Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Cara Manfaatkan AI Biar Untung Belanja di Libur Nataru

Cara Manfaatkan AI Biar Untung Belanja di Libur Nataru

Jakarta

Momentum liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendorong peningkatan aktivitas belanja online. Masyarakat berbondong-bondong mencari hadiah Natal dan berbagai barang untuk merayakan Tahun Baru 2025.

Menyambut peningkatan minat belanja online ini, platform e-commerce terus berinovasi mengoptimalkan pengalaman belanja pelanggan. Tak hanya pesta diskon, platform e-commerce termasuk Lazada juga menawarkan berbagai layanan berbasis teknologi mutakhir seperti penggunaan Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan pengalaman berbelanja terbaik bagi para pelanggan.

Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo. Foto: Lazada Indonesia

“Lazada berkomitmen untuk terus berinovasi dengan teknologi terkini, termasuk AI dan GenAI. Inovasi ini untuk memberikan pengalaman berbelanja online yang tidak hanya nyaman, tetapi juga lebih personal dan bermakna bagi pelanggan kami, khususnya di momen-momen spesial seperti Natal dan Tahun Baru,” jelas Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo.

Inovasi ini pun tampaknya diterima baik oleh para pelanggan Lazada. Penerimaan inovasi ini setidaknya terlihat pada antusiasme masyarakat Asia Tenggara terhadap teknologi AI Lazzie dalam fitur AI chatbot Pesan+ di aplikasi Lazada pada promo belanja online Lazada 12.12 belum lama ini.

AI Lazzie berhasil meningkatkan unique visitors ke dalam aplikasi sebanyak 76% lewat ‘LazzieChatHunt’, dengan AI Lazzie membagikan LazRewards bagi pelanggan yang memasukan kode khusus lewat Pesan+.

Permainan interaktif ini juga menghasilkan 6 juta engagement, naik dua kali lipat dibandingkan saat pesta diskon Lazada 11.11. Lazada juga mencatat peningkatan sebesar 46% dalam interaksi proaktif dengan AI Lazzie selama gelaran 12.12, dengan lebih dari 15% berinteraksi secara proaktif untuk menemukan penawaran terbaik dan menerima rekomendasi produk yang dipersonalisasi.

Riset Kantar bersama Lazada yang berjudul ‘Artifical Intelligence Adoption in e-Commerce in SEA’ juga menunjukkan bahwa 53% masyarakat Indonesia merasa AI meningkatkan pengalaman belanja, dan 96% percaya AI mampu merekomendasikan produk yang paling relevan bagi mereka.

Laporan yang sama juga menunjukkan bahwa masyarakat telah menggunakan berbagai fitur berbasis AI, 54% mengaku telah familiar dengan fitur chatbot berbasis AI.

Tak bisa dipungkiri bahwa fitur chatbot AI merupakan fitur kunci untuk membantu pelanggan memilih hadiah akhir tahun yang diinginkan. Apalagi pada momentum spesial seperti Natal dan Tahun Baru yang selalu menjadi waktu yang pas untuk bertukar atau memberikan hadiah.

Simak beberapa tips memanfaatkan fitur AI untuk belanja online yang lebih cerdas di bawah ini.

1. Cari Inspirasi dengan Bantuan Chatbot AI

Kamu pernah merasa butuh suatu barang tapi lupa namanya? Serahkan pada AI. Di aplikasi Lazada, kamu bisa pakai AI Lazzie melalui fitur Pesan+ yang siap jadi asisten belanja pribadimu.

Cukup deskripsikan produk yang kamu bayangkan dan biarkan AI Lazzie membantu kamu menemukan barang impianmu. Sekarang, kamu bisa cari inspirasi, sekaligus mendapatkan barang yang kamu inginkan hanya di satu aplikasi saja.

2. Tulis Deskripsi Spesifik untuk Hadiah Lebih Personal

Bosan memberi kado Natal dan Tahun Baru yang itu-itu saja? Coba tanya AI Lazzie untuk rekomendasi hadiah yang lebih personal dan berkesan buat orang-orang tersayangmu.
Misalnya, kamu bisa ketik ‘kado Natal anak laki-laki 10 tahun yang suka main game’ atau ‘hadiah Tahun Baru untuk pasangan yang sedang populer’.

AI Lazzie di Pesan+ akan memberikan berbagai rekomendasi produk yang sesuai dengan kriteria yang kamu sebutkan. Semakin spesifik, semakin jitu rekomendasinya.

3. Terus Tanya dan Beri Prompt Baru

Kalau rekomendasi yang diberikan AI belum sesuai dengan yang kamu harapkan, jangan ragu untuk memberikan prompt atau deskripsi baru yang lebih jelas.

Seperti AI pada umumnya, AI Lazzie juga terus belajar dan berkembang berkat input dari pengguna. Karenanya, kontribusi kamu sangat berharga untuk meningkatkan kemampuannya.

Misalnya, kamu butuh lebih banyak informasi tentang ‘rekomendasi sepatu wanita’. Kamu bisa tambahkan kata kunci lain, seperti ‘sepatu olahraga wanita terbaik’ atau ‘sepatu pesta di bawah Rp300 ribu’. Semakin banyak input yang kamu berikan, makin mudah juga AI Lazzie menemukan barang yang kamu inginkan.

4. Pantau Promo dan Diskon Kilat

Tidak hanya memberikan kamu rekomendasi produk yang lebih personal, AI Lazzie melalui Pesan+ juga akan mengingatkan berbagai penawaran menarik, termasuk diskon-diskon kilat yang bisa kamu pakai. Jadi, kamu tak perlu FOMO kehilangan kesempatan untuk mendapatkan harga terbaik.

Agar tak ketinggalan flash sale dan diskon dadakan, jangan lupa aktifkan juga notifikasi dari aplikasi Lazada.

5. Coba Fitur Return & Refund Kalau Gak Cocok sama Produknya

Meski sudah pastikan deskripsi produk, penilaian toko, sampai ulasan pelanggan, kadang kala produk yang datang tidak sesuai dengan yang ekspektasi.

Gak perlu panik, kamu bisa memanfaatkan fitur Return & Refund Lazada untuk mengembalikan barang yang sudah kamu beli.

Jangan lupa, asisten belanja pribadimu, AI Lazzie, juga bisa membantu menavigasi proses pengembalian barangmu sampai selesai lewat Pesan+.

Selamat mencoba tips-tips di atas, semoga belanjanya beneran lebih untung dan menyenangkan!

(rns/rns)