Jakarta, CNBC Indonesia – Selama ini Instagram menyuguhkan pengguna dengan algoritma yang sesuai dengan apa yang dikonsumsi. Pengguna tak bisa mengatur ulang algoritma tersebut.
Terbaru, Instagram dilaporkan sedang menguji fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur ulang saran algoritma untuk Feed, Reels, dan Explore.
Perusahaan mengatakan fitur tersebut masih uji coba, namun dalam waktu dekat akan diluncurkan ke pengguna secara global.
Dengan perubahan tersebut, pengguna dapat mengatur ulang konten yang disarankan dari bagian preferensi konten di pengaturan Instagram.
Menurut Meta, hal ini akan memungkinkan pengguna untuk “memulai dari awal” dan memberikan kesempatan untuk menyetel ulang saran pada aplikasi Instagram.
Perusahaan mencatat bahwa melakukan pengaturan ulang semacam ini tidak akan menghapus data pengguna dari aplikasi atau mengubah cara perusahaan menayangkan iklan. Sebab Instagram memiliki pengaturan terpisah untuk mempersonalisasi preferensi iklan.
Meta menyebut perubahan ini sebagai bagian dari upayanya menghadirkan fitur keamanan baru untuk pengguna remaja, meskipun fitur tersebut akan tersedia untuk semua pengguna.
“Kami ingin memberikan remaja cara-cara baru untuk membentuk pengalaman Instagram mereka, sehingga dapat terus mencerminkan hasrat dan minat mereka saat mereka berkembang,” tulis perusahaan dalam sebuah posting blog.
Aplikasi ini sebelumnya menghadapi kritik atas rekomendasi algoritma kepada pengguna, yang menurut regulator Uni Eropa dapat mendorong “perilaku adiktif”.
Perusahaan mencatat bahwa mereka memiliki fitur khusus remaja lainnya yang dimaksudkan untuk mencegah pengguna muda ketagihan.
(fab/fab)