Jelang Libur Nataru, PT KAI Siapkan Layanan Maksimal di Stasiun Mojokerto

Jelang Libur Nataru, PT KAI Siapkan Layanan Maksimal di Stasiun Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya memastikan kesiapan penuh Stasiun Mojokerto menghadapi masa Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru).

Seluruh fasilitas, sarana, hingga aspek pengamanan diperkuat untuk mengantisipasi lonjakan mobilitas masyarakat selama libur akhir tahun.

Hingga Kamis (4/12/2025) pukul 10.00 WIB, penjualan tiket untuk periode perjalanan 18 Desember 2025–4 Januari 2026 sudah mencapai 6.289 tiket, terdiri dari 3.006 tiket keberangkatan dan 3.283 tiket kedatangan.

Angka ini menunjukkan tingginya minat masyarakat Mojokerto yang memilih kereta api sebagai moda transportasi utama saat libur Nataru.

Sementara itu, selama masa angkutan Nataru, Stasiun Mojokerto melayani 23 perjalanan KA jarak jauh, terdiri dari 22 KA reguler dan 1 KA tambahan, dengan total kapasitas 12.938 tempat duduk per hari. Penambahan kapasitas ini disiapkan untuk mengatasi lonjakan permintaan yang diprediksi terjadi menjelang libur panjang.

KAI Daop 8 Surabaya bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) telah melakukan ramp check menyeluruh terhadap sarana dan prasarana, termasuk pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM).

Sejumlah fasilitas ruang tunggu, peron, hingga area informasi di Stasiun Mojokerto juga dioptimalisasi agar proses naik-turun penumpang berjalan lebih nyaman dan tertib.

Demi menjaga kelancaran perjalanan, pengamanan di Stasiun Mojokerto ditingkatkan dengan penambahan personel eksternal dari Garnisun, TNI, dan Polri. Patroli rutin, sidak serentak, koordinasi dengan kewilayahan, hingga pemantauan CCTV 24 jam turut dilakukan. KAI juga memperkuat pengawasan jalur kereta.

Yakni dengan menempatkan petugas tambahan di daerah pemantauan khusus serta menyiagakan tiga penjaga perlintasan di petak jalan Tarik–Mojokerto.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menegaskan bahwa KAI berkomitmen menghadirkan perjalanan yang aman dan nyaman bagi masyarakat Mojokerto pada masa liburan. “Keselamatan adalah prioritas utama KAI. Kami terus menjaga performa perjalanan serta meningkatkan kenyamanan pelanggan pada setiap tahap,” ungkapnya, Minggu (7/12/2025).

Yakni mulai sebelum keberangkatan hingga tiba di stasiun akhir. Seluruh layanan KAI Daop 8 Surabaya siap mendukung masyarakat menikmati perjalanan akhir tahun dengan aman, nyaman, dan lancar. Ia juga mengimbau masyarakat agar melakukan pemesanan tiket lebih awal melalui aplikasi Access by KAI, situs kai.id, maupun mitra resmi lainnya.

“Pastikan data identitas sesuai saat pemesanan dan datang lebih awal ke stasiun untuk kenyamanan dan keamanan bersama,” tambahnya.

Dengan meningkatnya antusiasme masyarakat terhadap moda transportasi kereta api, PT KAI menegaskan bahwa seluruh personel, fasilitas, dan sistem operasional di Stasiun Mojokerto telah disiapkan secara maksimal guna mendukung kelancaran perjalanan selama momen libur Natal dan Tahun Baru. [tin/suf]