Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah jenama di bidang Perawatan & Kecantikan meraih penghargaan dalam acara Anugerah Produk Indonesia (API) 2025
Sebagai rangkaian penting dari perayaan ulang tahun ke-40 Bisnis Indonesia, acara API 2025 merupakan wujud apresiasi kepada para pelaku usaha yang telah berhasil menghadirkan merek, produk, dan jasa berkualitas tinggi, khususnya di tengah tantangan dan ketidakpastian perekonomian global.
Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group, Hariyadi B. Sukamdani menjelaskan API 2025 juga menjadi representasi konkret tentang bagaimana kekuatan riset dan data mampu memotret daya saing industri nasional secara objektif.
Metodologi penilaian dalam menentukan produk terpilih dilakukan dengan sangat ketat, berbasis pendekatan kuantitatif yang melibatkan lebih dari seribu responden dari beragam latar belakang wilayah, sosial ekonomi, dan pendidikan.
Penilaian utama didasarkan pada dua parameter utama, yaitu Top of Mind dan Current Usage, dengan bobot terukur yang menggambarkan seberapa kuat suatu merek tertanam di benak konsumen dan bagaimana tingkat aktual penggunaannya di pasar.
“Survei ini dirancang untuk menghasilkan temuan yang representatif dan bebas bias,” jelas Hariyadi dalam agenda API 2025 di Hotel Santika Premiere Slipi, Jakarta Barat, Selasa (11/11/2025).
Berikut merupakan daftar pemenang API 2025 bidang Perawatan & Kecantikan, juga bidang Fesyen & Aksesoris:
Perawatan & Kecantikan
Sabun: Lifebuoy – PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR)
Sampo: Pantene – PT Procter & Gamble Home Products Indonesia
Pencuci Muka: Pond’s – PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR)
Kosmetik: Wardah – PT Paragon Technology and Innovation
Skincare: Wardah – PT Paragon Technology and Innovation
Fesyen & Aksesoris
Tas & Aksesoris: Eiger – PT Eigerindo Multi Produk Industri
Fesyen Etnik: Batik Keris – PT Perusahaan Dagang Dan Industri Batik Keris
