungan pada pekerjaan konstruksi disebut sebagai safety helmet atau helm keselamatan. Helm ini memiliki desain yang sedikit berbeda dari helm untuk penggunaan berkendara. Dirancang sebagai perlengkapan perlindungan, safety helmet memiliki bahan berkualitas tinggi yang kuat terhadap benturan dan api. 

    Itulah mengapa sangat penting untuk membedakan mana helm untuk perlindungan diri dan mana yang bukan. Mari kenali apa saja syarat-syarat helm untuk perlindungan diri dan kelebihannya. 

    Syarat-Syarat Helm sebagai Alat Perlindungan Diri

    Penggunaan helm di lingkungan proyek konstruksi berperan penting untuk meminimalisir risiko kecelakaan kerja. Pekerjaan konstruksi memiliki risiko terhadap bahaya seperti benturan atau kejatuhan benda keras yang dapat mengenai kepala. Demi mencegahnya, safety helmet pun diwajibkan untuk dipakai setiap berada di lokasi proyek. 

    Safety helmet dibuat dengan material berkualitas tinggi sehingga mampu memberikan ketahanan yang baik. Berikut ini syarat-syarat helm sebagai alat perlindungan diri yang perlu Anda tahu:

    1. Masih dalam batas masa berlaku

    Safety helmet memiliki masa berlaku dan masa kedaluwarsa. Meskipun tidak ada aturan khusus tentang tanggal kedaluwarsa helm, produsen diperbolehkan menentukan batas waktu penggunaan helm tersebut.

    Secara umum, usia pemakaian safety helmet biasanya maksimal 4-5 tahun. Namun masa ini dapat lebih singkat jika helm memiliki cacat pabrik atau pernah retak akibat benturan.

    Tanggal kedaluwarsa helm dapat diketahui melalui informasi yang tercantum pada sisi helm. Biasanya, produsen mencantumkan label yang menunjukkan tahun dan bulan pembuatan. Dari label ini, masa berlaku helm dapat dihitung.

    Selain itu, masa pakai helm juga bisa dikenali dari kondisi fisiknya. Jika sudah melewati masa berlaku, material helm biasanya menjadi rapuh, keras, dan mudah pecah ketika terkena benturan.

    2. Tahan benturan

    Helm memiliki fungsi utama untuk melindungi kepala dari benturan dan jatuhan benda keras, sehingga harus mampu menahan benturan dengan baik. Berdasarkan panduan dari Occupational Safety and Health Branch (OSHB), helm yang berkualitas harus terbuat dari bahan yang tahan lama dan berkualitas tinggi.

    3. Tidak Mudah Terbakar

    Safety helm harus memiliki sifat tahan api untuk melindungi kepala dari risiko kebakaran. Contohnya adalah helm yang dirancang khusus untuk digunakan oleh petugas pemadam kebakaran.

    4. Pas dengan ukuran kepala

    Helm yang ideal dan aman adalah helm yang ukurannya sesuai dengan kepala, tidak terlalu longgar atau terlalu ketat, sehingga nyaman saat digunakan.

    5. Sudah memenuhi standar

    Helm yang dikenakan harus sudah lolos standar SNI. Biasanya terdapat logi SNI yang tersemat di helm tersebut yang berarti sudah memenuhi standar keselamata. 

    Standar helm keselamatan bagi para pekerja di industri dikategorikan sebagai berikut ini:

    Tipe I yang merupakan helm untuk perlindungan atas.Tipe II memberikkan perlundingan terhadap benturan lateral.

    Sementara persyaratan mengenai kinerja helm tipe II harus memenuhi spesifikasi berikut ini:

    Redaman terhadap energi tumbuhkan serta benturan baik dari depan, belakang, atas, dan samping.Tahan terhadap penetrasi dari luar pusat atau off-center penetration resistance.Retent pada tali dagu atau chin strap retention.

    Demikianlah ulasan mengenai syarat-syarat helm untuk alat pelindung diri yang dirancang untuk memberikan perlindungan kepala dari benturan keras. Setiap pekerja proyek wajib menggunakan safety helmet sebagai bagian dari keselamatan kerja. Baca juga peringatan bulan K3 nasional. 

    Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

  • Ini Alasan Elpiji 3 Kg Tak Lagi Dijual di Pengecer

    Ini Alasan Elpiji 3 Kg Tak Lagi Dijual di Pengecer

    Pemerintah resmi menghentikan penjualan gas elpiji 3 kilogram (kg) melalui pengecer per 1 Februari 2025. Pembeli kini tidak bisa mendapatkannya melalui pengecer lagi. 

    Sejalan dengan pemberlakuan kebijakan tersebut, pemerintah juga mengimbau pengecer untuk mendaftarkan diri menjadi pangkalan. Masyarakat juga diimbau untuk melakukan pembelian gas elpiji 3 kg melalui pangkalan.

    Kebijakan tersebut tentu banyak menuai respon masyarakat. Tidak jarang ada yang mempertanyakan alasan dibalik pemberlakuan kebijakan tersebut.

