Jakarta, CNBC Indonesia – Penjualan iPhone di China pada periode diskon besar-besaran ecommerce 11/11 anjlok. Warga China memilih HP canggih buatan produsen lokal yang rilis berbarengan dalam pesta belanja yang dikenal dengan Singles’ Day tersebut.
Data dari lembaga riset Counterpoint yang dikutip Reuters menyatakan penjualan iPhone turun dua digit dibandingkan dengan tahun lalu pada periode antara 18 Oktober dan 10 November. Di sisi lain, penjualan HP merek Huawei naik 7 persen.
Kenaikan tajam penjualan Huawei didukung oleh strategi diskon untuk dua HP termahal mereka yaitu Pura 70 dan Mate 60.
“Untuk memanfaatkan festival belanja terbesar tahun ini, produsen HP besar China, kecuali Huawei, meluncurkan HP premium mereka,” kata Counterpoint.
Sebagai perbandingan, tahun lalu hanya Xiaomi yang merilis HP premium mereka jelang Singles’ Day.
Secara total, penjualan HP di China di periode 11/11 merosot 9 persen. Pemicunya adalah perlambatan pertumbuhan ekonomi yang membuat warga China tak antusias mengganti HP mereka dengan produk terbaru meskipun digempur oleh berbagai macam promosi.
Penjualan iPhone dalam pesta belanja ecommerce tersebut menggambarkan persaingan ketat di pasar HP China, terutama setelah kemunculan Huawei dengan HP premiumnya.
Apple sebetulnya sudah berusaha menjaga pasar dengan memberikan berbagai macam diskon.
Platform ecommerce raksasa China, Alibaba dan JD.com, sudah tidak lagi merilis nilai transaksi festival belanja sejak 2022. Namun, Alibaba menyatakan Apple dan Xiaomi sama-sama berhasil membukukan penjualan 1 miliar yuan selama periode 11/11.
(dem/dem)