Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Catat! Sejumlah Faktor Ini Harus Jadi Perhatian Buat Jaga Kinerja Karyawan

Catat! Sejumlah Faktor Ini Harus Jadi Perhatian Buat Jaga Kinerja Karyawan

Jakarta: Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Andi Afdal menekankan pentingnya menciptakan pengalaman positif bagi karyawan untuk merawat kinerja yang berkelanjutan. Pengalaman karyawan tidak cukup hanya fokus pada aspek fungsional atau formal pekerjaan saja.

“Aspek emosional menjadi faktor penentu, apakah kita bisa memberikan pengalaman yang berkesan atau tidak bagi duta BPJS Kesehatan,” kata Andi Afdal dalam keterangannya, Minggu, 29 Desember 2024.

BPJS Kesehatan pun menggelar talkshow bertajuk ‘From Falling to Staying in Love: Merawat Semangat untuk Kinerja Berkelanjutan’. Kegiatan ini ditujukan kepada seluruh karyawan BPJS Kesehatan sebagai bagian dari upaya organisasi terus mendorong semangat dan keterlibatan karyawan dalam menciptakan kinerja yang optimal dan berkelanjutan.

Andi Afdal menyebut ada lima pilar utama yang menjadi dasar pengelolaan SDM di BPJS Kesehatan untuk merawat engagement dan meningkatkan pengalaman karyawan. Berikut ini kelima pilar tersebut:

Kepercayaan: pilar dasar yang menjadi fondasi keterlibatan
Kepedulian: Membentuk rasa kekeluargaan di lingkungan kerja.
Apresiasi: Menghargai setiap kontribusi yang diberikan oleh karyawan.
Pengembangan: Mendorong setiap individu untuk terus bertumbuh.
Legacy: Menjadi inspirasi bagi generasi mendatang.

Ia juga menekankan pengalaman baik yang dirasakan karyawan dalam bekerja memiliki dampak signifikan. Tidak hanya bagi produktivitas karyawan, tetapi juga bagi organisasi secara keseluruhan. 

“Pengalaman karyawan yang dikelola dengan baik akan berkontribusi langsung pada peningkatan produktivitas, inovasi, dan keberlanjutan organisasi,” ungkapnya.

Andi berharap kegiatan ini menjadi wadah memotivasi dan menginspirasi karyawan agar terus berkontribusi secara maksimal dalam mewujudkan visi BPJS Kesehatan. Menurut dia, kegiatan ini juga mencerminkan komitmen BPJS Kesehatan terus memperhatikan dan meningkatkan kualitas pengelolaan SDM sebagai bagian dari strategi menuju kinerja organisasi yang lebih baik. 

“Diharapkan melalui kegiatan seperti ini, BPJS Kesehatan dapat menjadi pelopor dalam menciptakan employee experience yang positif di Indonesia, sekaligus memperkuat peran karyawan sebagai penggerak utama keberhasilan organisasi,” ungkapnya.

Jakarta: Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Andi Afdal menekankan pentingnya menciptakan pengalaman positif bagi karyawan untuk merawat kinerja yang berkelanjutan. Pengalaman karyawan tidak cukup hanya fokus pada aspek fungsional atau formal pekerjaan saja.
 
“Aspek emosional menjadi faktor penentu, apakah kita bisa memberikan pengalaman yang berkesan atau tidak bagi duta BPJS Kesehatan,” kata Andi Afdal dalam keterangannya, Minggu, 29 Desember 2024.
 
BPJS Kesehatan pun menggelar talkshow bertajuk ‘From Falling to Staying in Love: Merawat Semangat untuk Kinerja Berkelanjutan’. Kegiatan ini ditujukan kepada seluruh karyawan BPJS Kesehatan sebagai bagian dari upaya organisasi terus mendorong semangat dan keterlibatan karyawan dalam menciptakan kinerja yang optimal dan berkelanjutan.
Andi Afdal menyebut ada lima pilar utama yang menjadi dasar pengelolaan SDM di BPJS Kesehatan untuk merawat engagement dan meningkatkan pengalaman karyawan. Berikut ini kelima pilar tersebut:

Kepercayaan: pilar dasar yang menjadi fondasi keterlibatan
Kepedulian: Membentuk rasa kekeluargaan di lingkungan kerja.
Apresiasi: Menghargai setiap kontribusi yang diberikan oleh karyawan.
Pengembangan: Mendorong setiap individu untuk terus bertumbuh.
Legacy: Menjadi inspirasi bagi generasi mendatang.

Ia juga menekankan pengalaman baik yang dirasakan karyawan dalam bekerja memiliki dampak signifikan. Tidak hanya bagi produktivitas karyawan, tetapi juga bagi organisasi secara keseluruhan. 
 
“Pengalaman karyawan yang dikelola dengan baik akan berkontribusi langsung pada peningkatan produktivitas, inovasi, dan keberlanjutan organisasi,” ungkapnya.
 
Andi berharap kegiatan ini menjadi wadah memotivasi dan menginspirasi karyawan agar terus berkontribusi secara maksimal dalam mewujudkan visi BPJS Kesehatan. Menurut dia, kegiatan ini juga mencerminkan komitmen BPJS Kesehatan terus memperhatikan dan meningkatkan kualitas pengelolaan SDM sebagai bagian dari strategi menuju kinerja organisasi yang lebih baik. 
 
“Diharapkan melalui kegiatan seperti ini, BPJS Kesehatan dapat menjadi pelopor dalam menciptakan employee experience yang positif di Indonesia, sekaligus memperkuat peran karyawan sebagai penggerak utama keberhasilan organisasi,” ungkapnya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

(AGA)