    Lantas apa alasan elpiji 3 kg tidak lagi dijual di pengecer? Temukan jawabannya di bawah ini.

    Upaya menata ulang distribusi

    Dilansir sejumlah sumber, salah satu alasan elpiji 3 kg tidak lagi dijual di pengecer adalah pemerintah tengah mengupayakan menata ulang distribusinya.

    Pembatasan pembelian gas melon menjadi langkah mewujudkan tata kelola penyediaan yang lebih tertata rapi. 

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa pemerintah tengah menerapkan pembatasan pembelian gas elpiji 3 kg yang merupakan gas subsidi.

    Langkah tersebut diambil guna mengatur tata kelola pendistribusiannya hingga sampai ke tangan konsumen. 

    Hal tersebut juga berkaitan dengan memastikan tidak ada oknum tertentu yang menaikan harga elpiji 3 kg semaunya.

    Mencegah harga gas elpiji lebih mahal

    Di sisi lain, penghentian pembelian gas melon lewat pengecer juga bertujuan untuk mencegah harga lebih mahal. 

    Yuliot Tanjung selaku Wakil Menteri ESDM menyampaikan bahwa tindakan ini dilakukan untuk mencegah harga gas elpiji 3 kg yang lebih mahal daripada harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan setiap daerah.

    Ia juga menegaskan bahwa pembatasan pembelian gas elpiji 3 kg merupakan usaha pemerintah untuk memastikan kebutuhan gas masyarakat tetap terpenuhi.

    Artinya, gas elpiji 3 kg tetap bisa diakses oleh masyarakat dengan harga yang wajar dan telah ditetapkan oleh pemerintah.

    Distribusi gas elpiji yang dikelola dengan rapi juga membantu pemerintah untuk mengetahui kebutuhan masyarakat.

    “Kalau lebih tercatat berapa kebutuhan distribusi, ya, kami siapkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jadi, tidak terjadi oversuplai atau penggunaan elpiji yang tidak tetap,” ungkap Yuliot dikutip dari antaranews.com, Senin (3/2).

    Penyaluran gas subsidi tepat sasaran

    Merealisasikan penyaluran gas subsidi tepat sasaran juga menjadi alasan elpiji 3 kg tidak lagi dijual di pengecer. Harapannya, penataan distribusi gas melon yang tengah diupayakan ini diterima oleh kalangan masyarakat yang berhak.

    Kebijakan terbaru satu ini dilakukan untuk memastikan distribusi gas elpiji 3 kg bisa lebih tetap sasaran dari sebelumnya. Dengan begitu, masyarakat yang berhak atas gas subsidi bisa dijangkau lebih baik.

    Meskipun begitu, Sofyano Zakaria selaku Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) menilai kebijakan pemerintah ini tidak menjamin beban subsidi elpiji pasti berkurang.

    “Jika kebijakan tersebut dimaksudkan agar penyaluran LPG subsidi tepat sasaran, maka seharusnya dilakukan dengan membuat peraturan yang tegas atas siapa yang berhak atas LPG bersubsidi, bukan hanya mengalihkan pengecer menjadi pangkalan resmi LPG subsidi,” ungkap Sofyano, Senin (3/2) dikutip dari antaranews.com.

    Menurutnya, persoalan pemerintah bukan distribusi elpiji subsidi dan harga eceran, tetapi pada meningkatkan beban subsidi. Hal tersebut berkaitan dengan meningkatkan kuota atas kebutuhan gas elpiji 3 kg.

    Sofyano merujuk pada ketentuan Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2007 tentang Pengguna Usaha Mikro yang Boleh Menggunakan LPG 3 kg.

    “Oleh karenanya, hal utama yang harusnya dibenahi pemerintah adalah justru merevisi Perpres 104 Tahun 2007 khususnya terkait siapa pengguna yang berhak dan juga pengawasannya di lapangan,” jelas Sofyano.

    Demikian sederet alasan elpiji 3 kg tak lagi dijual di pengecer yang efektif berlaku per 1 Februari 2025.

  • Prabowo Minta Anggaran Daerah untuk MBG Dialihkan untuk Perbaikan Sekolah

    Prabowo Minta Anggaran Daerah untuk MBG Dialihkan untuk Perbaikan Sekolah

    Jakarta

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan arahan Presiden Prabowo Subianto terkait anggaran daerah. Tito mengatakan Prabowo meminta agar dana pendidikan di daerah tidak digunakan untuk program makan bergizi gratis (MBG).

    Hal itu disampaikan Tito dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR di gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Senin (3/2/2025). Tito mulanya mengatakan terdapat beberapa daerah yang sudah menganggarkan program MBG.

    Tito mengatakan program MBG akan dilakukan secara sentralistik oleh Badan Gizi Nasional (BGN). Tito mengatakan Prabowo meminta agar dana pendidikan tidak dipakai untuk program MBG.

