Bisnis.com, JAKARTA – Badan Gizi Nasional (BGN) menyiapkan hotline khusus bagi masyarakat untuk melaporkan segala persoalan terkait program Makan Bergizi Gratis (MBG). Langkah ini diambil menyusul kasus keracunan makanan yang terjadi di sejumlah daerah dalam pelaksanaan program tersebut.
Wakil Kepala BGN Bidang Komunikasi Publik & Investigasi, Nanik S. Deyang, menyatakan hotline akan segera aktif agar orang tua, guru, wartawan, maupun masyarakat umum bisa melapor dengan cepat jika menemukan masalah di lapangan.
“Ini kami sudah siapkan, nanti ada hotline. Masyarakat, orang tua, semua siapapun, atau wartawan, boleh melaporkan apapun yang terjadi. Ini akan sangat membantu kami untuk bisa mengambil tindakan cepat,” ujar Nanik dalam konferensi pers di Kantor BGN, Jumat (26/9/2025).
Nanik mengungkapkan, rencana awal hotline bahkan sempat akan menggunakan nomor pribadi pejabat BGN karena mendesaknya kebutuhan laporan cepat. Namun kemudian diputuskan untuk menyiapkan sistem resmi agar lebih terkelola.
“Kalau apa-apa harus cek, kelamaan kalau nunggu bangun sistem. Tapi katanya minggu ini kelar lah untuk hotline itu,” jelasnya.
Sambil menunggu hotline resmi berjalan, masyarakat bisa menggunakan kanal aduan yang sudah tersedia. BGN telah membuka platform BGN.lapor.co.id serta kanal media sosial resmi yang aktif menerima pesan langsung (DM).
“Jadi sementara sebelum hotline nanti berlaku, saluran-saluran sudah kami sediakan,” tambah Nanik.
