Jakarta, CNBC Indonesia – Muncul tantangan besar bagi Google untuk tahun 2025 mendatang. Hal ini disampaikan CEO Google Sundar Pichai kepada para karyawannya pasca menggelar rapat strategi 2025 dengan para pemimpin Google lainnya pada 18 Desember lalu.
Pichai memberi tahu karyawan pekan lalu bahwa “taruhannya tinggi” untuk tahun 2025, karena perusahaan menghadapi peningkatan persaingan dan rintangan regulasi serta berjuang dengan kemajuan pesat dalam kecerdasan buatan (AI).
“Saya pikir tahun 2025 akan menjadi kritis,” kata Pichai, menurut rekaman audio saat rapat berlangsung yang diperoleh CNBC International, dikutip Minggu (29/12/2024).
“Saya pikir sangat penting bagi kita untuk memahami urgensi momen ini, dan perlu bergerak lebih cepat sebagai perusahaan. Taruhannya tinggi. Ini adalah momen yang mengganggu. Pada tahun 2025, kita harus terus-menerus fokus untuk membuka manfaat teknologi ini dan memecahkan masalah pengguna yang sebenarnya,” tambahnya.
Beberapa karyawan menghadiri rapat secara langsung di kantor pusat Google di Mountain View, California, dan yang lainnya mengikuti rapat secara virtual.
Komentar Pichai muncul setelah setahun penuh tekanan paling intens yang dialami Google sejak go public dua dekade lalu. Sementara area seperti iklan pencarian dan cloud menghasilkan pertumbuhan pendapatan yang kuat, persaingan meningkat di pasar inti Google, dan perusahaan menghadapi tantangan internal termasuk bentrokan budaya dan kekhawatiran tentang visi Pichai untuk masa depan.
Selain itu, regulasi sekarang lebih ketat dari sebelumnya.
Pada Agustus, seorang hakim federal memutuskan bahwa Google secara ilegal memegang monopoli di pasar pencarian. Departemen Kehakiman pada November meminta agar Google dipaksa untuk melepaskan unit perambah internet Chrome-nya.
Dalam kasus terpisah, DOJ menuduh perusahaan tersebut secara ilegal mendominasi teknologi iklan online. Sidang tersebut ditutup pada September dan menunggu putusan hakim.
Pada bulan yang sama, pengawas persaingan usaha Inggris mengeluarkan pernyataan keberatan atas praktik teknologi iklan Google, yang menurut regulator berdampak sementara terhadap persaingan di Inggris.
“Saya tidak melupakan bahwa kami menghadapi pengawasan ketat di seluruh dunia,” kata Pichai. “Itu terjadi seiring dengan ukuran dan keberhasilan kami. Itu adalah bagian dari tren yang lebih luas di mana teknologi kini memengaruhi masyarakat dalam skala besar. Jadi lebih dari sebelumnya, melalui momen ini, kami harus memastikan bahwa kami tidak terganggu.”
Bisnis pencarian Google masih memiliki pangsa pasar yang dominan, tetapi AI generatif telah menyajikan berbagai cara baru bagi orang untuk mengakses informasi daring. Situasi ini telah mendatangkan sejumlah pesaing baru.
ChatGPT milik OpenAI memulai siklus hype pada akhir tahun 2022, dan investor termasuk Microsoft sejak itu telah mendorong perusahaan tersebut ke valuasi US$157 miliar. Pada Juli, OpenAI mengumumkan akan meluncurkan mesin pencari miliknya sendiri. Perplexity juga mempromosikan layanan pencarian bertenaga AI dan baru-baru ini menutup putaran pendanaan senilai US$500 juta dengan valuasi US$9 miliar.
Google berinvestasi besar-besaran untuk mencoba dan tetap menjadi yang teratas, terutama melalui Gemini, model AI-nya. Aplikasi Gemini memberi pengguna akses ke sejumlah alat, termasuk chatbot Google.
(tfa/haa)