    “Oleh karena itu perintah Bapak Presiden kepada kami untuk anggaran yang di daerah ini yang semula menganggarkan untuk makan bergizi gratis, itu lebih baik difokuskan pada perbaikan sekolah,” kata Tito.

    Tito mengatakan Prabowo tidak ingin setiap daerah terdapat MBG, namun tidak memiliki ruang belajar yang layak. Terutama, pemerintah sangat menyoroti toilet sekolah.

    “Karena sekolah jangan sampai buat dapur, kemudian sekolahnya, ruang utamanya malah tidak bagus, bocor dan lain-lain, kemudian kelengkapan sekolah, kursinya miring-miring, terutama sangat beliau menekankan sekali masalah toilet itu menjadi atensi kami. Toilet semua sekolah SD, SMP, SMA, harus baik, ” sambungnya.

    Tito mengatakan Kemendagri telah berdiskusi dengan BGN terkait program MBG. Tito mengatakan daerah dapat menjadi mitra sebagai satuan pelayanan pemenuhan gizi (SPPG) untuk program MBG yang akan disewa oleh BGN.

    “Kedua, mendorong masyarakat untuk mengintensifkan suplai yaitu peternak kemudian menanam untuk suplai kepada satuan pelayanan tadi,” jelasnya.

    Tito kembali menekankan agar dana pendidikan daerah tidak digunakan untuk program MBG. Tito menegaskan dana tersebut akan digunakan khusus untuk perbaikan sekolah.

    “Khusus untuk anggaran yang sudah ada, anggaran pendidikan yang ada jangan digunakan untuk makan bergizi gratis, tapi digunakan untuk memperbaiki sekolahnya itu terutamanya toilet,” tuturnya.

    (amw/rfs)

    Hoegeng Awards 2025

    Usulkan Polisi Teladan di sekitarmu

  • Aturan Kendaraan Wajib Asuransi Buat Ekonomi Tekor Rp68 T

    Aturan Kendaraan Wajib Asuransi Buat Ekonomi Tekor Rp68 T

    Jakarta, FORTUNE – Hasil studi Center of Economic and Law Studies (CELIOS) mengungkapkan bahwa rencana kebijakan Pemerintah yang akan mewajibkan semua kendaraan bermotor untuk memiliki asuransi Third Party Liability (TPL) bakal merugikan perekonomian nasional.

    Direktur Ekonomi Digital CELIOS, Nailul Huda menjelaskan, bila asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga ini dijalankan mulai 2025 bakal membuat output ekonomi tekor Rp 68,3 triliun hingga 2045. Bahkan, produk domestik bruto (PDB) RI akan turun hingga Rp 21 triliun, serta pendapatan masyarakat akan turun sebesar Rp 20,7 triliun akibat tersedot untuk biaya asuransi.

    “CELIOS menyarankan agar pemerintah mempertimbangkan kembali implementasi kebijakan ini dengan memperhatikan dampak sosial dan ekonomi yang mungkin terjadi,” ujar Huda melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Senin (3/2).

    OJK buka suara terkait perumusan kebijakan asuransi wajib

    Logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK) (ojk.go.id)

    Menanggapi hal tersebut, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun (PPDP), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ogi Prastomiyono menyebut kebijakan Asuransi Wajib di kendaraan telah digunakan di berbagai negara. Menurutnya, Indonesia telah ketinggalan jaman karena belum menerapkan kebijakan itu.

    “Indonesia ketinggalan dari negara-negara lain. Orang tabrakan di jalan ribut, siapa yang ganti ini, siapa yang ganti ini. Nah itu perlu mendapatkan perhatian dan formulasinya kita tunggu aja,” kata Ogi saat ditemui di Jakarta (3/1).

    Di sisi lain, Ia mengatakan bahwa aturan asuransi wajib nantinya akan berbentuk Peraturan Pemerintah (PP) dan akan menjadi wewenang pemerintah dalam membentuk aturan. Untuk itu, saat ini OJK sebagai regulator masih menunggu keputusan dari pemerintah.

    “Itu domainnya pemerintah bukan OJK. Kami akan follow up Peraturan Pemerintah itu seperti apa,” kata Ogi.

    Asuransi wajib diusulkan masuk dalam STNK

    Petugas mengevakuasi mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpangi artis Vanessa Angel dan keluarganya usai mengalami kecelakaan di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672 arah Surabaya. (AntaraFoto/Syaiful Arif)

    Sebelumnya, Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mengaku siap menjalankan amanat dari kebijakan tersebut. Ketua AAUI Budi Herawan mengatakan, pihaknya mengusulkan agar pembayaran premi dari asuransi ini bisa disatukan dengan pembayaran pajak STNK kendaraan.

    Seperti diketahui, dalam pembayaran pajak STNK saat ini masyarakat sudah diwajibkan untuk ikut serta dalam Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Namun asuransi itu hanya memberi santunan pada korban kecelakaan, bukan kepada pihak ketiga yang mengalami kerugian atas kecelakaan.