Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the acf domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/xcloud.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 6121
Bluesky Hadirkan Reaksi Emoji dan Halaman “Explore” Baru, Siap Tantang X – Xcloud.id
Merangkum Semua Peristiwa
Indeks
Voi.id  

Bluesky Hadirkan Reaksi Emoji dan Halaman “Explore” Baru, Siap Tantang X

Bluesky Hadirkan Reaksi Emoji dan Halaman “Explore” Baru, Siap Tantang X

JAKARTA – Bluesky, aplikasi media sosial yang tengah naik daun sebagai alternatif Twitter/X, kembali menghadirkan pembaruan besar lewat versi 1.100. Dalam pembaruan ini, pengguna kini bisa memberikan reaksi emoji dalam pesan langsung (DM) dan menikmati halaman eksplorasi baru bernama “Explore” yang menggantikan fungsi pencarian lama.

Salah satu kelemahan Bluesky sejak diluncurkan adalah fitur pencarian yang terlalu sederhana. Pengguna di seluruh dunia, memang bisa mencari topik tertentu, namun kurang mendapat saran atau tren yang relevan. Hal ini berubah dengan hadirnya halaman Explore yang kini menampilkan topik tren dan akun yang direkomendasikan, mirip dengan fitur pencarian di X (dulu Twitter).

Langkah ini memperkuat posisi Bluesky dalam memberikan pengalaman seperti Twitter klasik sebelum platform itu dibeli oleh Elon Musk. Mengingat banyaknya kontroversi terbaru yang melibatkan Musk, banyak pengguna mencari alternatif dan Bluesky memanfaatkan momentum ini.

“Dengan kecepatan pembaruan dan peningkatan fitur, Bluesky tampak serius menantang dominasi X,” tulis Levin Roy dalam laporannya.

Tambahan Fitur Reaksi Emoji di DM

Salah satu fitur yang sangat dinanti oleh pengguna adalah kemampuan memberi reaksi emoji di pesan langsung, sesuatu yang sudah umum di aplikasi seperti Instagram dan Messenger. Kini, Bluesky akhirnya menghadirkan fitur tersebut, menjadikannya lebih nyaman digunakan sebagai aplikasi perpesanan.

Fitur ini juga mendukung strategi Bluesky dalam memoles aspek sosial dan komunikasi personal, menyamai standar platform besar lainnya.

Fokus pada Privasi dan Anti-AI

Salah satu nilai jual terbesar Bluesky adalah kemampuan pengguna untuk memilih keluar dari pelatihan AI. Ini menjadi perhatian besar di tengah tren perusahaan teknologi seperti X yang melatih model AI mereka dengan data pengguna tanpa persetujuan.

Langkah ini membuat Bluesky menjadi pilihan utama bagi pengguna yang peduli privasi, terutama setelah X terus diduga mengumpulkan data pengguna untuk melatih sistem AI-nya, termasuk chatbot Grok.

Walaupun penambahan reaksi emoji dan halaman Explore tidak cukup untuk langsung menumbangkan dominasi X, Bluesky menunjukkan arah yang jelas menuju platform yang lebih ramah pengguna. Perubahan-perubahan kecil ini semakin menambah daya tariknya, dan membuat banyak orang mulai meliriknya sebagai alternatif utama.

Merangkum Semua Peristiwa