Jakarta –
ChatGPT Search, pengalaman pencarian web bertenaga AI dari OpenAI, kini telah tersedia untuk semua pengguna ChatGPT dengan beberapa fitur baru.
Secara default, ChatGPT akan secara otomatis menentukan pertanyaan mana yang akan dirutekan melalui ChatGPT Search, atau pengguna dapat mengetuk ikon ‘Cari web’ baru di antarmuka ChatGPT.
ChatGPT Search menampilkan rangkuman jawaban dari berbagai sumber online, serta konten yang kaya seperti foto yang disematkan dan video YouTube. ChatGPT Search diluncurkan pada bulan Oktober sebagai evolusi dari prototipe SearchGPT OpenAI.
Layanan ini didukung oleh versi model GPT-4o OpenAI yang telah disempurnakan. ChatGPT Search menyajikan informasi dari web seperti skor olahraga, berita, harga saham, dan banyak lagi bersama dengan tautan ke sumber-sumber yang relevan, di mana pengguna dapat mengajukan pertanyaan lanjutan untuk mempersempit pencarian mereka.
ChatGPT Search pada awalnya hanya tersedia untuk pelanggan ChatGPT premium. Sekarang pengguna yang tidak membayar juga bisa mengaksesnya.
OpenAI mengatakan ChatGPT Search juga telah dibuat lebih cepat dan sekarang dapat diatur sebagai mesin pencari default untuk browser web apa pun. Selain itu, ada pengalaman ChatGPT Search yang ditingkatkan untuk seluler sebagaimana dilansir detikINET dari Techcrunch, Kamis (19/12/2024).
Pada perangkat seluler, pengguna sekarang dapat melihat, misalnya, info bisnis yang diatur dengan lebih baik, termasuk alamat (di Apple Maps pada aplikasi iOS ChatGPT) dan nomor telepon.
Terakhir, ChatGPT Search kini tersedia dalam Advanced Voice Mode, fitur percakapan real-time OpenAI untuk ChatGPT. Dalam beberapa hari ke depan, pengguna akan dapat mengakses info web terbaru saat menggunakan Mode Suara Lanjutan di ponsel atau desktop.
Beberapa penerbit telah memprotes alat pencarian bertenaga AI seperti ChatGPT Search, Perplexity, dan Google’s AI Overviews, dengan mengatakan bahwa alat pencarian tersebut mengancam untuk mengkanibal lalu lintas ke situs-situs tempat mereka mendapatkan informasi.
Satu studi menemukan bahwa AI Overviews saja dapat berdampak negatif pada sekitar 25% lalu lintas penerbit karena tidak menekankan pada tautan ke halaman web.
OpenAI mengatakan bahwa mereka telah memasukkan umpan balik dari para mitra tentang bagaimana ChatGPT Search memutuskan artikel mana yang paling relevan dengan sebuah kueri, serta menentukan panjang ringkasan dan kutipan untuk artikel.
(jsn/fay)