Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), yang digagas oleh Indonesian E-Commerce Association (idEA) dan diperingati setiap 12 Desember, mampu mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.
Ia memberikan apresiasi kepada berbagai pihak, termasuk kementerian, lembaga, UMKM, asosiasi, dan masyarakat, yang berkontribusi mendukung program ini. Harbolnas 2024 difokuskan pada produk lokal dan UMKM sebagai bagian dari penguatan ekonomi nasional.
Berdasarkan data NielsenIQ, Airlangga menyebutkan bahwa minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja tetap tinggi.
“Hal ini terlihat dari pertumbuhan konsumsi barang kebutuhan sehari-hari (FMCG) yang meningkat sebesar 1,1% secara tahunan hingga kuartal III 2024.Konsumsi domestik masih menunjukkan tren positif,” jelasnya dikutip dari Antara, Sabtu (7/12/2024).
Sektor ekonomi digital diproyeksikan menyumbang hingga US$ 90 miliar pada 2024, dengan kontribusi terbesar dari sektor e-commerce yang mencapai US$ 65 miliar. Ini menunjukkan bahwa 72% dari total ekonomi digital Indonesia berasal dari transaksi e-commerce, sementara sisanya berasal dari sektor transportasi, makanan, perjalanan daring, dan media digital.
Airlangga menjelaskan bahwa nilai sektor ekonomi digital Indonesia pada 2023 mencapai US$ 80 miliar dan diperkirakan tumbuh menjadi US$ 125 miliar pada 2025, dengan laju pertumbuhan sekitar 13%.
“E-commerce menjadi salah satu pilar utama ekonomi digital yang perlu terus didorong,” tambahnya.
Harbolnas 2024, yang berlangsung selama tujuh hari mulai 10 Desember, tidak hanya menjadi momentum belanja online, tetapi juga langkah strategis untuk memperkuat perekonomian melalui promosi produk lokal. Program ini juga didukung inisiatif Bangga Buatan Indonesia untuk memperluas pasar UMKM.
Airlangga optimistis Harbolnas 2024 dapat mendorong penjualan lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, dengan target peningkatan dari Rp 25,7 triliun menjadi Rp 40 triliun.
“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan momen ini karena banyak produk yang menawarkan diskon besar, bahkan gratis ongkir,” tutupnya.
Harbolnas 2024 diharapkan tidak hanya meningkatkan daya beli konsumen, tetapi juga memberikan dorongan signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal IV 2024.