Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Bukan TikTok-Instagram, Gen Z Ternyata Ramai Pakai Media Sosial Ini

Bukan TikTok-Instagram, Gen Z Ternyata Ramai Pakai Media Sosial Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Bukan TikTok dan Instagram yang paling sering digunakan Gen Z di Amerika Serikat (AS) belakangan ini. Kebanyakan menggunakan platform berbagi video YouTube milik Alphabet.

Hal tersebut terungkap dalam laporan firma penelitian Pew Research Center. Mereka melakukan survei pada remaja AS berusia 13-17 tahun dalam periode 18 September-10 Oktober 2024.

Hasilnya 9 dari 10 remaja menggunakan situs tersebut. Namun laporan itu turun dari 2022 sebanyak 95%, dikutip dari laman resmi Pew Research Center, Jumat (13/12/2024).

Survei tersebut juga menemukan 73% remaja menggunakan YouTube setiap hari. Sebanyak 15% di antaranya menggunakannya ‘hampir konstan’.

Nama TikTok dan Instagram tetap banyak digunakan, berkisar 6 dari 10 memilih kedua aplikasi tersebut. Sementara 55% remaja menggunakan Snapchat.

Namun banyak anak gen Z yang mulai meninggalkan Facebook dan X. Selama 10 tahun terakhir, penggunaannya anjlok hingga 71% menjadi hanya 32%.

Jumlah lebih kecil didapatkan X dengan 17% remaja. Trennya juga terus mengalami penurunan dari 10 tahun lalu sebanyak 33%.

Meski WhatsApp digunakan banyak orang, namun nampaknya juga tak jadi pilihan para Gen Z. Hanya 23% dari mereka yang menggunakannya, atau mengalami peningkatan 6% dari 2022.

Media sosial lain milik Meta, Thread, juga masuk dalam survei. Platform yang berusia setahun itu hanya digunakan 6% remaja di AS.

(fab/fab)