Liputan6.com, Jakarta Film “Wicked” dan “Gladiator II” telah memulai debutnya di bioskop dengan total penjualan tiket sebesar USD 270 juta atau sekitar Rp 4,3 miliar secara global, memberikan kehidupan baru pada box office yang sempat kesulitan akhir-akhir ini, menciptakan salah satu akhir pekan paling sibuk bagi dunia perfilman tahun ini.
Musikal besar dengan anggaran tinggi “Wicked” yang disutradarai oleh Jon M. Chu dan dibintangi oleh Ariana Grande dan Cynthia Erivo, meraih USD 114 juta domestik dan USD 164,2 juta secara global untuk Universal Pictures, menurut perkiraan studio pada hari Minggu. Itu menjadikannya pembukaan terbesar ketiga tahun ini, setelah “Deadpool & Wolverine” dan “Inside Out 2”. Ini juga menjadi rekor untuk adaptasi musikal Broadway.
“Gladiator II”, sekuel dari film pemenang Oscar pada tahun 2000, “Gladiator”, diluncurkan dengan 55,5 juta USD dalam penjualan tiket. Dengan anggaran sekitar USD 250 juta, “Gladiator II” merupakan taruhan besar Paramount Pictures untuk kembali ke Coliseum dengan sebagian besar pemeran baru, yang dipimpin oleh Denzel Washington dan Paul Mescal.
Dikutip melalui abc news, Kamis (28/11/2024) Perpaduan kedua film ini mengingatkan pada fenomena “Barbenheimer” tahun lalu, ketika “Barbie” dan “Oppenheimer” diluncurkan bersamaan. Meskipun julukan kali ini, “Glicked”, tidak begitu menarik, dampaknya secara budaya juga terasa lebih kecil. Sedikit orang yang memilih untuk menonton kedua film ini dalam satu kesempatan. Pendapatan domestik tahun 2023 sebesar USD 162 juta untuk “Barbie” dan USD 82 juta untuk “Oppenheimer” juga lebih tinggi.
Bagi Universal, yang juga mendistribusikan “Oppenheimer” tahun lalu, akhir pekan ini lebih merupakan kemenangan untuk “Wicked” daripada untuk “Glicked”.
“Kami melihat peluang untuk mendominasi akhir pekan ini dan mendapatkan awal yang sangat besar menuju liburan Thanksgiving,” kata kepala distribusi Universal, Jim Orr.