Bisnis Mulai Pulih, Unilever Indonesia Catatkan Laba Bersih Sebesar Rp1,2 Triliun di Kuartal III-2025

Bisnis Mulai Pulih, Unilever Indonesia Catatkan Laba Bersih Sebesar Rp1,2 Triliun di Kuartal III-2025

JAKARTA – PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) melaporkan hingga kuartal III 2025 laba bersih mencapai Rp1,2 triliun atau mengalami kenaikan signifikan yang melonjak hingga 117 persen.

Pertumbuhan laba bersih tersebut didorong oleh penjualan bersih sebesar Rp9,4 triliun, atau meningkat 12,4 persen secara tahunan (year-on-year) dan 7,7 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Pada periode yang sama, penjualan domestik turut menunjukkan performa positif dengan kenaikan 12,7 persen. Sementara itu, pengeluaran untuk iklan dan promosi tetap terjaga di level 8,8 persen dari total penjualan bersih.

Presiden Direktur UNVR Benjie Yap mengatakan Perseroan mencatat peningkatan kinerja secara tahunan maupun kuartalan, baik dari sisi volume maupun value, yang didorong oleh disiplin dalam eksekusi, pengelolaan portofolio yang lebih tajam, inovasi yang berpusat pada konsumen, serta investasi berkelanjutan dalam memperkuat ekuitas merek.

“Kinerja ini semakin menegaskan komitmen Perseroan untuk kembali tumbuh pada paruh kedua tahun 2025, mencerminkan hasil dari langkah-langkah tegas yang telah diambil dalam memperkuat fondasi bisnis, meningkatkan daya saing, serta memulihkan momentum di seluruh kategori,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis, 23 Oktober.

Ia menambahkan seluruh unit bisnis Perseroan berhasil mencatat pertumbuhan yang didorong oleh peningkatan volume sepanjang kuartal, mencerminkan ketangguhan serta kemajuan nyata dalam menjalankan agenda transformasi.

“Hasil kinerja kuartal ketiga kami menjadi langkah nyata dalam perjalanan pemulihan bisnis kami. Kami mulai melihat dampak positif dari perubahan struktural dan langkah disiplin yang telah kami ambil selama setahun terakhir,” jelasnya. 

Benjie menambahkan pada awal tahun ini, Perseroan menyatakan komitmen untuk mengembalikan pertumbuhan di paruh kedua 2025, dan kini mulai mewujudkannya. 

Menurutnya momentum ini dibangun di atas fondasi bisnis yang lebih kuat, eksekusi yang lebih tajam, serta kerja sama seluruh tim dalam mengambil langkah tegas untuk mengatasi tantangan operasional. 

Ia menambahkan di tengah dinamika pasar yang dinamis, pencapaian ini memberikan keyakinan bahwa Perseroan berada di jalur yang tepat membangun momentum yang bertanggung jawab, menguntungkan, dan berkelanjutan.

Ia menambahkan memasuki kuartal terakhir tahun ini, Perseroan tetap fokus pada eksekusi yang disiplin dan penguatan fondasi untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. 

Menurutnya meskipun penyesuaian akan dilakukan seiring dengan perkembangan global terkini, manajemen tetap yakin bahwa proses pemisahan unit bisnis Es Krim dapat diselesaikan dalam kurun waktu tahun ini, sebuah langkah strategis untuk mempertajam fokus portofolio dan meningkatkan ketangkasan organisasi.

“Kami menutup tahun 2025 dengan penuh tujuan dan semangat. Langkah-langkah yang telah kami lakukan untuk menyederhanakan portofolio, berinvestasi pada merek-merek kami, dan membangun keunggulan eksekusi, telah mempersiapkan kami untuk dampak jangka panjang,” ujarnya. 

“Komitmen kami adalah untuk tumbuh secara bertanggung jawab dan terus melayani keluarga Indonesia melalui merek-merek unggulan yang memberikan performa superior dan menjadikan kehidupan sehari-hari lebih baik, sembari kami mempersiapkan landasan untuk kinerja berkelanjutan di tahun 2026 dan seterusnya,” tambahnya.