Jawaban Manajemen Garuda Indonesia atas Kritik Pilot – Page 3

Jawaban Manajemen Garuda Indonesia atas Kritik Pilot – Page 3

Liputan6.com, Jakarta – Garuda Indonesia, sebagai maskapai penerbangan nasional dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), memegang peranan penting dalam menghubungkan Indonesia dengan berbagai destinasi di seluruh dunia.

Di awal pekan ini, Asosiasi Pilot Garuda Indonesia (APG), mengeluarkan pernyataan sikap, terkait kondisi internal perusahaan, yang dinilainya kurang komunikasi antara managemen, dengan para pekerja, termasuk pilot.

Poin penting dalam pernyataan tersebut adalah adanya dugaan perekrutan yang tidak sejalan dengan GCG. Keluhan lainnya adalah adanya pembatasan kebebasan berpendapat, adanya tindakan pemutusan sepihak pemotongan iuran serikat, dalam hal ini APG menilai adanya dugaan pelemahan terhadap serikat kerja.

Menjawab keluhan tersebut, Direktur Human Capital & Corporate Service PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Enny Kristiani menyatakan bahwa perusahaan senantiasa menempatkan hubungan industrial yang harmonis sebagai fondasi penting dalam memberi layanan yang berkualitas kepada masyarakat.

“Dalam setiap dinamika yang terjadi, kami yakin bahwa perlu adanya komunikasi yang terbuka, sikap saling menghargai, serta tekad untuk menjaga profesionalisme dan integritas. Hal-hal tersebut adalah kunci untuk membangun langkah bersama dalam menjalani transformasi Garuda Indonesia yang saat ini sedang berlangsung,”ujar Direktur Human Capital & Corporate Service PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Enny Kristiani  dikutip pada Rabu (28/5/2025).

Perusahaan pun mengutamakan komunikasi dengan serikat pekerja dan kebebasan berpendapat Perusahaan sejak awal senantiasa mengedepankan ruang komunikasi terbuka dengan karyawan, termasuk dengan ketiga serikat yang ada di Garuda Indonesia.